j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Dengan iOS 15, Iphone Satu Langkah Di Depan Android Untuk Masalah Privasi

Penggembar android sering kali membuat lelucon mengenai bagaimana apple membawakan suatu fitur ke dalam iphone dimana fitur tersebut sudah ada di platform lain dengan waktu yang sudah cukup lama. Tapi ada satu bagian dimana iOS selalu berada di depan android dan jaraknya semakin jauh, yaitu pada bagian privasi.

privasi iphone adalah yang terbaik
privasi iphone adalah yang terbaik

Privasi sudah menjadi hal yang harus kita perhatikan terutama ketika kita menggunakan ponsel pintar, dan apple adalah satu-satunya yang memimpin didepan dalam melawan tracking pada suatu smartphone. Aplikasi tracking control yang ada di iOS 14.5 membuat perusahaan seperti facebook cukup kecewa, ini adalah pertanda baik bahwa apple sangat menjaga yang namanya privasi dari pengguna mereka.

Banyak privasi yang ada pada sistem iOS harus memiliki persetujuan dari pengguna "Permissions" agar bisa bekerja, semisal persetujuan untuk mengakses lokasi, penggunaan microphone, dan masih banyak lagi. Android saat ini sudah cukup bagus dalam hal privasi terutama masalah permissions seperti tadi, akan tetappi apple juga sudah melampaui jauh hal tersebut.

Izin akses lokasi adalah bagian luas yang apple geluti dalam hal privasi, hal inilah yang membuat goole mengikuti apple dalam mengatur hak akses lokasi dari pengguna. iOS 13 telah membawa beberapa opsi untuk izin akses lokasi ini, seperti misalnya membatasi suatu aplikasi untuk mengakse slokasi anda hanya sekali atau hanya ketika anda menggunakan aplikasi tersebut.

izin akses lokasi pada iphone
izin akses lokasi pada iphone

Apple dan google sebenarnya memiliki fitur yang sama dalam hal izin akses lokasi, terutama pada android 11 dan iOS 13, hal ini juga karena kedua os ini rilis di waktu yang sama, dan kedua os ini memiliki fitur opsi permissions seperti yang ada diatas.

Akan tetapi apple tidak berhenti sampai disitu, pada iOS 14 yang rilis pada bulan juni 2020, versi tersebut datang dengan kemampuan untuk mematikan lokasi pengguna secara presisi. Dengan begitu anda masih tetap bisa berbagi lokasi anda akan tetapi dengan titik lokasi yang tidak terlalu presisi, kemudian Android 12 yang rencananya akan dirilis pada musim gugur 2021 ini akan memiliki fitur yang sama juga.

lokasi presisi pada iphone
lokasi presisi pada iphone

Contoh lain adalah indikator privasi yang ditambahkan di iOS 14 pada September 2020. Titik kecil berwarna oranye atau hijau muncul di sudut layar saat aplikasi menggunakan mikrofon atau kamera. Android 12 juga mendapatkan fitur yang sangat mirip.

Izin/permissions hanyalah salah satu area di mana Apple menjadi pemimpin dalam hal privasi. Kami telah menyebutkan bahwa Facebook tidak senang dengan beberapa kebijakan baru Apple, dan itu ada hubungannya dengan istilah menakutkan yang tidak disukai siapa pun: "pelacakan/tracking."

iOS 14.5 membuat kehebohan besar dengan memaksa aplikasi untuk bertanya kepada pengguna apakah mereka ingin mengizinkan aplikasi untuk melacak aktivitas mereka. Jenis pelacakan ini secara tradisional telah digunakan oleh aplikasi untuk tujuan beriklan. Jelas, jika diberi pilihan untuk dilacak atau tidak, kebanyakan orang akan memilih untuk tidak. Oleh karena itu, hal ini mendapat keluhan dari Facebook.

Di sisi Android. Aplikasi tidak perlu meminta izin untuk melacak Anda, dan setiap perangkat Android memiliki "ID Iklan". Pengguna dapat mengatur ulang ID ini dan terbebdas dari iklan yang dipersonalisasi, tetapi mereka harus melakukannya sendiri. Ini jelas bukanlah pilihan yang mudah untuk dilakukan. (Namun, Google menjanjikan lebih banyak kontrol pelacakan iklan untuk pengguna Android pada akhir 2021 mendatang.)

Banyak bisnis Google bergantung pada penjualan iklan. sedangkan Apple tidak. Di satu sisi, ini adalah situasi win-win untuk Apple. Dimana IPhone menjadi lebih menarik bagi yang sadar akan privasi, dan pada saat yang sama, Apple mencoba membatasi perusahaan yang mengandalkan pelacakan untuk tujuan iklan yang tertarget.

Jelas bahwa privasi adalah medan pertempuran Apple saat ini. Saat ini privasi menjadi salah satu hal yang digembor-gemborkan di banyak kampanye pemasaran perusahaan. Semakin banyak orang yang menyadari bahwa privasi adalah sesuatu yang harus mereka pedulikan. Apple melakukan bagiannya untuk mengambil keuntungan dari hal itu.

Google mungkin tertinggal dalam hal ini, tetapi juga jelas bahwa ia melihat pentingnya privasi di mata konsumen. Android terus meningkat, dengan permintaan izin yang lebih baik dan mengikuti jejak Apple dalam hal-hal seperti pelacakan lokasi.

Apple ingin pembeli smartphone baru memikirkan privasi, dan saat ini, iPhone adalah pilihan yang jelas. Google memiliki banyak hal yang harus dilakukan jika ingin Android dilihat dengan cara yang sama seperti halnya iphone.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment