j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Cara Menggambar Rambut Anime Basah Langkah demi Langkah

Menggambar Rambut Basah - Tutorial ini menunjukkan cara menggambar rambut gaya anime dan manga basah dengan petunjuk ilustrasi langkah demi langkah. Ini juga memberikan contoh yang tumpang tindih tentang bagaimana menggambar rambut basah berbeda dari menggambar rambut normal / kering.

Anime menggambar rambut basah selangkah demi selangkah

Adegan anime dan manga yang melibatkan hujan, mandi, dan berenang kemungkinan besar menunjukkan rambut basah. Hal yang sama juga berlaku untuk adegan aksi yang melibatkan air atau bahkan karakter yang mengeluarkan banyak keringat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menggambar Kepang Rambut Gaya Anime & Manga

Meskipun menggambar rambut basah tidak jauh lebih sulit daripada menggambar rambut anime normal (kering), ada beberapa aturan yang dapat Anda ikuti untuk membantu Anda menunjukkan bahwa rambut yang Anda gambar sebenarnya basah.

Rambut Anime Kering

Anime menggambar rambut kering

Sebelum menggambar rambut basah, ada baiknya untuk setidaknya memperkirakan seperti apa versi kering dari rambut yang sama nantinya. Anda dapat melihat versi "kering" dari gaya rambut yang digunakan untuk tutorial ini di atas.

Meskipun tutorial hanya menggunakan satu gaya rambut sebagai contoh, Anda dapat menerapkan metode yang sama untuk menggambar sebagian besar gaya rambut anime umum lainnya.

Spesifikasi Rambut Basah

Umumnya rambut basah akan memiliki volume yang lebih sedikit daripada rambut kering karena akan menempel lebih dekat ke kepala yang ditarik ke bawah karena beratnya sendiri. Menjadi lebih berat juga akan cenderung menggantung ke arah yang lebih ke bawah dan menjangkau lebih jauh ke bawah. Harap perhatikan bahwa ada beberapa pengecualian untuk hal ini seperti rambut yang ditarik ke belakang atau digulung menjadi sanggul ketat, dll…

Untuk membantu membuat proses menggambar lebih mudah diatur dan untuk lebih melacak bagaimana rambut berubah saat basah, kami akan membagi gaya rambut menjadi tiga bagian.

Untuk penjelasan singkatnya, pada dasarnya Anda bisa menganggap rambut sebagai bagian depan, samping, dan kombinasi bagian belakang / atas.

Langkah 1 - Gambar Bagian Depan Rambut

Gambar rambut basah vs kering anime depan

Sebelum menggambar rambut, Anda harus membuat gambar garis besar kepala dan menggambar rambut yang tumpang tindih di atasnya. Anda dapat menghapus bagian kepala yang tersembunyi nanti.

Gambarkan bagian depan rambut yang menggantung lebih rendah di wajah daripada biasanya dengan gumpalan individu mengarah lebih ke bawah untuk menunjukkan bahwa mereka berat dengan air. Anda juga bisa mendekatkan gumpalan di dekat dasarnya. Melakukannya akan membuat rambut terlihat seperti rambut menempel lebih dekat ke dahi seperti rambut basah yang mungkin terjadi.

Anime front wet hair drawing

Karena gaya rambut ini cukup sederhana, Anda dapat langsung menggambar sebagian besar gumpalan rambut. Meskipun contoh gambar menunjukkan garis gelap untuk rambut, Anda mungkin masih ingin menggambar garis tipis yang dapat dengan mudah dihapus jika Anda menggunakan pensil dan kertas.

Langkah 2 - Gambarkan Sideburn

Gambar cambang basah vs kering anime

Di atas, Anda dapat melihat kembali bagaimana cambang versi basah kemungkinan besar terlihat dibandingkan dengan versi kering. Mereka akan memiliki volume lebih sedikit dan bukannya memeluk wajah akan menggantung hampir lurus ke bawah.

Anime wet sideburns drawing

Untuk membuat perubahan lebih mudah untuk melihat gambar perbandingan menunjukkan cambangnya sendiri tetapi gambar Anda akan terlihat seperti contoh di atas.

Langkah 3 - Menggambar Rambut Atas

Gambar rambut basah vs kering anime atas

Untuk rambut bagian atas, perubahan utama akan lebih kecil volume dengan gumpalan bawah lagi menggantung lebih ke bawah daripada melengkung ke samping.

Anime gambar rambut basah atas

Sekali lagi jika Anda mengikuti tutorial, Anda harus memiliki gambar yang mirip dengan yang di atas

Langkah 4 - Menggambar Rambut Belakang

Anime kembali menggambar rambut basah vs kering

Karena dalam gaya rambut khusus ini, bagian belakang / bawah rambut paling menonjol keluar, juga akan mengalami transformasi terbesar dari kering menjadi basah.

Baca Juga: Cara Menggambar Rambut Pria & Wanita Pada Anime/Manga

Dalam versi basah, gambarlah berbagai gumpalan seolah-olah telah "diperas" menjadi satu. Pada saat yang sama, tarik kembali mereka mengarah ke bawah dan menggantung ke bawah.

Anime menggambar rambut basah kembali

Anda harus memiliki gambar garis tepi rambut yang cukup banyak setelah Anda menyelesaikan bagian belakang.

Langkah 5 - Membersihkan Gambar

Anime menggambar garis rambut basah

Untuk langkah singkat ini, Anda cukup menghapus bagian kepala yang tertutup rambut dan membuat perubahan kecil lainnya yang mungkin Anda rasa diperlukan.

Seperti yang disarankan sebelumnya untuk membuat gambar garis tipis rambut terlebih dahulu pada tahap ini, Anda bisa melewatinya dengan garis yang lebih gelap.

Langkah 6 - Menggambar Detail Kecil Rambut

Anime wet hair details drawing

Untuk membuat rambut terlihat sedikit lebih menarik Anda bisa menambahkan beberapa belahan / lipatan dalam pada beberapa gumpalan. Untuk contoh yang sangat mendasar ini kita hanya akan menambahkan tiga. Tetapi jika Anda menginginkan gambar yang lebih detail Anda dapat menambahkan lebih banyak di berbagai tempat.

Langkah 7 - Shading Dasar

Shading rambut basah anime

Jika Anda akan menaungi gambar menggunakan pensil dan kertas, Anda mungkin ingin melihat langkah sembilan sebelum melanjutkan lebih jauh.

Untuk bayangan yang sangat mendasar ini, Anda cukup mengisi rambut dengan satu warna abu-abu atau warna solid. Buat bayangan "rambut punggung bawah" sedikit lebih gelap.

Langkah 8 - Menggambar Tetesan Air

Gambar tetes air rambut anime

Sekarang untuk lebih memperkuat gagasan rambut menjadi basah kita bisa menambahkan beberapa tetes air kecil di beberapa titik pada gumpalan rambut.

Untuk tahap ini hanya tarik tetesan air yang tergantung di ujung rambut atau di sisi-sisinya.

Buat bentuk tetesan air lebih sempit ke arah atas dan lebih lebar ke arah bawah untuk yang ada di ujung rambut. Gambarkan tetesan yang bergulir di sisi yang bentuknya mirip dengan tanda tanya terbalik.

Anda akan melihat ada juga beberapa tetes yang digambar di wajah dan leher yang sebenarnya. Jika karakter memiliki tetesan air di rambutnya, kemungkinan besar karakter tersebut juga akan terkena tetesan air.

Langkah 9 - Menggambar Tetesan Air Bagian Dalam (Langkah Terakhir)

Shading rambut basah anime

Untuk langkah ini Anda bisa menambahkan set tetesan air berikutnya yang akan ditarik ke dalam bentuk utama rambut. Cukup sering di anime dan manga garis besar ini digambar dengan warna putih karena jika tidak, akan sangat sulit dilihat pada rambut yang lebih gelap.

Ini membuat set air ini sedikit lebih sulit untuk ditambahkan jika Anda membuat arsiran pensil. Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah membiarkan area ini putih dan teduh di sekitarnya. Jika Anda ingin melakukan itu, Anda dapat menarik lebih sedikit "tetes batin" untuk membuat prosesnya tidak terlalu membosankan. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan sesuatu seperti cat guas untuk menggambar tetesan tepat di atas bayangan pensil.

Jika Anda menggambar secara digital maka Anda cukup menggambar tetesan tepat di atas warna atau bayangan apa pun.

Untuk bentuk tetesan ini, Anda dapat menggambar sebagian besar mirip dengan bentuk "U" yang sedikit melebar ke arah bawah. Anda juga dapat menggabungkan beberapa tetes menjadi bentuk gelombang. Jika Anda ingin menunjukkan rambut yang benar-benar basah, gambarlah bentuk gelombang ini lebih besar dan buat lebih banyak.

Setelah Anda selesai menggambar "tetesan rambut bagian dalam", Anda telah mempelajari semua yang Anda butuhkan untuk menggambar rambut anime yang tampak basah.

Perbandingan rambut basah vs rambut kering anime

Di atas Anda bisa melihat perbandingan rambut kering dan basah secara berdampingan.

Baca Juga: Berbagai Cara Menggambar Sorotan Rambut Anime

Kesimpulan

Langkah-langkah menggambar rambut basah anime dan manga tidak jauh berbeda dengan menggambar rambut normal (kering) dengan gaya yang sama. Ciri utama dari rambut basah adalah volume yang lebih kecil dan rumpun rambut mengarah ke bawah. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes air untuk lebih menunjukkan bahwa rambut basah.

Related Posts

Related Posts