Cara Menggambar Berbagai Jenis Mata Anime dan Manga

Mata anime adalah salah satu karakteristik paling pasti dari gaya menggambar anime dan manga. Tergantung pada artis dan jenis karakter yang digambarkan ada variasi yang hampir tak terhitung jumlahnya.

Tutorial ini berfokus pada beberapa jenis anime dan manga yang lebih umum dan melihat beberapa alasan potensial mengapa mereka tertarik seperti apa adanya.

Gaya Mata Anime & Manga

Berbagai jenis mata anime

Sebagian besar mata anime dan manga digambar dengan cara yang disederhanakan di mana banyak detail dihilangkan.

Satu tebakan bagus mengapa ini adalah bahwa seniman harus menggambar banyak bingkai animasi atau panel manga. Harus menggambar mata realistis yang terperinci setiap kali akan terlalu memakan waktu.

Mata besar juga lebih mudah dilihat dalam gambar kecil di dalam manga yang pada gilirannya membuatnya lebih mudah untuk menyampaikan keadaan emosi karakter.

Menggambar Anime & Mata Manga

Mata anime cenderung terdiri dari bagian minimal seperti bulu mata bagian atas dan bawah, iris dan pupil.

Alih-alih menggambar bulu mata individu, anime bulu mata sering digambarkan sebagai satu bentuk utuh atau hanya dengan sedikit bulu mata (tergantung gaya).

Anda mungkin memperhatikan bahwa mata anime sering ditarik secara vertikal. Salah satu alasan bagus untuk hal ini adalah bahwa jika Kamu menggambar mata besar dan menggambar iris realistis / pupil Kamu akan berakhir dengan banyak ruang antara bagian atas, bawah atau kedua bagian mata. Ruang ini dapat memberikan karakter tampilan yang ketakutan atau gila.

Atau jika Kamu menggambar iris bundar yang cukup besar untuk tidak menutupi ruang ini maka itu akan mengisi hampir seluruh mata dan sekali lagi akan terlihat cukup aneh.

Dengan meregangkan iris dan seniman murid dapat menarik mata besar dan masih membuat karakter mempertahankan ekspresi mata normal. Kamu juga dapat melihat ini dalam gaya lain di luar anime dan manga.

Menggambar Semi-Realistis Anime & Mata Manga

Mata anime semi-realistis Gaya ini menggambarkan mata secara semi-realistis.

Gaya ini menggambarkan mata secara semi-realistis.

Untuk gaya ini gambarlah iris / pupil bundar dan tarik mata lebih dekat secara proporsional dengan mata sungguhan (meskipun masih lebih besar).

Menggambar Mata Anime & Manga Biasa

Mata anime normal

Gaya mata anime yang paling umum.

Dalam gaya ini gambar mata jauh lebih besar daripada mata asli. Kamu bisa memberikan sedikit bulu mata.

Menggambar Mata Anime & Manga yang Sangat Bergaya atau Chibi

Mata anime Chibi

Karakter yang digambar dengan gaya ini sering dikenal sebagai "chibi". Ini memiliki tubuh kecil dan kepala besar dengan mata raksasa yang dapat menutupi sebagian besar kepala. Contoh paling umum dari ini adalah dalam video game (terutama game tua dan retro).

Dalam gaya ini gambar mata besar sehubungan dengan karakter lainnya. Gambarlah hampir setiap bagian mata yang diregangkan secara vertikal (pantulannya bisa berupa bentuk apa saja). Sebagian besar detail mata saat menggambar dengan gaya ini dapat dihilangkan. Kamu bahkan dapat menghindari menggambar bulu mata bagian bawah.

Kesimpulan

Harap diingat bahwa saran di atas hanyalah pedoman dasar. Kamu dapat mencampur dan mencocokkan elemen dari gaya yang berbeda menambah atau menghapus detail, gradien, refleksi, dll ... Cobalah berbagai hal dan lihat mana yang berhasil dan yang tidak.

No comments :

Post a Comment

Leave A Comment...