j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Apa Itu Iklan Yang Dipersonalisasikan, dan Bagaimana Cara Kerjanya

Jika anda khawatir dan bertanya-tanya mengenai iklan yang sangat spesifik dengan apa yang anda inginkan di internet, silahkan banca artikel ini. Kami akan menjelaskan apa itu iklan yang dipersonalisasikan dan bagaimana anda menjadi target setiap saat anda menggunakan smartphone atau komputer.

iklan yang dipersonalisasikan adalah
iklan yang dipersonalisasikan adalah

Pengiklan Tahu Siapa Anda

Beritahu kami jika kejadian berikut terdengar familiar dengan apa yang sering anda alami: Anda berpikir untuk membeli sesuatu, katakanlah anda ingin membeli sebuah laptop, oleh karena itu anda melakukan sedikit penelusuran mengenai brand laptop dan mengunjungi postingan mengenai laptop di internet dan berakhir dengan mengunjungi beberapa toko online yang ada di sekitar anda melalui internet. Tiba-tiba setiap kali anda menjumpai iklan yang ada di internet untuk beberapa hari kedepan akan berkaitan dengan laptop, bagaimana hal ini bisa terjadi?

Perusahaan menggunakan beberapa variasi sistem personalisasil dimana mereka akan mengumpulkan data sebanyak mungkin yang berkaitan dengan anda dan menggunakanya untuk memberikan iklan yang sesuai dengan keinginan anda. Di sisi lain hal ini bisa membantu anda untuk menemukan beberapa produk baru yang mungkin menarik bagi anda. Namun banyak orang beranggapan bahwa metode iklan seperti ini terlalu relevant dan hampir mencapai titik dimana hal tersebut terlihat menjadi lebih mengerikan.

Bagaimana Data Dikumpulkan

data dikumpulkan oleh google ads
data dikumpulkan oleh google ads

Dua provider iklan terbesar sekarang adalah goole dan facebook, mereka memiliki jumlah data yang sangat besar tentang anda.

Karena google mengambil andil yang cukup besar pada setiap aktifitas kita di dunia maya seperti saat kita menggunakan mesin penelusuran, kemudian konsumsi video youtube, hal ini membuar mereka dapat mengumpulkan data anda dengan berbagai macam cara. Bahkan informasi seperti aplikasi apa yang anda install di adroid dan juga lokasi mana saja yang pernah anda kunjungi, semua hal ini merupakan data pribadi anda yang mana data tersebut akan digunakan untuk personalisasi iklan, tentu saja penggunaanya tergantung dari kebijakan perusahaan yang bersangkutan. Sekarang cukup banyak website yang berpartisipasi dengan yang namanya google adsense diweb mereka yang mana hal ini juga akan ikut andil bagian dalam memberikan informasi pengunjung web ke google.

Sama halnya dengan facebook, ia juga mengumpulkan berbagai macam data dari akun sosial media anda, bukan hanya facebook tetapi aplikasi lain seperti instagram dan messenger juga sama, data yang mereka kumpulkan seperti halaman apa yang anda sukai kemudian pencarian anda baru-baru ini, lalu profil pribadi yang anda buat di sosial media juga akan dikumpulkan. Ada banyak juga website yang memiliki "Facebook Pixel" yang mana hal ini akan memberikan akses pada facebook untuk memonitor aktifitas apa saja yang dilakukan oleh pengunjung web tersebut. Pixel ini di install pada website jadi bisa saja anda akan diberikan iklan tentang sosial median ketika anda mengunjungi web tersebut.

Bagaimana Anda Di Targetkan

bagaimana anda ditargetkan oleh iklan
bagaimana anda ditargetkan oleh iklan

Pengiklan biasanya memiliki cukup banyak pilihan untuk menseleksi audiens yang ingin dijadikan target iklan mereka.

Facebook akan meletakan anda pada "cohorsts" berdasarkan hobi dan demografi tempat tinggal yang spesifik dengan begitu para pengiklan bisa memilih target mereka lebih spesifik dan tertuju pada orang yang tepat. Hobi yang ada diatas bisa seperti olahraga, artis kesukaan dan juga genre musik yang anda sukai, anda juga bisa ditargetkan berdasarkan umur dan tingkat pendidikan yang anda miliki bahkan status hubunganpun bisa menjadi hal yang dipertimbangkan oleh pengiklan. Selain itu karakteristik lain yang biasanya digunakan juga bisa berdasarkan dari seberapa seing anda berpergian untuk liburan dan juga seberapa sering anda melakukan posting di sosial media tersebut.

Google juga memiliki kebijakan yang sama di Adsense, iklan ditargetkan berdasarkan lokasi tempat tinggal, jenis website yang dikunjungi dan bisa juga dari website apa yang sedang anda buka sekarang ini.

Cara lain adsense memberikan iklan kepada anda ialah dengan cara Google Adword yang mana biasanya situs besar akan menggunakan ini untuk membeli yang namanya paid ads, dimana hal ini biasanya terjadi ketika anda mengetik kata kunci tertentu di mesin pencari biasanya pada pilihan pertama dan kedua hingga ketiga pada hasil pencarian merupakan paid ads yang akan akktif ketika anda mengetikan kata kunci tertentu.

Masalah Privasi

masalah privasi
masalah privasi

Dimana iklan yang dipersonalisasi ini bisa menjadi anugrah atau bahkan keuntungan yang sangat bagus bagi pengiklan dan para pelaku bisnis, banyak orang justru merasa tidak nyaman dengan ide seperti ini dikarenakan sama saja sebuah mega korporat tahu tentang kehidupan mereka secara personal. Tergantung dari pilihan peribadi yang anda pilih, anda mungkin ingin memperkecil tingkat keberadaan personal ads secara keseluruhan.

Yang jadi masalah besar disini ialah, apakah perusahaan tersbut mengawasi privasi percakapan kita di sosial media atau tidak. Para penggunaka Facebook banyak yang memiliki WhatsApp di handphone mereka, ada saja orang yang mengeluhkan bahwa ada beberapa iklan yang muncul berdasarkan isi percakapan mereka di WhatsApp, tentu saja hal ini sangat meresahkan karena percakapan seharusnya bersifat pribadi dan tidak boleh diketahui oleh orang manapun kecuali lawan bicara.

Ada juga beberapa orang yang mengatakan bahwa ada aplikasi yang menggunakan microphone untuk menguping percakapan kita dan menjadikanya sebagai data untuk pengilan dalam penargetan iklan yang mereka miliki.

Sebagai perusahaan yang cukup beasr Apple merespon keluhan penggunanya untuk mengantisipasi data collection yang dilakukan oleh google dkk dalam apple phone mereka, hal ini ternyata diikuti juga oleh goole beberapa saat kemudian, mereka mengatakan bahwa mereka akan mengganti cara pendekatan iklan mereka di versi android yang akan datang, semoga dengan hal ini privasi kita sebagai pengguna menjadi semakin terjaga dari kebrutalan iklan personalisasi yang ada.

Related Posts

Related Posts