Tips Cara Belajar Menggambar Anime & Manga

Jika Kamu seorang penggemar anime atau manga dan ingin belajar cara menggambar dalam gaya tetapi tidak tahu harus mulai dari mana artikel ini akan memberi Kamu daftar hal-hal yang harus Kamu pelajari serta beberapa tautan ke tutorial yang relevan.

Tips Cara Belajar Menggambar Anime & Manga

Ilustrasi di atas menunjukkan beberapa hal yang perlu Kamu ketahui untuk dapat menggambar anime dan manga. Di bawah ini adalah rincian masing-masing.

1. Pelajari Dasar-Dasar Menggambar

Menggambar bentuk dasar

Menggambar karakter anime sangat bagus. Tetapi jika Kamu adalah pemula total untuk menggambar secara umum Kamu harus mulai dengan mempelajari dasar-dasarnya. Berlatih menggambar hal-hal sederhana seperti garis lurus dan bentuk dasar seperti lingkaran dan kotak . Kadang-kadang hal ini bisa membosankan tetapi akan membantu Kamu meningkat.

Lanjutkan menggambar anime atau apa pun yang Kamu suka. Berlatihlah menggambar garis dan bentuk dasar beberapa menit sehari dan kemudian gambar apa pun yang Kamu rasa menyenangkan atau menarik setelah itu.

2. Pelajari Gambar Perspektif

Contoh gambar perspektif

Perspektif adalah objek semakin kecil karena semakin jauh ke kejauhan . Contoh yang baik dari ini adalah jika kita melihat sebuah kubus. Meskipun semua sisi itu bahkan sisi yang jauh dari pemirsa akan tampak lebih kecil. Semakin besar objek semakin terlihat akan.

Gambar perspektif adalah mempertimbangkan efek ini dan menggambarkannya dengan cara yang benar dan realistis. Kamu dapat berlatih dengan menggambar objek tiga dimensi dasar seperti kubus dan silinder dari sudut yang berbeda. Nantinya ini akan membantu Kamu menggambar bentuk yang lebih kompleks dan bahkan karakter anime.

3. Pelajari Beberapa Anatomi Dasar

Proporsi anime

Anda tidak perlu menjadi dokter untuk menggambar orang, tetapi pengetahuan dasar anatomi pasti akan membantu. Mengetahui proporsi dan penempatan bagian tubuh yang berbeda akan membantu Kamu menghindari kesalahan saat menggambar. Dalam anime proporsi tertentu mungkin dilebih-lebihkan tetapi karakter anime dan manga secara keseluruhan masih biasanya didasarkan pada anatomi nyata.

4. Pelajari Cara Shading

Shading benda saat menggambar

Shading yang benar dalam sebuah gambar dapat memberikan sebaliknya benda dua dimensi penampilan tiga dimensi. Untuk dapat menaungi objek dengan cara yang tepat dan realistis, Kamu perlu mempelajari bagaimana cahaya memantul dari berbagai bentuk dan permukaan . Tetapi aturan dasarnya adalah bahwa sisi benda yang menghadap sumber cahaya akan menjadi yang paling terang dan yang menghadap jauh dari sumber cahaya akan menjadi yang paling gelap.

Shading yang benar dapat membantu menunjukkan kondisi pencahayaan suatu lingkungan, waktu, dan bahkan cuaca.

Misalnya jika Kamu menggambar karakter yang ada di luar pada hari yang cerah. Maka bayangan akan cukup tajam dengan kontras tinggi antara daerah yang diarsir dan terang. Pada hari yang berkabut atau hujan, kebalikannya bayangan akan cukup buram dan lebih sulit untuk dilihat dengan kontras yang jauh lebih sedikit antara daerah yang teduh dan terang.

Teknik shading yang digunakan dalam anime sangat disederhanakan tetapi masih didasarkan pada studi orang-orang nyata dan pengaturan.

5. Pelajari Cara Menggunakan Warna

Roda warna

Untuk dapat menggunakan warna secara efektif, Kamu harus mempelajari setidaknya beberapa dasar-dasar teori warna seperti warna hangat dan dingin serta warna pelengkap . Kamu selalu dapat melihat roda warna jika Kamu memerlukan bantuan mengingat warna mana yang. Warna-warna yang saling berseberangan pada roda warna adalah warna-warna gratis. Contoh warna hangat adalah kuning. Contoh warna keren adalah biru.

Menggunakan kombinasi warna yang tepat Kamu dapat membuat karakter anime yang tampak lebih menarik dan menarik.

6. Gunakan Bahan Referensi Saat Menggambar

Menggambar anime

Tidak masalah apa yang Kamu gambar, selalu baik untuk memiliki beberapa bahan referensi, terutama jika Kamu seorang pemula. Ini bisa berupa foto atau benda nyata, manusia dan hewan.

Pelajari karya seniman lain untuk melihat bagaimana anime dan manga digambar . Pelajari gayanya.

7. Sabar dan Jangan Menyerah

Gadis digambar dengan gaya anime

Belajar menggambar itu tidak mudah. Butuh waktu dan banyak usaha serta kesabaran. Tetapi bisa juga sangat bermanfaat untuk melihat peningkatan Kamu sendiri.

Kadang-kadang mungkin tampak seperti gambar Kamu tidak keluar seperti yang Kamu inginkan atau bahwa Kamu tidak membuat banyak kemajuan. Jangan biarkan ini membuat Kamu kecewa. Beristirahatlah atau coba lagi di lain hari. Dengan latihan Kamu akhirnya harus menjadi lebih baik .

Jika Kamu membutuhkan inspirasi, Kamu selalu dapat melihat karya seniman lain dengan menonton anime atau melihat manga favorit Kamu . Tentu saja ada beberapa tutorial di sini di Anidraw.net yang dapat membantu Kamu menggambar dengan gaya anime dan manga.

No comments :

Post a Comment

Leave A Comment...