j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM
Bookmark

15 Anime Mirip Classroom of The Elite

Anime Mirip Clasroom of The Elite, atau lebih dikenal Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e, merupakan salah satu Anime 2017 terbaik dimana seri ini menceritakan tentang Sekolah bergengsi bernama SMA Koudo Ikusei dengan memiliki sistem aturan unik dimana sekolah ini membagi kelasnya menurut kualitas siswa dari yang terendah hingga tertinggi.

classroom of the elite
classroom of the elite

Banyak hal yang menarik perhatian penonton dan berbagai alasan mengapa banyak yang menyukai seri ini.Sambil menunggu kepastian Classroom of The Elite Season 2 Pada postingan kali ini, Anidraw akan memberikan rekomendasi untuk kamu tentang daftar Anime Mirip Clasroom of The Elite.

Baca Juga: Light Novel Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e Bahasa Indonesia PDF

Anime Mirip Classroom of The Elite

Sebenarnya terdapat beberapa anime yang memiliki kesamaan dengan Clasroom of The Elite, dan kesamaan tersebut terdapat dalam sosok sang karakter utama, sistem aturan sekolah dimana membagikan kelas berdasarkan nilai murid sehingga terjadi penindasan, dan lain-lain. Berikut ini adalah Daftar Anime Mirip Clasroom of the Elite Terbaik

15. Nejimaki Seirei Senki: Tenkyou no Alderamin

Nejimaki Seirei Senki wallpaper
Nejimaki Seirei Senki wallpaper

Jumlah Episode: 13

Rating MAL: 7.92

Genre: Action, Military, Adventure, Fantasy

Sinopsis:

Peperangan dan kekacauan telah terjadi di berbagai wilayah, terutama saat pihak Kekasiaran Katjvarna telah mempersiapkan senjata untuk melawan Republik Kioka.

Dalam perang dua Negara tersebut, Seseorang dari salah satu pihak wilayah tersebut harus terpaksa mengikuti perang apalagi masuk menjadi seorang anggota militer walaupun sebenarnya ia tidak menginginkannya

Ia adalah Ikta Solork, pria pemalas dan dikenal sebagai pria yang suka menggoda wanita cantik yang ia temui. Dengan rasa terpaksa, Ika harus menjadi seorang prajurit militer demi melindungi negerinya dan harus mengikuti ujian High Grade Military Officer.

Namun walaupun ia tidak menginkan untuk masuk militer, Solork yang dikenal sebagai pria pemalas ternyata sangat bisa diandalkan karena saat memasuki pertempuran, tanpa membutuhkan banyak waktu, Ikta dijadikan sebagai pahlawan yang sangat berpengaruh di negerinya.

Hal tersebut dikarenakan kecerdasan tinggi yang ia miliki dimana dirinya dapat menyusun berbagai strategi ampuh untuk menghadapi suatu konflik bahkan jika dipihaknya hanya terdapat sedikit pasukan.

Review:

Anime tentang kemiliteran dengan tokoh utama menarik dimana sifatnya yang pemalas mampu menjadi orang yang dikenal sebagai penyusun strategi perang terbaik.

Baca Juga: 10 Anime Mirip Tate no Yuusha no Nariagari Terbaik

Hal yang membuat seri ini menjadi salah satu Anime Mirip Classroom of the elite adalah tokoh utamanya yang sangat cerdas namun diremehkan. Namun anime Alderamin on the Sky lebih menekankan adegan action tentang peperangan yang sangat menegangkan untuk ditonton dan dijamin akan membuatmu terhibur.

14. ReLIFE

ReLIFE wallpaper
ReLIFE wallpaper

Jumlah Episode: 13

Rating MAL: 8.14

Genre: Slice of Life, Romance, School

Sinopsis:

Setelah keluar dari tempat dimana ia bekerja, seorang pria lajang 27 tahun bernama Kaizaki Arata kini menjadi pria yang gagal dalam menjalani hidup sebagai masyarakat dan menjadi seorang pecundang. Setelah mencari ke berbagai tempat untuk mendapatkan pekerjaan, Arata tetap saja tidak mendapatkan hasil karena kurangnya kemampuan yang ia miliki.

Ketika ia sudah berada di ujung keputusasaan, muncul seorang pria misterius bernama Ryou Yoake di hadapan Arata dan segera menawarkannya sebuah pekerjaan untuk bekerja di perusahaan bernama ReLife Research Institute. 

Namun Arata harus memenuhi satu syarat terlebih dahulu, yaitu ia harus mengikuti uji eksperimen “ReLife”, uji coba yang dikhususkan kepada orang yang hidupnya gagal untuk meminum sebuah obat yang dapat membuat seseorang lebih muda 10 tahun.

Setelah Arata meminum obat tersebut, ia berubah menjadi muda kembali sebagai remaja berumur 17 tahun. Setelah menjadi remaja, Arata harus mengulang kembali kehidupan sekolahnya untuk memperbaiki diri supaya bisa menjadi masyarakat yang menjanjikan.

Review:

Anime Mirip Classroom of The Elite yang satu ini memiliki beberapa hal yang mirip walaupun isi cerita berbeda. Keduanya memiliki latar sekolah dengan karakter utama yang tidak biasa, namun ReLife lebih mengedepankan tema romcom sekolah. Selain itu ReLIFE dan Clasroom of The Elite sama-sama menceritakan tentang orang buangan dengan cerita yang menarik dan seru untuk diikuti.

13. No Game No Life

No Game No Life wallpaper
No Game No Life wallpaper

Jumlah Episode: 12

Rating MAL: 8.39

Genre: Game, Adventure, Comedy, Supernatural, Ecchi, Fantasy

Sinopsis:

Cerita berpusat tentang sepasang saudara hikikimori yang sangat suka bermain game. Sora dan Shiro, meskipun bukan saudara kandung, namun mereka sangatlah dekat. Setiap hari mereka menghabiskan waktu bersama hanya untuk bermain game dan mengabaikan dunia luar.

Hampir setiap game yang dimainkan, mereka menggunakan nickname yang sama berupa nickname kosong atau bisa disebut dengan NoName (Tanpa Nama). 

Kemampuan mereka dalam bermain game sangat luar biasa, mereka selalu berhasil menyelesaikan berbagai game online maupun offline hingga mendapatkan score tertinggi dan peringkat pertama. Karakter NoName sudah terkenal dimana-mana hingga ada yang menyebarkan rumor bahwa mereka menggunakan cheat atau hack untuk menyelesaikan permainan dengan mudah.

Namun faktanya tidaklah begitu, melainkan hal tersebut merupakan kemampuan murni mereka yang tak tertandingi dalam ratusan game online. Pada suatu hari, saat mereka melakukan kegiatan bermain game seperti biasa, sepasang kakak adik tersebut menerima sebuah pesan misterius berupa ajakan untuk membawa mereka ke dalam dunia game.

Karena mereka lebih tertarik dengan dunia game daripada dunia nyata, tentu mereka segara menyetujuinya. Setelah itu, sebuah gerbang distorsi terbuka yang membuat Sora dan Shiro terlempar ke sebuah dunia game untuk menyelesaikan berbagai permainan.

Review:

Jika kamu menonton anime No Game No Life, mungkin sejenak akan mengingatkanmu tentang anime Classroom of The Elite. Alasan seri ini masuk ke dalam list Anime Mirip Classroom of The Elite adalah tokoh utamanya yang sama-sama baddass, jenius dan memiliki cara tak terduga untuk menyelesaikan sebuah konflik, serta adegan dimana tokoh utama mengalahkan lawan yang sombong atau meremehkannya.

Hanya saja yang berbeda adalah No Game No life merupakan anime bertema fantasy isekai sedangkan Classroom of The Elite merupakan anime bertema sekolah dengan unsur psychological.

12. Sword Art Online

Sword Art Online wallpaper
Sword Art Online wallpaper

Jumlah Episode: 25

Rating MAL: 7.63

Genre: Action, Adventure, Fantasy, Game, Romance

Sinopsis:

Tahun 2022, adalah waktu dimana Game VRMMORPG bernama Sword Art Online akhirnya rilis. Untuk memainkan game yang sangat populer tersebut, dibutuhkan perangkat bernama NerveGear, perangkat teknologi canggih dari generasi terbaru yang disebut FullDive.

Cerita berpusat tentang Kirito, salah satu nama pemain yang sangat tertarik dengan game, menjadi salah satu dari sekian banyak orang yang ingin mencoba SAO. Saat ia log in, Kirito bertemu dengan seorang pemain pemula bernama Klein yang mendekatinya untuk meminta bantuan bagaimana cara bermain game tersebut.

Setelah mereka bermain cukup lama, saat Klein ingin keluar dari permainan, tiba-tiba saja tombol log out menghilang. Tidak hanya Klein, tombol log out juga tidak ada pada Kirito. Setelah itu, semua pemain mengalami teleport paksa di kota pertama.

Setelah itu sosok misterius yang menyebut dirinya Kayaba Akihiko, sang pembuat game telah mengatakan hal penting bagi semua pemain, termasuk tentang para pemain yang ternyata juga tidak bisa log out. Ia mengatakan bahwa untuk keluar dari game, mereka harus menyelesaikan permainan hingga melawan boss terakhir.

Selain itu ia juga mengatakan hal mengerikan dimana jika para pemain mati, maka di dunia nyata mereka juga akan mati. Ini adalah petualangan Kirito bersama dengan para pemain yang berusaha untuk bertahan hidup dari game mematikan ini.

Review:

Daftar Anime Mirip Classroom of The Elite dari segi karakter, dimana keduanya sama-sama sering membantu para gadis di sepanjang cerita lalu menjadi salah satu harem dari tokoh utama tersebut.

Selain itu kedua karakter utama juga sama-sama menyembunyikan kekuatannya dimana mereka lebih memilih untuk menjadi orang rendah. Sebenarnya Masih terdapat kesamaan yang lainnya jika kamu menonton anime ini karena Sword Art Online layak untuk dijadikan salah satu Anime Mirip Classroom of The Elite Terbaik.

11. Kakegurui

Kakegurui wallpaper

Jumlah Episode: 12

Rating MAL: 7.54

Genre: Drama, Game, Mystery, Psychological, School, Shounen

Sinopsis:

Mengisahkan Hyakkaou private Academy, sebuah sekolah tidak biasa dimana di sekolah tersebut telah dipersiapkan untuk para siswa yang sebentar lagi akan memasuki waktu di dunia nyata. Sebagian besar siswa berasal dari keluarga kaya.

Hyakkaou Private Academy memiliki suatu kegiatan unik yang tidak ditemukan di sekolah lain. Pada siang hari, para murid disana menjalani kegiatan sekolah seperti sekolah pada umumnya.

Namun pada saat malam hari, Kurikulum khusus dari Hyakkou Private Academy mulai dijalani, yaitu para murid disana akan diajarkan cara memanipulasi orang lain dengan cara bermain judi dan mendidik mereka cara mendapatkan uang melalui seni.

Mereka yang lemah akan ditindas sedangkan yang kuat akan berkuasa. Di sekolah tersebut diajarkan bahwa uang adalah sumber kekuatan yang segala-galanya dalam kehidupan. Yumeko Jabami, salah satu siswi yang naif dan cantik, telah menjadi seorang murid pindahan Hyakkaou Private Academy.

Saat mengetahui sisi lain dari sekolah tersebut, Yumeko sangat siap untuk menghadapi kurikulum unik tersebut. Ternyata Dalam berjudi, Yumeko adalah penjudi yang tangguh dan alasan ia berjudi tidak untuk mencari kemenangan namun hanya untuk mencari sensasi dan getaran yang ia rasakan saat bermain judi.

Review:

Anime Mirip Classroom of The Elite selanjutnya, jatuh pada Kakegurui. Banyak kesamaan yang dimiliki kedua anime ini. Kedua seri, sama-sama berlatar di sebuah sekolah tidak biasa yang memiliki sisi gelap di dalamnya.

Selain itu kedua tokoh utama juga sama-sama cool, manipulatif dimana mereka suka memanfaatkan orang terdekat hanya untuk mencapai tujuannya, hanya saja tokoh utama Kakegurui adalah perempuan, namun jika kamu menyukai Classroom of The Elite, dijamin kamu juga akan suka menonton anime Kakegurui.

10. Charlotte

Charlotte wallpaper
Charlotte wallpaper

Jumlah Episode: 13

Rating MAL: 7.92

Genre: Drama, School, Super Power

Sinopsis:

Yuu Otsaka, bukanlah sekedar remaja biasa, melainkan ia telah diberkati sebuah kemampuan supernatural dimana dirinya dapat merasuki orang lain dalam durasi waktu lima detik.

Kekuatan yang ia miliki sering ia salahgunakan dimana ia menggunakannya untuk merasuki para murid pintar saat ujian berlangsung demi mendapatkan nilai tinggi sehingga ia tidak perlu belajar dan berusaha untuk mencapai peringkat tinggi. Berkat kecurangannya ia berhasil masuk ke sekolah bergengsi SMA Hinomori.

Setelah Yuu berhasil menjadi siswa SMA Hinomori, sekali lagi, ia menyalahgunakan kekuatannya hanya untuk kepentingan pribadi.

Berbagai Perbuatan tak biasa yang Yuu lakukan, telah dicurigai oleh seorang gadis bernama Nao Tomori. yang segera mengetahui bahwa Yuu ternyata memiliki kemampuan supernatural untuk tujuan mendapatkan nilai teratas dalam tes ujian. Setelah rahasia Yuu diketahui, Nao juga mengungkapan dirinya bahwa ia juga memiliki kemampuan supernatural.

Selain itu, Nao selaku ketua OSIS meminta pertolongan kepada Yuu untuk mengumpulkan orang-orang dengan kemampuan supernatural termasuk adiknya yang bernama Ayumi Otsaka supaya mereka aman dari para peneliti yang mengincar mereka untuk dijadikan sebagai bahan eksperimen tak manusiawi tanpa mempedulikan hidup mereka.

Review:

Cerita berlatar sekolah dengan drama yang membuat cerita tidak bisa ditebak, serta bagaiamana hubungan para tokoh terbentuk adalah salah satu hal mengapa Charlotte menjadi salah satu Anime Mirip Classroom of The Elite Terbaik. Untuk pembawaan anime Charlotte sendiri, diawali dengan cerita keseharian siswa berkekuatan supernatural yang memiliki unsur comedy yang lucu dan romance.

Penyajian cerita dengan memberikan elemen superpower atau supernatural dalam seri ini membuat anime ini tampak unik dan sangat direkomendasikan untuk ditonton.

9. C: The Money of Soul and Possibility Control

C: The Money of Soul and Possibility Control wallpaper
C: The Money of Soul and Possibility Control wallpaper

Jumlah Episode: 11

Rating MAL: 7.36

Genre: Action, Mystery, Super Power, Thriller

Sinopsis:

Uang memang bukanlah segalanya, namun uang diperlukan sebagai kekuatan untuk bertahan hidup. Di Negara Jepang diketahui sedang mengalami krisis ekonomi sehingga membuat hidup masyarakat Jepang dipenuhi dengan kekacauan.

Fakta tentang Kekuatan Uang juga dipahami oleh Kimimaro Yoga, seorang remaja yang merupakan mahasiswa dari Universitas Heisei jurusan Ekonomi. Telah diketahui bahwa Yoga dibesarkan oleh kerabatnya karena ibunya yang meninggal dan ayahnya yang telah menghilang secara misterius.

Tujuan hidup yang ingin ia raih adalah untuk menjadi remaja normal yang memiliki kehidupan damai bersama dengan keluarga yang normal. Namun pada suatu hari, kehidupannya berubah tak terduga setelah ia bertemu dengan sosok misterius yang disebut “Masakaki” membuatnya terlibat dalam dunia bernama ”Financial District”, dunia penuh pertarungan untuk mendaptakan uang dengan masa depan sebagai taruhannya.

Setelah memasuki dunia tersebut, kini Yoga harus mengikuti sebuah pertarungan mingguan bernama “Deal” dan harus berjuang untuk mempertahankan masa depannya demi mendapatkan uang dan kekayaan.

Review:

Walaupun tampak berbeda, konsep cerita seri ini mirip dengan Classroom of The Elite dimana tokoh utama mengejar uang layaknya mengejar poin. Ide cerita dari seri ini terbilang anti mainstream dan pastinya sulit untuk menemukan anime dengan cerita serupa.

Sebuah pertarungan menegangkan dengan pertaruhan masa depan dan mendapatkan kekayaan sebagai tujuan utama akan membuatmu terhibur sebagai Rekomendasi Anime Classroom of The Elite Terbaik.

8. One Outs

One Outs wallpaper
One Outs wallpaper

Jumlah Episode: 25 

Rating MAL: 8.39 

Genre: Sports, Psychological, Seinen

Sinopsis:

The Saitama Lycaons, sebuah klub baseball yang sealu mendapatkan peringkat bawah selama pertandingan. Namun klub tersebut memiliki seorang pemain andalan yang sering memenangkan berbagai penghargaan, ia adalah Hiromichi Kojima, seorang batter terbaik dalam tim yang telah meraih penghargaan selama 21 tahun bermain baseball.

Namun karena anggota tim selain dirinya memiliki kemampuan yang kurang, mereka sering mengalami kekalaham sehingga Hiromichi belum pernah merasakan kejuaraan dalam turnamen baseball.

Ketika waktunya untuk Tim Lycaons berlatih, sang pitcher tim bernama Nakane telah mengalami cedera sehingga tidak bisa melanjutkan latihan. Untuk itu Hiromichi beserta sang pelatih tim bernama Kinosaki, memutuskan mencari pengganti yang cocok untuk dijadikan sebagai partner sementara.

Pada saat itulah, mereka mengetahui kabar tentang sebuah permainan bernama “One Outs”, permainan sederhana baseball satu lawan satu antara pitcher dan batter namun dengan taruhan semacam perjudian. Disana mereka menemukan seorang pitcher berbakat yang jarang mengalami kekalahan.

Pitcher tersebut bernama Toua Tokuchi, pira berambut pirang runcing yang suka berjudi dan sangat hebat dalam melempar. Ketika Hiromichi tertarik pada Toua, akhirna ia menantangnya dalam pertandingan “One Outs” disitulah taruhan untuk menentukan masa depan dimulai.

Review:

One Outs adalah salah satu anime sport yang tidak biasa dimana terdapat cerita tentang perjudian di dalamnya. Walaupun keduanya tampak berbeda, namun unsur psychological yang dirasakan saat menonton anime ini hampir mirip dengan Classroom of The Elite.

Selain itu kedua tokoh juga sama-sama cerdas dan terlihat baddass saat menunjukkan kemampuan sebenarnya sehingga seri ini layak untuk dijadikan sebagai Rekomendasi Daftar Anime Classroom of The Elite Terbaik.

7. Hyouka

Hyouka wallpaper
Hyouka wallpaper

Jumlah Episode: 22

Rating MAL: 8.15

Genre: Mystery, School, Slice of Life

Sinopsis:

Houtarou Oreki, siswa SMA Kamiyama yang memiliki sifat pemalas, dingin, datar, dan tidak banyak bergerak. Bahkan untuk memenuhi kehidupan malasnya, Houtarou membuat sebuah prinsip hidup yaitu “menyimpan energi sebanyak-banyaknya dan mengeluarkan energi seperlunya”.

Namun prinsipnya yang ia buat, tidak berjalan sesuai yang ia inginkan setelah kakaknya yang bernama Tomoe Oreki meminta Houtarou untuk memasuki klub “Koten-Bu” atau Klub Sastra Klasik yang telah terancam dibubarkan karena kekurangan klub tersebut kekurangan anggota.

Alasan Kakak Oreki tidak ingin klub tersebut bubar adalah klub tersebut masih tersimpan Sejarah yang bersifat misterius dan masih belum terungkap hingga sekarang,

Setelah Houtarou masuk ke dalam klub Koten-Bu, terdapat salah satu teman Houtaru yang ikut masuk dalam klub bernama Satoshi Fukube. Selanjutnya diikuti oleh seorang gadis dengan rasa penasarannya yang tinggi bernama Eru Chitanda serta gadis bernama Mayaka Ibara yang diketahui masuk ke dalam klub untuk alasan supaya dirinya bisa berdekatan dengan Satoshi.

Seiring berjalannya waktu, Mereka Segera terlibat dalam berbagai misteri klub termasuk kejadian 45 tahun yang lalu dan mereka kini berusaha untuk memecahkan misteri tersebut.

Review:

Houtaru Oreki dan Kiyotaka Ayanokouji adalah dua karakter utama yang memiliki sifat mirip. Walaupun keduanya tampak dingin, cuek, sering memasang wajah datar, namun mereka sebenarnya sangat pintar Walaupun mereka tidak ingin menunjukkannya.

Selain itu kedua anime juga sama-sama berlatar sekolah serta terdapat hal lain yang akan kamu temukan jika kamu menonton langsung Rekomendasi Daftar Anime Mirip Classroom of The Elite Terbaik ini.

6. Grisaia no Kajitsu

Grisaia no Kajitsu wallpaper
Grisaia no Kajitsu wallpaper

Jumlah Episode: 13

Rating MAL: 7.67

Genre: Drama, Harem, Psychological, Romance, School

Sinopsis:

Cerita berpusat tentang Kazami Yuuji, seorang pria yang bekerja sebagai badan intelejen dari sebuah organisasi rahasia.

Karena sering terlibat dalam peristiwa yang tidak biasa, Yuuji merasa muak dengan pekerjaan yang ia jalani dan memutuskan untuk mencari kebebasan dengan menjalani hidup layaknya orang normal. Untuk mulai menjalani kehidupan barunya yang normal, Yuuji memilih bersekolah di tempat sekolah biasa.

Pada saat itulah Yuuji ditempatkan di sekolah khusus Mihama Academy, sekolah untuk para siswa yang mempunyai latar belakang unik. Disana Harapan Yuuji untuk menjalani hidup normal ternyata tidak bisa diwujudkan karena Sekolah yang hadiri bukanlah sekolah biasa dan berbeda dari apa yang ia bayangkan.

Di Akademi tersebut hanya ada enam orang yang terdiri dari 5 murid perempuan dan seorang guru. Kelima murid tersebut bukanlah murid biasa karena masing-masing mereka memiliki latar belakang unik.

Yuuji akhirnya menerima untuk menjalani hidup baru sebagai murid Mihama Academy dan berteman dengan mereka, namun ketika Yuuji mulai mengenal mereka, ia menemukan sebuah kebenaran yang terdapat dari masing-masing masa lalu yang dialami para gadis.

Review:

Anime Mirip Classroom of The Elite dengan cerita dimana tokoh utama dikelilingi para gadis atau situasi tersebut bisa dikatakan sebagai anime harem. Beberapa kemiripan yang terdapat dalam anime ini adalah tokoh utamanya yang awal-awal dijunjukkan seperti manusia biasa, namun semakin lama terdapat beberapa misteri yang mengungkap sisi sebenarnya dari sang tokoh utama seperti mengungkap siapa sebenarnya ayanokouji kiyotaka.

Selain itu kedua karakter utama memilki karakteristik yang sama-sama baddass. Artnya juga sedikit sama mengetahui bahwa kedua seri digarap oleh studio yang sama sehingga bisa dikatakan bahwa Grisaia no Kajitsu adalah salah satu Rekomendasi Anime Mirip Classroom Of The Elite.

5. Danganronpa: The Animation

Danganronpa: The Animation wallpaper
Danganronpa: The Animation wallpaper

Jumlah Episode: 13

Rating MAL: 7.46

Genre: Mystery, Psychological, School

Sinopsis:

Akademi puncak Harapan, merupakan sekolah elit dimana hanya murid-murid paling beruntung yang bisa masuk ke sekolah tersebut. Naegi Makoto, merupakan satu anak yang ikut beruntung karena ia terpilih untuk masuk ke sekolah ternama tersebut setelah mendapatkan sebuah surat undangan.

Naegi membayangkan Akademi puncak Harapan sebagai sekolah yang sangat menyenangkan dan penuh kebahagiaan.

Ketika memasuki gedung olahraga di sekolah tersebut untuk mengikuti upacara penerimaan siswa baru, Naegi bertemu dengan teman SMP nya yang bernama Maizono Sayaka, dilanjutkan degan salah satu murid baru bernama Togami Byakuya.

Tak lama kemudian setelah mereka mengobrol, tiba-tiba suasana mulai suram setelah mengetahui bahwa ponsel para siswa ternyata hilang dan setelah itu diikuti dengan hadirnya boneka beruang yang bisa hidup dan mengatakan hal mengejutkan dimana mereka akan tinggal di tempat ini untuk selamanya dan jika ingin meninggalkan Akademi Puncak Harapan, maka mereka harus membunuh mueid lain tanpa diketahui oleh siapapun.

Review:

Anime bertema survival, penuh dengan misteri yang terjadi di latar sekolah. Hal yang menjadi alasan mengapa seri ini menjadi salah satu Anime Mirip Classroom of The Elite adalah ide dan konsepnya yang sama-sama berlatar sekolah elite dengan memiliki sebuah sisi gelap didalamnya, beberapa tokoh unik dengan karakteristik yang hampir sama, serta beberapa hal lainnya.

4. Baka to Test Shoukanjuu

Baka to Test Shoukanjuu wallpaper
Baka to Test Shoukanjuu wallpaper

Jumlah Episode: 13

Rating MAL: 7.75

Genre: Comedy, Romance, School, Super Power

Sinopsis:

Akademi Fumizuki, sebuah sekolah yang menerpakan sebuah aturan khusus dimana sekolah ini membagi kelasnya berdasarkan kemampuan para murid. Tidak hanya itu, Kelas yang terdiri dari murid-murid terbaik, yaitu kelas A, akan diberikan fasilitas lengkap seperti laptop, kursi yang empuk, AC, dan fasilitas mewah lainnya.

Sedangkan untuk Kelas yang terburuk, yaitu kelas F, dimana tempat bagi para siswa dengan kualitas terburuk, memiliki fasilitas yang sangat minim, meja seadanya, dan berada di ruangan yang kotor.

Akihisa Yoshi, merupakan salah satu murid Akademi Fumizuki yang harus menerima kenyataan bahwa ia telah ditempatkan di kelas terburuk karena nilai rendah yang ia dapatkan setelah menjalani sebuah tes ujian masuk.

Saat ia masuk ke dalam Kelas F, Akihisa bertemu berbagai orang-orang unik yang memiliki banyak keunggulan dan kekurangan. Dari semua siswa yang ada di kelas F, ternyata terdapat satu siswa yang sebenarnya pintar namun harus masuk ke dalam Kelas F. Murid tersebut bernama Himeji Mizuki, seorang gadis yang mendapatkan nilai rendah karena pada saat ujian, ia telah sakit yang berujung pingsan.

Review:

Rekomendasi Daftar Anime Mirip Classroom of The Elite ini memiliki kesamaan dari pengaturan cerita dimana terdapat sekolah yang membagi kelasnya melalui hasil ujian. Namun Baka to Test lebih mengutamakan comedy yang kuat dan romance menghibur sedangkan Classroom of The Elite atau Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e lebih menguatamakan genre psychological.

3. Ansatsu Kyoushitsu

Ansatsu Kyoushitsu wallpaper
Ansatsu Kyoushitsu wallpaper

Jumlah Episode: 22

Rating MAL: 8.22

Genre: Action, Comedy, School, Shounen

Sinopsis:

Suatu hari, Bulan tiba-tiba hancur begitu saja dan mungkin akan menjadi Bulan Sabit untuk selamanya. Cerita berpusat di SMP Kunigagaoka, salah satu SMP unggulan dimana sekolah tersebut merpakan tempat para murid unggulan.

Untuk memotivasi para murid disana, sekolah tersebut menerapkan sebuah aturan khusus yang unik dengan nama “E-Class" yaitu sebuah aturan dimana mereka yang mendapat nilai rendah dan meraih kegagalan, akan dimasukkan di sebuah kelas yang letaknya jauh dari gedung utama.

Kelas tersebut adalah Kelas E, atau bisa disebut dengan “End-Class”, dimana para siswa disana selalu mengalami penindasan, ejekan, bahkan di tempatkan di sebuah bangunan yang kumuh dekat hutan. Para siswa dari kelas lain menjadikan kelas E sebagai tempat untuk mengingat bahwa mereka harus berusaha keras supaya mereka tidak akan menjadi orang-orang gagal seperti mereka.

Namun pada suatu hari, seseorang telah merubah suasana Kelas E berbeda dari biasanya. Telah diketahui, bahwa pemerintah telah mengirimkan seorang guru berupa makhluk gurita yang diketahui menjadi penyebab hancurnya bulan.

Selain mereka di didik oleh guru tersebut, para murid disana diberikan sebuah tugas khusus dimana mereka akan melakukan misi pembunuhan kepada gurita tersebut dan jika mereka gagal, maka bumi akan hancur. Untuk membunuh gurita tersebut tidaklah mudah, karena ia sangat cepat bahkan kecepatannya mencapai 20 Mach. Dari sini, dimulailah keseharian para murid Kelas E yang tidak biasa.

Review:

Satu lagi anime dimana sekolah memilik aturan untuk menempatkan siswa terburuk di kelas terendah sehingga terjadi diskriminasi yang dialami dari kelas terburuk tersebut.

Selain memiliki kesamaan dari latar sekolah, kedua anime juga sama-sama memiliki para tokoh yang diremehkan, serta situasi dimana para murid dari kelas terburuk harus menyatu untuk mencapai tujuan, dan beberapa hal lainnya yang membuat seri ini layak masuk ke dalam list Anime Mirip Clasroom of The Elite.

2. Mahouka Koukou no Rettousei

Mahouka Koukou no Rettousei wallpaper
Mahouka Koukou no Rettousei wallpaper

Jumlah Episode: 26

Rating MAL: 7.75

Genre: Action, Sci-Fi, Supernatural, Magic, Romance, School

Sinopsis:

Pada abad ke-21, dimana Sihir, kini bukanlah sebuah dongeng belaka dan menjadi nyata karena sihir merupakan sebuah teknologi canggih yang sudah ada sejak jaman dulu dan kini sebagian besar digunakan untuk berbagai keperluan khususnya untuk bidang militer.

First High School, sekolah sihir yang dikenal banyak menampung para murid penyihir tingkat atas dan memiliki ujian paling sulit. Sekolah tersebut memiliki sistem penerapan dua kelas yang berbeda berdasarkan hasil nilai ujian masuk. kelas “Blooms”, merupakan kelasnya untuk para murid unggulan dengan nilai tertinggi sedangkan “Weeds”, adalah kelasnya para murid cadangan yang memiliki nilai terendah.

Menceritakan tentang sepasang kakak adik bernama Shiba Miyuki, gadis cantik dan sempurna dan Shiba Tatyusa, pria dengan sifat dingin namun baik memutuskan untuk bersekolah di First High School. Setelah menjalani tes ujian masuk, pada saat pembagian kelas keduanya ditempatkan di kelas yang berbeda.

Sang Adik, Miyuki ditempatkan di kelas “Blooms”, sedangkan Tatsuya ditemapatkan di kelas “Weeds”. Sebagai seorang adik, Miyuki tidak terima begitu saja bahwa kakaknya harus ditempatkan di kelas cadangan karena Tatsuya sebenarnya sangat kuat bahkan melampaui dirinya.

Namun sang kakak, yaitu Tatsuya sepertinya merasa tidak keberatan dengan penempatannya karena menyadari bahwa ia membuat kesalahan saat menjalani ujian praktik. Sebagai kelas cadangan, sepanjang kehidupan sekolahnya, Tatsuya harus menerima diskriminasi seperti murid Weeds yang lainnya. Mampukah Tatsuya bertahan dengan situasi yang ia alami?

Review:

Rekomendasi Anime Mirip Classroom of The Elite selanjutnya memiliki banyak kesamaan dari setting, karakter, dan jalan cerita hingga bisa dikatakan sebagai Classroom of The elite Alternative.

Keduanya sama-sama berlatar di sekolah unggulan dengan menerapkan aturan pembagian kelas berdasarkan nilai, terdapat diskriminasi antara kelas atas dan kelas bawah, karakter utama dingin, keren, badass, yang sebenarnya sangat tangguh namun menjadi salah satu murid dari kalangan bawah.

Hanya saja, Mahouka Koukou no Rettousei merupakan anime genre sci-fi magic dengan penuh pertarungan seru dan epic di dalamnya sehingga seri ini sangat pantas untuk dijadikan sebagai Daftar Anime Mirip Classroom of The Elite.

1. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. (Oregairu)

Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru wallpaper
Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru wallpaper

Jumlah Episode: 13

Rating MAL: 7.95

Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, Romance, School

Sinopsis:

Cerita berpusat tentang seorang remaja SMA bernama Hachiman Hikigaya yang menjauhkan diri dari dunia sosial dan menjadi seorang penyendiri dan apatis terhadap dunia sekitar. Ia menganggap bahwa menjadi remaja merupakan kesalahan dan memandang mereka sebagai orang bodoh yang suka menipu diri mereka sendiri.

Tidak ada rencana dalam masa depan Hachiman, daripada memilih untuk bekerja, Hachiman memilih untuk fokus menjadi pengangguran karena hal tersebut merupakan pilihan terbaik baginya. Namun gurunya yang bernama Shizuka Hiratsuka memaksa Hachiman untuk bergabung klub untuk memperbaiki dirinya.

Klub tersebut bernama Volunteer Service, klub yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada para murid yang mengalami masalah dan ingin mencari bantuan. Hal tersebut tentu merupakan hal yang sangat tidak ia sukai namun ia harus melakukannya.

Dalam menjalani kegiatan klub, Hachiman ditemani oleh salah satu sisiwi perempuan dengan karakteristik yang sama dengannya, ia adalah Yukino Yuknoshita, seorang murid perempuan cantik namun memiliki sifat dingin hingga dijuluki “Ratu Es”.

Review:

Banyak hal yang akan kalian temukan dan menyadari bahwa seri ini memang pantas untuk dijadikan sebagai Anime Mirip Classroom of The Elite dari setting, karakter, hingga perasaan dan suasana yang sama seperti menonton Classroom of The Elite. Sang tokoh utama, yaitu Hachiman bisa dikatakan sebagai Karakter Anime Mirip Ayanokouji Kiyotaka.

Baca Juga: 30 Daftar Anime Action School Terbaik Dengan Cerita Seru

Selain hal tersebut alur sepanjang cerita juga menyajikan tokoh utama yang membantu orang-orang disekitarnya. Namun Oregairu lebih mengedepankan romance comedy dan character development dari tokoh utama yang bersetting di sekolah biasa.

Post a Comment

Post a Comment