j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM
Bookmark

Macam-Macam Komponen Motherboard pada Komputer, Apa Saja?

Kumpulan Komponen Motherboard - Berbicara hal perangkat keras( perangkat keras), pada sistem komputer lumayan menarik buat diulas. Salah satu contohnya yakni CPU. Dalam bagian CPU ada yang namanya“ Motherboard” ataupun“ papan induk”.

komponene motherboard

Motherboard yakni perangkat keras yang gunanya sebagai tempat dari bermacam tipe perangkat keras sistem pc yang lain yang saling terhubung. Ataupun dapat dibilang motherboard sebagai alat buat mengaitkan perangkat komputer. Wujud dari motherboard mendekati papan seperti nama istilahnya.

Mangulas hal motherboard, nyatanya perangkat keras yang satu ini mempunyai beberapa bagian- bagian yang bisa jadi belum banyak dikenal oleh orang, serta pastinya bagian- bagian itu memiliki gunanya masing- masing. Apa saja bagian- bagian dari motherboard? Ayo di simak uraian komponen- komponen motherboard dibawah ini!

Komponen- Komponen Motherboard

Kemudian bagian selanjutnya merupakan komponen- komponen dari suatu motherboard yang dapat kalian kenali dan juga bisa kalian pelajari gunanya supaya tidak salah dalam memasang ataupun memakainya. Mari di simak uraian mengenai 8 tipe komponen dari motherboard dibawah ini:

1. Socket Prosessor ataupun CPU Socket

cpu dan processor

CPU Socket merupakan sesuatu bagian dari motherboard yang dipakai sebagai tempat buat memasang prosessor. Dari bentuknya pada CPU, bagian yang satu ini mempunyai 4 lubang yang bermanfaat buat penyangga dari Heatsink Fan. Mengapa wajib dilengkapi dengan lubang? sebab lubang itu dipakai sebagai penghantar panas dikala Socket Prosessor beroperasi.

Pada pemilihan motherboard, tidak dapat asal- asalan. Sebab CPU socket yang terdapat pada motherboard dengan prosessor dipakai dapat berlainan. Jadi pilihlah bagian CPU socket yang selaras atau sesuai dengan prosessor yang ada.

Misalnya, kamu mempunyai prosessor AMD( motherboard), janganlah dipakai motherboard itu bila prosessor yang kamu punya prosessor Intel, sebab jelas keduanya berlainan alhasil tidak akan dapat dipakai. Saat sebelum membeli motherboard, perhatikanlah terlebih dulu tipe dari socket prosessor yang kalian punya. Serta pastikanlah motherboard yang hendak dipasang memanglah telah sesuai atau sopport atau kompetibel dengan prossesornya. Supaya tidak terjadi keadaan yang tidak diinginkan.

2. Slot Memory

slot memory

Bagian motherboard berikutnya yakni slot memory. RAM berkaitan erat dengan bagian yang satu ini, dimana tempat buat memasang RAM menggunakan slot memory. Wujud fisik dari slot memory ini memanjang, serupa dengan RAM- nya. Posisi CPU prosessor umumnya berdampingan dengan slot memory. Pada umumnya jumlah dari slot memory ialah lebih dari 1 slot.

Dikala membeli RAM yang baru, pastikanlah terlebih dulu tipe dari RAM yang sesuai buat slot memory yang kamu punya. Sebab beda slot memory beda pula tipe RAM- nya.

3. Slot SATA serta Slot IDE

slot sata

Slot SATA serta Slot IDE memiliki wujud yang berlainan, tetapi mempunyai guna yang serupa. Gunanya yakni sebagai alat penghubung antara CD atau DVD- ROM ataupun Hard Disk ke motherboard. Wujud dari slot SATA serta slot IDE dicocokkan dengan kabel yang digunakan. Contohnya buat slot SATA meggunakan kabel SATA bentuk kabelnya lebih kecil. Sebaliknya slot IDE memakai kabel IDE dengan dimensi yang lebih besar dari kabel SATA, wujudnya memanjang.

Pemakaian slot IDE sudah mulai tidak sering dipakai. Sebabnya karena hard disk yang ada saat ini mayoritas yakni tipe hard disk SATA alhasil banyak konsumen yang memakai slot SATA. Tetapi bukan berarti slot IDE telah tidak dapat dipakai pada motherboard.

Metode memilih motherboard yang cocok pilihlah yang telah dilengkapi dengan slot SATA, sebab sebagian motherboard keluaran lama belum terdapat slot SATA. Namun jika ternyata jenis hard disk yang kalian punya adalah tipe hard disk IDE maka hal ini tidak masalah bila memakai slot IDE tanpa dilengkapi dengan slot SATA.

4. Slot PCI serta Slot AGP

pci slot

Slot PCI serta Slot AGP memiliki guna yang serupa. Gunanya yakni sebagai tempat buat pemasangan VGA card ataupun Graphic Card. Umumnya VGA card keluaran lama memakai AGP. Tetapi VGA card AGP yang umumnya ada pada pc lama, sudah tidak sering ditemui pada pc keluaran terkini. Alhasil motherboard yang banyak dipakai dikala ini yakni slot PCI.

5. UEFI Chip serta Basic Input Output System( BIOS)

bios

BIOS ialah suatu chip. Fungsi dari BIOS ini yakni buat mengontrol semua perangkat keras( perangkat) yang ada pada pc. Yang bertanggung jawab buat computer booting yakni BIOS ini.

Disaat ini, dengan kemajuan teknologi, kedudukan BIOS telah ditukar oleh UEFI. Tetapi peranan dari UEFI senantiasa serupa dengan BIOS. Tetapi UEFI canggih ketimbang BIOS. Wujudnya pula serupa ialah berupa chip tetapi posisi dari chip ini tidaklah sama pada tiap motherboard. Metode untuk mengetahui posisinya yakni ada tulisan atau merk- nya, misalnya BIOS atau UEFI.

6. Battery CMOS

baterray cmos

Complimentary Logam Oxide Semiconductor ataupun disingkat CMOS ialah suatu baterai yang ukurannya kecil. Gunanya sebagai pangkal energi untuk BIOS. Fungsi lain yakni sebagai tempat menaruh setting atau pengaturan di dalam bagian BIOS. Ukurannya kecil, tetapi lebih besar dari baterai jam.

Kala kamu lupa password dikala log in ke BIOS kamu dapat mencabut Battery CMOS. Hal itu dikarenakan guna dari BIOS akan kembali ke pengaturan default pabrikannya dikala battery CMOS dicabut.

7. Power Connector

powe connector

Bagian motherboard yang satu ini mempunyai andil yang lumayan penting. Guna dari power connector yakni sebagai penghubung antara power supply dengan motherboard.

8. Input atau Output Ports( I/ O Ports)

io port

Input atau Output Ports ialah bagian dari motherboard yang berhubungan secara langsung dengan user computer. Sebab I/ O Ports berupa tempat“ menyolok” ataupun mengaitkan bermacam tipe( perangkat keras) perangkat output ataupun input ke pc. Contohnya USB, port LAN, dan lain sejenisnya.

Demikianlah uraian tentang bagian- bagian motherboard. Untuk itu saat sebelum membeli ataupun memasang bagian motherboard terlebih dulu yakinkan ataupun lihat detail dari motherboard yang kalian punya supaya tidak salah dalam melakukan tindakan, alhasil perangkat bisa berjalan atau support sistemnya dapat berfungsi dengan baik.

1 comment

1 comment

  • Nurdin
    Nurdin
    21 December, 2021 21:08
    Templatenya keren mba ani...
    Reply