j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Cara Menggambar Jabat Tangan Langkah demi Langkah

Tutorial langkah demi langkah ini menjelaskan cara menggambar jabat tangan. Tip dan contoh yang diberikan dapat digunakan untuk menggambar di anime, manga, buku komik atau gaya seni tradisional.

Gambar jabat tangan selangkah demi selangkah

Menggambar jabat tangan bisa jadi sulit karena bagian dari kedua tangan tersembunyi di belakang satu sama lain dan bahkan karena tangan satu per satu pun tidak mudah untuk digambar. Untuk membantu tutorial ini menawarkan perincian rinci dari proses menggambar dengan penjelasan untuk setiap langkah.

Juga seperti yang telah disebutkan, contoh-contoh ini dapat diterapkan pada menggambar tangan dengan gaya apa saja. Jadi, jika Anda datang ke sini hanya untuk belajar menggambar tangan dan tidak terlalu peduli dengan anime, semua tip menggambar akan tetap berguna untuk Anda.

Jika Anda suka menggambar dengan gaya anime dan manga maka Anda pasti berada di tempat yang tepat dan juga harus melihat tutorial lainnya di Anidraw.

Sebelum Anda Mulai Menggambar Jabat Tangan

Sebelum Anda menggambar jabat tangan, sebaiknya Anda memiliki pemahaman tentang pose yang dilakukan setiap tangan dalam jabat tangan. Anda dapat melihat ini pada contoh di bawah.

Gambar tangan depan jabat tangan

Gambar “tangan depan” dari jabat tangan di atas dibuat seolah-olah “tangan belakang” tidak terlihat.

Gambar sambungan tangan depan jabat tangan

Anda juga dapat melihat penempatan kasar dari masing-masing sambungan tangan latar depan dalam contoh ini. Menyadari posisinya dapat membantu Anda memperkirakan panjang setiap bagian jari serta ibu jari.

Gambar jabat tangan kembali

Dan dalam contoh berikut ini Anda dapat melihat gambar jarum detik seperti jika tangan pertama tidak terlihat.

Jabat tangan kembali menggambar sendi tangan

Sekali lagi Anda juga dapat melihat perkiraan penempatan sendi untuk tangan ini juga.

Dalam tutorial ini kedua tangan memiliki ukuran yang sama sehingga Anda dapat menganggap masing-masing tangan sebagai tangan yang lain terbalik. Semua sambungan dan bagian utama akan berada di tempat yang kira-kira sama. Semua proporsinya juga harus kurang lebih sama.

Langkah 1 - Buat Gambar Konstruksi Kedua Tangan

Gambar konstruksi jabat tangan

Untuk memulai proses menggambar sebenarnya buat sketsa dari masing-masing tangan seolah-olah tangan lainnya transparan. Untuk langkah ini, cukup gambar jari sebagai satu bentuk gabungan dan tinggalkan semua detail yang lebih kecil. Pastikan juga untuk menggambar garis sangat tipis yang dapat Anda hapus dengan mudah hingga langkah terakhir tutorial.

Tujuan dari langkah ini adalah untuk memastikan Anda memiliki proporsi dan penempatan yang benar untuk setiap tangan. Menggambar bagian yang tersembunyi juga akan membantu Anda memastikan bahwa bagian tangan yang berbeda sejajar satu sama lain. Anda mungkin perlu menghapus dan menggambar ulang beberapa kali agar semuanya terlihat benar.

Langkah 2 - Bersihkan Garis Konstruksi Tembus Pandang

Jabat tangan menggambar bentuk tangan

Setelah Anda yakin telah memiliki penempatan dan proporsi yang benar, hapus bagian dari masing-masing tangan yang seharusnya tersembunyi di balik tangan yang lain.

Setelah Anda selesai, Anda harus memiliki gambar konstruksi jabat tangan yang cukup bersih dan sederhana.

Langkah 3 - Gambar Jari Individu

Jabat tangan menggambar jari

Di dalam "kerangka" gambar konstruksi dari langkah sebelumnya, gambarkan jari individu.

Harap dicatat bahwa contoh dibuat sedemikian rupa sehingga jari-jari hampir pas dengan kerangka. Dalam gambar Anda, Anda mungkin menemukan bahwa Anda perlu menyesuaikan panjang beberapa jari untuk keluar dari garis konstruksi. Ini baik-baik saja.

Langkah 4 - Gambarkan Detail Yang Lebih Kecil dari Setiap Tangan & Selesaikan Gambar Jabat Tangan

Gambar jabat tangan

Untuk langkah ini Anda bisa menambahkan detail yang lebih kecil pada tangan seperti kuku jari tangan dan kerutan. Gambarkan beberapa petunjuk tulang di sekitar pangkal jari di tangan depan juga.

Anda juga dapat menambahkan beberapa lekukan di sekitar sambungan jari tangan latar depan yang ditekuk untuk melingkari tangan latar belakang. Ini akan membantu menunjukkan tikungan.

Dalam anime, manga dan gaya buku komik, kuku mungkin tidak digambar sama sekali. Namun menggambar kuku membuat tangan terlihat lebih baik dan juga dapat membantu menunjukkan sudut tikungan setiap jari. Misalnya, Anda dapat melihat bahwa kuku jari telunjuk ditarik jauh lebih sempit daripada yang lainnya. Ini membantu menunjukkan bahwa itu lebih mengarah ke penonton daripada lebih ke samping seperti jari-jari lainnya.

Saat Anda selesai menambahkan semua detail, lanjutkan ke gambar Anda dengan garis yang lebih gelap. Anda dapat membuat garis sedikit lebih tebal untuk bagian tangan yang lebih besar dan lebih tipis untuk detail yang lebih kecil.

Kesimpulan

Jabat tangan seperti halnya tangan pada umumnya cukup sulit untuk digambar. Jika Anda benar-benar ingin berlatih menggambar jabat tangan, cobalah dan gambar masing-masing satu per satu dalam posisi jabat tangan seolah-olah yang lain tidak terlihat (seperti yang ditunjukkan pada contoh sebelumnya). Melakukan hal itu benar-benar dapat membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pose masing-masing tangan dan dapat membantu Anda menghindari kesalahan saat menggambar kedua tangan digabungkan.

Related Posts

Related Posts