j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Apa Itu VDU? Memahami Pengertian VDU( Visual Display Unit)

Apa Itu VDU - Pada awal mulanya VDU berdimensi besar serta cukup berat alhasil lumayan membebani ketika konsumen mau memindahkan VDU ke tempat lain. Saat ini, VDU telah jauh lebih enteng berkat kemajuan teknologi.

apa itu vdu

VDU ialah fitur yang vital untuk pc sebab tiap pc memerlukan VDU supaya dapat dipakai sebagaimana mestinya. Apalagi, kenyamanan memakai pc tergantung dari tipe VDU yang dipakai.

Apa Itu VDU?

VDU merupakan fitur yang berperan untuk menunjukkan gambar serta teks yang diperoleh oleh pc serta perangkat- perangkat elektronis lain. VDU dapat diletakkan di atas meja ataupun dipasang pada dinding, tergantung dari tipe penyangga yang dipakai.

Dahulu VDU biasa dipakai buat merujuk pada monitor CRT, tetapi saat ini VDU mencakup bermacam tipe monitor dalam berbagai ukuran dengan teknologi yang lebih mutahir. Serta bersamaan dengan semakin bertumbuhnya teknologi, sebutan VDU sudah tidak lagi sepopuler dahulu.

Tipe- tipe VDU

CRT( Cathode Ray Tube)

Walaupun tercantum teknologi lawas yang produksinya telah dihentikan semenjak kurang lebih tahun 2005, VDU ini masih dapat ditemui dalam situasi yang relatif masih bagus di beberapa rumah tangga di Indonesia.

monitor crt adalah

CRT berdimensi besar serta memerlukan konsumsi energi listrik yang besar. Semakin terjangkaunya harga VDU lain semacam LCD serta LED yang lebih irit energi dengan mutu gambar yang tidak kalah baik membuat teknologi CRT kian dilupakan.

LCD( Liquid Crystal Display)

VDU yang memakai teknologi LCD mempunyai wujud yang lebih pipih serta lebih enteng dari CRT. Mengkonsumsi listriknya pula lebih hemat.

Teknologi ini menggunakan kristal cair yang mempunyai sifat padat serta cair. Ketika kristal cair terletak di bawah akibat arus listrik, arah molekulnya berganti alhasil properti sinar yang melewatinya juga berganti. Dari temuan inilah serta dari penelitian- penelitian berikutnya kita dapat menikmati tayangan gambar pada monitor LCD seperti sekarang ini.

LED( Light Emitting Diode)

contoh layar led

Berlainan dengan LCD yang memakai Cold Cathode Fluorescent Lamps( CCFL) sebagai sinar latar, LED memakai semikonduktor yang bisa mengucurkan sinar ketika dialiri oleh arus listrik. Inilah yang jadi pemicu kenapa LED dibilang lebih irit listrik dari LCD.

Plasma

Semenjak tahun 2010, pemakaian teknologi plasma sebagai layar monitor telah mulai membuktikan isyarat penyusutan, sampai akhirnya di tahun 2014 para produsen monitor beramai- ramai mengakhiri produksi monitor plasma yang diprediksi sebagai dampak dari menyusutnya permintaan pasar.

OLED

OLED lebih jelas dari LED berkat material organik yang digunakannya. Serta tidak seperti LCD yang memerlukan backlighting( sinar latar), OLED tidak membutuhkannya sebab sanggup memproduksi sinar sendiri. Oleh karena inilah OLED jauh lebih irit listrik dari LCD( beberapa besar energi listrik pada LCD dikonsumsi oleh sinar latar). Walaupun begitu OLED masih belum diadopsi secara besar sebab terkendala oleh harga.

Related Posts

Related Posts