j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Apa Itu Fiber Optik? Pengertian, Fungsi, Kekurangan Dan Kelebihanya

Pengertian Fiber Optik - Dalam suatu jaringan komputer ada sebagian bagian pendukung semacam host atau komputer konsumen, server, switch bersama kabel sebagai penghubung serta mengalirkan data. Hingga saat ini ada sebagian tipe kabel yang umumnya dipakai dalam instalasi jaringan komputer semacam kabel Coaxial serta Twisted.

pengertian kabel fiber optik

Untuk 2 tipe kabel tersebut barangkali yang sangat banyak dipakai dari dahulu sampai saat ini. Tetapi bersamaan perkembangan era, masyarakat membutuhkan akses kecepatan yang lebih besar dan kemampuan memindahkan data lebih optimal. Sesungguhnya kabel Coaxial serta Twisted sudah cukup penuhi standard tetapi pastinya butuh adanya inovasi terkini dengan berbagai ragam keunggulan.

Kecepatan akses yang besar dalam sesuatu jaringan nyatanya jadi perihal yang sangat dicari paling utama buat kebutuhan browsing di internet. Hal inilah yang melatarbelakangi kedatangan kabel Fiber Optik serta dalam sekejap langsung memperoleh tempat khusus di masyarakat.

Dalam postingan kali ini kita hendak menjelaskan lebih dalam hal kabel Serat Optik, mencakup pengertian Serat Optik, fungsi, metode kerja dan keunggulan serta kekurangan dari Serat Optik. 

Pengertian Fiber Optik

Berlainan dari kabel lain yang membawa listrik, kabel Serat Optik merupakan tipe kabel yang berperan mengganti sinyal listrik jadi cahaya serta mengalirkannya dari satu ke titik yang lain. Materi penting dari kabel tipe Serat Optik ini merupakan dari serat kaca serta plastik yang amat lembut, apalagi lebih lembut dari sehelai rambut orang. Beda perihalnya dari kabel lain yang mengenakan materi dari tembaga.

Ada 2 tipe bentuk transmisi ialah Single Mode yang menggunakan cahaya laser sebagai alat transmisinya serta Multi Mode yang memakai alat LED. Umumnya tipe kabel Serat Optik ini lebih kerap digunakan pada sesuatu instalasi jaringan dengan kategori menengah sampai atas. 

Fungsi Fiber Optik

Pada dasarnya untuk fungsi dari suatu kabel Fiber Optik atau serat optik ini sebenarnya sama seperti jenis kabel yang lain yakni menghubungkan antar komputer atau pengguna satu sama lain dan dalam lingkup jaringan tertentu.

Yang menjadi pembeda antara kabel ini dengan kabel lain yang sejenis ialah kecepatan akses yang tinggi serta kemampuan transfer data yang jauh lebih cepat. Untuk kecepatan pengiriman data yang dimilikinya bisa mencapai kisaran Gigabit per detiknya. Selain itu dikarenakan kabel ini tidak membawa listrik sama sekali maka kabel jenis ini juga tida terpengaruhi gangguan elektromagnetik sehingga stabil dalam penggunaannya.

Namun tentunya dengan cukup banyak kelebihan di dalam fiber optik ini maka bisa dipastikan untuk biaya yang harus dikeluarkan tentunya harus dibayar lebih mahal, itulah sebabnya kabel jenis ini tidak dipakai oleh sembarangan orang. Biasanya hanya perusahaan skala besar dan juga operator telekomunikasi saja yang lebih sering memilih menggunakan kabel seperti Fiber Optik ini. Bahkan untuk saat ini pun banyak perusahaan pengembang Wi-Fi yang sudah mulai memakai Fiber Optik karena lebih cepat dan stabil dalam penggunaanya.

Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik

Meskipun kabel fiber optik ini hadir dengan kemampuan yang lebih tinggi daripada jenis kabel transfer data internet yang terdahulu bukan berarti kabel Fiber Optik ini tidak memiliki kekurangan sama sekali. Dibawah ini akan kami jelaskan untuk berbagai macam kelebihan beserta kekurangan yang dapat anda peroleh jika anda menggunakan kabel Fiber Optik :

Keunggulan Serat Optik

Tipe kabel Serat Optik ini mempunyai kemampuan membawakan informasi dengan kapasitas besar dan jarak transmisi yang amat jauh. Dengan kapasitas Gigabyte per detik hingga membagikan independensi untuk industri– industri internet serta telepon memilih bandwith besar.

Walaupun mempunyai kemampuan yang besar wujud fisik dari kabel ini lebih kecil bila dibanding dengan tipe lain sebab bahannya dari serat kaca serta plastik. Hal ini membolehkan tersedianya ruang yang lumayan besar.

Sebab tidak memakai arus listrik kabel Serat Optik ini leluasa dari kendala sinyal elektromagnetik, sinyal radio, dan memiliki daya tahan yang lumayan kokoh pula alhasil banyak dipakai perusahaan– perusahaan besar.

Walaupun mempunyai kecepatan akses yang besar tetapi tetap kemungkinan lenyapnya informasi amatlah kecil, jadi kamu tidak butuh membahayakan validitas data.

Sebab tidak memakai listrik maka mungkin terdapatnya konsleting pula tidak akan terjadi, jadi dalam perihal keamanan juga amat aman.

Kekurangan Serat Optik

Kekurangan terbanyak dari kabel Serat Optik merupakan biayanya yang lumayan besar, hal ini amatlah alami mengingat materi– materi yang dipakai dan pemasangannya. Oleh karena itu pengguna kabel tipe tidaklah asal- asalan melainkan industri ataupun fasilitator pelayanan komunikasi yang memanglah membutuhkan akses lebih cepat.

Tidak hanya memakan bayaran besar pada saat pemasangan, buat pemeliharaan Fiber Optik juga pula membutuhkan bayaran yang tidak sedikit melihat perlengkapan– perlengkapan yang dipakai pula tidaklah ekonomis.

Cermati pula penempatan kabel Serat Optik, umumnya dipasang pada rute yang berbelok ataupun yang mempunyai ujung membengkok supaya cara berjalannya gelombang dapat lebih mudah ataupun tidak tertahan. 

Cara Kerja Fiber Optik

cara kerja fiber optik

Sebelumnya telah sempat dipaparkan kalau kabel Serat Optik tidak mengalirkan listrik tetapi cahaya. Listrik yang didapat dikonversikan jadi sinyal cahaya serta dialirkan antar pc yang tersambung dalam sesuatu jaringan rasio besar. Hal ini menghasilkan kabel Fiber Optik amat sesuai dipakai pada area dengan banyaknya kendala elektromagnetik.

Bila pada kabel Coaxial ataupun Twisted panjangnya kabel acapkali jadi penghalang tetapi hal ini tidak berlaku untuk kabel Fiber Optik. Materi dasar yang dibuat dari serat kaca asli sanggup bawa sinar buat mentransmisikan informasi secara terus menerus tanpa menghiraukan panjangnya kabel yang dipakai.

Intinya di dalam kabel Serat Optik memakai metode kerja dengan menggunakan kaca buat menciptakan keseluruhan dalam reflection ataupun bahasa umumnya merupakan refleksi keseluruhan pada bagian serat kaca.

Seperti itu pengertian Serat Optik yang butuh kamu tahu terutama bila kamu mau melakukan instalasi jaringan. Walaupun mempunyai harga yang cukup besar tetapi dengan memandang manfaat dan profit yang didapat maka amatlah alami sebagian industri besar lebih memilah tipe kabel ini.

Related Posts

Related Posts