j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Bagaimana Cara Menggambar Tutorial Lengan Anime & Manga

Tutorial ini menjelaskan cara menggambar lengan gaya anime dan manga dengan rincian proporsi dan contoh menggambar lengan di berbagai posisi.

Contoh menggambar lengan anime

Untuk tutorial ini kita akan fokus pada gaya senjata anime yang lebih umum dan lebih realistis. Contohnya adalah lengan karakter wanita muda, tetapi Anda dapat menggambar lengan karakter pria muda dengan cara yang hampir sama (cukup ubah tubuh).

Proporsi Lengan Anime & Gambar Langkah demi Langkah

Proporsi lengan anime

Sebelum Anda menggambar senjata, ada baiknya untuk menganalisis dulu proporsi dasarnya.

Meskipun ini bisa sedikit berbeda dari orang ke orang (dan gaya ke gaya) umumnya Anda dapat menggunakan contoh di atas.

Jarak dari bawah bahu ke siku dan dari siku ke bawah ke pergelangan tangan umumnya sama (jari dan telapak tangan biasanya sama panjangnya untuk tangan).

Saat menggambar apa saja (termasuk lengan), mulailah dengan sketsa terang dan tutupi dengan garis yang lebih gelap setelah Anda yakin memiliki proporsi yang benar.

Meskipun bisa sedikit rumit, penting juga untuk mencoba dan mempertahankan proporsi ini saat menarik lengan di posisi yang berbeda.

Bagaimana Menggambar Senjata Anime Dengan Tikungan Berbeda

Gambar lengan anime membungkuk

Ketika lengan menekuk, perubahan utama yang terjadi adalah siku yang semakin menonjol semakin tajam. Saat lengan dibantu lurus, area siku cenderung sedikit menjorok.

Ketika lengan ditekuk cukup jauh akan cenderung ada semacam "lipatan" pada sisi yang berlawanan dengan siku.

Bagaimana Menggambar Senjata Anime dalam Berbagai Twist

Lengan anime dengan gambar tikungan yang berbeda

Saat melihat lengan dari tampilan yang sama tetapi dengan putaran pergelangan tangan yang berbeda, lengan akan tampak lebih sempit atau lebih lebar di tempat yang berbeda.

Anime mengulurkan gambar telapak tangan terbuka

Menggunakan lengan yang terulur dengan telapak tangan menghadap langsung ke arah penampil sebagai dasar, Anda dapat melihat sedikit variasi di bawah ini saat lengan diputar.

Anime mengulurkan lengan terbuka ke atas gambar

Saat menggambar lengan dengan telapak tangan ke atas, tarik seluruh bagian lengan melewati siku lebih sempit.

Anime mengulurkan gambar tangan ke bawah

Saat menggambar lengan dengan telapak tangan menghadap ke bawah, tarik pergelangan tangan "lebih tipis" karena penonton akan melihatnya dari samping.

Anime membentangkan gambar lengan terbuka

Menggambar lengan dengan telapak tangan menghadap jauh dari penampil, area "di bawah siku" harus lebih sempit tetapi menggambar pergelangan tangan akan sama seperti contoh dasarnya.

Bagaimana Menggambar Senjata Anime dalam Posisi Berbeda

Saat menggambar lengan anime dalam posisi berbeda seperti contoh di bawah, pastikan sekali lagi untuk mempertahankan proporsi yang disebutkan sebelumnya.

Menggambar Lengan Anime yang Dilipat

Lengan anime menggambar tertekuk

Karena rangkaian lengan yang tertekuk ini tidak terlalu berotot, maka otot bisepnya sedikit menonjol. Anda bahkan dapat meninggalkan gambar itu begitu saja. Jika ingin mengiklankan sedikit lebih detail Anda juga bisa memberi petunjuk pada bagian bawah bisep hanya dengan beberapa baris.

Menggambar Lengan Anime yang Diangkat

Gambar lengan anime yang diangkat

Untuk lengan terangkat, Anda bisa menggambarnya sama seperti lengan yang direntangkan pada contoh sebelumnya. Perbedaan utama adalah otot bahu yang lebih teregang.

Menggambar Lengan Anime ke Sisi Tubuh

Gambar anime lengan ke sisi

Saat menggambar lengan dipegang ke sisi tubuh seperti karakter berdiri tegak lengan tidak akan lurus sempurna. Gambarkan mereka sedikit menekuk dari tubuh melewati siku.

Menggambar Lengan Anime Di Mana Bagian Lengan Tersembunyi

Saat menggambar lengan anime di mana bagian dari satu atau kedua lengan tersembunyi, Anda dapat menggunakan teknik di bawah ini untuk membantu Anda.

Menggambar Lengan Anime Menyilang

Anime menggambar tangan bersilang

Untuk menggambar lengan anime yang bersilangan seperti pada contoh di atas, ada baiknya untuk menganggap gambar itu sebagai "tembus pandang".

Anime menyilangkan tangan melihat melalui gambar

Mampu melihat lengan sebagai "tembus pandang" memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah bagian lengan yang terlihat ditempatkan dengan benar. Misalnya jari-jari di lengan kiri.

Anime menyilangkan tangan melihat melalui sketsa

Anda tidak perlu menggambar setiap detail tersembunyi seperti jari individu pada contoh sebelumnya. Alih-alih, lakukan sketsa seperti contoh di atas untuk membantu Anda memperkirakan ukuran dan posisinya secara umum.

Sketsa anime menyilangkan lengan

Setelah mengkonfirmasi bahwa semuanya terlihat benar cukup hapus bagian-bagian yang seharusnya disembunyikan, tambahkan detail yang lebih kecil dan ulangi sketsa Anda dengan garis yang lebih gelap dan lebih padat.

Menggambar Lengan Anime di Belakang Kepala

Lengan anime di belakang gambar kepala

Untuk menggambar lengan di belakang kepala Anda bisa menggunakan lagi contoh sebelumnya. Karena ini adalah pose yang lebih sederhana untuk menggambar, Anda bahkan dapat memperkirakan di mana bagian tersembunyi dari lengan akan diposisikan tanpa melakukan gambar tembus pandang (meskipun Anda masih bisa jika Anda tidak yakin).

Pastikan saja ada cukup ruang tersisa untuk tangan yang tersembunyi di balik kepala.

Menggambar Anime Arms Behind Back

Lengan anime di belakang gambar belakang

Untuk menggambar lengan yang dipegang di belakang punggung Anda dapat sekali lagi membuat sketsa atau memperkirakan posisi bagian-bagian yang tersembunyi.

Dalam kasus ini, cukup pastikan bahwa lengannya miring sedemikian rupa sehingga memiliki cukup ruang untuk bertemu di belakang punggung.

Ingatlah juga bahwa lengan biasanya akan sedikit menekuk saat berada dalam posisi ini.

Kesimpulan

Lengan bisa menjadi area tubuh yang sangat menantang untuk digambar karena kemampuannya melakukan begitu banyak kombinasi tikungan dan tikungan. Untuk menghindari kesalahan saat menggambar selalu coba dan perhatikan proporsi dan bandingkan ukuran satu bagian lengan dengan yang lain.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment