4 Langkah Penting untuk Menggambar Karakter Manga atau Anime Kamu Sendiri

Jika Kamu ingin membuat manga Kamu sendiri atau bahkan animasi Kamu sendiri, Kamu mungkin harus menggambar dan mendesain setidaknya satu protagonis.

Bahkan jika Kamu merasa cukup nyaman dengan kemampuan menggambar Kamu dengan benar mendesain karakter yang akan Kamu gambar berulang kali dapat menjadi tantangan. Tutorial berikut menawarkan beberapa tips tentang langkah-langkah paling penting dalam membuat karakter manga atau anime Kamu sendiri .

Desain karakter gadis anime ninja

Desain Karakter vs Menggambar Normal

Mendesain karakter untuk anime atau manga sangat berbeda dari membuat sketsa satu kali. Dalam satu waktu menggambar Kamu hanya perlu khawatir tentang apa yang akan terlihat dari subjek Kamu dari satu pandangan untuk satu gambar itu. Dalam manga atau animasi, karakter kemungkinan harus ditarik berkali-kali dari berbagai tampilan / sudut.

Dua aspek yang sangat penting untuk mendesain karakter anime dan manga:

  1. Karakter untuk manga atau animasi harus memiliki desain yang cukup sederhana (bisa memakan waktu terlalu lama untuk menggambar karakter yang kompleks beberapa kali).
  2. Anda perlu mempertimbangkan bagaimana karakter manga atau anime akan terlihat dari semua tampilan / sudut (Anda mungkin harus menggambarnya dari banyak tampilan beberapa kali).

Cara Mendesain Karakter Manga atau Anime Langkah demi Langkah

Langkah 1 - Profil Karakter

Penulisan profil karakter


Tentukan karakter Kamu nantinya dan pilih detail minimumnya, Kamu harus menyampaikannya kepada pemirsa manga atau animasi Kamu . Misalnya pakaian atau aksesori apa yang paling mereka butuhkan untuk menunjukkan siapa mereka?

Jika Kamu ingin mendesain manusia atau setidaknya humanoid, Kamu harus menuliskan beberapa informasi dasar tentang karakter Kamu seperti usia, pekerjaan, kepribadian, dll. Desain mereka kemudian dapat didasarkan pada faktor-faktor ini.

Langkah 2 - Sketsa Karakter Kasar

Membuat sketsa karakter manga atau anime

Gambarlah beberapa sketsa kasar ide-ide Kamu . Ini bisa dari tampilan apa pun dan dalam pose apa pun yang Kamu suka. Gambarlah apa pun yang menurut Kamu terbaik dari karakter Kamu . Lakukan setidaknya satu sketsa tubuh penuh dan beberapa sketsa wajah jarak dekat.

Jika karakter Kamu harus sangat besar atau sangat kecil, Kamu dapat membuat sketsa di sebelah apa yang akan menjadi ukuran rata-rata orang untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang ukuran mereka.

Gunakan detail minimum yang Kamu butuhkan saat menggambar. Jangan membuat desain menjadi rumit. Kamu selalu dapat menambahkan detail lebih lanjut nanti jika Kamu merasa karakter Kamu terlalu sederhana.

Setelah Kamu selesai membuat sketsa, pilih gambar yang paling Kamu sukai dan gabungkan menjadi satu desain karakter .

Langkah 3 - Mengembangkan Desain Karakter

Desain karakter manga atau anime

Untuk lebih mengembangkan desain Kamu menggambar karakter Kamu dari depan, kedua sisi (kecuali mereka persis sama), dan tampilan belakang . Kamu juga dapat menggambar tampilan tambahan jika perlu.

Alasan untuk melakukan gambar-gambar ini adalah agar Kamu memiliki desain karakter Kamu yang menyeluruh. Kamu kemudian dapat menggunakan gambar-gambar ini sebagai bahan referensi saat menggambar karakter yang sama di manga atau animasi Kamu .

Untuk membantu Kamu menjaga proporsi genap dalam tampilan berbeda, Kamu dapat menggambar panduan dari satu bagian tubuh dalam satu tampilan ke bagian tubuh yang sama di tampilan lain . Penting untuk dicatat di sini bahwa karena perspektif bagian-bagian tertentu dari karakter mungkin tidak selalu selaras dengan orang lain dalam pandangan yang berbeda. Kamu dapat melihatnya pada contoh di atas jika Kamu melihat kaki. Karena kita melihat ke bawah pada kaki di tampilan depan dan karena mereka menjangkau lebih ke arah penonton, mereka sedikit melebar melewati pedoman.

Langkah 4 - Mewarnai Karakter Anime

Warna desain karakter manga atau anime

Manga seringkali hitam dan putih tetapi warnanya masih digunakan di beberapa tempat (contohnya penutup).

Meskipun Kamu mungkin memiliki warna tertentu dalam pikiran untuk karakter Kamu , ada aspek pewarnaan yang sangat penting untuk diperhatikan.

Warna-warna tertentu lebih cocok bersama daripada yang lain . Ini biasanya warna-warna gratis atau warna-warna yang saling berhadapan pada roda warna (hitam dan putih hampir semuanya). Kamu sering dapat melihat penggunaan warna gratis jika Kamu melihat skema warna karakter anime populer. Warna-warna tidak perlu sama persis dengan yang ada di roda warna mereka bisa menjadi variasi dari warna yang diberikan.

Mewarnai karakter manga atau anime

Anda juga harus memilih warna yang sesuai dengan jenis karakter yang Kamu coba buat. Warna dapat memunculkan suasana hati tertentu. Misalnya biru dianggap sebagai warna dingin, sedangkan merah dianggap hangat. Jadi jika katakanlah Kamu ingin merancang karakter fantasi yang menggunakan sihir es Kamu mungkin tidak ingin menggunakan banyak warna merah dalam desain mereka.

Tips Bonus

Desain karakter yang cocok dengan cerita . Banyak manga yang memiliki karakter yang cukup umum dan masih sangat bagus. Memiliki keseimbangan antara orisinalitas dan apa yang sesuai untuk cerita Kamu .

Misalnya jika Kamu melakukan manga “Slice of Life” Kamu mungkin harus memiliki desain karakter yang sederhana. Jika Kamu melakukan fantasi atau sci-fi manga maka Kamu dapat membuat desain yang sedikit lebih tidak biasa.

Jangan merobek karakter dari artis lain. Maksud saya, salin sebagian besar desain sambil membuat perubahan yang tidak signifikan. Tidak apa-apa untuk mengambil inspirasi dari karya orang lain, tetapi pastikan untuk membawa cukup banyak ide Kamu sendiri .

Bagaimana Kamu tahu kalau Kamu terlalu banyak menyalin? Satu pertanda baik adalah ketika orang melihat gambar Kamu dan mengatakan sesuatu di sepanjang baris “Oh, bukankah begitu dan begitu dari pertunjukan ini? Terutama ketika lebih dari satu orang memberitahu Kamu untuk karakter yang sama.

Kesimpulan

Mendesain karakter manga atau anime dengan benar bisa jadi banyak pekerjaan tetapi juga bisa sangat menyenangkan. Jika Kamu berpikir Kamu memiliki ide bagus untuk manga atau anime, cobalah saja.

2 comments :

Reader's Comments

  1. keren nih gan tutorialnya, pingin bisa sih gambar manga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, makasih sudah mampir ke blog anidraw.net disini saya akan terus uodate tutorial cara menggambar anime secara berkala, jadi tunggu update tutorial terbarunya yah.

      Delete