j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Apa Itu Expansion Slot? Memahami Pengertian Expansion Slot

Apa Itu Expansion Slot - Pada artikel ini kita akan membahas mengenai apa itu expansion slot?

Expansion slot adalah slot yang sudah disediakan pada suatu motherboard buat tingkatkan keahlian ataupun fungsionalitas pc dengan metode memasukkan expansion card pada slot itu. Sebagai contoh, graphics card dipakai buat tingkatkan mutu grafis yang diperlihatkan pada layar monitor.

ekspansi slot pada komputer

Expansion slot pula kadangkala diucap“ bus slot” ataupun“ expansion port”, sebaliknya yang diartikan expansion card mencakup graphics card, sound card, network interface card, tv tuner card, serta lain- lain.

Expansion slot telah ada semenjak tahun 1970- an pada pc mikro bernama Micral N, tetapi standarnya baru timbul sehabis industri Altair meluncurkan pc Altair 8800.

Expansion Card

Expansion card mempunyai konektor bercorak emas yang terdapat di bagian dasar. Buat memasukkan expansion card ke dalam suatu expansion slot, konektor inilah yang wajib ditancapkan ke dalam slot supaya motherboard dapat mengakses fungsionalitas yang disajikan oleh expansion card itu.

ekspansion card

Sudah cukup banyak expansion card yang sudah diiringi dengan panel port I atau O yang dimana nantinya akan tampak pada bagian balik casing Komputer sesudah expansion card dipasang di dalam expansion slot. Panel port I atau O ini membolehkan fitur eksternal untuk memakai fungsionalitas expansion card.

Tipe Expansion Slot

Tidak tiap motherboard mempunyai jenis serta jumlah slot yang serupa. Oleh sebab itu, kamu wajib memeriksa terlebih dulu slot apa saja serta berapa slot yang ada sebelum membeli suatu motherboard.

tipe ekspansion card

Terdapat banyak tipe expansion slot semacam CNR, PCI, ISA, VESA, AGP, EISA serta PCI. Yang sangat lumrah dipakai dikala ini merupakan slot PCI Express( PCIe). Tidak hanya itu saja, terdapat pula yang disebut/dinamakan External PCI Express( ePCIe), akan tetapi metode ekspansin yang seperti ini masih memerlukan kabel buat mengaitkan motherboard dengan fitur ePCIe yang terdapat di luar.

Slot PCIe mempunyai sebagian bentuk wujud yang sedikit berbeda yang didetetapkan dari jumlah rute data pada tiap slot. Terdapat slot x1, x2, x4, x8, x12, x16 serta x32.

Nilai sehabis“ x” membuktikan jumlah jalur pada slot; x1 untuk slot yang cuma sediakan satu rute serta sanggup mentransmisikan informasi sebesar 1 bit per siklus, x4 buat slot yang sediakan 4 rute serta sanggup mentransmisikan informasi sebesar 4 bit per siklus, x8 buat slot yang sediakan 8 rute serta sanggup mentransmisikan informasi sebesar 8 bit per siklus, serta seterusnya.

Buat memperoleh performa yang maksimum, tiap expansion slot wajib ditempatkan pada slot yang cocok. Expansion card PCIe x1 dapat saja dipasang pada slot PCIe x16, tetapi bandwidth yang diperoleh expansion card itu akan menurun sampai separuh dari yang sepatutnya.

Standar PCIe sejauh ini telah melalui sebagian generasi, dimulai dari PCI Express 1. 0 pada tahun 2003 dengan memindahkan rate sebesar 2. 5 GT atau s. Yang terkini merupakan PCI Express 6. 0 yang muncul dengan memindahkan rate sebesar 64 GT atau s.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment