j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Apa Itu Modem? Pengertian, Fungsi Modem Dan Jenis-Jenis Modem pada Jaringan Komputer

Pengertian Modem Adalah - Salah satu piranti keras yang diperlukan buat mengaitkan suatu pc dengan internet merupakan modem. Belum banyak orang mengerti kalau nyatanya julukan modem sendiri ialah kependekan dari cara metode kerjanya.

modem adalah

Modem pula mempunyai banyak tipe dengan keunggulan serta kekurangannya masing- masing. Pada postingan kali ini, akan diulas tentang pengertian modem, fungsi modem, tipe- tipe modem, serta cara kerja modem.

Pengertian Modem

Modem sendiri ialah suatu akronim dari Modulator Demodulator. Maksudnya, perangkat yang satu ini bisa berperan bagaikan modulator serta pula demodulator. Modulator sendiri maksudnya merupakan pengubah sinyal data jadi sinyal pembawa untuk dikirimkan.

Sementara itu, demodulator ialah pemisah antara sinyal data serta sinyal pembawa, alhasil suatu data bisa diperoleh dengan sempurna. Secara garis besar, modem dapat dipecah jadi 2 tipe, ialah modem internal serta modem eksternal. Penjelasan tentang keduanya diperlihatkan dalam poin berikut:

1. Modem Internal

contoh modem internal

Seperti namanya, modem internal ialah tipe modem yang telah terpasang langsung dalam CPU suatu komputer. Bila dicermati, wujudnya berbentuk sebuah card yang dipasang dalam salah satu slot ekspansi mainboard, misalnya pada slot PCI ataupun ISA. Beberapa keuntungan memakai modem internal merupakan biayanya yang lebih irit, tidak memerlukan banyak tempat, dan tidak memerlukan adaptor, alhasil lebih efisien.

Walaupun seperti itu, dengan memakai modem internal, Kamu tidak bisa melihat indikator yang membuktikan status modem dengan cara kasat mata. Selain itu Modem internal pula wajib untuk mengambil tekanan daya dari CPU, karena modem tipe ini sebenarnya tersambung langsung dengan perangkat itu.

2. Modem Eksternal

modem eksternal

Ialah tipe modem yang posisi pemasangannya di luar CPU. Umumnya buat mengaitkan modem ini dengan komputer, dilakukan lewat port USB ataupun COM. Salah satu keuntungan memakai modem eksternal ialah lumayan fleksibel buat dipindah- pindahkan dari satu pc ke pc yang lain.

Tidak hanya itu, tidak perlu terdapat slot ekspansi yang dijatahkan khusus buat modem. Ada pula indikator yang membuat konsumennya mengerti serta bisa memantau status modem. Walaupun seperti itu, modem eksternal biayanya lebih mahal dari modem internal serta memerlukan tempat tertentu untuk meletakkannya, walaupun tidak membutuhkan tempat yang begitu besar. Ada bermacam macam modem eksternal di pasaran. Bila diamati dari sistem jaringan wireless, misalnya saja, ada modem eksternal semacam modem GSM, modem CDMA, modem HDSPA, dan modem HSUPA.

Fungsi Modem

fungsi modem

Modem mempunyai sebagian fungsi supaya suatu pc bisa terhubung ke dalam jaringan internet. Secara umum, suatu modem memanglah mempunyai fungsi penting mengganti sinyal digital dari pc jadi sinyal analog serta kebalikannya, tetapi modem juga mempunyai fungsi- fungsi lain. Fungsi- fungsi modem itu antara lain termasuk:

  • Mengganti sinyal digital jadi analog serta sebaliknya
  • Mengaitkan suatu perangkat( pc, laptop, dsb) ke dalam jaringan
  • Menerjemahkan sinyal dengan cara modulasi serta demodulasi
  • Mengecek paket data untuk berkomunikasi

Jenis- Jenis Modem

jenis modem

Seperti sudah disinggung sebelumnya, ada bermacam tipe modem yang butuh Kamu ketahui, misalnya saja:

Modem Dial- Up: buat mengaitkan pc serta jaringan internet lewat kabel telepon. Bersifat internal serta dipasang langsung pada motherboard. Kala dipakai, maka konsumen tidak dapat memakai telepon untuk sementara. Kecepatan aksesnya cuma 12- 20 Kbps, tetapi nyaris seluruh Komputer serta laptop sudah terpasang modem dial- up.

Modem Kabel: modem yang bisa mengaitkan pc dengan sambungan Televisi kabel. Kecepatan unduh bisa menggapai 27 Mbps serta kecepatan upload bisa mencapai 2, 5 Mbps upstream. Layanan internet umumnya tidak dibatasi serta pembayarannya dilakukan tiap bulan. Walaupun termasuk modem yang biayanya kira- kira mahal, tetapi kecepatan aksesnya tidak dipengaruhi oleh jam sibuk.

Modem GSM: modem yang membutuhkan kartu Simcard GSM buat bisa bekerja. Termasuk modem eksternal yang wajib dipasang ke port pc. Umumnya orang banyak memakai modem ini buat laptopnya. Tadinya, simcard wajib diisi pulsa ataupun paket data terlebih dulu buat bisa tersambung ke internet. Modem GSM mempunyai jangkauan jaringan lumayan besar, hanya saja konsumen dapat menghabiskan bayaran langganan yang lumayan mahal per bulannya.

Modem CDMA: Modem wireless yang beroperasi atau berjalan pada jaringan CDMA, yang mana modem ini membolehkan lebih dari satu sinyal untuk menempati saluran transmisi tunggal, alhasil memaksimalkan bandwith yang ada. Bedanya dengan GSM( yang mengenakan saluran TDMA), CDMA tidak mematok gelombang khusus untuk konsumennya. Tiap saluran bisa memakai cakupan penuh yang ada. Harga modem CDMA lebih mahal dibanding GSM, tetapi jalur komunikasi seluler serta data terpisah, alhasil konektivitas lebih stabil.

Cara Kerja Modem

cara kerja modem

Modem sendiri nyatanya ialah alat yang membolehkan satu pc dengan pc yang lain berkomunikasi dengan menerjemahkan sinyal yang dipancarkan. Pc bagaikan perangkat keras memancarkan tipe sinyal digital, sinyal yang sanggup menghasilkan bentuk gambar, dokumen, ataupun program. Sedangkan itu, saluran internet lewat telepon ialah perangkat yang bertugas dengan tipe sinyal analog.

Sinyal digital yang dikirimkan pc wajib terlebih dulu diganti jadi sinyal analog, alhasil dapat lewat saluran telepon. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, modem ialah kependekan dari modulator demodulator. Modulasi ialah cara penerjemahan sinyal digital jadi analog, sedangkan demodulasi ialah cara penerjemahan sinyal analog jadi digital.

Demikianlah ulasan tentang pengertian modem, fungsi modem, serta metode kerja modem. Memang terdapat lumayan banyak tipe modem yang ada di pasaran. Penggunaannya kembali lagi pada keinginan Kalian. Dengan menimbang keunggulan serta kekurangannya masing- masing, Kamu bisa memastikan modem tipe apa yang sangat maksimal untuk menghubungkan Komputer Kamu ke dalam jaringan internet.

Related Posts

Related Posts