j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM
Bookmark

17 Daftar Anime Mirip Charlotte

Anime Mirip Charlotte, salah satu anime buatan Jun Maeda selaku penulis cerita, komposer musik, dan lain-lain hingga menghasilkan salah satu anime terbaik dan populer pada tahun 2015. Menceritakan tentang sekelompok remaja yang diberkahi sebuah kekuatan super tanpa diketahui penyebabnya.

Charlotte wallpaper
Charlotte wallpaper

Setelah itu mereka yang memiliki kekuatan super diminta untuk berkumpul dan mencari tempat yang aman dari para peneliti yang mengincar mereka dan memperlakukan mereka layaknya tikus percobaan. Kali ini Anidraw akan langsung memberikan Rekomendasi Daftar Anime Mirip Charlotte.

Baca Juga: Panduan Urutan Menonton Anime Haikyuu!!

17. Musaigen no Phantom World

Musaigen no Phantom World wallpaper
Musaigen no Phantom World wallpaper

Jumlah Episode: 13

Rating MAL: 7.00

Genre: Action, Comedy, Fantasy, Slice of Life, Supernatural

Sinopsis :

10 Tahun lalu, kehidupan manusia berlangsung biasa-biasa saja. Pada saat itu mereka yakin bahwa makhluk-makhluk supernatural seperti hantu, monster, dan lain-lain merupakan sebuah mitos. Namun Ketika terjadi kecelakaan dimana Sebuah Virus hasil dari eksperimen menyebar dan menyebabkan wabah sehingga mampu mempengaruhi otak manusia, hal tersebut membuat mereka dapat memanggil berbagai macam jenis monster dan hantu yang disebut dengan “Phantom”. 

Dari generasi ke generasi hingga kini, orang-orang dapat mengembangkan berbagai kemampuan untuk melawan para Phantom jahat.

Cerita berkisar di Hosea Academy, dimana terdapat seorang murid laki-laki bernama Haruhiko Ichijou yang memiliki kemampuan untuk menyegel maupun memanggil phantom melalui sketsa gambar. Bersama dengan seniornya yang bernama Mai Kawakami yang memiliki kekuatan untuk mengubah 5 elemen menjadi seni bela diri, mereka bersama-sama mengatasi masalah yang berkaitan dengan Phantom dan melawan sebuah organisasi yang suka mengambil keuntungan dari masalah tersebut.

Mereka masuk ke dalam klub pemburu hantu namun sayangnya kinerja mereka sangat buruk sehingga Haruhiko dan Mai memutuskan untuk mencari anggota baru guna meningkatkan kinerja klub.

Review:

Anime Mirip Charlotte produksi Kyoto Animation yang memiliki animasi dan penggambaran yang sangat mengesankan dan sempurna. Selain itu para karakter perempuan dari seri ini sangat imut, cantik, moe yang tentunya membuat kalian cinta dengan mereka. Sayangnya cerita dari seri yang kurang menarik, karena tidak ada plot yang jelas didalamnya.

Dari sumber Light Novel saja, cerita yang disajikan dalam anime sebenarnya hanya merupakan pengantar sehingga wajar saja jika cerita dalam anime belum memiliki konflik serius. kemiripan Musaigen no Phantom World dengan Charlotte Bisa dilihat dari sinopsis dimana cerita berpusat di sekolah, para remaja yang memiliki kekuatan supernatural, Visual yang keren sehingga menghasilkan suasana yang sama dengan Charlotte.

16. Toaru Majutsu no Index

Toaru Majutsu no Index wallpaper
Toaru Majutsu no Index wallpaper

Jumlah Episode : 24

Rating MAL : 7.62

Genre : Action, Magic, Sci-Fi, Super Power

Sinopsis :

Cerita berpusat Di dunia dimana kekuatan supernatural menjadi kenyataan bahkan dianggap sebagai sains. Orang yang berhasil menguasai kemampuan psikis tingkat dasar, mereka akan mendapatkan buku sihir Grimoire yang didalamnya dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan psikis ke tingkat lebih tinggi.

Academy City, merupakan kota yang terletak di wilayah barat Tokyo yang dikenal paling unggul dalam kemajuan teknologi.

Di sekitar Academy City tinggal seorang remaja bernama Touma Kamijou yang menjadi salah satu murid sekolahan di dekat kota tersebut. Setiap siswa di sekolah memiliki tingkatan esper untuk mengetahui seberapa kuat kekuatan psikis yang mereka. Dari semua esper, hanya Touma saja yang menjadi seorang Esper tingkat paling rendah yaitu Level 0 sehingga ia diejek oleh teman-teman di sekolahnya. Namun alasan sebenarnya mengapa Touma menjadi seorang esper level 0 adalah kekuatan yang ia miliki tidak bisa dijelaskan oleh para ilmuan.

Touma dianggap memililki kemampuan unik bernama “Imagine Breaker”, sebuah kemampuan supernatural yang dapat membatalkan kemampuan esper lain.

Suatu hari Touma bertemu dengan Index, seorang biarawati muda yang terlihat lemas. Diketahui bahwa Index kabur dari organisasai berbahaya yang mengincar pikiran Indek karena didalam pikirannya terkandung ratusan ribu buku sihir terlarang yang telah dihapus dan tidak boleh disebar oleh pihak gereja. Dengan kebaikan hati miliki Touma, ia harus berusaha melindungi Index dari permasalahan besar yang terkait dengan organisasi berbahaya.

Review:

Ide cerita dengan menggabungkan sains, sihir dan keagamaan sehingga menghasilkan sebuah pertunjukan yang sangat menghibur. Cerita yang berkisar tentang sekolah dan murid-murid yang memiliki kekuatan psikis dengan banyaknya adegan pertarungan yang sangat menegangkan untuk ditonton. Animasi yang dibuat dengam baik sehingga menjadi salah satu Anime Mirip Charlotte.

15. Sakurada Reset

Sakurada Reset wallpaper
Sakurada Reset wallpaper

Jumlah Episode: 24

Rating MAL: 7.40

Genre: Mystery, Super Power, Supernatural, School

Sinopsis :

Kota Sakurada, sebuah kota yang terletak di dekat Samudra Pasifik dimana hampir setengah penduduk disana memiliki berbagai kekuatan supernatural yang unik. Namun jika mereka keluar dari kota Sakurada, maka kekuatan mereka akan menghilang dan mereka tidak akan mengingatnya bahwa mereka memiliki kemampuan supernatural.

Cerita berkisar tentang seorang siswa bernama Kei Asai yang memiliki kekuatan untuk mengingat masa lalu bertemu dengan Misora Haruki, seorang gadis apatis pemilik kekuatan memundurkan waktu dunia dalam 3 hari sebelum kejadian beserta ingatan semua makhluk hidup.

Mereka segera bersama menjadi anggota Klub Service di sekolah dengan menjalani tugas dari organisasi yang mengawasi orang-orang pemilik kekuatan supernatural di sekitar Kota Sakurada. Dengan menggabungkan kekuatan dimana kemampuan Kei dapat dimanfaatkan untuk mempertahankan ingatan setelah Misora menggunakan kemampuan memundurkan waktu, Mereka dapat memecahkan misteri dari berbagai peristiwa yang terjadi di Kota Sakurada.

Review:

Menyajikan konsep cerita di sebuah sekolah biasa dimana terdapat murid yang memiliki kekuatan supernatural membuat seri ini memiliki suasana yang membuat seri ini menjadi salah satu Anime Mirip Charlotte Terbaik.

Namun yang berbeda adalah setiap episode yang disajikan dalam Sakurada Reset sebagian besar memberikan cerita serius dengan dialog penting, sedangkan Charlotte memiliki adegan comedy dan dialog ringan yang menghibur. Hal menarik yang dimiliki seri ini adalah unsur mystery yang membuat penonton penasaran serta pemacahan masalah yang disampaikan dengan baik.

14. Amagi Brilliant Park

Amagi Brilliant Park wallpaper
Amagi Brilliant Park wallpaper

Jumlah Episode: 13

Rating MAL: 7.62

Genre: Comedy, Drama, Magic, Fantasy

Sinopsis :

Seiya Kanie adalah seorang pemuda tampan dan cerdas yang mendekati sempurna. Dalam menjalani kehidupan SMA nya, Seiya dikenal sebagai pria sombong yang tidak ingin bergaul dengan sembarang orang apalagi menjadikan salah satu dari mereka sebagai pacar. Namun pada suatu hari, ketika sekolah kedatangan seorang murid pindahan baru yang cantik bernama Sentou Isuzu, Seiya langsung terlibat permasalahan dengannya.

Diawali Seiya yang secara tiba-tiba dipaksa berkencan oleh Sentou dengan mengancamnya menggunakan senapan.

Saat mereka berkencan, Sentou membawa Seiya ke sebuah taman hiburan yang tampak sangat buruk dari taman hiburan lainnya. Taman tersebut bernama Amagi Brilliant Park, taman hiburan yang kini sedang mengalami keterpurukan dimana banyak fasilitas dan wahana yang mengalami kerusakan. Selain itu, taman tersebut hanya sedikit bahkan tidak memiliki pengunjung sama sekali.

Jika selama tiga bulan Amagi Brilliant Park tidak bisa mendatangkan pengunjung minimal 500.000 orang maka taman tersebut akan akan tertutup.

Alasan Sentou mengajak Seiya ke taman tersebut adalah untuk meminta Seiya mengolah taman menjadi lebih baik. Telah diketahui bahwa para pekerja dari taman tersebut berasal dari dunia sihir bernama Maple Land yang berusaha mempertahankan keberadaannya melalui kesenangan para pengunjung. Sang manajer sekaligus putri dari Maple land bernama Latifa Fleuranza akhirnya menunjuk Seiya sebagai manajer baru untuk mengelola taman supaya ramai pengunjung sehingga nasib para penduduk Maple Land dan Amagi Brilliant Park dapat tertolong.

Review:

Anime Mirip Charlotte dengan pertunjukan Comedy yang akan membuat kalian tertawa setiap saat selagi cerita berlangsung. Konsep dengan menyelipkan unsur fantasy didalamnya dimana terdapat dunia sihir serta karakter yang memiliki keunikan dan keunggulan masing-masing yang membuat kalian tertarik dengan mereka.

Untuk segi visual, anime ini penuh dengan warna yang menggambarkan keceriaan dimana penggambaran tersebut sangat cocok untuk anime seperti ini. Karakter utama laki-laki memiliki penampilan mirip dengan tokoh utama Charlotte sehingga memberikan suasana yang sama saat menontonnya.

13. Clannad

Clannad wallpaper cool anime
Clannad wallpaper cool anime

Jumlah Episode : 23

Rating MAL : 8.31

Genre : Slice of Life, Comedy, Romance, Supernatural, School, Drama

Sinopsis :

Menyerah dengan kehidupan sekolahnya, Tomoya Okazaki memutuskan untuk menjalani hidup sebagai orang pemalas tanpa khawatir masa depan yang akan ia dapat. Hal tersebut dikarenakan keluarganya sedang kacau dimana ibunya telah meninggalkannya sedangkan ayahnya sering mabuk-mabukan. Setiap hari selalu terjadi pertengkaran pada keluarga Tomoya karena hubungannya dengan sang ayah juga tidak akur.

Selain itu impian Tomoya untuk menjadi seorang basket telah sirna karena salah satu tangannya sudah tidak bisa digunakan untuk bermain basket

Saat Tomoya hampir mencapai ke puncak keputusasaannya. ia bertemu dengan seorang gadis bernama Nagisa Furukawa yang sedang berada ditengah bukit menuju sekolah dan berteriak “Anpan” yang ditunjukkan sebagai motivasi untuk dirinya. Telah diketahui bahwa Nagisa merupakan murid yang kini seharusnya lulus namun ia gagal karena ia sakit saat hari ujian tiba sehingga dirinya tidak masuk sekolah. Semangat yang dimiliki Nagisa membuat Tomoya tertarik dengannya.

Akhirnya Tomoya dan Nagisa mulai berteman dan Pertemanan mereka telah mengubah hidup Tomoya menjadi lebih baik berkat ia belajar dari kehidupan Nagisa.

Review:

Daftar Anime mirip Charlotte selanjutnya adalah Clannad. Walaupun kedua seri tampak berbeda, namun Charlotte dan Clannad sama-sama karya buatan Jun Maeda.

Baca Juga: 9 Penyihir Dosa di Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

Selain itu, suasana cerita yang didapat juga hampir sama, dimana sepanjang episode berjalan dapat mengubah emosi penonton dari peraasaan sedih dan gembira. Yang berbeda adalah Charlotte lebih mengisahkan tentang permasalahan kekuatan super sedangkan Clannad mengisahkan kehidupan Tomoya dan Nagisa.

12. Yamada-kun to 7-nin no Majo

Yamada-kun to 7-nin no Majo wallpaper anime
Yamada-kun to 7-nin no Majo wallpaper anime

Jumlah Episode: 12

Rating MAL: 7.83

Genre: Comedy, Harem, Mystery, Romance, School, Shounen, Supernatural

Sinopsis :

Ryuu Yamada, merupakan seorang murid yang dikenal sebagai tukang pembuat Onar sehingga dirinya ditakuti dan oleh para murid di sekolahnya. Karena terlalu takut, banyak murid yang menjauhi Yamada untuk menghindari masalah dengannya dan hal tersebut membuat dirinya menjadi orang yang dikucilkan di sekolah. Ketika ia mulai duduk di bangku SMA, Yamada telah memutuskan untuk mengubah hidupnya menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Supaya perubahan sifatnya dapat berjalan lancar, ia memutuskan untuk masuk ke SMA Suzaku dimana disana tidak ada murid yang mengetahui sifat buruknya saat masa SMP.

Sayangnya, ketika baru menjalani satu tahun, Yamada mulai merasa bosan, menjadi pemalas, dan Akhirnya ia terjerumus kembali ke kehidupan sebelumnya pada tahun kedua dimana dirinya sekali lagi menjadi pembuat onar, sering terlibat dalam perkelahian, dan sering mendapatkan nilai buruk. Pada Suatu hari, setelah Yamada kembali dari panggilan guru, ia bertemu dengan seorang gadis cantik berambut pirang bernama Shiraishi Urara yang dikenal sebagai murid teladan di sekolah.

Saat Yamada menuruni tangga, ia terjatuh dan mengarah ke Urara lalu mereka secara tak sengaja berciuman. Setelah kejadian tersebut, tanpa sebab yang jelas Mereka langsung bertukar tubuh.

Mereka kebingungan dengan apa yang terjadi setelah itu. Mengetahui terdapat kejadian supernatural yang aneh, Toranosuke Miyamura, sang Wakil ketua OSIS akhirnya membangkitkan kembali klub supernatural dan mengundang mereka untuk bergabung. Miyabi Itou, seorang siswi yang sangat suka dengan hal-hal mistis tak lama kemudian bergabung dalam klub. Ketika Semua anggota klub mencari tahu tentang fenomena pertukaran tubuh mereka mengetahui informasi tentang legenda 7 penyihir yang terdapat di SMA Suzaku.

Sebagai anggota klub supernatural, mereka memulai tugas pertamanya untuk menemukan identitas siapa saja 7 penyihir tersebut.

Review:

Anime Romance Comedy yang memiliki alur cerita menarik dengan adanya harem. Selain itu hal utama yang membuat penonton tertarik adalah para karakter perempuan yang dibuat sangat cantik dan sangat waifuable. Penggambarannya juga cukup cerah dan sangat cocok untuk seri romance comedy yang sangat nyaman untuk ditonton.

Cerita tentang adanya karakter pemiliki kekuatan supernatural di sekitar sekolah menjadi salah satu mengapa Yamada-kun to 7-nin no Majo menjadi salah satu Anime Mirip Charlotte. Selain itu ketika kalian menonton seri ini, kalian akan merasakan nuansa yang hampir mirip saat menonton Charlotte.

11. Suzumiya Haruhi no Yuuutsu

Suzumiya Haruhi no Yuuutsu wallpaper
Suzumiya Haruhi no Yuuutsu wallpaper

Jumlah Episode : 14

Rating MAL : 7.99

Genre : Comedy, Mystery, Parody, School, Sci-Fi, Slice of Life

Sinopsis :

Cerita berpusat pada Kyon, seorang siswa laki-laki biasa yang duduk di bangku SMA. Dulu ia memiliki keyakinan bahwa fenomena supernatural itu ada. Namun kini ia menjadi sosok yang sinis dan membuang keyakinanya hal tersebut. keyakinanannya mulai muncul kembali ketika ia bertemu dengan Haruhi Suzumiya, seorang gadis ceria yang menyukai hal-hal gaib atau fenomena supernatural lain seperti alien, penjelajah waktu, esper dan sebagaianya

Di Sekolah, Haruhi mencari klub yang memiliki kaitan tentang supernatural namun nyatanya ia tidak menemukan klub yang menarik baginya.

Kyon dan Haruhi memutuskan untuk membentuk sebuah klub baru yang membahas tentang hal-hal supernatural dan gaib dan akhirnya terbentuklah sebuah klub baru bernama SOS Brigade. Klub baru SOS Brigade memiliki anggota yang terdiri dari: seorang gadis bernama Mikuru Asahina yang memiliki sifat pemalu dan sering bicara bernada pelan, gadis kutu buku bernama Yuki Nagato yang memilki sifat pendiam dan dingin, serta seorang laki-laki bernama Itsuki Koizumi yang selalu menunjukkan sikap ceria.

Ketika mereka menjalani aktivitas klub, tak lama kemudian mereka mengalami berbagai kejadian supernatural dan petualangan unik serta para anggota yang mengalami sebuah mimpi aneh.

Review:

Salah satu anime buatan Kyoto Animation dengan lelucon yang menghibur dan memiliki alur cerita unik, menarik, dan sangat mengesankan.

Cerita berlatar sekolahan serta adanya fenomena supernatural dengan awalan yang santai, namun seiring cerita berjalan, plot mulai berbeda jauh seperti apa yang penonton bayangkan sehingga membuat ini menjadi salah satu Anime Mirip Charlotte. Namun Suzumiya Haruhi no Yuuutsu memiliki cerita yang lebih rumit dan harus diperhatikan baik-baik untuk memahami ceritanya.

10. Boku Dake ga Inai Machi

Boku Dake ga Inai Machi wallpaper
Boku Dake ga Inai Machi wallpaper

Jumlah Episode: 12

Rating MAL: 8.55

Genre: Mystery, Psychological, Supernatural, Seinen

Sinopsis :

Satoru Fujinuma, seorang pria berumur 29 tahun yang bekerja sebagai seorang artis manga. Ia memiliki sebuah kemampuan supernatural untuk kembali ke beberapa menit sebelum kejadian. Kemampuan tersebut ia dapatkan setelah ibunya meninggal karena menjadi korban pembunuhan. Kemampuan Supernatural yang dimiliki Satoru dinamakan “Revival” dan kemampuan tersebut mungkin bisa digunakan untuk menyelamatkan nyawa orang-orang yang ia sayangi dengan cara memundurkan waktu.

Namun pada Suatu hari Satoru telah dituduh sebagai pelaku pembunuhan yang terjadi kepada orang terdekatnya.

Untuk membuktikan ia tidak bersalah dan mengetahui kejadian yang sebenarnya, Satoru memakai kemampuanya untuk kembali ke masa sebelum kejadian. Namun bukannya kembali beberapa menit, namun ia memundurkan waktu 18 tahun lalu dimana ia masih menginjak bangku sekolah dasar.

Ia segera menyadari bahwa pembunuhan tersebut kemungkinan berhubungan dengan penculikan dan hilangnya salah satu teman masa kecilnya yang bernama Kayo Hinazuki. Kejadian yang tak sengaja tersebut memberikan kesempatan besar bagi Satoru untuk mengungkap misteri yang tak terpecahkan.

Kini Satoru memulai perjuangan untuk mencari tahu kebenaran yang terjadi pada 18 tahun yang lalu dan menyelamatkan orang-orang di sekitarnya.

Review:

Seri yang dibuat dengan visual yang cukup tanpa adanya polesan warna yang berlebihan dan sangat cocok dengan nuansa yang diterapkan dalam genre animenya. Kesamaan Erased dan Charlotte adalah keduanya sama-sama memiliki plot twist mengagumkan yang dapat dieksekusi dengan baik dan dapat membuat penonton tak terduga serta adanya perjalanan waktu untuk menyelamatkan orang yang dicintai.

Jika kalian mencari Anime Mirip Charlotte dengan memiliki jalan cerita yang sama tapi konsep berbeda, ini bisa menjadi rekomendasi terbaik

9. Inou-Battle wa Nichijou-kei no Naka de

Inou-Battle wa Nichijou-kei no Naka de wallpaper
Inou-Battle wa Nichijou-kei no Naka de wallpaper

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 7.29

Genre : Slice of Life, Comedy, Supernatural, Romance, School

Sinopsis :

Biasannya orang yang mengidap Chuunibyou dianggap sebagai orang aneh karena mereka sering berperilaku layaknya tokoh dalam cerita fantasy. Namun bagaimana jika sang Chuunibyou tersebut memiliki kekuatan yang sesungguhnya? Cerita berkisar saat pertemuan klub sastra. Berawal dari salah satu anggota klub sastra pengidap Chuunibyou bernama Jurai Andou yang sedang bercanda dimana Ia mengatakan bahwa ia akan mengeluarkan sebuah kekuatan dari dalam dirinya.

Tak disangka ternyata candaan Andou menjadi kenyataan karena seketika setelah ia melakukan candaan tersebut tiba-tiba tangannya mengeluarkan sebuah kekuatan api hitam di dalam dirinya.

Hal serupa tidak hanya terjadi Andou saja. Keempat temannya dari anggota klub yang sama ternyata juga tiba-tiba memiliki sebuah kekuatan supernatural. Hatoko Kushikawa yang merupakan teman masa kecil Andou memiliki kemampuan manipulasi 5 elemen, Tomoyo Kanzaki memiliki kemampuan manipulasi waktu, dan Sayumi Takanashi yang merupakan ketua klub sastra memiliki kemampuan untuk mengubah benda mati menjadi hidup.

Kelima orang dengan kekuatan supernatural tanpa sebab yang jelas. Mereka berusaha untuk tetap menjalani kehidupan sehari-hari seperti biasa sambil menikmati keadaan yang mereka alami.

Review:

Cerita berlatar sekolah yang berkisar tentang sekelompok murid dalam sebuah klub dengan memiliki kekuatan supernatural di dalamnya. Hal tersebut menjadi alasan mengapa seri ini menjadi salah satu list Anime Mirip Charlotte.

Baca Juga: 12 Anime Mirip Goblin Slayer! Dijamin Tak Kalah Seru!

Selain itu desain karakter dari seri ini dibuat dengan baik, enak dipandang, dan lovable. Namun InoBato lebih mengarah ke cerita romance, comedy, slice of life yang bisa ditonton saat kalian sedang santai karena ini tidak memiliki konflik berat yang terjadi sama seperti Charlotte.

8. Steins;Gate

Steins;Gate wallpaper
Steins;Gate wallpaper

Jumlah Episode: 24

Rating MAL: 9.14

Genre: Sci-Fi, Thriller

Sinopsis:

Rintarou Okabe merupakan seorang ilmuan gila yang suka melakukan penelitian aneh. Kali ini ia sedang meneliti sebuah bangunan tua yang ada di wilayah Akihabara untuk menciptakan gadget yang membuat seseorang memasuki masa depan. Okabe tidak sendiri, ia melakukan penelitian bersama dengan anggota labnya yang terdiri dari Mayuri Shiina dan Hashida Itaru.

Mereka bekerja keras untuk menciptakan sebuah alat yang sangat mereka inginkan.Setelah mereka terus-menerus berusaha, Akhirnya mereka berhasil menciptakan sebuah alat dengan nama “Ponsel Mikrowave” yang dapat digunakan untuk mengirim pesan dari waktu yang berbeda.

Namun ketika alat tersebut mulai digunakan, sebuah kejadian misterius telah terjadi, dimana terdapat pesan yang membuat perubahan sejarah hingga menyebabkan peristiwa kematian. Kini Okabe harus menghadapi misteri yang disebabkan oleh alat penelitiannya dan harus menyelamatkan orang-orang dengan bantuan perjalanan waktu melalui alat ciptaannya.

Review:

Anime yang menyajikan tema sci-fi dengan konsep perjalanan waktu sebagai konflik utama yang membuat ini menjadi salah satu Anime Time Travel Terbaik.

Walaupun berbeda konsep dan tema cerita, Steins;Gate dan Charlotte memiliki beberapa hal kesamaan yaitu cerita dengan slipan sedikit genre romance, plot twist yang tak terduga di dalamnya, menyajikan cerita time travel untuk menyelamatkan orang yang disayangi, tokoh utama yang bersifat optimis, dan lain-lain sehingga sangat pantas untuk dijadikan sebagai Daftar Anime Mirip Charlotte.

7. Guilty Crown

Guilty Crown wallpaper
Guilty Crown wallpaper

Jumlah Episode : 22

Rating MAL : 7.76

Genre : Action, Sci-Fi, Super Power, Drama, Romance

Sinopsis :

insiden “Lost Christmas”, yang disebabkan oleh Virus Apocalypse, telah memakan banyak korban jiwa dan menimbulkan kekacauan besar-besaran di Negara Jepang yang terjadi pada tahun 2029.

Pada Tahun 2039, 10 tahun setelah kejadian Lost Christmas, Jepang telah membentuk sebuah organisasi khusus bernama Organisasi GHQ, yang dibentuk khusus untuk membasmi Virus Apocalypse dengan segala cara karena mereka diberikan kebebasan oleh pemerintah sehingga mereka diperbolehkan melakukan apa saja bagi mereka yang terjangkit virus apocalypse termasuk membunuhnya.

Cerita berpusat seorang remaja bernama Shu Ouma yang mungkin ditakdirkan untuk mengubah kekacauan yang kini sedang terjadi di Jepang. Shu merupakan murid dengan sifat pendiam dan dikenal suka menyendiri.

Pada Suatu ketika, takdir mempertemukannya dengan gadis penyanyi idola dari band EGOIST bernama Inori Yuzuriha. Inori ternyata memiliki profesi lain selain penyanyi yaitu menjadi anggota Funeral Parlor, sebuah organisasi yang terbentuk untuk melawan pemerintahan dengan tujuan membebaskan Jepang dari para pasukan GHQ yang suka bertindak sesuka hati kepada masyarakat yang terjangkit oleh Virus Apocalypse.

Tindakan yang dilakukan Inori merupakan tindakan sebagai seorang teroris dan kini ia menjadi salah satu orang yang diburu oleh pemerintah.

Pada saat Inori terpojok anggota GHQ, Inori meminta Shu untuk membawakan tabung silinder bernama Void Genome yang memiiki kekuatan di dalamnya ke tempat yang aman. Saat Shu membawanya, secara tidak sengaja ia malah menjatuhkannya dan kekuatan dalam Void Genome seketika langsung masuk dalam diri Shu sehingga ia memiliki kekuatan yang sangat besar.

Review:

Ini adalah Anime Action Romance terbaik dengan latar futuristik dari kota Tokyo serta alur cerita yang sangat menakjubkan dan membuat kalian terkesan.

Alasan mengapa anime ini mirip dengan Charlotte adalah kedua seri berlatar sekolah, sang tokoh utama laki-laki yang memiliki kekuatan untuk menjalani peran untuk menyelamatkan orang, serta visual yang dibuat menakjubkan dari kedua seri sehingga memiliki nuansa yang sama dengan Charlotte dan sangat pantas untuk dijadikan sebagai rekomendasi Daftar Anime Mirip Charlotte.

6. Mahou Shoujo Madoka★Magica

Mahou Shoujo Madoka wallpaper
Mahou Shoujo Madoka wallpaper

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 8.47

Genre : Drama, Magic, Psychological, Thriller

Sinopsis :

Madoka Kaname, seorang seorang siswi SMP yang sederhana yang menjalani kehidupan bias-biasa saja bersama dengan teman sekelasnya bernama Sayaka Miki. Pada Suatu ketika, Madoka telah bermimpi melihat gadis misterius dengan rambut hitam panjang.

keesokan harinya, Madoka menyadari bahwa gadis yang terdapat dalam mimpinya ternyata adalah seorang murid pindahan bernama Homura Akemi yang memiliki sifat dingin. Kehidupan damai Madoka dan Sayaka mulai berubah ketika bertemu dengan sebuah makhluk berbentuk kucing aneh bernama Kyuubey.

Makhluk tersebut memberikan penawaran kepada kedua gadis tersebut dengan mengabulkan permintaan apapun namun bayaran bahwa mereka harus menjadi seorang Magical Girl untuk menjalani tugas sebagai pembasmi kejahatan.

Merasa tertarik dengan tawaran tersebut, Madoka mencoba menyetujuinya, namun Homura yang ternyata seorang Magical Girl mencegah Madoka untuk menolak penawaranya karena hal yang dimaksud Kyuubey berbeda jauh dengan apa yang ia pikirkan.

Kontrak dengan Kyuubey telah disetujui dan semua berubah begitu saja, dan kini Kehidupan Madoka dipenuhi dengan banyak harapan dan keputusasaan dimana mereka harus merasakan betapa sulitnya menjadi seorang Magical Girl.

Review:

Sekilas ketika melihat awal episode, mungkin beberapa penonton akan berpendapat bahwa seri ini merupakan seri bergenre shoujo dimana tokoh utama menjadi seorang magical girl dan membasmi kejahatan. Namun hal itu merupakan kesalahan karena seri ini menceritakan tentang sisi gelap seorang magical girl yang ternyata berbeda dari apa yang penonton bayangkan.

Baca Juga: 16 Pertarungan Anime Terbaik 2018 Dijamin Keren Abis

Hal yang membuat seri ini masuk ke dalam List Anime Mirip Charlotte salah satunya adalah penyajian awal cerita yang dibuat ringan dan terlihat memiliki konflik yang tak begitu berat namun seiring berjalannya episode, alur cerita seketika berubah menjadi anime penuh kejadian tragis.

5. Gokukoku no Brynhildr

Gokukoku no Brynhildr wallpaper
Gokukoku no Brynhildr wallpaper

Jumlah Episode: 13

Rating MAL: 7.05

Genre: Drama, Mystery, Sci-Fi, Seinen

Sinopsis :

Seorang gadis yang dipanggil dengan sebutan “Kuroneko” telah meninggal saat ia sedang bersama sahabatnya bernama Ryouta Murakami untuk melakukan penyelidikan tentang keberadaan alien. Kematian Kuroneko membuat Ryouta merasa bersalah.

Sepuluh tahun kemudian, kini Ryouta menjadi siswa SMA dan perasaan bersalah tersebut masih menghantui dirinya. Akan tetapi pada suatu hari, sekolah kedatangan seorang siswi pindahan baru. Ryouta segera terkejut bahwa murid pindahan tersebut mirip sekali dengan temannya yaitu Kuroneko. Telah diketahui bahwa siswa baru tersebut bernama Neko Kuroha. 

Karena Ryouta penasaran dengan sosok Kuroha yang mirip dengan Kuroneko, akhirnya Ryouta mencoba untuk menyelidiki tentang identitas Kuroha namun ia malah berakhir terlibat dalam berbagai masalah mengerikan yang berkaitan dengan kekuatan supernatural dan perjuangan antara hidup dan mati.

Review:

Sebuah anime bergenre mystery yang sangat menarik dan akan membuat kalian terus penasaran di setiap episodenya. Untuk kalian pecinta yang suka bergenre mystery , ini dapat dijadikan sebagai tontonan terbaik.

Awalnya yang bagus dimana karakter perempuan yang diketahui telah tewas lalu menampakan dirinya kembali sebagai orang lain yang membuat sang tokoh utama merasa terkejut. Cerita tentang para karakter yang memiliki kekuatan di luar akal manusia seterta keterlibatan mereka dengan ilmuan adalah alasan mengapa ini menjadi salah satu Daftar Anime Mirip Charlotte.

4. Code Geass

Code Geass wallpaper
Code Geass wallpaper

Jumlah Episode: 25

Rating MAL: 8.78

Genre: Action, Military, Sci-Fi, Super Power, Drama, Mecha, School

Sinopsis :

Tahun 2010, Kekaisaran suci Britannia telah dibangun menjadi bangsa militer dominan yang mulai menguasai Negara Jepang. Dengan adanya teknologi bernama “Knightmare Frame”, kemungkinan mereka bisa menguasai hampir seluruh dunia kapan saja.

Karena perbuatan Kekaisaran Britannia, Masyarakat kehilangan hak dan kebebasan mereka dan Kini nama negara Jepang telah berganti nama menjadi Area 11, bersama dengan warganya yang juga diganti dengan nama “Eleven”. Lelouch Lamperouge, sang pangeran dari Britannia yang diasingkan oleh ayahnya.

Setelah ibunya meninggal, Lelouch hidup bersama dengan Nunally, adik dari Lelouch yang mengalami lumpuh dan buta setelah melihat secara langsung kematian Ibunya. Suatu hari, Lelouch sedang terperangkap dalam baku tembak.

Ketika ia melarikan diri, Lelouch bertemu gadis misterius berambut panjang berwarna hijau bernama C.C. yang berniat memberikan Lelouch sebuah kemampuan yang disebut “Geass Power of Kings” yang dikenal dapat membuat dirinya mengeluarkan kekuatan bernama “ Power of Absolute Obedience”. 

Dengan mendapatkan kekuatan baru, Lelouch memutuskan untuk mengambil jalan berbahaya dengan membalaskan dendam kepada Britannia sebagai seorang penjahat bertopeng bernama “Zero”.

Review:

Anime Mirip Charlotte dengan cerita yang memberikan banyak plot twist di dalamnya sehingga menghasilkan sebuah anime epic yang wajib untuk ditonton. Walaupun ini anime mecha dengan bertema kerajaan, ada beberapa hal yang membuat anime ini memiliki kesamaan dengan Charlotte.

Kemiripan utama terdapat dalam tokoh utama dimana kedua tokoh memiliki kekuatan untuk mengendalikan seseorang melalui kontak mata, keinginan untuk melindungi adik perempuan, menggunakan kekuatan untuk kepentingan pribadi, dan lain-lain.

3. Kimi no Na wa. (Your Name.)

Kimi no Na wa wallpaper anime
Kimi no Na wa wallpaper anime

Jumlah Episode: 1 (Movie)

Rating MAL: 9.23

Genre: Supernatural, Drama, Romance, School

Sinopsis:

Di Desa kecil bernama Desa Itomori merupakan tempat dimana seorang gadis bernama Miyamizu Mitsuha tinggal. Ia adalah seorang gadis remaja SMA yang memiliki keinginan untuk menjalani hidup di kota besar sebagai seorang laki-laki tampan.

Sementara Di sisi lain, tepatnya di Kota Tokyo, Disana terdapat seorang laki-laki bernama Taki Tachibana yang dikenal sangat rajin dalam bersekolah maupun bekerja paruh waktu demi mendapatkan masa depan yang cerah.

Pada suatu hari, Mitsuha menjalani kehidupan seperti hari-hari biasanya, namun ia merasakan keanehan dimana orang-orang sekitarnya menganggap bahwa di hari sebelumnya, Mitsuha bertingkah aneh. Selain itu dalam buku tulisnya terdapat tulisan “Siapa Namamu”,namun ia menghiraukan hal tersebut begitu saja dan menganggap tulisan tersebut merupakan perbuatan iseng seseorang.

Di hari selanjutnya, saat ia terbangun, Mitusha terkejut karena ia sedang berada di kamar yang tak ia kenali. Selain itu ia juga terkejut bahwa dengan cepat menyadari bahwa ia menjadi sosok seorang laki-laki  tak dikenal yang ternyata ia adalah Taki. Mitsuha segera menyadari bahwa ia sedang menjalani kehidupan Taki yang hidup di kota ramai Tokyo.

Jika hal tersebut terjadi pada Mitsuha, Taki yang menjadi pemiliki tubuh tersebut kemungkinan juga mengalami kejadian sama dimana dirinya sedang berada di dalam tubuh Mitsuha. Ketika mereka menyadari bahwa fenomena tersebut bukanlah mimpi, keduanya memutuskan untuk bekerja sama supaya keseharian masing-masing dapat berjalan dengan lancar.

Review:

Salah satu Anime Movie Romance Terbaik yang rilis pada tahun 2016. Cerita berkisar tentang remaja sekolahan yang mengalami kejadian supernatural karena jatuhnya komet dimana kejadian tersebut sama seperti Charlotte.

Selama perkembangan cerita, kedua anime melakukan perjalanan waktu dengan tujuan untuk menyelamatkan seseorang. Kimi no Na Wa. adalah anime romance dengan konflik yang sangat seru ditambah dengan grafis yang memanjakan mata serta sangat pantas untuk dijadikan List Anime Mirip Charlotte.

2. Kokoro Connect

Kokoro Connect wallpaper romance
Kokoro Connect wallpaper romance

Jumlah Episode: 13

Rating MAL: 7.94

Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, Romance, School

Sinopsis :

Cerita berpusat di Akademi Yamaboshi ,tempat bersekolah 2 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan yang terdiri dari: Taichi Yaegashi, seorang penggemar gulat hardcore; Yoshifumi Aoki, laki-laki yang ceria yang menjadi badut kelas ;Iore Nagase, perempuan yang selalu ceria, optimis namun ragu-ragu; Yui Kiriyama, gadis cantik yang jago dalam karate; dan Himeko Inaba, perempuan yang jenius dalam computer dan memiliki sifat santai.

Telah diketahui bahwa mereka sedang mencari klub yang cocok untuk mereka. Namun setelah mereka terus mencari klub yang ada di sekolah tersebut, mereka menyadari bahwa tidak ada satupun klub yang cocok dengan mereka.

Untuk itu mereka akhirnya bersatu dan membentuk klub sendiri dengan nama Klub Penelitian Budaya (Cultural Research Club) atau disingkat C.R.C. Awalnya Mereka menjalani aktivitas sehari-hari dengan santai dan normal tanpa adanya hal yang mengganggu. Tetapi tak lama kemudian kehidupan santai mereka berubah karena munculnya fenomena aneh yang akan mengubah hidup mereka menjadi berantakan. Fenomena tersebut adalah peristiwa pertukaran tubuh yang terjadi pada Aoki dan Yui.

Awalnya mereka tidak mempercayai mereka begitu saja, namun di hari selanjutnya, fenomena pertukaran tubuh tersebut masih terus berlangsung dan terjadi pada kelima anggota C.R.C. lainnya.

Review:

Cerita bergenre Romance, School, Slice of life dengan adanya drama yang membuat hati tercampur aduk karena adanya elemen supernatural didalamnya. Daripada disebut mirip Charlotte, mungkin seri ini lebih mirip dengan Kimi no Na Wa karena keduanya mengalami peristiwa pertukaran tubuh.

Baca Juga: Inilah 3 Cara Bagaimana Studio Menayangkan Anime! Kamu Suka yang Mana?

Namun terdapat Hal yang membuat Kokoro Connect dijadikan sebagai Anime Mirip Charlotte, yaitu cerita keduanya berkisar dalam sebuah klub di sekolah, adanya fenomena supernatural yang terjadi para sekelompok remaja dan Adanya kerja sama para murid yang terlibat untuk mengatasi masalah terkait dengan fenomena supernatural tersebut.

1. Angel Beats

Angel Beats wallpaper
Angel Beats wallpaper

Jumlah Episode: 13

Rating MAL: 8.30

Genre: Action, Comedy, Drama, School, Supernatural

Sinopsis :

Tanpa sebab yang jelas, seorang remaja bernama Yuzuru Otonashi tiba-tiba terbangun di depan halaman sekolah tanpa mengingat apapun selain namanya. Setelah ia terbangun, Otonashi segera bertemu dengan gadis berambut ungu bernama Nakamura Yuri yang sedang membidik seseorang dengan senapan yang ia miliki. Ia mengatakan bahwa Otonashi sedang berada di Afterlife, tempat untuk para manusia yang sudah mati namun mereka masih memiliki keinginan yang belum terwujud.

Telah diketahui Yuri adalah pemimpin dari sebuah organisasi bernama Shinda Sekai Sensen (SSS) yang dibentuk untuk menentang kehendak Dewa atas takdir yang ia buat kepada mereka.

Supaya sang dewa muncul, mereka bertempur untuk melawan seorang gadis bernama Kanade Tachibana yang diduga merupakan malaikat yang mengawasi dunia tersebut. Dalam situasi tersebut, Ia menyuruh Otonashi untuk menjauhi Kanade karena dianggap berbahaya. Namun Otonashi tidak percaya atas semua perkataan Yuri dan memilih untuk menemui Kanade dan bertanya kepadanya.

Namun jawaban yang ia dapatkan tak jauh berbeda dengan apa yang dikatakan Yuri, bahwa Otonashi memang sudah mati.

Ketika Otonashi meminta bukti bahwa dirinya benar-benar berada di dunia Afterlife, tanpa mengatakan apapun Kanade dengan cepat menusuk Otonashi. Setelah kejadian tersebut, secara mengejutkan Otonashi terbangun dan terkejut bahwa dirinya belum mati.

Setelah menyadari keanehan tersebut Otonashi mulai mempercayai ucapan Yuri dan ia akhirnya ikut bergabung ke dalam Organisasi SSS untuk melawan Malaikat dan menentang dewa.

Review:

Untuk yang belum tahu, Angel Beats juga merupakan seri buatan Jun Maeda sehingga banyak kemiripan yang dimiliki seri ini dengan Charlotte. Walaupun berbeda konsep dimana Angel beats mengangkat tema Isekai, namun Angel Beats memiliki perkembangan cerita yang hampir sama dengan Charlotte dimana sepanjang episode berlangsung akan membuat penonton tertawa namun ketika memasuki pertengahan hingga akhir suasan cerita memberikan rasa sedih dan baper.

Baca Juga: 10 Anime Mirip Solo Leveling Terbaik

Selain itu keduanya juga sama-sama mengambil latar sekolah, desain karakter yang enak dipandang, dan lain-lain sehingga wajib ditonton sebagai Daftar Anime Mirip Charlotte.

Post a Comment

Post a Comment