Cara Menggambar Perspektif Dan Bagaimana Hal Ini Berhubungan dengan Anime

Sederhananya, perspektif adalah objek yang tampak jauh lebih kecil daripada yang lebih dekat dengan penonton.

Dalam seni, penggunaan perspektif yang benar sangat penting karena dapat membuat gambar datar tampak memiliki kedalaman dan volume.

Tutorial ini akan menggambarkan dasar-dasar menggambar perspektif dan menjelaskan bagaimana ini diterapkan pada menggambar anime dan manga.

Penggunaan Perspektif dalam Anime & Manga

Ruang dan karakter anime dalam perspektif

Adegan seperti kamar dan gambar karakter di atas cukup umum di anime dan manga.

Untuk dapat membuat gambar yang tepat dari ruangan seperti pengetahuan perspektif ini sangat penting. Meskipun Kamu tidak terlalu tertarik dengan anime tetapi hanya suka membuat sketsa dan tidak tahu banyak tentang menggambar perspektif tutorial ini masih bisa sangat membantu.

Dasar-Dasar Menggambar Perspektif

Contoh gambar perspektif

Di atas adalah contoh dasar menggambar perspektif. Objek semakin kecil semakin jauh mereka pergi ke kejauhan.

Anda bisa terus menggambar kubus lebih jauh dan lebih jauh ke belakang di antara garis perspektif sampai mereka berubah menjadi sebuah titik

Menggambar Tanpa Perspektif

Perspektif vs tanpa perspektif

Dalam sebuah kubus, semua sisi biasanya memiliki panjang yang sama tetapi di atas ilustrasi Kamu dapat melihat bagaimana sisi kubus pertama (digambarkan dalam perspektif) yang lebih jauh ditarik lebih kecil sedangkan sisi yang lebih dekat ditarik lebih besar.

Dalam gambar kedua (non-perspektif) di mana bagian belakang dan depan digambar dengan ukuran yang sama, kubus terlihat aneh dan terdistorsi.

Garis Horison

Seperti yang telah disebutkan perspektif adalah objek semakin kecil karena mereka pergi ke kejauhan. Titik atau titik di mana objek dalam gambar menghilang ke kejauhan atau menjadi titik yang dikenal sebagai titik hilang. Dalam perspektif satu titik dan dua titik ini selalu terletak pada garis horizontal atau "garis cakrawala" juga dikenal sebagai "level mata" .

Alasan itu disebut "mata tingkat" adalah karena secara harfiah adalah tempat mata pemirsa akan berada dalam kaitannya dengan adegan dalam gambar jika pemirsa itu benar-benar ada. Bayangkan gambar itu seolah-olah Kamu sedang melihat keluar jendela.

Garis horizon dalam sebagian besar contoh dalam tutorial ini ditunjukkan di atas objek tetapi penting untuk mengetahui bahwa itu juga bisa di bawah atau di belakang objek. Posisi tergantung pada di mana mata penonton. Jika pemirsa melihat objek dari atas maka garis horizon akan berada di atasnya, jika Kamu melihatnya membentuk di bawah maka garis horizon akan berada di bawah objek dan jika mereka melihat langsung ke objek, maka garis horizon akan berada di belakangnya.

Tiga Jenis Perspektif

Ada tiga jenis perspektif secara total, perspektif satu titik dan perspektif dua titik seperti yang disebutkan sebelumnya dan perspektif tiga titik yang kurang umum (juga yang paling rumit).

Perspektif Satu Poin

Gambar perspektif satu titik

Perspektif satu titik adalah cara termudah untuk menarik karena hanya ada satu titik hilang. Jenis perspektif ini baik untuk digunakan ketika Kamu melihat di tengah-tengah suatu objek atau pemandangan yang menghadap langsung ke arah penonton.

Perspektif dua poin

Perspektif dua titik

Perspektif dua titik memiliki dua titik hilang (keduanya selalu terletak di garis horizon) dan mungkin yang paling umum. Kamu akan ingin menggunakan ini saat menggambar sebagian besar objek atau adegan.

Perspektif Tiga Titik

Gambar perspektif tiga titik

Perspektif tiga titik memiliki tiga titik hilang dan sering digunakan ketika menggambar objek besar seperti bangunan.

Titik hilang ketiga juga bisa di atas objek. Contohnya akan melihat bangunan dari bawah. Bagian atas bangunan akan terlihat jauh lebih kecil daripada bagian bawah.

Area Gambar & Vanishing Points

Sangat penting untuk dicatat bahwa dalam banyak kasus, titik hilang dan bahkan garis horizon dapat keluar dari area gambar yang sebenarnya . Ini mungkin terdengar membingungkan tetapi hanya melihat contoh-contoh dalam tutorial ini di mana ada gambar yang lebih kecil dari objek yang sama untuk menunjukkan garis perspektif. Jika Kamu mencoba dan menambahkan garis-garis ini ke objek yang lebih besar, Kamu akan melihat bahwa titik lenyapnya tidak akan masuk dalam bingkai gambar.

Pentingnya Level Mata

Perspektif menggambar tingkat mata

Dalam contoh di atas, Kamu dapat melihat bagaimana posisi vertikal suatu objek dalam kaitannya dengan level mata mengubah penampilannya untuk pemirsa . Kamu dapat mencoba ini sendiri dengan terlebih dahulu meletakkan selembar kertas di lantai dan kemudian membawa lebih tinggi ke arah mata Kamu pada posisi yang sama. Semakin dekat ke mata Kamu semakin sempit itu akan muncul sampai pada dasarnya menjadi garis (jika Kamu melihat langsung di sisi lembaran). Efek serupa akan terjadi jika Kamu memegangnya di atas kepala Kamu dan membawanya ke bawah (melihat bagian bawah).

Gambar cangkir perspektif

Jika kita menerapkan ini untuk menggambar cangkir sederhana dalam perspektif yang benar bagian bawah cangkir akan ditarik lebih bulat (lebih lurus secara vertikal dari atas karena dalam hal ini cangkir akan berada di bawah penampil dan oleh karena itu bagian atas akan lebih dekat ke mata penonton) level Jika cangkir berada di atas penampil maka ini akan terbalik (rounder top).

Piala atas dan bawah contoh

dengan gambar terstruktur yang benar secara otomatis. Tetapi jika Kamu  menggambar adegan yang memiliki banyak objek atau beberapa panel manga, akan sangat memakan waktu untuk menggambar semua garis panduan setiap saat. Karena itu ketika Kamu  menggambar tanpa panduan, ingatlah ini dan buatlah gambar yang sesuai.

Bagaimana Menggambar Perspektif Diterapkan dalam Anime dan Manga

Gambar ruang dalam perspektif satu titik

Gambar kamar tidur di atas (adegan yang cukup umum dalam anime dan manga) dilakukan dalam perspektif satu titik. Jika Kamu menambahkan garis perspektif ke objek dalam gambar, Kamu akan melihat bahwa mereka semua akhirnya bertemu pada satu titik tunggal (titik hilang).

Sama seperti pada contoh gambar kamar tidur Kamu dapat melihat gambar perspektif di banyak adegan anime atau manga. Kamar, furnitur, kota, jalan, bangunan, dan bahkan orang terlihat jauh lebih baik ketika digambar dalam perspektif yang benar.

Perspektif Saat Menggambar Karakter Anime

Karakter dan perspektif anime

Contoh perspektif yang sangat mendasar dalam anime adalah sesuatu yang sederhana seperti karakter yang berdiri di latar depan yang tampak lebih besar dari karakter yang berdiri di latar belakang.

Jika Kamu ingin dengan cepat mendapatkan gambaran kasar tentang seberapa besar karakter seharusnya ketika berdiri di latar depan dibandingkan dengan mereka yang berdiri di latar belakang (atau terbalik), Kamu dapat menggunakan metode dalam contoh di atas.


  1. Gambar garis vertikal setinggi karakter yang ingin Kamu proyeksikan (ditunjukkan dengan warna merah)
  2. Gambar garis perspektif (ditunjukkan dengan warna biru) dari titik hilang yang masing-masing menyentuh bagian atas dan bawah garis ketinggian.
  3. Gambarlah garis vertikal kedua (ditunjukkan dengan warna merah) antara garis perspektif yang sama di latar depan atau latar belakang gambar karakter awal.
  4. Gambar garis horizontal dari garis ketinggian kedua ke mana saja dalam gambar dan gambar karakter Kamu di antaranya


Penting untuk dicatat bahwa metode ini hanya berfungsi jika karakter berada di posisi yang kira-kira sama dan tidak seratus persen akurat tetapi dapat mencegah Kamu membuat kesalahan besar jika digunakan dengan benar.

Jika Kamu ingin memperkirakan ukuran karakter dalam posisi yang berbeda dari yang Kamu proyeksikan, Kamu dapat menggambar bentuk kasar karakter di posisi yang sama terlebih dahulu dan menggambar mereka di posisi yang berbeda berdasarkan proporsi proporsi posisi awal.

Punch dalam perspektif

Contoh yang lebih kompleks adalah sesuatu seperti tinju yang benar-benar tampak di wajah Kamu (seperti gambar di atas). Ini dapat dicapai dengan menggambar kepalan tangan yang jauh lebih besar daripada bagian tubuh lainnya dari karakter yang dimilikinya.

Jika Kamu ingin melihat contoh nyata dari ini, pegang tangan Kamu tepat di depan wajah Kamu . Perhatikan seberapa besar tampilannya dibandingkan dengan objek lain karena perspektif.

Belajar Menggambar dalam Perspektif

Jika Kamu belum pernah mendengar gambar perspektif sebelumnya, mungkin tampak seperti banyak informasi yang harus diambil tetapi jangan biarkan hal itu membuat Kamu  kewalahan. Gambar perspektif tidak terlalu rumit. Jika Kamu telah menggambar untuk sementara waktu, Kamu mungkin telah menggambar sesuatu dalam perspektif tanpa menyadarinya. Sekarang Kamu tahu sedikit tentang cara kerja perspektif, Kamu  dapat mencoba menerapkannya pada karya seni Kamu secara sadar.

No comments :

Post a Comment

Leave A Comment...