Cara Menggambar Rambut Pria & Wanita Pada Anime

Tutorial ini menjelaskan dasar-dasar menggambar berbagai jenis anime dan manga rambut pria dan wanita. Ini juga memberikan contoh gambar rinci dari tampilan depan dan belakang.

Cara Menggambar Rambut Pria & Wanita Pada Anime

Bentuk Kepala & Rambut

Sebelum menggambar rambut, ada baiknya memahami bentuk kepala dan garis rambut seperti yang ditunjukkan pada contoh di bawah ini. Akan sangat membantu untuk menggambar kepala terlebih dahulu sebelum Anda mulai menggambar rambut terutama jika Anda seorang pemula.

Anime garis rambut wanita

Bentuk kepala bagian atas dalam anime dan manga seringkali cukup dekat dengan bentuk kepala asli tetapi juga dapat bervariasi tergantung pada gaya.

Dari tampilan samping, kepala dapat digambarkan dalam bentuk agak lonjong (biasanya kurang dari kepala asli). Dari tampilan depan, bagian atas kepala dekat dengan setengah lingkaran.

Anime garis rambut pria

Dalam tutorial ini kita tidak akan masuk ke menggambar berbagai fitur wajah dan bagian lain dari kepala karena sudah dibahas dalam tutorial lainnya.

Arah Pertumbuhan Rambut

Arah pertumbuhan rambut

Karena anime hair adalah versi sederhana dari rambut asli, ide bagus untuk juga memiliki ide dasar tentang bagaimana rambut sebenarnya tumbuh. Contoh di atas adalah kepala laki-laki tetapi hal yang sama berlaku untuk kepala perempuan juga.

Rambut mulai dalam bentuk spiral dari bagian atas / belakang kepala dan tumbuh terutama dalam arah berikut:

rambut atas - tumbuh terutama ke depan
rambut belakang - tumbuh terutama ke bawah
sisi rambut - tumbuh terutama ke bawah

Menggambar Rambut Anime Pendek

Menggambar rambut anime pendek di bagian depan dan samping

Rambut anime biasanya digambar seperti rumpun seperti rambut asli yang basah.

Gambarlah rambut pendek (baik pria dan wanita) dalam bentuk yang dekat dengan contoh garis rambut di atas dengan gumpalan kecil di ujungnya. Gambarlah beberapa rumpun menunjuk sedikit ke arah satu sama lain dan yang lain menjauh dari satu sama lain untuk tampilan yang lebih alami

Menggambar Rambut Anime Panjang Panjang / Panjang

Menggambar rambut anime panjang depan tampilan, belakang dan samping

Menggambar rambut anime panjang menengah atau panjang mirip dengan menggambar rambut pendek tetapi Anda bisa menggambar rambut dalam rumpun yang jauh lebih besar. Dengan rambut yang lebih panjang, Anda juga bisa menganggap cambang sebagai bagian terpisah selain rambut atas dan belakang samping.

Menggambar Rambut Anime Combed

Menggambar sisir rambut anime depan, belakang dan samping

Ketika rambut ditarik / disisir ke belakang seperti itu dalam contoh di atas akan mengungkapkan garis rambut Oleh karena itu Anda dapat sekali lagi melihat mengapa mengetahui bentuk dasar dari garis rambut itu penting.

Saat menggambar rambut di garis rambut, gambarkan beberapa garis bergerigi untuk memberikan tampilan yang lebih alami (rambut asli tidak semuanya sejajar sempurna).

Gambar Rambut Anime yang Dipotong / Tersisir rapi

Menggambar tampilan anime rambut depan, belakang dan samping

Untuk rambut yang disisir rapi dan dipangkas (seperti “hime cut” yang populer misalnya yang sering digunakan di berbagai anime dan manga) hampir dapat terlihat seperti helm di kepala. Untuk membuat rambut terlihat sedikit lebih alami, tarik rambut yang lebih lebar di bagian bawah yang menyempit ke atas.

Menggambar Anime Pigtails

Menggambar kuncir anime tampilan depan, belakang dan samping

Untuk kuncir, buat garis di sekitar kuncir untuk menunjukkan bahwa rambut di sekitarnya ditarik ke arah kuncir. Dengan beberapa kuncir, Anda juga dapat menggambar garis pemisah di rambut tempat rambut yang ditarik ke arah yang berbeda bertemu (contoh tampilan belakang dalam kasus ini).

Menggambar Rambut Anime Curly

Menggambar rambut anime keriting tampilan depan, belakang dan samping

Gambarlah bagian-bagian keriting dari rambut anime anime yang mirip dengan pegas. Bagian pendek dari rambut anime keriting sering cenderung menggambar sama dengan rambut biasa atau dengan beberapa kurva cahaya. Dalam contoh ini kita juga akan menggambar rambut sedikit lebih melengkung di ujungnya.

Kesimpulan

Ada banyak variasi rambut anime tetapi contoh-contoh yang diberikan dalam tutorial ini harus memberi Anda dasar yang baik untuk melanjutkan. Tentu saja Anda selalu dapat melihat rambut asli serta contoh rambut dari anime dan manga yang sebenarnya untuk referensi tambahan.

No comments :

Post a Comment

Leave A Comment...