j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Pengertian Struktur CPU( Central Processing Unit)

Pengertian CPU - Bagian pengolah informasi di dalam pc bukan cuma CPU, tetapi CPU ialah bagian yang mempunyai andil vital di dalam pc. CPU merupakan otak pc. CPU menerima instruksi, mengeksekusinya, serta setelah itu menyuguhkan output. Tanpa CPU, laptop yang kamu maanfaatkan tiap hari tidak akan dapat melaksanakan tugasnya.

apa itu cpu

CPU ialah salah satu bagian penting di dalam sistem pc. 3 bagian penting yang lain merupakan bagian memori( RAM, ROM, HDD, dsb.), bagian input( mouse, keyboard, dsb.), serta bagian output( monitor, speaker, headset, printer, dsb.). Di sini kita hendak mangulas bagian apa saja yang membangun struktur CPU.

Struktur CPU

struktur cpu

Sebutan Central Processing Unit( CPU) telah digunakan semenjak 1955 sampai saat ini. Teknologinya lalu berkembang, tetapi prinsip dasarnya senantiasa serupa. Bersumber pada fungsinya, terdapat 3 bagian penting dalam CPU; Arithmetic Logic Unit( ALU), Control Unit( CU), serta Memory Unit( MU). Berikut penjabarannya.

1. Control Unit( CU)

Control Unit merupakan bagian dari CPU yang menata sistem pc dengan cara keseluruhan. Peranannya serupa semacam seorang konduktor orkestra yang cuma berikan pengarahan, jadi tidak betul- betul mengerjakan informasi ataupun melaksanakan instruksi. Instruksi cuma didapat, diterjemahkan, kemudian ditunjukan ke bagian yang tepat untuk mengeksekusinya.

2. Arithmetic Logic Unit( ALU)

Arithmetic Logic Unit bekerja untuk melaksanakan operasi- operasi aritmatika serta logika cocok dengan instruksi yang diterjemahkan serta dikirim oleh Control Unit. Hasilnya setelah itu dikirim ke RAM buat diproses lebih lanjut, misalnya buat ditaruh ke memori sekunder ataupun buat diperlihatkan di layar monitor.

Terdapat 4 pembedahan kalkulasi yang dapat dilakukan oleh bagian aritmetika serta logika ini, ialah pertambahan, pengurangan, perkalian, serta pembagian. Sebaliknya buat operasi logikanya dilakukan lewat pembandingan dengan memakai operator- operator logika.

3. CPU Memory Unit

cpu memory unit

CPU mempunyai bagian memori yang terpisah dari RAM. Bagian memori ini terdiri dari register serta cache yang terdiri dari sebagian tingkat semacam L1( Level 1) serta L2( Level 2).

Cache dipakai untuk menaruh informasi yang kerap digunakan oleh CPU, sebaliknya informasi yang prioritasnya lebih kecil ditaruh di dalam RAM. Salah satu aspek yang menimbulkan cache lebih cepat dari RAM merupakan lokasinya yang lebih dekat dengan CPU.

Register lebih cepat lagi dari cache. Dengan kata lain, register mempunyai kecepatan yang sangat tinggi di dalam suatu sistem pc. Dalam piramida hirarki memori, register mendiami posisi paling atas.

Terdapat sebagian jenis register yang terdapat di dalam CPU, tercantum antara lain merupakan Informasi Register yang menaruh operand, Program Counter yang menyimpan Tujuan memori untuk instruksi berikutnya, Instruction Register yang menaruh instruksi yang akan diterjemahkan, I atau O Buffer Register yang jadi penghubung antara CPU dengan modul input atau output alhasil keduanya dapat berhubungan untuk beralih informasi, serta lain sebagainya.

Related Posts

Related Posts