j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Panduan Pemula untuk Menggambar Anime & Manga

Panduan ini adalah pengantar dasar-dasar menggambar dengan fokus pada gaya anime dan manga. Ini memberikan tip untuk mendekati proses menggambar dengan cara yang benar dan menyarankan beberapa latihan ramah pemula untuk membantu Anda memulai.

Panduan ini mencakup bagian pertama dari daftar itu (Dasar-dasar Menggambar).

1. Buat Gambar Garis Terang Terlebih Dahulu

Buat sketsa untuk membersihkan mata anime menggambar

Gambarlah menggunakan garis terang terlebih dahulu dan kemudian telusuri dengan garis yang lebih gelap setelah Anda yakin bahwa semuanya berada di tempat yang benar. Ini sangat membantu untuk gambar yang besar atau lebih kompleks.

Garis-garis tipis lebih mudah dihapus jika Anda membuat kesalahan dan lebih mudah dibuat (Anda tidak perlu menekan pensil terlalu kuat agar tangan Anda tidak terlalu lelah).

Meskipun menggambar secara digital, masih merupakan ide yang bagus untuk membuat sketsa terlebih dahulu dan menyelesaikannya dengan garis yang lebih rapi setelahnya.

Menelusuri garis Anda sendiri juga akan berfungsi sebagai latihan lain untuk membantu menstabilkan tangan Anda.

Cobalah menggambar dengan garis sesedikit mungkin. Jika Anda membuat kesalahan dengan baris pertama Anda, boleh saja menambahkan lebih banyak baris sampai Anda mendapatkan baris yang benar, tetapi jangan mencoret-coret atau menarik garis ekstra hanya untuk kepentingan itu. Jika Anda membuat terlalu banyak kesalahan, hapus bagian itu dari gambar Anda, mulailah dari awal.

2. Gunakan Panduan / Garis Konstruksi

Garis konstruksi saat menggambar anime

Gunakan garis bantu untuk membantu diri Anda menggambar. Misalnya jika Anda ingin menggambar kepala / wajah yang simetris dari tampilan depan, Anda dapat menggambar garis horizontal terlebih dahulu di tengah-tengah tempat Anda ingin menggambar wajah. Garis ini akan membantu Anda memastikan kedua bagian wajah memiliki lebar yang sama. Anda kemudian dapat menggambar garis horizontal (atau beberapa garis) untuk membantu Anda memastikan bahwa kedua mata dan kedua telinga berada pada level yang sama.

3. Rencanakan Gambar Anda & Gambar Lebih Besar ke Lebih Kecil

Urutan gambar bentuk besar ke kecil

Perkirakan proporsi Anda sebelum mulai menggambar. Anda dapat melihat bahwa pada contoh di atas, gadis itu memiliki tinggi 6 1/2 kepala (karena karakter anime cenderung memiliki kepala yang lebih besar dalam kaitannya dengan tubuh mereka daripada orang sungguhan). Dengan membandingkan ukuran bagian atau objek yang berbeda dalam gambar Anda satu sama lain, Anda akan cenderung membuat kesalahan.

Terlepas dari apa yang Anda gambar, mulailah dengan bentuk yang lebih besar terlebih dahulu. Anda tidak perlu selalu memulai dengan bentuk terbesar absolut, tetapi jangan mulai dengan detail yang lebih kecil.

Jika Anda menggambar area seseorang, mulailah dengan kepala dan terus turun ke seluruh tubuh. Jangan menggambar detail yang lebih kecil seperti fitur wajah sampai Anda mendapatkan bentuk seluruh tubuh.

Menggambar dengan cara ini akan jauh lebih mudah untuk memperbaiki kesalahan. Misalnya, jika Anda menggambar kepala sepenuhnya dengan semua detail fitur wajah, Anda mungkin menemukan bahwa tubuh sebenarnya tidak pas dengan area gambar Anda. Anda kemudian harus memulai kembali dan menggambar ulang seluruh wajah lagi.

Beberapa kesalahan ini bisa lebih mudah diperbaiki jika menggambar secara digital, tetapi itu tidak berarti Anda tidak harus belajar menggambar dalam urutan yang benar.

4. Pertahankan Bagian Yang Berbeda dari Gambar Anda dalam Tahapan Penyelesaian yang Sama

Menggambar contoh konsistensi dengan mata anime

Cobalah dan pertahankan berbagai objek dalam gambar Anda dalam kondisi penyelesaian yang kira-kira sama. Jika misalnya Anda menggambar mata, maka gambarlah bentuk luar setiap mata dan kemudian gambar bentuk setiap iris. Dengan melakukan itu Anda akan lebih mungkin untuk memperhatikan jika yang pertama tidak pada tempatnya dan Anda hanya perlu melakukan sedikit pelacakan belakang jika Anda membuat kesalahan (mirip dengan contoh sebelumnya).

5. Gambarlah Hal-Hal Yang Tersembunyi

Buat sketsa bagian tersembunyi dari sebuah gambar

Terkadang menggambar hal-hal yang tersembunyi oleh hal lain merupakan ide yang bagus.

Dalam contoh di atas, beberapa bagian kepala dan wajah akan disembunyikan oleh rambut pada gambar akhir, tetapi Anda mungkin masih ingin menggambar bentuk dasarnya dan menghapusnya nanti. Alasannya adalah untuk memastikan penempatan yang benar dari bagian-bagian yang terlihat. Misalnya dengan menggambar mata kedua secara tipis, Anda akan dapat memeriksa jarak antara kedua mata yang akan membantu Anda memastikan bahwa mata yang terlihat ditempatkan dengan benar. Anda juga bisa menggambar bentuk luar telinga untuk memperkirakan volume yang dibutuhkan rambut untuk menutupinya.

6. Lakukan Latihan Menggambar

Sebagai seniman pemula, Anda benar-benar bisa mendapatkan keuntungan dari beberapa latihan menggambar garis dan bentuk geometris dasar yang cukup sederhana. Latihan-latihan ini akan membantu menstabilkan tangan Anda dan melatih Anda untuk melihat (dan menghindari) kesalahan umum.

Anda dapat melakukannya selama 10-15 menit setiap kalinya.

Latihan Menggambar Garis Lurus

Latihan menggambar garis lurus

Latihan paling dasar adalah menggambar garis lurus ke berbagai arah. Gambar garis horizontal, vertikal, dan diagonal tanpa memutar area gambar Anda (kertas, tablet, dll…).

Latihan Menggambar Garis Lengkung

Latihan menggambar garis lengkung

Selain garis lurus, praktikkan menggambar garis lengkung ke arah yang berbeda dan cobalah untuk memiliki kurva yang bagus dan mulus tanpa getaran atau belokan tajam. Sama seperti untuk latihan garis lurus, jangan memutar area gambar Anda.

Latihan Menggambar Bentuk Dasar

Latihan menggambar bentuk dasar

Berlatih menggambar bentuk dasar seperti kotak, lingkaran, segitiga, oval, persegi panjang, dll…

Coba dan gambar setiap bentuk hanya dengan satu goresan per sisi. Gambarlah lingkaran dan oval dengan satu garis solid dari awal sampai akhir.

Jangan khawatir jika bentuk Anda tidak bagus, cukup coba dan tingkatkan bentuk berikutnya.

Latihan Menggambar Campuran

Latihan bentuk dan gambar garis

Anda juga bisa menggabungkan latihan menggambar. Misalnya Anda bisa menggambar persegi daripada di dalamnya menggambar garis dari satu sudut ke sudut lain diikuti oleh dua garis lagi melalui titik potong garis tersebut diikuti dengan menggambar lingkaran di dalam persegi awal. Tetapi tidak seperti latihan sebelumnya, gambarlah lingkaran ini seperempat sekaligus.

Selain semua manfaat sebelumnya, latihan ini juga sangat bagus untuk belajar menggambar bentuk simetris.

Kepala anime dari struktur bentuk dasar

Dalam contoh di atas, Anda dapat melihat bagaimana kepala gaya anime dapat dipecah menjadi tiga bentuk sederhana. Hal yang sama sering kali dapat dilakukan dengan bagian tubuh lain dan berbagai objek lainnya. Anda tidak perlu benar-benar menarik semua ini setiap kali Anda ingin menggambar sesuatu, tetapi ini adalah contoh yang baik mengapa belajar menggambar bentuk dasar bisa sangat berguna.

7. Pelajari Gaya Anime

Understanding the anime style

Untuk membuat karya seni yang terlihat seperti anime dan manga, Anda harus memahami karakteristiknya. Untungnya, ada banyak tutorial di AnimeOutline untuk membantu Anda mempelajari gaya ini. Cukup lihat bagian Tutorial Menggambar Anime & Manga dan pilih apa pun yang Anda tertarik untuk menggambar.

8. Periksa Kesalahan

Membalik gambar untuk melihat kesalahan

Jika Anda kesulitan melihat kesalahan Anda, balikkan gambar Anda atau dekatkan ke cermin. Ini akan memberi Anda "perspektif" baru sehingga lebih mudah untuk melihatnya.

Kesimpulan

Melakukan latihan dan menerapkan tip yang disarankan di atas akan membantu Anda dengan dasar-dasar menggambar anime. Setelah Anda memiliki tangan yang cukup mantap dengan kendali yang baik atas pena atau pensil Anda, Anda dapat melanjutkan ke aspek gambar yang lebih maju. Ini termasuk hal-hal seperti perspektif, warna dan bayangan.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment