j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Kesalahan Umum Saat Menggambar Anime & Manga

Tutorial ini mencantumkan beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang saat menggambar anime atau manga dan saat menggambar secara umum. Ini juga memberikan tip untuk menghindari dan memperbaiki kesalahan ini.

Ada banyak tutorial di sini di Anidraw yang mengajarkan cara menggambar berbagai hal. Tutorial ini sedikit berbeda karena ini juga akan menunjukkan beberapa contoh bagaimana TIDAK menggambar.

Kualitas Garis Buruk

Kualitas garis saat menggambar

Mungkin kesalahan paling umum bagi seniman pemula adalah kualitas garis.

Kesalahan pertama adalah menggambar garis dengan membuat serangkaian goresan kecil. Hal ini tidak hanya membuat gambar menjadi jauh lebih lambat tetapi Anda juga cenderung mendapatkan garis atau garis yang tampak tidak rata yang terlihat seperti goresan.

Kesalahan kedua adalah menggambar garis tumpang tindih ekstra jika tidak diperlukan. Terkadang hal ini dapat membuat sketsa terlihat "lebih baik", tetapi sebenarnya tidak demikian. Apa yang sebenarnya terjadi adalah begitu Anda membuat cukup banyak garis, salah satunya kemungkinan besar berada di tempat yang kira-kira tepat. Mata Anda kemudian melihat garis itu memberikan persepsi bahwa gambar itu "diperbaiki".

Ketiga adalah garis-garis yang goyah (di mana mereka harus stabil). Padahal kesalahan ini mungkin tidak selalu disengaja. Terkadang Anda mungkin perlu lebih banyak berlatih untuk mendapatkan tangan yang mantap. Jelas JANGAN menggambar seperti ini dengan sengaja jika tidak diperlukan.

Jika Anda melihat sebagian besar anime dan manga berkualitas baik, mereka cenderung memiliki gambar garis yang terdefinisi dengan sangat jelas. Jika Anda ingin menjadi lebih baik dalam menggambar anime, Anda harus melakukan apa yang dilakukan oleh para profesional. Coba dan gambar dengan garis panjang yang stabil dan hindari coretan yang tidak perlu.

Untuk membuat garis yang sangat panjang, ada baiknya untuk menggambar dari bahu daripada menggambar dari pergelangan tangan. Dengan kata lain, alih-alih menggerakkan pergelangan tangan Anda saat Anda menggambar garis-garis ini, gerakkan bagian bahu / siku lengan.

Menggambar dari pergelangan tangan lebih baik untuk menggambar detail yang lebih kecil.

Garis Terlalu Tebal

Ketebalan garis saat menggambar

Garis berat adalah kesalahan umum yang cenderung dilakukan pemula. Meskipun Anda memiliki kualitas garis yang baik (garis panjang yang stabil) Anda tetap harus memperhatikan bobot garis. Membuat garis yang terlalu tebal bisa membuat gambar Anda terlihat buruk.

Dalam anime, garis-garis pada umumnya cukup tipis dalam kaitannya dengan karakter tanpa variasi bobot garis. Manga di sisi lain lebih cenderung memiliki gambar dengan ketebalan garis yang bervariasi.

Jika Anda ingin membuat gambar yang terlihat seperti tangkapan layar dari kebanyakan anime, gunakan garis tipis di seluruh gambar. Untuk lebih banyak gaya manga, Anda dapat menggunakan garis yang lebih tebal untuk menentukan bentuk utama suatu objek dan garis yang lebih tipis untuk detail yang lebih kecil.

Seperti pada gambar tangan di atas, Anda dapat melihat bahwa pada contoh kedua bentuk utama tangan memiliki garis yang lebih tebal sedangkan garis yang lebih tipis digunakan untuk detail kecil seperti kuku.

Pilihan Warna yang Buruk

Good vs bad color selection

Kesalahan ini sangat umum terjadi pada gambar digital karena memungkinkan akses mudah ke warna gelap atau cerah yang sulit atau tidak mungkin direproduksi di atas kertas dengan benda-benda seperti krayon pensil.

Salah satu kesalahan pewarnaan yang umum adalah memilih warna yang menyatu satu sama lain atau menyatu dengan garis hitam karakter atau objek.

Jika Anda ingin menggunakan warna yang lebih gelap pastikan garis tepi gambar tidak hilang saat Anda menerapkannya. Gambar garis putih atau garis warna terang untuk bagian gambar itu.

Tidak Ada Perspektif

Perspektif vs tanpa gambar perspektif

Perspektif adalah objek yang semakin kecil saat semakin jauh. Menggambar dalam perspektif mampu menunjukkan hal ini dengan cara yang dapat dipercaya dalam seni.

Gambar tanpa perspektif terlihat aneh. Umumnya bahkan orang yang bukan seniman dapat mengetahui ada sesuatu yang tidak beres tentang mereka meskipun mereka mungkin tidak selalu yakin apa itu.

Perspektif anime dan manga sangat penting untuk objek latar belakang atau untuk mendapatkan pemandangan yang terlihat lebih dramatis.

Gambar Terdistorsi atau Tidak Rata

How guide lines help drawing

Saat menggambar sesuatu yang seharusnya simetris, sangat mudah untuk membuat kesalahan yang sebenarnya gambarnya tidak rata. Untuk membantu menghindari kesalahan, buatlah beberapa garis panduan untuk membantu Anda.

Misalnya, jika Anda menggambar kepala seperti pada contoh di atas, sebaiknya buat garis di tengah tempat Anda ingin meletakkan kepala. Ini akan membantu Anda memastikan bahwa kedua bagian lebih rata.

Bagian Tidak Sejajar atau Salah Taruh

Bagaimana melihat melalui gambar membantu

Kesalahan umum lainnya adalah ketika bagian yang berbeda dari objek yang sama sebenarnya digambar tidak sejajar ketika bagian dari objek itu tersembunyi.

Pada gambar di atas, jika Anda memperpanjang garis pedang / sarung pada contoh pertama, Anda dapat melihat bahwa garis-garis itu sebenarnya tidak sejajar.

Untuk menghindari kesalahan seperti itu, Anda dapat membuat sketsa "tembus pandang" ringan pada seluruh objek untuk memastikan kedua ujungnya ditempatkan dengan benar. Cukup hapus bagian yang tersembunyi setelahnya.

Membingungkan Gaya Lain Dengan Anime

Gaya anime vs kartun

Beberapa gaya mungkin terlihat mirip dengan anime, tetapi mereka tidak sepenuhnya "anime". Bahkan seniman profesional atau semi profesional sering membuat kesalahan ini dan menggambar karakter yang lebih mirip boneka atau kartun.

Ada seperangkat fitur penentu anime yang sangat spesifik. Beberapa di antaranya termasuk:

  • Mata besar dengan bulu mata runcing tebal
  • Hidung yang sangat sederhana (seringkali hanya berupa titik di tampilan depan)
  • Mulut kecil (biasanya tanpa bibir atau hampir tidak terlihat)
  • Dagu kecil hampir runcing

Ada karakter anime dan manga yang merupakan pengecualian dari beberapa "aturan" ini, tetapi umumnya jika Anda menginginkan tampilan anime, Anda harus berhati-hati untuk tetap berpegang pada gaya.

Tunduk pada Kecil untuk Area Gambar

Mengubah ukuran gambar ke area gambar

Membuat gambar yang terlalu kecil (atau terlalu besar) untuk area gambar adalah kesalahan umum lainnya yang dilakukan banyak pemula.

Tidak masalah untuk menggambar karakter kecil jika Anda juga ingin menunjukkan pemandangan di belakang mereka. Misalnya jika Anda ingin menunjukkan karakter yang kesepian, Anda dapat menggambarnya sangat kecil dengan ruangan kosong yang besar di sekelilingnya. Anda juga bisa membuat banyak sketsa latihan kecil di satu lembar kertas. Namun, jika Anda ingin membuat gambar gaya potret dari karakter seperti contoh di atas, cobalah dan buat gambar Anda memenuhi halaman. Pada saat yang sama, sisakan "ruang putih" yang cukup di sisi atau gambar Anda akan terlihat penuh sesak.

Ketidakkonsistenan Antara Pandangan yang Berbeda

Fitur wajah berukuran benar vs tidak tepat

Fitur wajah yang tidak sejajar atau berukuran berbeda antara tampilan berbeda dari karakter yang sama adalah kesalahan yang sangat umum dilakukan oleh pemula. Pada contoh di atas, tampilan samping pertama dari wajah mata jauh lebih sempit daripada tampilan depan. Kesalahan kecil seperti ini dapat mengakibatkan karakter yang tidak terlihat seperti dirinya sendiri dalam tampilan berbeda.

Saat menggambar karakter yang sama dalam tampilan yang berbeda, periksa dengan cermat untuk memastikan bahwa fitur wajah yang berbeda menjaga ukuran dan kesejajaran yang sama dalam hubungannya satu sama lain.

Kesimpulan

Sangat mudah untuk membuat kesalahan saat menggambar apa saja bahkan sebagai seniman profesional. Bagian yang penting adalah bisa menangkap dan memperbaikinya. Semoga tutorial ini membantu Anda mendapatkan lebih banyak wawasan tentang apa yang harus Anda perhatikan.

Jangan lupa untuk melihat banyak tutorial lainnya di Anidraw untuk lebih lanjut tentang menggambar dalam gaya anime dan manga.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment