Haruskah Kita Membeli Pen Tablet Untuk Menggambar Anime Atau Manga?

Banyak seniman anime dan manga yang bercita-cita tinggi di sana tampaknya bertanya-tanya apakah mereka harus mendapatkan tablet gambar. Menggunakan tablet tentunya dapat membawa banyak manfaat tetapi ada juga beberapa kekurangannya.

Di bawah ini adalah beberapa tips dan saran yang dapat membantu Kamu memutuskan cuaca atau tidak, itu ide yang baik bagi Kamu untuk membelinya.

Tablet gambar

Saat memutuskan cuaca atau tidak, Kamu harus mendapatkan tablet gambar, Kamu harus mempertimbangkan yang berikut:

  • Seberapa besar Kamu benar-benar suka menggambar?
  • Apakah Kamu bersedia meluangkan waktu untuk belajar?
  • Apa yang kamu mampu?
  • Seberapa familiar Kamu dengan perangkat lunak menggambar digital?
  • Apa manfaat yang Kamu dapatkan dari menggunakan tablet gambar?

Berapa banyak yang Kamu benar-benar suka menggambar?

Apakah Kamu benar-benar suka menggambar dan yakin Kamu akan menggunakan tablet? Jika Kamu menggambar di atas kertas secara teratur atau bahkan mungkin berpikir untuk mengubah kecintaan Kamu menggambar menjadi karier, mungkin ide yang bagus untuk mendapatkannya. Tetapi jika itu merupakan pemicu momen maka Kamu mungkin ingin tidur sebentar dan melihat apakah Kamu masih menginginkannya.

Apakah Kamu Bersedia Meluangkan Waktu untuk Belajar?

Bahkan jika Kamu suka menggambar di atas kertas, belajar menggambar di tablet akan memakan waktu lama dan mungkin terasa berat pada awalnya. Jika Kamu menggambar secara teratur, tidak perlu terlalu lama untuk menyesuaikan, tetapi itu masih harus dipertimbangkan sebelum Kamu mendapatkan tablet.

Bisakah Kamu Mampu Menggambar Tablet?

Jika Kamu benar-benar yakin akan menggunakan tablet dan tidak akan hanya duduk di sebelah komputer Kamu mengumpulkan debu maka langkah selanjutnya adalah memutuskan berapa banyak yang ingin Kamu keluarkan.

Kecuali jika Kamu seorang seniman profesional, Kamu tidak perlu mendapatkan tablet seni terbesar yang paling mahal tetapi jangan gunakan yang termurah juga. Dapatkan sesuatu yang cukup bagus (membaca ulasan online dapat membantu) untuk jumlah yang Kamu rasa nyaman untuk dibelanjakan.

Jika mungkin coba tablet sebelum Kamu membelinya untuk melihat apakah rasanya dan berfungsi seperti yang Kamu harapkan. Seperti yang telah disebutkan, ini akan memakan waktu sebelum Kamu benar-benar nyaman ketika menggambar dengan satu tapi setidaknya Kamu akan tahu apa yang Kamu hadapi.

Jika Kamu adalah orang yang lebih muda yang masih di sekolah, pena tablet pasti bisa sedikit mahal. Tetapi kecuali keluarga Kamu memiliki masalah keuangan, orang tua Kamu mungkin mau melakukannya. Lagi pula, menggambar bukanlah hobi yang buruk. Sebagai alternatif, Kamu selalu bisa mendapatkan pekerjaan paruh waktu dan menghemat uang dengan membeli tablet bekas vs yang baru (pastikan itu berfungsi dengan baik sebelum Kamu  melakukannya).

Seberapa Akrab Kamu Dengan Perangkat Lunak Menggambar Digital?

Jangan lupa bahwa Kamu juga akan memerlukan beberapa perangkat lunak menggambar digital untuk digunakan bersama tablet dan itu mungkin membutuhkan biaya tambahan. Meskipun ada beberapa pilihan open source (gratis) yang cukup murah dan terbuka.

Saya sangat menyarankan Kamu mencoba perangkat lunak terlebih dahulu sebelum Kamu membeli tablet. Banyak barang yang dibayar sering kali disertai masa percobaan sehingga Kamu tidak perlu membelinya jika ternyata tidak cocok untuk Kamu .

Manfaat Menggunakan Tablet Gambar

Setelah Kamu terbiasa menggambar dengan tablet pena manfaatnya banyak.

  • Anda dapat menghapus, menghapus, atau melunakkan pekerjaan Kamu sebanyak yang Kamu butuhkan (tidak perlu khawatir kertas robek atau menunggu catnya mengering)
  • Mudah menyimpan dan mengatur pekerjaan Kamu (Anda dapat membuat salinan / cadangan tanpa batas)
  • Anda dapat mengunggah, mengirim email, dan berbagi pekerjaan dengan cukup mudah (tidak perlu memindai)
  • Anda dapat menghemat ruang (tidak perlu kertas, kanvas, dan perlengkapan seni lainnya)
  • Anda dapat menghemat uang dalam jangka panjang (tergantung seberapa cepat Kamu membakar perlengkapan seni)

Haruskah Kamu Membeli Tablet Gambar Untuk Menggambar dengan Gaya Anime / Manga?

Saya menemukan bahwa tablet gambar sangat cocok untuk shading manga / anime cel dan gaya menggambar garis. Saya juga menemukan bahwa selain biaya awal dan kurva belajar sebenarnya tidak terlalu banyak sisi buruk untuk menggunakan tablet. Pensil dan kertas mungkin masih merupakan cara termurah dan tercepat untuk menggambar garis, tetapi tablet menawarkan begitu banyak fleksibilitas.

Pada akhirnya pertimbangkan semua hal di atas dan buat keputusan sendiri. Saya pribadi telah menggunakan tablet menggambar selama bertahun-tahun dan tidak menyesal sama sekali tentang membelinya.

No comments :

Post a Comment

Leave A Comment...