j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM
Bookmark

25 Macam Perangkat Keras Komputer serta Tugasnya

Macam Perangkat Keras Komputer - Pembahasan mengenai macam- macam piranti keras pc atau perangkat keras beserta masing- masing pengertian serta fungsinya.

macam perangkat keras komputer

Dalam dunia pc, pengertian dari perangkat keras ataupun hardware merupakan bagian fisik yang membuat suatu sistem komputer. Perangkat keras sendiri memiliki sifat yang berlainan dengan aplikasi yaitu bisa dilihat, diraba serta berbentuk jelas.

Tipe- tipe perangkat keras pada pc tidak cuma tertuju pada bagian dalam pc saja, melainkan seluruh perangkat yang mensupport kemampuan komputer. Secara umum, perangkat keras dibagi jadi 4 bagian, ialah perangkat masukan( input), perangkat keluaran( output), piranti pengolah informasi( prosesor), serta piranti aksesoris.

Piranti masukan berperan buat menginput informasi supaya masuk ke dalam komputer. Sebagian contoh piranti masukan antara lain mouse, keyboard, scanner, serta webcam.

Informasi yang masuk lewat perangkat keras masukan, setelah itu diolah dengan perangkat pengolah informasi, semacam CPU ataupun processor yang dibantu oleh motherboard. Sehabis diolah, komputer setelah itu bisa menciptakan keluaran dari perangkat keras output semacam monitor, speaker, serta printer.

Tidak hanya perangkat input- processor- output, ada pula fitur aksesori yang mensupport kemampuan komputer, semacam LAN Card, Harddisk, Memory Card, Card Reader, serta sejenisnya. Lebih lengkapnya tentang perangkat keras pada pc akan diulas pada keterangan di bawah ini.

Macam- Macam Piranti Keras Komputer

1. Motherboard

motherboard

Motherboard merupakan papan sirkuit yang berperan sebagai tempat bagian- bagian pc semacam processor, harddisk, RAM serta lain sebagainya. Dalam sebutan bahasa Indonesia, motherboard diterjemahkan sebagai‘ papan induk’, ataupun kerap pula disingkat jadi mobo.

Motherboard sendiri terdiri dari bermacam macam bagian, semacam konektor power, slot prosesor, north bridge controller, serta socket memori. Motherboard mempunyai wujud semacam papan sirkuit elektronik yang bermanfaat bagaikan tempat lalu- lintas data. Dengan terdapatnya motherboard, seluruh perangkat dalam komputer saling tersambung serta bisa berkolaborasi alhasil pc bisa berjalan dengan lancar.

2. Processor

processor

Processor ialah suatu IC yang mengendalikan semua jalannya suatu sistem komputer. Processor ataupun CPU( Central Processing Unit) dapat dikatakan sebagai otak pada suatu komputer, sebab bekerja melaksanakan kalkulasi ataupun menyuruh program yang hendak dijalani oleh komputer.

Pada dasarnya, processor berperan untuk mengerjakan inputan informasi menjadi keluaran berbentuk output. Processor sendiri terdapat pada motherboard. Ada 3 bagian yang cukup penting pada suatu processor, ialah Arithmatics Logical Unit( ALU) yang memiliki tugas untuk melaksanakan seluruh kalkulasi aritmatika sesuai instruksi program, Control Unit( pengatur input serta output data), dan Memory Unit( alat penyimpan informasi).

3. Hard Disk

hardisk

Hard disk ataupun hard disk drive( HDD) ialah perangkat keras pc yang berperan sebagai alat penyimpanan sekunder. Dalam suatu harddisk ada lebih dari satu cakram yang berperan menampung data- data dengan cara magnetis.

Berlainan dengan RAM yang menaruh informasi ataupun intruksi secara sementara( hilang kala pc dimatikan), harddisk akan menaruh informasi semacam musik, dokumen, gambar, film, dan lain- lain dengan cara permanen( tidak akan lenyap walaupun pc dimatikan, melainkan dihapus pengguna).

Secara umum, ada 3 tipe harddisk yang ada di pasaran saat ini, ialah IDE( Integrated Drive Electronics), ATA( Advanced Technology Attachment), serta SATA( Serial Advanced Technology Attachment). Ketiganya mempunyai karakteristik masing- masing, perbedaannya ada pada kecepatan putaran cakram yang mempengaruhi kepada kecepatan pengumpulan data dalam komputer. Buat memasang harddisk, butuh diperhatikan dukungan motherboard. Misalnya, bila yang kita punya merupakan harddisk tipe SATA, maka butuh dipasang pada motherboard yang mempunyai port SATA pula. 

4. PC Cooler/ Heatsink

heatsink

Komputer cooler atau heatsink ialah perangkat pc yang berperan mengurangi panas yang diperoleh oleh komputer. Agar proses mendinginkan panas yang diperoleh pc dapat berjalan secara maksimal, heatsink wajib dipasang di atas processor, setelah itu pula diberikan gel ataupun pasta supaya heatsink ini dapat melekat dengan bagus.

Umumnya, heatsink pula dilengkapi dengan kipas yang mempercepat cara pendinginan. Pada perangkat pc, heatsink yang dipakai umumnya berbahan aluminium yang mempunyai konduktivitas panas besar alhasil cepat menyejukkan perangkat. Mengingat panas pada pc bisa mengganggu perangkat keras lain di dalamnya, maka kontribusi heatsink ini amatlah berarti.

5. Monitor 

monitor

Monitor ialah salah satu piranti keras yang terkategori sebagai alat output yang berperan menunjukkan hasil pengerjaan data berbentuk grafis. Masing- masing merk monitor memiliki dimensi serta resolusi yang berbeda- beda. Tipe- tipe monitor yang sangat biasa dikala ini merupakan monitor CRT( Cathode Ray Tube) serta monitor LCD( Liquid Crystal Display).

Mutu alat pemantau tergantung berdasarkan beberapa aspek, semacam resolusi, durasi respons, tingkatan kecerahan, pixel pitch, serta perbandingan kontrasnya. Resolusi sendiri ialah jumlah pixel yang diperlihatkan oleh monitor.

Semakin banyak jumlah pixel, maka semakin besar resolusi monitor. Durasi respon( dihitung dalam milidetik) ialah durasi yang diperlukan buat membuat pixel mati ataupun menyala. Pixel pitch menggambarkan jarak( dalam milimeter) antara pixel- pixel pada suatu monitor. Pada umumnya pixel pitch hendaknya kurang dari ataupun serupa dengan 0, 28 milimeter.

6. SSD

ssd

SSD alias Solid State Drive ialah inovasi terkini dari pendahulunya ialah harddisk. SSD ialah alat penyimpanan yang memakai tipe memory solid state buat penyimpanan datanya. SSD pula mempunyai guna yang serupa semacam hard disk, tetapi sedikit berlainan dengan hard disk. Informasi pada SSD ditaruh pada chip- chip memori flash yang saling tersambung. Chip- chip itu mempunyai kecepatan serta reliabilitas yang lebih besar dari USB Thumb Drive( UFD). Dalam bidang harga, SSD lebih mahal dari HDD walaupun dengan kapasitas yang serupa.

Dibanding dengan HDD, SSD mempunyai keunggulan berbentuk akses yang lebih cepat, lebih kuat kepada guncangan, dan tidak gampang panas. Cuma saja, biayanya lebih mahal, cocok dengan keunggulan yang diterima serta umumnya SSD mempunyai kapasitas yang tidak sangat besar. Buat Kamu yang mengutamakan kapasitas besar, pilihlah pc dengan sarana penyimpan HDD. Tetapi bila Kamu lebih memprioritaskan proteksi informasi dari guncangan, pc dengan alat penyimpanan SSD bisa dipikirkan.

7. VGA Card

vga cad

VGA ataupun Video Graphic Adapter merupakan suatu piranti keras yang berperan mengolah informasi grafik yang hendak diperlihatkan oleh monitor. VGA pula mempunyai processor yang lazim diucap GPU( Graphic Processing Unit). Umumnya piranti keras yang satu ini amat diperlukan, spesialnya untuk gamer ataupun designer. Terdapat sebagian tipe VGA Card yang tergantung pada slot yang ada pada motherboard:

VGA Card ISA: mempunyai wujud lebih panjang dari VGA yang lain, banyak dipakai motherboard jenis lama dengan kapasitas amat kecil. dipakai pc saat sebelum seri pentium.

VGA Card PCI: tipe lebih terkini dari ISA, dipakai pc pentium keluaran awal semacam pentium II, III, serta sebagian IV jenis lama.

Kemudian VGA Card AGP: mempunyai ruang kapasitas yang sudah cukup besar yaitu kisaran ( 128 MB, 256 MB, dsb)

VGA Card PCI Express: dipecah lagi jadi 2 tipe, ialah PCI Express 16x( bandwith maksimum 4000 MB atau s) serta PCI Express 1x( bandwith maksimum 250 MB atau s).

8. Optical Drive

optical drive

Optical drive ialah salah satu piranti keras yang berperan membaca( read) ataupun menulis( write) informasi dari potongan CD atau DVD. Ada sebagian tipe optical drive yang wajib kamu tahu, semacam: CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive serta lain- lain.

Kecepatan buat melaksanakan memindahkan data pada optical drive disimbolkan dengan‘ x’. Misalnya saja, buat CD- RW, terdapat 3 golongan nilai yang dipakai buat memberi info kecepatan memindahkan data, semacam ilustrasinya 48x, 32x, 52x. 3 nilai itu membuktikan kecepatan buat hal yang berbeda, 48x yang terletak paling depan membuktikan kecepatan menulis atau merekam informasi, 32x yang terletak di tengah membuktikan kecepatan memformat ulang( register write), sedangkan 52x membuktikan kecepatan pembacaan.

9. Power Supply

ppower suply

Power Supply ialah perangkat keras yang berperan bagaikan penyuplai energi ke bagian- bagian lain semacam motherboard, processor, VGA, dan lain- lain. Power supply dapat dikatakan jantung komputer, jadi tak mungkin pc dapat hidup tanpa perangkat yang satu ini.

Jarang orang mencermati perangkat keras yang satu ini sebab letaknya tertutup casing, tetapi power supply ataupun PSU ialah bagian yang mempengaruhi penampilan keseluruhan serta daya tahan sistem pc.

Bila power supply tidak bertugas dengan bagus, hingga akhirnya pc dapat jadi tidak normal ataupun apalagi cacat karenanya. Pilihlah power supply yang cocok dengan kebutuhan watt komputer Kamu, yakinkan pula power supply bukan benda bekas, sebab bagian elektronik mempunyai durasi terbatas, dapat jadi jika membeli bekas, durasi hidupnya tinggal sesaat saja.

10. RAM

ram

RAM ataupun Random Acces Memory ialah piranti keras yang berperan menaruh informasi ataupun intruksi yang dicoba oleh prosessor. Berlainan dengan hard disk, penyimpanan pada RAM bersifat sementara. Jadi kala pc dimatikan, informasi ataupun intruksi yang ditaruh oleh RAM akan lenyap atau dikosongkan kecuali pc itu dalam mode hibernate.

Dengan memakai RAM, konsumen pc bisa menulis serta membaca informasi dalam durasi bersamaan. Terdapat sebagian perihal yang butuh dicermati dikala memilih RAM. Pilihlah RAM dengan kapasitas besar, sebab semakin besar kapasitasnya, semakin cepat pula suatu pc melakukan perintah yang diserahkan.

Disaat ini, kapasitas minimun yang wajib Kamu miliki yaitu RAM sebesar

2GB( buat pc dan laptop), di era mendatang juga perangkat lunak semakin berkembang serta menginginkan kapasitas memori yang terus menjadi besar. Seleksi pula RAM yang menawarkan garansi seumur hidup( lifetime).

11. Keyboard 

keyboard

Keyboard ialah papan kunci yang terkategori sebagai perlengkapan input. Keyboard sendiri terdiri dari barisan huruf serta angka. Ada bermacam tipe keyboard, antara lain: keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, serta keyboard Numeric.

Keyboard QWERTY: Aturan posisi huruf- huruf pada keyboard ini ditemui awal kali pada tahun 1878. Keyboard QWERTY jadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. Sampai dikala ini, sangat banyak pc juga memakai keyboard QWERTY.

Keyboard DVORAK: Dijumpai pada tahun 1932, dengan lapisan lebih menekankan jemari bagian kanan yang lebih banyak bertugas, alhasil kurangi keletihan dikala pengetikan.

Keyboard KLOCKENBERG: Keyboard yang terpisah antara bagian kiri serta bagian kanannya. Kedua keyboard terpisah dengan ujung kurang lebih 15 bagian yang tujuannya untuk membuat aman penggunanya.

Keyboard Alphabetic: Disusun dengan antrean alfabet dengan cara tertib A- Z.

Keyboard Numeric: Buat memasukkan informasi nilai dalam jumlah besar alhasil lebih nyaman. Pada keyboard pc, ada di bagian kanan, kerap dipakai misalnya pada pc kasir.

12. Mouse

mouse

Semacam halnya keyboard, mouse pula terkategori bagaikan perlengkapan input. Mouse berperan menggerakkan kursor ataupun menunjuk aplikasi yang mau dijalani. Piranti ini dikenal mouse, sebab wujudnya yang menyamai seekor tikus. Acapkali mouse pula diucap dengan sebutan‘ tetikus’ dalam bahasa Indonesia. Ada banyak tipe- tipe mouse, antara lain merupakan: mouse serial, mouse PS2, mouse USB serta mouse wireless.

Douglas Engelbart merupakan orang yang awal kali mengembangkan mouse yang terbuat dari kayu dengan satu tombol. Berikutnya pada tahun 1970 mouse kembali dikembangkan olehnya jadi mouse yang bisa menandakan posisi X- Y pada layar. Mouse mempunyai banyak guna, antara lain buat menginput serta membagikan perintah pada pc, sebagai penggerak pointer ataupun kursor ke layar pc, buat memperbesar ataupun memperkecil bentuk layar, buat menggulirkan( scroll) laman pada layar, serta lain sejenisnya.

13. Printer

printer

Serupa halnya dengan monitor, printer ialah piranti keras yang terkategori sebagai perlengkapan output. Printer berperan mencetak hasil pengerjaan informasi berbentuk teks atau gambar di atas kertas( hard copy). Pada awal mulanya printer memanglah cuma dipakai buat mencetak dokumen, tetapi semakin lama, printer semakin dibesarkan buat fungsi- fungsi yang lain. Misalnya saja, terdapat printer yang pula bisa sekalian berperan untuk memindai dokumen( scanning), buat mengirimkan dokumen semacam seperti mesin fax, sampai buat duplikat suatu dokumen.

Printer sampai dikala ini masih amat diperlukan terutama buat mencetak dokumen- dokumen akademik, organisasi, serta perkantoran. Bersumber pada teknologi yang dipakai dikala ini, tipe- tipe printer yang banyak ditemui merupakan printer Dotmatrix, printer Inkjet serta printer Laserjet.

14. Sound Card

sound card

Sound Card ialah perangkat keras yang berperan mengolah informasi berbentuk audio atau suara. Pada awal mulanya, sound card cumalah aksesoris pc, tetapi dikala ini sound card ialah fitur yang wajib dipunyai oleh pengguna komputer. Salah satu Sound Card yang amat terkenal di Indonesia merupakan Sound Blaster, yang terbuat oleh Creative Labs. Terdapat 3 berbagai sound card bila diamati dari metode pemasangannya, ialah:

Sound Card Onboard: dipasang melekat langsung dengan motherboard pc.

Sound Card Offboard: dipasang lewat slot ISA atau PCI yang terdapat pada motherboard.

Sound Card External: dipasang dengan penyambungan lewat port external( USB atau FireWire).

15. Scanner 

scanner

Scanner ialah piranti keras yang memiliki metode operasi yang nyaris serupa semacam fotokopi. Sedikit berlainan dengan metode kerja fotokopi, scanner berperan mengubah hard file( hard copy) jadi digital file( soft copy) yang bisa diolah di komputer. Scanner wujudnya pula beragam dengan kegunaan yang bermacam- macam. Berikut merupakan macam- macam scanner yang terdapat di pasaran:

Scanner Drum: serupa namanya, wujudnya tabung menyamai drum. Salah satu tipe scanner dengan resolusi gamber luar biasa besar, bisa menggapai 24000 piksel per inci. Banyak dipakai buat scan dokumen kuno, sebab sangat sedikit fibrasi alhasil tidak mengganggu dokumen serapuh apapun. Walaupun seperti itu, ukurannya amat besar serta biayanya juga amat mahal.

Scanner Flatbed: Berbentuk rata serta datar, ialah scanner yang sangat banyak dipakai di perkantoran, bidang usaha fotokopi, serta yang lain. Sesuai untuk dipakai tiap hari, irit listrik serta energi, dengan hasil resolusi objek lumayan bagus.

Scanner Film: berperan buat memindai film negatif.

Roller Scanner: berperan memindai dokumen dengan menggerakkan dokumennya dengan cara memutar seperti layaknya printer.

16. Proyektor LCD

proyektor

Proyektor LCD ialah salah satu tipe proyektor yang umumnya dipakai buat menunjukkan film ataupun gambar dari pc pada suatu layar ataupun pada aspek yang mempunyai permukaan datar yang biasanya bercorak putih. Buat menunjukkan film atau lukisan, proyektor LCD mengirimkan cahaya dari lampu halida metal kemudian diteruskan ke dalam prisma dimana sinar hendak tersebar pada 3 panel polysilikon, yakni bagian warna merah, hijau, serta biru pada sinyal film.

Proyektor LCD ialah pengembangan dari teknologi proyektor tadinya, ialah OHP( Overhead Projector) yang menunjukkan informasi yang ditulis pada kertas bening. Dulu, proyektor OHP ini kerap dipakai buat menunjukkan presentasi di dunia akademik ataupun perkantoran. Saat ini proyektor OHP telah digantikan seluruhnya oleh proyektor LCD yang bisa membaca informasi dari komputer.

17. Modem

modem adsl

Modem memiliki kelanjutan Modulator Demodulator. Modem sendiri berperan mengganti sinyal digital jadi sinyal analog. Informasi dari pc yang berupa sinyal digital dikonversi oleh modem jadi data yang berupa sinyal analog, kala modem menerima data dari luar yang berupa sinyal analog, modem hendak mengubahnya kembali jadi informasi yang berupa digital supaya bisa diolah oleh komputer. Ada bermacam tipe modem yang bisa diseleksi oleh para konsumen komputer, misalnya saja:

Modem ADSL( Asymetric Digital Subscribe Line): modem tipe ini membolehkan konsumen mengakses internet memakai telepon analog dengan cara paralel.

Modem kabel: modem tipe ini bisa menerima informasi langsung dari fasilitator layanan Televisi kabel

Modem CDMA: modem tipe ini memakai gelombang 800 MHz( gelombang CDMA), yang saat ini dibesarkan jadi gelombang EVDO Rev- A( sebanding dengan 3G).

Modem Satelit: tipe modem yang dihubungkan oleh halte satelit buat berbicara dengan ISP.

Modem GSM: modem dari fasilitator layanan telepon selular.

18. NIC atau LAN Card

lan card nic

NIC ataupun Jaringan Interface Card merupakan suatu kartu yang berperan mengaitkan pc ke dalam jaringan, bagus jaringan lokal ataupun jaringan internet. Dikala ini ada 2 tipe NIC yang dikenal, antara lain NIC bertabiat raga( contoh: NIC Ethernet, Token Ring, dan lain- lain) serta NIC bersifat logis( ilustrasi: Loopback Adapter serta Dial- up Adapter).

NIC kerap diucap pula bagaikan jaringan adapter. Tiap NIC mempunyai no alamat yang disebut dengan MAC Address, yang dapat diganti oleh konsumennya. NIC bertugas dengan metode mengganti gerakan paralel pada pc jadi wujud seri, alhasil bisa dikirimkan lewat jaringan internet. Pc bisa berhubungan dengan NIC memakai sebagian metode, semacam: input- output yang dipetakan pada memori, DMA( Direct Memory Access), ataupun memori yang dipakai bersama.

19. Speaker

speaker

Speaker ialah piranti yang dibuat dari metal, jaringan, kumparan dan magnet. Speaker memiliki andil berarti dalam menghasilkan hasil pemrosesan berbentuk suara. Speaker bisa berperan sebagaimana mestinya bila dibantu oleh piranti yang bernama sound card. Speaker bagaikan perangkat keras pc mempunyai bagian- bagian berikut:

Sekat Rongga( Conus): bermanfaat buat menciptakan gelombang titik berat yang diakibatkan oleh gerakan udara sebab bergeraknya kumparan. Gelombang inilah yang nantinya terdengar sebagai suara.

Jaringan: berperan menyambut induksi magnet yang menciptakan gelombang suara dampak fibrasi.

Magnet: menciptakan medan magnet serta melakukan induksi kepada jaringan.

Kumparan: mengalirkan tenaga mengarah sekat rongga.

Casing: melindungi semua bagian dalam speaker.

20. Webcam 

webcam

Itulah beberapa macam perangkat keras atau hardware pada komputer yang perlu anda ketahui. Perangkat-perangkat keras diatas merupakan yang paling umum saja, ada juga perangkat keras jaringan yang fungsi utamanya digunakan untuk keperluan jaringan, seperti hub, switch, access point dan lain sebagainya.

Webcam ialah kamera digital yang dihubungkan ke pc. Mayoritas webcam dikala ini berpadu dengan layar laptop. Webcam pula umumnya dipakai buat mengambil gambar ataupun film lewat jaringan internet. Ada bermacam tipe- tipe webcam yang dapat dipilh bersumber pada kegunaannya, misalnya saja:

Serial and Parallel Port WebCam: tipe webcam sangat tua serta telah tidak sering ditemui lagi, webcam tipe ini menciptakan gambar dengan mutu serta frame rate yang masih kecil.

USB Webcam: webcam tipe ini bisa dipakai pada seluruh pc yang mempunyai USB port.

Firewire and Card Based Webcam: frame rate besar, bisa menciptakan 24- 30 frame per detik.

Jaringan and Wireless Camera: Fitur kamera yang langsung tersambung ke jaringan lewat modem.

21. Card Reader

card readaer

Card reader dipakai buat membaca data- data yang tersembunyi di dalam memory card dengan metode mentransfernya ke pc. Umumnya, laptop telah mempunyai slot card reader tertentu, memory card tinggal dipasang ke dalam slot itu buat membaca data- data di dalamnya. Berlainan dengan pc yang wajib dilengkapi dengan tambahan card reader eksternal yang setelah itu dihubungkan dengan port USB.

Untuk dapat membaca suatu memory card, hingga slot pada card reader wajib menyesuaikan dengan tipe memory card. Memory card sendiri ada banyak rupanya, seperti mini SD, micro SD, XD Card, Memory Stick Pro, Memory Stick Micro, MMC, serta RS- MMC. Perbandingan tipe memory card itu terdapat pada dimensi fisiknya dan kapasitas yang dipunyai. Untuk bisa mengakses informasi di dalam suatu memory card, umumnya ada sebagian slot dengan dimensi berlainan pada card reader yang membolehkan kartu memori berbagai dimensi bisa dibaca.

22. UPS

ups

Uninterruptible Power Supply( UPS) ialah piranti keras yang bermanfaat buat menaruh arus listrik serta setelah itu mengalirkannya pada perangkat pc dengan cara berkelanjutan. UPS amat bermanfaat buat mereka yang memakai pc buat bertugas. Dengan perlengkapan ini, bila seandainya listrik mati seketika, pc akan senantiasa menyala dalam beberapa waktu alhasil memungkinkan konsumennya buat menaruh hasil pekerjaan.

Tidak hanya itu, UPS pula berperan buat melindungi supaya bagian perangkat keras pc tidak gampang cacat. Listrik yang mati seketika akan menimbulkan gerakan arus ke pc terputus, alhasil pc mati dengan cara langsung. Pc yang kerap mati dengan metode ini akan lebih rentan kepada kerusakan, paling utama kerusakan di bagian harddisk serta perangkat yang lain.

23. Joystick

joystick

Joystick ialah piranti keras pc jenis input yang mempunyai wujud fisik semacam tuas yang bisa bergerak ke seluruh arah. Dengan memakai joystick, konsumen pc sanggup mentransmisikan arah baik dengan cara 2 format ataupun 3 format. Joystick biasanya dipakai bagaikan fitur aksesoris buat main video game. Tidak hanya itu, banyak pula diimplementasikan pada kursi roda bermotor serta truk.

Terdapat sebagian perihal yang wajib dicermati dikala mau membeli joystick. Pertama, yakinkan joystick yang hendak dibeli fiturnya disupport oleh motherboard pc. Cek pula port yang dipakai oleh joystick, biasanya joystick memakai port USB serta port paralel. Pastikan pula joystick dalam kondisi bagus, komplit, tidak cacat, serta mempunyai garansi.

24. Microphone

microphone

Microphone berperan buat menangkap gelombang suara, setelah itu mengubahnya jadi tanda listrik analog yang bisa dimengerti oleh komputer. Berikutnya tanda ini bisa diolah sesuai dengan kemauan. Bersumber pada karakteristiknya, microphone bisa dipecah jadi 3 bagian, yakni:

Microphone Omnidirectional: dengan kepekaan di seluruh arah.

Microphone Bidirectional: berupa semacam angka 8, mempunyai wilayah sensitivitas 2 arah di bagian depan serta balik microphone.

Microphone Directional: cuma mempunyai sensitivitas ke arah depan serta ujung kecil di sekelilingnya.

Gelombang suara yang membentur wilayah diafragma pada microphone akan membuat diafragma bergerak, setelah itu memunculkan tanda listrik dampak adanya berkas coil( kawat) yang terletak di balik diafragma itu. Tanda inilah yang setelah itu mengalir pada amplifier ataupun perlengkapan perekam suara pada pc ataupun perangkat elektronik yang lain.

25. ZIP Drive

zip drive

ZIP Drive ialah piranti keras yang berperan bagaikan alat penyimpanan dalam wujud disk. Awal mulanya, ZIP Drive terbuat dengan kapasitas 100 MB, setelah itu ditingkatkan sampai 250 MB serta akhirnya 750 MB. ZIP Drive menggapai era pucuk popularitasnya pada tahun 1994, sebab pada era itu kapasitas yang dipunyai masih terhitung besar buat harga yang amat ekonomis. Sebagian agen pc besar semacam Apple serta Dell bahkan memenuhi pc mereka dengan ZIP Drive internal.

ZIP Drive mulai hadapi penyusutan pemasaran pada tahun 1999- 2003 sebab terdapatnya CD- R serta DVD RW yang mengambil alih posisinya sebagai piranti penyimpan data dengan kapasitas yang jauh lebih besar.

Seperti itu beberapa macam piranti keras ataupun perangkat keras pada pc yang perlu kamu tahu. Perangkat- perangkat keras diatas ialah yang sangat umum saja, terdapat pula piranti keras jaringan yang tugas utamanya dipakai buat kebutuhan jaringan, semacam hub, switch, access poin serta lain sebagainya.

Post a Comment

Post a Comment