j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Panduan Pemula untuk Memilih Warna Saat Menggambar Anime & Manga

Ini adalah panduan pemula yang ekstensif tentang warna dengan fokus pada anime dan manga. Jika Anda tidak tahu banyak (atau mungkin tidak sama sekali) tentang roda warna atau kombinasi warna yang berbeda, maka ini harus dibaca. Ini adalah prinsipal yang sama yang digunakan oleh seniman, desainer, dan animator profesional.

Kombinasi warna

Warna karakter anime dan manga atau bahkan seluruh adegan tidak dipilih secara sembarangan. Warna-warna tertentu lebih cocok disandingkan dengan warna lain.

Roda Warna

Roda warna

Roda warna menunjukkan warna berdasarkan hubungannya satu sama lain.

Harap dicatat bahwa meskipun roda warna yang digunakan dalam tutorial ini mungkin adalah contoh yang paling umum, roda warna dapat memiliki lebih banyak divisi daripada ini atau bahkan transisi gradien yang mulus dari satu warna ke warna lainnya.

Warna Primer

Warna primer

There are three primary colors, red, blue and yellow. The main defining characteristic of primary colors is that they cannot be created by mixing other colors.

Secondary Colors

Warna sekunder

Warna sekunder dibuat dengan mencampurkan dua warna primer. Misalnya Anda bisa mencampur merah dan kuning untuk mendapatkan jingga atau biru dan kuning untuk menjadi hijau.

Warna Tersier

Warna tersier

Warna tersier merupakan perpaduan antara warna primer dan warna sekunder. Jadi jika misalnya Anda mencampur kuning dan hijau Anda akan mendapatkan warna kuning-hijau.

Menerapkan Warna pada Karakter Anime

Dalam contoh di bawah ini, Anda dapat melihat bagaimana kombinasi warna dan warna dapat diterapkan pada karakter gaya anime dengan cara yang berbeda.

Harap diperhatikan bahwa untuk contoh ini warna hanya akan diubah pada rambut, mata, dan pakaian. Setengah lingkaran warna yang diarsir mewakili warna yang digunakan pada area yang diarsir dari karakter.

Intensitas Warna

Contoh intensitas warna

Intensitas warna adalah kecerahan suatu warna. Itu dipengaruhi oleh tints, shades dan tone.

Tint - menambahkan warna putih

Shade - menambahkan warna hitam

Nada - menambahkan abu-abu ke warna (campuran hitam dan putih)

Pada contoh di atas Anda dapat melihat perbedaan antara warna dengan dan tanpa tone.

Memiliki intensitas warna yang tepat bisa menjadi sangat penting saat mewarnai sebuah karakter.

Warna yang lebih intens mungkin lebih cocok untuk karakter yang lebih ceria, sedangkan warna yang kurang intens mungkin lebih sesuai untuk karakter yang lebih serius.

Umumnya Anda tidak ingin menggunakan warna tanpa tone sama sekali mewarnai seluruh karakter. Tetapi Anda mungkin ingin menggunakan warna yang lebih intens, misalnya jika Anda ingin bagian pakaiannya terlihat bersinar.

Akhromatis

Gambar warna Achromatic

"Warna" akromatik murni adalah hitam, putih dan abu-abu, tetapi akromatik juga dapat mencakup cokelat, cokelat muda (alis terang), serta warna yang sangat gelap atau sangat pucat.

Pakaian Achromatic cukup umum pada karakter anime (setelan hitam dengan kemeja putih misalnya).

Monokromatik

Monokromatik berarti satu warna. Dalam hal ini warnanya adalah campuran merah dan biru bersama dengan beberapa putih dan hitam (tone) untuk membuat variasi intensitas warna pink yang berbeda.

Karakter monokromatik mungkin bagus jika Anda ingin membuat karakter yang menonjol. Misalnya, jika Anda melihat seseorang berjalan di jalan dengan pakaian yang serba merah atau kuning cerah, orang itu mungkin akan lebih menarik perhatian Anda daripada orang lain.

Warna Gratis

Gambar warna pelengkap

Warna pelengkap terletak berseberangan pada roda warna.

Sekali lagi ini adalah kombinasi warna yang bagus untuk digunakan pada karakter yang ingin Anda menonjol.

Pisahkan Warna Pelengkap

Pisahkan gambar warna pelengkap

Warna split gratis adalah versi yang lebih ringan (kurang kontras) dari warna gratis. Ini pada dasarnya menciptakan bentuk "Y" pada roda warna.

Skema warna komplementer terpisah sangat umum untuk karakter anime.

Warna Analog

Gambar warna analog

Warna analogi adalah kombinasi warna umum lainnya untuk karakter anime. Ini adalah warna-warna yang bersebelahan pada roda warna.

Warna analog menciptakan tampilan kontras rendah yang cukup ringan.

Warna Triadic

Triadic colors drawing

Warna triadic adalah kombinasi dari tiga warna atau lebih. Warna-warna ini akan membentuk semacam segitiga pada roda warna. Anda dapat memilih tiga warna yang Anda inginkan selama Anda menjaga jarak yang sama di antara mereka (dalam hal ini tiga divisi terpisah).

Warna Persegi

Gambar warna persegi

Warna persegi adalah kombinasi dari empat warna. Warna-warna ini pada dasarnya akan membentuk kotak pada roda warna.

Kombinasi Warna Tetradic

Gambar warna tetradik 2

Sama seperti persegi, tetradik adalah kombinasi dari empat warna. Warna-warna ini akan membentuk persegi panjang pada roda warna.

Warna Hangat

Warna-warna hangat menggambar

Warna-warna hangat adalah kuning, merah dan oranye. Pada dasarnya warna yang Anda asosiasikan dengan hal-hal hangat seperti matahari atau api.

Jenis skema warna ini mungkin sangat berguna untuk karakter fantasi atau sci-fi (karakter dengan sihir api misalnya).

Warna Keren

Gambar warna keren

Warna-warna sejuk adalah biru, ungu dan beberapa warna hijau. Itu adalah warna yang biasanya Anda asosiasikan dengan benda dingin seperti es dan salju.

Sama seperti kombinasi warna hangat, kombinasi warna keren juga bagus untuk karakter fiksi ilmiah dan fantasi (karakter menggunakan sihir es misalnya).

Kesimpulan

Ada banyak hal yang perlu diketahui tentang warna, tetapi semoga tutorial ini membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang berbagai jenis kombinasi warna. Anda dapat mencoba dan menerapkan ini saat mewarnai gambar Anda dan Anda juga dapat mencoba dan melihat beberapa di antaranya di karakter anime favorit Anda.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment