j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Mudah Secara Aman

Cegukan ialah salah satu situasi yang sering buat kita kesal. Biarpun cegukan dapat lenyap dengan sendirinya dalam beberapa menit atau dalam jangka waktu tertentu, tetapi cegukan dapat mengusik kegiatan keseharian kita seperti makan dan saat hendak berkomunikasi, untuk itu kita pasti akan mencari solusi di internet seperti misalnya dengan mengetikan "cara menghilangkan cegukan" di google seperti yang sudah anda lakukan, tentu saja hal ini sangat diperlukan agar kita tbisa erlepas dari ketidaknyamaan yang disebabkan oleh cegukan dengan cepat.

cara menghilangkan cegukan

Lalu apa itu cegukan?

Singultus atau cegukan adalah situasi ketika seseorang mengeluarkan suara‘ hik’ tanpa disengaja. Cegukan bisa berlangsung sepanjang hari atau bahkan lebih dari 48 jam, akan tetapi di beberapa kasus cegukan biasanya hanya berlangsung dalam beberapa detik atau menit saja. Masing- masing orang di dunia ini pasti pernah menghadapi situasi semacam ini, termasuk juga anak-anak serta orang dewasa tanpa terkecuali.

Cegukan sering kali terjadi secara mendadak atau tiba-tiba tanpa kita sangka, penyebab cegukan yang sering kali terjadi ialah karena kita makan terlalu cepat atau makan dengan porsi yang terlalu banyak.

Jenis Cegukan

Cegukan dibagi kedalam dua jenis yaitu cegukan ringan dan cegukan berat, dimana masing-masing jenis ini memiliki karakteristiknya masing-masing, berikut adalah penjelasanya:

Cegukan ringan ialah cegukan yang biasanya terjadi pada kebanyakan orang normal, dimana cegukan ini hanya terjadi sesaat (tidak berkepanjangan atau terus menerus) biasanya hanya beberapa menit saja.

Cegukan berat. Cegukan berat merupakan cegukan yang dirasakan sampai berjam- jam lamanya atau yang paling parah bisa sampai berhari- hari. Nah, untuk Kamu yang menghadapi hal seperti ini, jangan dianggap sepele, kamu wajib waspada, sebab hal ini dapat saja jadi pertanda kalau terdapat hal buruk yang sedang terjadi di dalam anggota badanmu. Biasanya cegukan jenis ini terjadi karena terdapat suatu masalah pada bagian otak kita, lalu penyakit parah (kronis), peradangan, herpes, dan kemudian adanya kendala sistem metabolisme dalam tubuh kita, selain hal tersebut, bisa juga cegukan terjadi karena kamu sedang dalam pengaruh dari obat- obatan yang kamu konsumsi. Jadi jika kamu mengalami hal semacam ini hendaknya lekas memeriksakan diri ke dokter sebelum terlambat.

Faktor Risiko Cegukan

Cegukan juga bisa terjadi karena beberapa faktor pendukung yang membuat cegukan menjadi sering kita alami, berikut adalah faktor-faktornya:

  1. Jenis kelamin kamu. Laki- laki biasanya memiliki potensi cegukan jauh lebih lama dibandingkan dengan perempuan.
  2. Permasalahan psikologis ataupun pemarah (emosional). Keresahan, tekanan pikiran, serta tingkat kebahagiaan kerap kali berhubungan dengan sebagian permasalahan cegukan untuk jangka waktu pendek ataupun jauh.
  3. Operasi. Sebagian orang mengalami intensitas cegukan setelah menempuh anestesi biasa ataupun sehabis menjalankan operasi yang berhubungan dengan organ-organ yang ada pada bagian perut.

Penyebab Cegukan

Cegukan Terjadi dikala otot yang memisahkan bagian perut serta dada( diafragma) berkontraksi satu sama lain tanpa disengaja. Diafragma mempunyai andil penting dalam sistem respirasi manusia. Perihal ini disebabkan oleh tubuh pada manusia yang bergantung pada kontraksi serta pergerakan diafragma supaya proses respirasi berjalan dengan normal.

Berikut adalah penyebab utama kenapa kita sebagai manusia sering kali mengalami cegukan:

  1. Gangguan sistem pada pencernaan, semacam gastritis, pankreatitis, kanker pankreas, penyumbatan usus, kanker lambung, tukak lambung,  penyakit radang usus, ataupun pada radang hati.
  2. Gangguan pada saraf, misalnya saja dampak peradangan saluran nafas, serta berkembangnya tumor ataupun kista di leher dan sejenisnya.
  3. Gangguan pada bagian otak, semacam stroke, radang, peradangan otak epistaksis, tumor otak, multiple sclerosis, serta hidrosefalus.
  4. Gangguan pada rongga dada, misalnya saja bronkitis, tuberkulosis, pneumonia, luka pada dada, sesak napas, serta emboli pada paru.
  5. Gangguan pada jantung, misalnya pernah mengalami serangan jantung serta peradangan epidermis pada jantung.
  6. Makan makanan yang terlalu pedas
  7. Makan terlalu cepat
  8. Makan terlalu banyak
  9. Minum minuman bersoda
  10. Minum minuman beralkohol
  11. Minum minuman panas
  12. Masuk angin
  13. Pergantian temperatur yang ekstrim serta tiba- tiba
  14. Perut kembung
  15. Merokok ataupun menghirup asap rokok
  16. Kendala psikologis, misalnya anoreksia serta skizofrenia.
  17. Tekanan pikiran, khawatir, ataupun bahagia.

Pemeriksaan Cegukan

Jika kamu mengalami cegukan yang terus menerus hingga berhari-hari tanpa henti, maka ada baiknya kamu mencoba untuk berobat ke dokter, di rumah sakit biasanya akan diadakan pemeriksaan untuk mendiagnosis penyakit yang membuat kita cegukan.

  • Endoskopi. Pengecekan dengan memakai selang kecil yang dilengkapi lampu serta kamera ini dicoba bila cegukan diprediksi berhubungan dengan kendala pencernaan, misalnya penyakit asam alat pencernaan ataupun refluks gastroesofagus( GERD)
  • Elektrokardiogram( ECG). Pengecekan dengan mengukur kegiatan listrik di dalam jantung ini dicoba bila cegukan diprediksi berhubungan dengan kendala jantung.
  • Pemindaian sinar-X. Pemindaian dengan tomografi terkomputerisasi ataupun CT scan, serta pemindaian dengan dengungan magnetik ataupun MRI. Salah satu dari ketiga pemindaian ini dapat dicoba bila dokter beranggapan cegukan diakibatkan oleh peradangan ataupun tumor.
  • Pengecekan darah. Uji ini dicoba bila cegukan diprediksi diakibatkan oleh kendala batin, ginjal, ataupun diabet. 

Cara Menghilangkan Cegukan

Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengobati cegukan orang dewasa yang mana cara ini terjamin aman dan tidak menyebabkan efek samping merugikan bagi pemaiakai:

  • Menata pernapasan
  • Menahan nafas dengan melipat kedua lutut
  • Mengoleskan minyak kayu putih pada perut serta leher
  • Jalani posisi menelungkup untuk menekan dada ke lantai.
  • Tiduran ataupun bersandar sembari menarik kedua lutut sampai menyentuh dada.
  • Bernapas di dalam kantong yang dibuat dari kertas.
  • Mengecap cuka.
  • Memakan gula pasir.
  • Menggigit lemon.
  • Berkumur
  • Mengambil nafas dalam
  • Komsumsi jahe segar
  • Mengisap potongan lemon

Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, cegukan bisa dialami oleh semua kalangan, termasuk bayi.

Bayi pada umumnya tidak terlalu terpengaruh oleh adanya cegukan pada diri mereka. Akan tetapi, hal ini (cegukan bayi) tetap saja mengkhawatirkan untukkita para orangtua. Banyak, loh, anak atau bayi yang bisa tidur dengan nyenyak sembari cegukan tanpa terganggu sama sekali. Cegukan pada bayi pada umumnya tidak mempunyai akibat ataupun dampak buruk tertentu pada respirasi (pernafasan) ataupun kesehatan anak, bahkan bisa dibilang hal ini cukup wajar jika dialami oleh bayi.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengobati bayi yang cegukan:

  1. Berikanlah ASI serta biarkan bayi bersendawa
  2. Membawa bayi ke tempat yang lebih hangat
  3. Berikan suatu benda atau objek untuk dapat diisap bayi (harus yang aman)
  4. Atur juga posisi bayi

Selai menghilangkan cegukan pada bayi, berikut juga disertakan cara untuk mencegah cegukan pada bayi agar bayi bisa terhindar dari cegukan:

  1. Ketika sang ibu mau memberikan ASi ataupun makanan pada si anak (bayi), berikan di saat bayi dalam keadaan diam atau tenang, tidak sedang menangis, apalagi lapar. Perihal ini dicoba untuk menjauhi udara yang bisa masuk berbarengan dengan makanan serta hal ini juga bisa untuk menjauhkan si anak dari perut kembung.
  2. Sehabis menyusui, jauhi kegiatan semacam menggendong anak dengan gerakan seperti memantul- mantul ke atas serta ke bawah.
  3. Posisikan bayi anda tetap tegak atau berdiri selama 10 hingga 250 menit sehabis makan.

Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa

Setelah kita membahas mengenai mencegah cegukan untuk bayi, sekarang mari kita bahas cara mencegah cegukan saat bulan puasa.

Seperti yang kita tahu, bulan puasa adalah bulan dimana kita menahan makan dan minum, oleh karena itu ada beberapa hal yang tidak bisa kita lakukan ketika ingin menghilangkan cegukan seperti misalnya memakan gula pasri, memakan lemon dan lain-lain.

Oleh karena itu berikut adalah cara menghilangkan cegukan saat bulan puasa tanpa membatalkan puasa kita:

1. Menahan napas

Menahan nafas jadi salah satu metode menanggulangi cegukan yang sangat populer. Selanjutnya merupakan metode menahan nafas buat menanggulangi cegukan saat puasa:

  1. Ambil nafas dalam- dalam lewat hidung, kemudian tahan nafas kurang lebih selama 10 detik.
  2. Setelah itu, hembuskan perlahan serta ulangi lagi hingga 3- 4 kali.
  3. Silahkan anda ulangi lagi langkah- langkah tadi tiap 20 menit jika saja cegukan yang anda alami ini tidak kunjung hilang.

2. Bernapas dalam kantung kertas

Metode menanggulangi cegukan dikala puasa selanjutnya merupakan memakai kantung kertas. Kamu dapat memakai kantung kertas kosong yang lumayan tebal, semacam paper bag. Kemudian, simak langkah- langkah di bawah ini:

  • Tempelkan leher kantung kertas ke zona mulut serta hidung, janganlah ke seluruh wajah.
  • Yakinkan semua area mulut serta hidung tertutupi oleh kantung kertas.
  • Bernapaslah dalam kantung kertas itu.

Bernapas dalam kantung kertas membuat Kamu lama kelamaan hendak menghisap karbon dioksida. Akhirnya, otot- otot diafragma yang tadinya berkontraksi akan merenggang kembali.

Hendaknya tidak memakai kantung plastik sebab malah hendak melekat di mulut serta hidung dikala mengambil nafas.

3. Duduk memeluk lutut

Duduk memeluk lutut pula jadi metode menanggulangi cegukan dikala puasa yang dapat dicoba. Triknya:

  1. Duduklah dengan posisi kedua kaki ditekuk ke atas.
  2. Setelah itu, dekap dengkul seraya mencondongkan tubuh ke depan, semacam ingin meringkuk.
  3. Tahan posisi itu selama kurang lebih 2 menit. Posisi ini hendak membagikan titik berat pada area diafragma alhasil udara yang terperangkap di dalamnya dapat pergi.

4. Pijit area ulu hati

Metode menanggulangi cegukan dikala puasa yang lain merupakan dengan pijit area ulu hati. Betul, cobalah pijit area ulu hati sebab otot- otot diafragma posisinya pas di bawah ulu hati ataupun di atas perut. Beri tekanan halus pada zona itu memakai ujung jari- jari selama 20- 30 detik.

5. Pijit pembuluh darah di leher

Kita mempunyai pembuluh darah di kedua bagian leher yang diketahui dengan julukan arteri karotis. Arteri karotis berperan buat membawakan darah ke otak serta kepala. Bila disentuh, kita hendak merasakan denyut nadi di leher.

Metode melakukannya, Kamu cukup tiduran di atas kursi ataupun tempat tidur. Setelah itu, putar kepala ke kiri serta pijatlah pembuluh nadi karotis di bagian kanan leher dengan gerakan memutar selama 5- 10 detik.

6. Pijit telapak tangan

Tekan telapak tangan bagian dasar bunda jemari, yang terdapat di antara ibu jari serta jari telunjuk pula dapat mencoba metode menanggulangi cegukan dikala puasa dengan pijit telapak tangan.

Triknya, tekan telapak tangan memakai ibu jari tangan yang lain. Kamu pula dapat menekan telapak tangan bagian bawah ibu jari, yang terdapat di antara ibu jari serta jari telunjuk.

Bila tekanan di telapak tangan itu memunculkan sedikit rasa sakit, ini berarti terdapatnya kendala yang mempengaruhi sistem saraf. Jalani beberapa kali supaya cegukan bisa lenyap seluruhnya.

7. Menutup kedua telinga

Metode menanggulangi cegukan dikala puasa yang lain merupakan menutup kuping memakai jari tangan selama 20- 30 detik. Ataupun Kamu pula dapat menekan area lunak di balik cupang telinga, pas di bawah pangkal tulang kepala.

Metode ini dipercayai bisa mengirimkan tanda“ rileks” lewat saraf vagus, yang tersambung ke diafragma, alhasil cegukan akan lenyap.

8. Menarik lidah

Bila metode menanggulangi cegukan dikala puasa yang dituturkan tadinya tidak kunjung sukses, cobalah menarik lidah. Menarik lidah bisa menolong memicu saraf serta otot di kerongkongan.

Triknya, pegang ujung lidah memakai tangan yang telah dicuci bersih, setelah itu raih lidah secara perlahan ke depan sebanyak 1- 2 kali.

Metode Mencegah Cegukan Dikala Puasa

Buat menghindari cegukan dikala puasa, hendaknya jalani langkah- langkah sebagai berikut:
  1. Janganlah makan berlebihan dikala sahur
  2. Makan dengan cara perlahan dikala sahur
  3. Jauhi makan makanan pedas
  4. Jauhi minum minuman bersoda
  5. Janganlah merokok dikala sahur
  6. Jalani metode relaksasi, semacam pernapasan dalam ataupun meditasi, untuk kurangi stres

Secara umum, cegukan bukan sesuatu situasi yang membahayakan atau mematikan. Cegukan bisa lenyap dengan sendiri tanpa melaksanakan penyembuhan apa pun.

Dan itulah cara menghilangkan cegukan yang bisa anda coba dirumah, perlu diingat bahwa jika cegukan yang anda alami tidak kunjung usai, lebih baik langsung berobat ke klinik terdekat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment