j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM
Bookmark

30 Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler

Anime School Comedy merupakan salah satu genre anime yang biasa dicari oleh para anime lovers jika mereka ingin mencari anime dengan cerita ringan namun memiliki lelucon yang membuat penonton terhibur.

anime school comedy
anime school comedy

Menonton anime dengan genre tersebut juga membuat perasaan menjadi lebih tenang apalagi akan lebih baik jika ditonton sebagai obat setelah kalian menonton anime dengan cerita yang menyedihkan atau anime yang memiliki cerita berat.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Anime Mirip Drifters

Anime genre comedy dan school biasanya menceritakan tentang kegiatan yang dilakukan oleh para tokoh saat di sekolah dan biasanya sebagian kegiatan tersebut pernah dilakukan oleh kalian atau para tokoh akan melakukan hal-hal yang bersifat aneh dan tidak masuk akal. 

Untuk kali ini Anidraw akan memberikan rekomendasi tentang anime comedy school life terbaik dan terpopuler.

30. Non Non Biyori

non non biyori
non non biyori

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Non Non Biyori

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 8.01

Genre : School, Comedy, Seinen, Slice of Life

Sinopsis :

Asahigaoka merupakan desa terpencil yang memiliki udara segar dan sangat bersih karena minimnya polusi. Di Desa tersebut hanya tampak beberapa rumah-rumah kecil yang membosankan sehingga tidak ada hal seru yang bisa dilakukan. 

Ichijou Hotaru, seorang anak perempuan kelas 5 SD yang pindah ke Desa Asahigaoka dari Kota Tokyo dan menjadi murid pindahan di sekolah Asahigaoka dimana murid disana memiliki tingkatan yang berbeda-beda dan hanya ada 4 orang murid. 

Walaupun hidupnya akan terasa membosankan namun dengan hadirnya 4 teman baru dari sekolah tersebut, Kehidupan Hotaru akan terisi hari-hari yang lebih berwarna. Mereka terdiri dari Miyauchi Renge, murid termuda di sekolah yang memiliki keceradan murni dan keingintahuanya yang tinggi serta karakteristiknya yang khas yaitu selalu mengatakan kata “Nyanpasu”. 

Setelah itu terdapat 3 Koshigaya bersaudara yaitu Komari, murid kelas 8 yang memiliki tubuh kecil; Suguru, murid laki-laki kelas 9 yang merupakan tertua dan memiliki sifat yang pendiam; dan Natsumi, murid kelas 7 yang memiliki sifat nakal. 

Ini adalah kisah Keseharian 5 Anak yang menikmati hidupnya di desa dengan melakukan hal yang sederhana namun menyenangkan.

29. Watashi ga Motenai no wa Dou Kangaetemo Omaera ga Warui! (Watamote)

Watamote
Watamote

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Watashi ga Motenai no wa Dou Kangaetemo Omaera ga Warui! (Watamote)

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 7.23

Genre : Slice of Life, Comedy, School, Shounen

Sinopsis :

Tomoko Kuroki, seorang gadis berumur 15 tahun yang merupakan seorang hikikomori yang jarang keluar rumah sekaligus seorang Otaku Introvert yang tidak bisa bersosialisasi dengan masyarakat. Dalam dunia game otome, Tomoko merupakan orang yang sangat populer. 

Ia telah menjalani 50 Simulasi kehidupan di SMA bahkan mampu berkencan dengan 100 pria virtual. 

Dengan harapan dirinya dapat menjadi gadis populer seperti dalam game pada kehidupan yang sebenarnya, faktanya Tomoki berakhir hanya menjadi seorang gadis penyendiri yang bahkan tidak siap untuk menjalani kehidupanya di bangku SMA.

Dengan bantuan sahabat semasa SMP-nya yang bernama Yuu Naruse dan kakaknya yang bernama Tomoki. 

Kini Tomoko harus berusaha untuk mengubah hidupnya yang lama dan menjalani kehidupan baru dengan bersosialisasi dengan para masyarakat yang merupakan satu-satunya cara untuk meningkatkan status sosialnya.

28. Shingeki! Kyojin Chuugakkou

Shingeki! Kyojin Chuugakkou
Shingeki! Kyojin Chuugakkou

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Shingeki! Kyojin Chuugakkou

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 7.07

Genre : Comedy, Parody, School, Shounen

Sinopsis :

Merupakan Spin off dari Anime Shingeki no Kyojin dengan menjayikan cerita tentang sekolah dan mengemas karakter dari anime Shingeki no Kyojin dengan bentuk versi kecil atau chibi dengan sedikit perubahan karakteristik. 

Bercerita tentang Eren Yeager yang terlambat memasuki hari pertamanya di sekolah SMP bersama dengan adik angkatnya bernama Mikasa Ackerman. 

Eren memiliki dendam kepada para Titan, yaitu makhluk rakus yang suka mengambil makanan orang. Dulu ia pernah melihat Titan berukuran raksasa yang telah mengambil makanan favoritnya yaitu burger keju. 

Setelah kejadian itu, Eren bersumpah akan membasmi semua titan yang ada di seluruh muka bumi. Bersama dengan Mikasa dan sahabatnya yang beranama Armin Alert, mereka bertiga memasuki hari pertama di SMP Titan. 

Menjalani hari-hari di sekolah bersama dengan murid lain dengan penuh keseruan dan hal-hal yang unik serta menghadapi para titan yang kadang tiba-tiba muncul untuk mengambil bekal para murid.

27. K-On

K-On
K-On

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - K-On

Jumlah Episode : 13

Rating MAL : 7.86

Genre : Slice of Life, Comedy, Music, School

Sinopsis :

SMA Sakuragaoka telah kedatangan murid baru yang kini telah menjadi siwa tahun pertama. Ia adalah Yui Hirasawa, seorang gadis periang yang telah melihat sebuah poster tentang Klub Musik Ringan di sekolah dan membuat dirinya berimajinasi. 

Karena Yui merasa berjalan sesuai dengan imajinasinya, ia segera mendaftar ke klub tersebut. 

Akan tetapi Yui ternyata salah mengartikan kata musik ringan dalam poster tersebut dan tujuan dari poster tersebut ternyata untuk mencari anggota klub musik untuk menjadi seorang pemain gitar. 

Karena Yui tidak pernah memiliki pengalaman sama sekali dalam bermain gitar dan Ketika ia masuk ke ruang klub untuk menjelaskan yang sebenarnya, ia disambut oleh Ketiga anggota klub musik yang terdiri dari Ritsu Tainaka yang menjadi pemain drum, Mia Akiyama sebagai bassist, dan Tsumugi Kotobuki sebagai pianist. 

Karena mereka telah kecewa dengan Yui karena kurangnya pengetahuan tentang musik, namun mereka mencoba untuk tetap mempertahankan Yui dan membangkitkan kembali imajinasinnya agar mencegah bubarnya klub. 

Sambil melakukan pekerjaan sekolah dan rumah, Yui mulai belajar cara bermain gitar dengan bantuan para anggota klub dan menyiapkan diri untuk menampilkan debut sekolah pertama mereka.

26. Gin no Saji

Gin no Saji
Gin no Saji

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Gin no Saji

Jumlah Episode : 11

Rating MAL : 8.16

Genre : School, Comedy, Shounen, Slice of Life

Sinopsis :

seorang anak yang berasal dari kota besar bernama Hachiken Yuugo, ia selalu rajin dan bekerja keras dalam menjalankan tugas di sekolahnya. Namun, walaupun ia merupakan murid terbaik, sebenarnya ia tidak memiliki sauatu tujuan sehingga ia merasa bosan dan mencoba mencari harapan yang ia inginkan.

Hubungan dengan keluarganya selalu memasuki sausana tegang dan ayahnya ingin putranya menjadi anak yang pintar dan hebat dalam hal apapun.

Karena Keinginan Hachicken tidak sesuai dengan ayahnya, Hachiken memutuskan untuk mendaftar ke sekolah tinggi khusus pertanian Ooezo pada tahun ajaran baru agar dirinya dapat jauh dari keluarganya dan menjalani sekolah dengan cara yang berbeda dari biasanya.

Ternyata harapan Hachiken dalam menjalani kehidupan tenang tidak sesuai dengan apa yang ia pikirkan.

Di Sekolah barunya, Hachiken harus melakukan hal-hal yang tidak pernah dilakukan seperti saat dirinya di kota. Ia harus menanam/merawat kebun, mengurus hewan ternak dan hal-hal lain

Karena Ia selalu tinggal di sekolah yang berada di Kota, ia harus melakukan hal-hal yang terkait dengan fisik dan tentunya hal tersebut sangat sulit ia lakukan

Dengan bantuan teman-teman barunya, ia mulai menjalani hidup dengan berbagai pengalaman baru yang belum pernah ia dapatkan. Seiring berjalanya waktu Hachiken menjalani kegiatan sekolahnya sekaligus mencari impian yang sebenarnya dan mendapatkan pelajaran berharga.

25. Himouto! Umaru-chan

Himouto! Umaru-chan
Himouto! Umaru-chan

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Himouto! Umaru-chan

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 7.42

Genre : Comedy, School, Seinen, Slice of Life

Sinopsis :

Umaru Doma, merupakan sorang gadis berambut pirang yang sangat sempurna di mata orang-orang di sekitarnya. Ia memiliki keunggulan dalam berbagai hal seperti wajahnya yang cantik, sifatnya yang baik dan sopan, bahkan pandai melakukan apapun seperti berolahraga atau bermain musik. 

Karena kesempurnaanya Umaru menjadi gadis yang paling populer dan disekolahnya. 

Manusia tidak ada yang sempurna terutama dan hal tersebut berlaku kepada Umaru. Sesempurna apapun dirinya, ia pasti memiliki sebuah kekurangan dan kekurangan tersebut hanya diketahui oleh sang kakak yang bernama Doma Taihei.

Pada saat di rumah, Umaru menunjukkan sifat aslinya yang berbeda 180 derajat dari biasanya. 

Ia berubah menjadi kecil, melakukan kebiasaan buruk seperti menjadi pemalas, suka bermain game, suka menonton anime, membaca manga, dan melakukan aktivitas malasnya sambil minum cola serta sifat buruk lain. 

Ia tinggal bersama dengan kakaknya di sebuah apartemen. Ini adalah cerita tentang kisah Umaru bagaimana dirinya tetap menyembunyikan identitasnya dengan berbagai cara yang unik.

24. Karakai Jouzu no Takagi-san

Karakai Jouzu no Takagi-san
Karakai Jouzu no Takagi-san

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Karakai Jouzu no Takagi-san

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 7.68

Genre : Slice of Life, Comedy, Romance, School, Shounen

Sinopsis :

Berkisar tentang murid sekolah SMP bernama Nishikata dan teman sekelasnya yang duduk di sebelahnya yang bernama Takagi. 

Dengan membuat prinsip “Jika Tersipu, maka kau akan kalah”, Setiap harinya kehidupan Nishikata selalu dipenuhi dengan kejahilan dan godaan yang terus diberikan oleh Takagi dan membuat Nishikata selalu tersipu. Karena semakin lama harga dirinya semakin hancur, Nishikata berusaha untuk membalaskan dendam dengan membalas kejahilan Takagi. 

Namun dengan kecerdikan Takagi, Nishikata justru berakhir menjadi korban kejahilan yang dilakukan Takagi maupun dirinya sendiri. 

Ini adalah kisah tentang kedua remaja. SMP yang selalu menjalani kehidupan sehari-hari di sekolah dengan sebuah persaingan.

23. Seto no Hanayome

Seto no Hanayome
Seto no Hanayome

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Seto no Hanayome

Jumlah Episode : 26

Rating MAL : 7.90

Genre : Comedy, Parody, Romance, School, Shounen

Sinopsis :

Seorang remaja bernama Nagasumi Michisio hanyalah orang biasa yang sedang menjalani liburan musim panas dengan aktivitas normal. 

Akan tetapi seketika kehidupanya berubah saat dirinya pergi ke Pedalaman Seto untuk mengunjungi neneknya. Saat dirinya berenang terlalu jauh dan tenggelam, ia merasa bahwa tidak akan ada harapan hidup. Suatu keajaiban terjadi dimana ia ternyata telah diselamatkan oleh seorang putri duyung cantik yang bernama Sun Seto. 

Namun penyelamatan tersebut adalah awal dimulainya kehidupan rumit Nagasumi. 

Terdapat sebuah hukum putri duyung dari keluarga Sun yang merupakan keluarga yakuza, jika seseorang mengetahui keberadaan putri duyung maka putri duyung tersebut dan orang yang melihatnya harus dieksekusi. 

Karena Nagasumi sudah mengetahui bahwa Sun merupakan putri duyung, maka Nagasumi harus menjalani eksekusi. 

Akan tetapi ada cara lain untuk menyelesaikan masalah mereka yaitu Nagasumi harus menjadi anggota keluarga Seto dengan menikahi Sun. 

Pernikahan dadakan tersebut membuat sang ayah dari Sun yang bernama Gouzaburou Sero merasa marah. Kini Nagasumi harus menjalani kehidupan yang belum pernah ia rasakan sebelumnya dengan Sun sebagai calon istrinya.

22. Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Gekkan Shoujo Nozaki-kun
Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 8.15

Genre : Comedy, Romance, School

Sinopsis :

Seorang siswi SMA kelas 2 bernama Sakura Chiyo yang memiliki sifat periang telah menyukai salah satu teman sekelasnya yang bernama Nozaki Umetarou. 

Namun sayangnya Nozaki merupakan laki-laki yang tidak peka terhadap perasaan yang dimiliiki Chiyo. Ketika sepulang sekolah, Chiyo telah mempersiapkan dirinya untuk mengungkapkan perasaanya kepada Nozaki. Ketika ia mengucapkan perasaanya, Chiyo merasa gugup dan berakhir mengatakan bahwa dirinya merupakan penggemar berat Nozaki. 

Perkataan tersebut membuat Nozaki salah mengartikan tentang perasaan yang diungkapkan Chiyo sehingga ia membalasnya dengan memberikanya tanda tangan. 

Ketika Chiyo mengatakan bahwa dirinya ingin selalu bersama di sisinya, Nozaki mengajak Chiyo untuk datang ke apartemenya dan memintanya untuk membantunya menggambar manga. Dalam beberapa kejadian yang terkait dengan kesalahpahaman, Chiyo segera mengetahui bahwa Nozaki merupakan seorang mangaka Shoujo dengan nama pena Sakiko Yumeno. 

Agar Chiyo ingin lebih dekat dengan Nozaki, ia memutuskan untuk menjadi asistennya dan membantu Nozaki dalam membuat manga. 

Dalam membuat manga, mereka menemukan beberapa inspirasi dari orang-orang aneh yang bermunculan seiring berjalannya cerita.

21. Beelzebub

Beelzebub
Beelzebub

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Beelzebub

Jumlah Episode : 60

Rating MAL : 8.03

Genre : Action, Comedy, Demons, Supernatural, School, Shounen

Sinopsis :

SMA Ishimaya, merupakan sekolah yang hanya dipenuhi oleh murid-murid berandalan yang suka melakukan kekerasan. Oga Tatsumi adalah murid SMA Ishimaya yang dijuluki sebagai "Rampaging Ogre" Karena dirinya yang tangguh dan sifatnya yang tak kenal ampun serta membuat orang lain takut kepadanya. 

Pada suatu hari, ketika berada di dekat sungai, Oga melihat seorang laki-laki telah hanyut. 

Saat Oga menyelamatkannya secara mengejutkan orang tersebut terbelah menjadi dua dan muncul seorang bayi yang merangkak di punggungnya karena ketertarikan Bayi tersebut terhadapat Oga yang memiliki sifat jahat seperti iblis. 

Awalnya Oga tidak mengetahui nama bayi tersebut namun setelah beberapa saat Oga segera mengetahui bahwa bayi tersebut bernama Kaiser de Emperana Beelzebub IV atau bisa disebut “Bayi Beel” yang ternyata merupakan anak dari Raja Iblis. 

Kini ia telah memilih Oga sebagai ayah pengganti. Setelah bertemu dengan anak iblis, Oga juga dihadapkan dengan seorang perempuan bernama Hildegard yang merupakan pelayan Iblis Beel. 

Mereka bersama-sama ditugaskan untuk mengurus bayi tersebut namun mengurusnya ternyata tidak semudah apa yang dipikirkan. 

Oga harus menghadapi beberapa ancaman dari remaja jahat dengan kekuatan iblis yang didapatkan dari Bayi Beel dan ia harus merasakan rasa sakit ketika bayi Beel sedang menangis.

20. Gabriel Dropout

Gabriel Dropout
Gabriel Dropout

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Gabriel Dropout

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 7.57

Genre : Comedy, Demons, Supernatural, School, Shounen

Sinopsis :

Selama berabad-abad, Surga selalu mengirimkan para malaikat muda untuk turun ke dunia manusia agar dapat belajar tentang kehidupan yang dijalani oleh mereka. 

Gabriel Tenma White, seorang malaikat yang merupakan murid teladan dan menjadi lulusan terbaik di sekolah. 

Ia bersama dengan malaikat muda lain memiliki tugas untuk pergi ke dunia manusia dan berusaha untuk membawa kebahagiaan terhadap mereka dengan memberikan jalan yang benar. 

Awal berada di Dunia manusia, Gabriel menjadi anak yang disiplin dan selalu menjaga kebersihan dengan baik. Akan tetapi kehidupannya seketika berubah ketia Gabriel mulai mengenal sebuah Video Game. 

Setelah mengetahui tentang video game, Gabriel menjadi seorang hikikimori yang pemalas dan menjadi anak yang kecanduan game. Hal tersebut membuat dirinya dianggap sebagai “Malaikat Gagal”. 

Ia tidak peduli terhadap apapun dan membuat temannya yaitu Vignette April Tsukinose yang merupakan seorang iblis merasa kesal. Vignette berusaha untuk mengembalikan Gabriel seperti semula namun usahanya hanya sia-sia saja. 

Dalam kehidupannya di dunia manusia ia bertemu dengan teman yang juga berasal dari dunia lain, yaitu Raphiel Ainsworth Shiraha, teman sekelas gabriel saat di sekolah surga yang memiliki dua kepribadian dengan sifat sadis dan seorang iblis bernama Satanichia McDowell Kurumizawa yang memiliki keinginan besar untuk menguasai dunia.

19. Shimoneta to Iu Gainen ga Sonzai Shinai Taikutsu na Sekai

Shimoneta to Iu Gainen ga Sonzai Shinai Taikutsu na Sekai
Shimoneta to Iu Gainen ga Sonzai Shinai Taikutsu na Sekai

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Shimoneta to Iu Gainen ga Sonzai Shinai Taikutsu na Sekai

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 7.49

Genre : Comedy, Ecchi, School

Sinopsis :

Kini Pemerintahan Jepang telah meresmikan sebuah undang-undang baru yang bersifat ketat agar masyarakat dapat terbebas dari hal jorok maupun cabul. 

Sebuah alat khusus di pasang dileher agar keberadaan mereka dapat dipantau oleh pemerintah dan memastikan bahwa mereka tetap suci. 

Di dunia yang dengan penindasan seksual ini, seorang remaja bernama Tanukichi Okuma, putra dari teroris terkenal yang telah menentang undang-undang baru yang ditetapkan pemerintah. 

Tanukichi menghadiri sekolah untuk menawarkan bantuan kepada ketua OSIS bernama Anna Nishikinomiya, gadis yang ia sukai sekaligus teman masa kecilnya. 

Selain Anna, Tanukichi sedikit mengetahui tentang Ayame Kajou, Seorang Wakil Ketua OSIS yang memiliki identitas rahasia yaitu menjadi seorang kriminal bertopeng dengan nama Blue Snow yang suka menyebarkan materi jorok kepada masyarakat suci. 

Tanukichi telah tertangkaa oleh ketertarikan gadis tersebut dan kini ia telah diseret untuk masuk ke dalam Organisasi SOX dan dipaksa untuk menyebarkan materi cabul serta menyerang aturan yang ditetapkan oleh pemerintahan.

18. Yuru-Yuri

Yuru-Yuri
Yuru-Yuri

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Yuru-Yuri

Jumlah Episode : 11

Rating MAL : 7.68

Genre : Comedy, School, Shoujo Ai, Slice of Life

Sinopsis :

Akari Akaza, seorang gadis yang telah menjadi siswa tahun pertama di SMP Nanamori Setelah menghabiskan satu tahun menjalani kehidupan sekolah dasar tanpa sahabatnya. Kini ia bisa bersama kembali dengan dua sahabatnya yang bernama Yui Funami dan Kyouko Toshino yang kini menjadi siswa tahun kedua. 

Akari mengawali hari pertama masuk sekolah di SMP nya dengan buruk. 

Pada pagi hari Akari bangun dan menyadari bahwa ia terlambat sekolah sementara kedua temanya yaitu Yui dan Kyouko telah menunggunya. Karena terburu-buru, Akari baru menyadari bahwa ia ternyata mengenakan seragam SD. 

Selama Yui dan Kyouko menjadi siswa kelas 1, mereka telah membentuk sebuah klub bernama klub hiburan yang menggunakan ruangan klub teh yang sebelumya telah dibubarkan dan kini Akari mulai ikut bergabung di klub tersebut. 

Tak lama kemudian, teman sekelasnya yaitu Chinatsu Yoshikawa, juga ikut bergabung karena mengira bahwa mereka bertiga sedang bergabung ke dalam klub teh. 

Setelah dijelaskan bahwa klub teh telah dibubarkan mereka bertiga metakinkan Chinatsu untuk bergabung ke klub hiburan. 

Klub tersebut dibentuk tanpa memiliki tujuan selain menghibur anggotanya. 

Ini adalah kisah kehidupan sehari-hari tentang sekelompok gadis yang menghabiskan waktu dengan minum teh dan melakukan berbagai aktivitas unik yang lainnya.

17. Lucky☆Star

Lucky☆Star
Lucky☆Star

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Lucky☆Star

Jumlah Episode : 24

Rating MAL : 7.83

Genre : Slice of Life, Comedy, Parody, School

Sinopsis :

Berkisar tentang sekelompok gadis imut yang bersekolah di SMA Ryouou tepatnya di kota Saitama yang menjalani kehidupan sehari-hari dengan penuh kegembiraan. 

Konata Izumi merupakan gadis bertumbuh pendek yang sangat berbakat dalam olahraga dan sangat pintar. Akan tetapi ia merupakan seorang otaku dan selalu bermalas-malasan di sekolah serta lebih memilih menghabiskan waktu dengan bermain game, membaca manga, dan menonton anime. 

Bersama dengan ketiga temannya yaitu duo kembar Hiiragi yang bernama Kagami dan Tsukasa, serta Miyuki Takara yang merupakan seorang gadis yang sangat sopan,cerdas, dan cantik. 

Mereka bersama-sama memulai sekolah tahun pertama mereka dengan berbagai hal yang tidak biasa seperti membuat pengamatan lucu tentang dunia di sekitar mereka.

16. Seitokai Yakuindomo

Seitokai Yakuindomo
Seitokai Yakuindomo

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Seitokai Yakuindomo

Jumlah Episode : 13

Rating MAL : 7.68

Genre : Comedy, School, Shounen, Slice of Life

Sinopsis :

Ousai Academy, Merupakan sekolah yang awalnya adalah sekolah khusus hanya untuk perempuan dan menjadi sekolah umum karena masalah angka kelahiran yang terus menurun di Jepang sehingga berdampak pada jumlah perbandingan antara populasi laki-laki dan populasi perempuan yang tidak seimbang. 

Tsuda Takatoshi seorang remaja yang berniat untuk mendaftar ke Ousai Academy karena jaraknya yang dekat dengan rumahnya. 

Ketika ia mulai menghadiri sekolah, tiba-tiba ia dipanggil oleh ketua OSIS dari Ousai Academy bernama Amakusa Shino karena seragamnya yang tidak rapi.

Setelah itu mereka meminta Tsuda untuk menjadi wakil ketua OSIS karena mereka sedang membutuhkan anggota laki-laki agar mereka dapat melihat sudut pandang dari murid laki-laki. 

Setelah bertemu dengan Anggota OSIS lain yang terdiri dari Shichijou Aria sebagai Sekretaris dan Hagimura Suzu sebagai bendahara, Tsuda menyadari bahma mereka semua memiliki sifat aneh. 

Sang ketua, yaitu Shino merupakan gadis yang rajin dan serius, namun disisi lain ia memiliki sifat cabul dan suka membuat lelucon yang bersifat erotis bersama dengan anggota OSIS lain.

15. Sayonara Zetsubou Sensei

Sayonara Zetsubou Sensei
Sayonara Zetsubou Sensei

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Sayonara Zetsubou Sensei

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 7.98

Genre : Comedy, Parody, School

Sinopsis :

Nozomu Itoshiki merupakan seorang guru dari sebuah sekolah SMP dengan sifat yang pesimis dan putus asa. Bahkan pada hari dimana Pohon sakura sedang bermekaran ia mencoba bunuh diri dengan cara gantung diri. Pada saat itu sebuah takdir telah mempertemukannya dengan seorang gadis bernama Kafuuka Fuura, yang memiliki sifat berkebalikan dari Nozomu. 

Ia yang melihat Nozomu gantung diri di bawah mekarnya pohon sakura, segera menyelamatkannya walaupun caranya membuat Nozomu hampir terbunuh. 

Setelah merasa cukup dengan adanya Kafuuka yang ia anggap sebagai gadis aneh, Nozomu segera menuju ke kelas untuk memulai pelajaran. Usaha Nozomu dalam melarikan diri ternyata sia-sia karena Kafuuka ternyata merupakan salah satu muridnya dan menjadi wali kelasnya. 

Selain Kafuuka, Nozomi juga bertemu murid dengan berbagai sifat yang aneh, seperti seorang hikikimori bernama Komori Kiro; murid misterius bernama Kobushi Abiru, dan lain-lain. 

Kelas yang dipenuhi murid dengan berbagai sifat, membuat Nozomu merasa menjalankan sebuah tantangan besar yang harus ia jalani.

14. Aho Girl

Aho Girl
Aho Girl

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Aho Girl

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 7.99

Genre : Comedy, Parody, School

Sinopsis :

Setiap orang bodoh, pastinya masih memiliki sisi kepintaran walaupun hanya sedikit, namun tidak bagi Hanabatake Yoshiko. gadis yang suka makan buah pisang ini memiliki kebodohan melebihi siapapun dalam segala hal. 

Dalam sebuah ujian pilihan ganda, untuk orang bodoh biasa pasti bisa mendapatkan setidaknya lebih dari 0. Akan tetapi dengan kebodohan Yoshiko, ia mampu mendapatkan nilai 0 dalam ujian pilihan ganda. 

Karena kebodohan Yoshiko, ibunya merasa khawatir terhadap masa depan Yoshiko dan meminta bantuan kepada Akuru Akutsu, pria yang dicintai Yoshiko sejak masih kecil untuk menerima perasaan Yoshiko agar dirinya berubah. 

Akan tetapi Akuru atau bisa dipanggil dengan A-kun selalu menolak perasaan Yoshiko dengan mengatakan bahwa ia tidak ingin bersama dengan seekor monyet. 

Kehidupan sehari-hari Akuru selalu diisi oleh tingkah bodoh Yoshiko. 

Untuk mengatasi kebodohanya, Akuru tidak segan-segan memakai kekerasan seperti memukul, membanting agar dapat membuat Yoshiko tidak mendekati Akuru lagi. Akan tetapi Yoshiko tidak pernah lelah untuk mengejar Akuru dan selalu mendekati Akuru dengan berbagai cara yang aneh.

13. Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge

Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge
Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 8.03

Genre : Slice of Life, Comedy, School

Sinopsis :

Dalam menjalani kehidupanya, Tanaka, seorang remaja SMA bertubuh kurus dan memiliki wajah lesu selalu mengisi waktunya dengan tidur dan bermalas-malasan. 

Ia tidak ingin melakukan hal apapun yang ia anggap meropatkan atau melakukan hal yang dapat membuang tenaga. Untuk memanjakan kemalasanya, bahkan Tanaka tidak ingin makan karena mengunyah makanan merupakan hal yang merepotkan dan lebih memilih tidur dan menunggu perutnya kenyang sendiri. 

Karena Tanaka tidak mampu mengurus dirinya sendiri, terdapat sahabat yang setia menemaninya. 

Ia adalah Oota, pria bertubuh tinggi dan kuat yang memiliki sifat baik, rajin, disiplin, dan selalu mengkhawatirkan Tanaka. Ia selalu mengurus Tanaka seperti orang tua. Bagi Tanaka, Oota merupakan orang yang sangat bisa diandalkan dalam hal apapun. 

Dibalik kemalasan yang dimiliki Tanaka, terkadang ia juga memiliki sifat baik dengan membantu menyelesaikan masalah-masalah yang dialami teman-temannya di sekolah meskipun ia melakukannya dengan terpaksa. 

12. D-Frag

D-Frag
D-Frag

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - D-Frag

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 7.71

Genre : Game, Comedy, School, Seinen

Sinopsis :

Sekelompok murid nakal yang dipimpin oleh seorang pria bernama Kenji Kazama memiliki harapan bahwa dirinya akan mendapatkan reputasi sebagai orang yang ditakuti di Fujou Academy. 

Dengan berharap menjadi murid yang terkenal ia mencoba mengganggu berbagai klub di sekolah.

Pada hari dimulainya awal semester, Kenji telah menemukan adanya kebakaran di sebuah klub. Setelah Kenji mencoba memadamkanya, bukannya mendapatkan rasa terima kasih para anggota dari klub tersebut, mereka justru menyerang Kenji dan kedua temannya.

Karena Kenji tidak bisa melarikan diri, ia terjebak ke dalam klub tersebut dan dipaksa untuk ikut bergabung ke dalam Klub Pembuat Game. 

Awalnya ia terus menolak dengan ajakan mereka, namun setelah mengetahui bahwa klub tersebut akan bubar jika tidak mendaptkan 1 anggota, akhirnya Kenji memutuskan untuk bergabung ke dalam Klub Pembuat Game. Klub tersebut beranggotakan gadis-gadis dengan sifat yang aneh. 

Mereka terdiri dari Chitose Karasuyama yang merupakan ketua OSIS, seorang gadis tomboy bernama Sakura Mizukami, penasihat ceroboh bernama Minami Oosawa, sang pemimpin bayangan bernama Roka Shibasaki, dan juga ketua klub pembuat game bernama Takao.

11. Handa-Kun

Handa-Kun
Handa-Kun

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Handa-Kun

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 7.47

Genre : Slice of Life, Comedy, Shounen

Sinopsis :

Cerita berkisar tentang kehidupan Handa Sei sebelum cerita Barakamon dimulai tepatnya 6 tahun saat Handa masih menjadi murid SMA. Handa menganggap kehidupannya bahwa ia akan dibenci oleh orang-orang disekitarnya dan menjadi orang buangan.

Akan tetapi kenyataanya ternyata berbeda dari apa yang ia pikirikan.

Dalam kehidupannya di sekolah, Handa justru menjadi salah satu murid paling populer di sekolah karena ia tampan, keren dan memiliki kemampuan kaligrafi yang menakjubkan sehingga membuat dirinya digemari oleh banyak siswa di sekolah. 

Sebagai orang yang digemari, Handa justru menganggap kepopuleran yang ia miliki merupakan sebuah gangguan dan ia berusaha untuk menjauhkan diri dari teman-temanya. 

Akan tetapi usahanya tidak membuat mereka berhenti menggemari Handa dan kini ia harus berjuang untuk mencari cara agar dirinya dapat menjalani kehidupan sekolah dengan damai.

10. Tonari no Seki-kun

Tonari no Seki-kun
Tonari no Seki-kun

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Tonari no Seki-kun

Jumlah Episode : 21

Rating MAL : 7.68

Genre : Comedy, School, Seinen

Sinopsis :

Setiap murid pasti memiliki sebuah keinginan untuk melakukan hal-hal yang sesuai dengan imajinasi mereka. Akan tetapi jika yang dilakukan itu berlebihan, maka hal itu dapat berdampak pada teman murid di sebelahnya yang merasa terganggu dengan apa yang dilakukan oleh murid tersebut. 

Cerita tentang seorang sisiwi bernama Rumi Yokoi yang menjadi narator dalam cerita. 

Ia selalu memperhatikan Toshinari Seki, siswa di sebelahnya yang selalu melakukan hal-hal aneh sehingga membuat dirinya merasa terganggu. 

Selama kelas berlangsung bukannya memperhatikan pelajaran, ia justru menciptakan sesuatu yang aneh di atas mejanya namun sangat mengagumkan seperti membuat lapangan golf sungguhan, memubat perang dramatis yang berasal dari potongan kertas shogi dan lain-lain. 

Melihat hal unik yang dilakukan Seki, Yokoi terkadang membuat Seki untuk fokus pelajaran dengan menyapu barang-barang di mejanya namun ia juga terkadang tertarik dan mengikuti permainan yang diciptakan oleh Seki.

9. Ansatsu Kyoushitsu

Ansatsu Kyoushitsu
Ansatsu Kyoushitsu

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Ansatsu Kyoushitsu

Jumlah Episode : 22

Rating MAL : 8.22

Genre : Action, Comedy, School, Shounen

Sinopsis :

Sebuah makhluk misterius muncul di bumi dengan kekuatanya yang bahkan mampu menghancurkan bulan dan membuatnya menjadi bulan sabit secara permanen. Kehadiran Makhluk tersebut membuat para murid Kelas 3-E, yaitu kelas terburuk dan terabaiakan dari sekolah SMP unggulan Kunugigaoka harus melakukan sebuah tugas penting yang dapat menentukan nasib bumi mendatang. 

Mereka diberi waktu selama 1 tahun untuk membunuh makhluk gurita yang akan menjadi guru mereka dari kelas tersebut dan jika mereka gagal membunuh makhluk tersebut dalam 1 tahun, maka makhluk tersebut akan menghancurkan bumi dan seisinya. 

Semua siswa dari Kelas 3-E merasa diri mereka tidak mampu karena mengetahui dirinya yang merupakan murid dari kelas buangan dan dianggap sebagai murid paling payah di sekolah. 

Monster tersebut diberi nama Koro-Sensei yang artinya adalah guru yang tibak bisa dibunuh. 

Selama ia mengajar, Kelas 3-E menjadi sebuah kelas yang unik dan mereka sadar bahwa selain Koro-Sensei berbahaya, ternyata ia adalah guru yang sangat hebat dalam mengajar maupun memotivasi para murid lain untuk maju kedepan.

8. Saiki Kusuo no Ψ-nan

Saiki Kusuo no Ψ-nan
Saiki Kusuo no Ψ-nan

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Saiki Kusuo no Ψ-nan

Jumlah Episode : 25

Rating MAL : 8.55

Genre : Slice of Life, Comedy, Supernatural, School, Shounen

Sinopsis :

Memiliki kekuatan psikis tentunya merupakan hal yang sangat diinginkan bagi sebagian besar manusia. Selain dapat menerbangkan benda, kekuatan psikis juga bisa digunakan untuk mempermudah dalam melakukan suatu aktivitas sehari-hari. 

Namun hal itu tidak berlaku bagi Saiki Kusuo, remaja yang sejak lahir memiliki kekuatan psikis yang luar biasa dari kemampuan telepati, membaca pikiran, teleport, dan lain-lain. 

Kemampuan yang ia dapatkan membuat dirinya sangat mudah menjalani kehidupan dan ia mampu melakukan segalanya. Sebenarnya Saiki tidak menganggap kekuatan psikis miliknya merupakan sebuah berkah melainkan ia menganggap kekuatan yang ia miliki merupakan sebuah kutukan. 

Hal itu dikarenakan Saiki jarang merasa bahagia karena terlalu mudah dalam menjalani hidup dan ia tidak dapat mengentahui bagaimana ketika seseorang merasakan kebahagiaan saat mereka berhasil mencapai sesuatu seperti yang dilakukan orang lain. 

Dalam kehidupannya, Saiki hanya senang ketika dirinya hidup dalam ketenangan. 

Agar kejadian masa lalu tidak terjadi lagi, dimana ia pernah menjadi sorotan publik karena selalu menang dalam permainan janken (suit) pada masa kecilnya, kini Saiki berusaha untuk menyembunyikan kekuatan psikisnya. 

Akan tetapi walaupun dirinya tetap menjaga rahasianya, kehadiran dirinya secara tidak sengaja membuat menarik perhatian beberapa orang aneh yang merupakan teman sekolahnya seperti Riki Nendou yang tidak dapat berpikir, Shun Kaidou yang merupakan seorang chunibyou akut, dan orang aneh yang lainnya.

7. Plastic Neesan

Plastic Neesan
Plastic Neesan

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Plastic Nee-san

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 7.37

Genre : Comedy, School

Sinopsis :

Cerita berkisar tentang seorang siswa SMP tahun ketiga bernama Iroe Genma. Ia adalah gadis yang dipanggil “nee-san” (sebutan kakak dalam bahasa jepang ) walaupun penampilanya seperti anak kecil. 

Iroe merupakan siswi yang suka membuat masalah namun disisi lain ia juga merupakan seorang ketua dari Klub Model yang sering membuat sebuah model dari plastik dalam berbagai bentuk seperti mobil, pesawat, kapal, robot dan lain-lain. 

Bersama dengan dua adik kelasnya yang terdiri dari: Hazuki Okamoto, siswi yang memiliki sifat yang tenang namun mengerikan ketika dirinya sedang marah; dan Makina Sakamaki, siswi yang patah hati karena orang yang ia sukai ternyata sudah memiliki pasangan.

Kelompok ini telah terbentuk untuk melaksanakan berbagai tugas klub namun terkadang mereka mendapatkan beberapa gangguan seperti ajakan bertempur dari klub lain dalam belajar cara mengungkapkan perasaan kepada orang yang disukai. 

Mereka selalu terlibat dalam berbagai situasi yang aneh dan mereka selalu menghadapi masalah dengan melakukan berbagai tingkah laku mereka yang konyol.

6. Baka to Test to Shoukanjuu

Baka to Test to Shoukanjuu
Baka to Test to Shoukanjuu

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Baka to Test to Shoukanjuu

Jumlah Episode : 13

Rating MAL : 7.77

Genre : Comedy, Romance, School, Super Power

Sinopsis :

Bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Akihisa Yoshii yang memiliki sebuah julukan "baka" atau bodoh karena sering meraih nilai nol ketika menjalani tes di Akademi Fumizuki. Selain Akihisa, ada juga seorang murid yang mendapatkan nilai nol seperti dirinya. 

Ia adalah Himeji Mizuki, seorang gadis berambut pink yang memiliki kecerdasan tinggi namun harus mendapatkan nilai nol karena kurangnya konsentrasi saat menjalankan test sehingga membuat dirinya pingsan karena sakit. 

Ketika pembagian kelas sudah diumumkan, Akihisa mendapatkan kelas paling buruk dimana ruangan kelas tersebut tidak ada diberikan fasilitas yang mendukung dan hanya ada meja serta ruang kelas yang berantakan. 

Himeji yang memiliki kecerdasan tinggi, kini juga harus masuk ke kelas F bersama Akihisa. 

Semua murid di kelas F merupakan murid yang aneh namun memiliki keunggulan khusus. mereka terdiri adalah Hideyoshi Kinoshita, Yuji Sakamoto, Kouta Tsuchiya, dan Minami Shimada. Berbeda dengan kelas F yang merupakan kelas terburuk. 

Di sisi lain Kelas A yang merupakan kelas terbaik dengan berbagai fasilitas seperti adanya AC, Laptop, kulkas, dan lain-lain. 

Kini mereka berjuang untuk melawan penindasan yang mereka alami dan mengalahkan kelas lain dalam sebuah pertempuran.

5. Sakamoto desu ga?

Sakamoto desu ga?
Sakamoto desu ga?

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Sakamoto desu ga?

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 7.68

Genre : Comedy, School, Seinen

Sinopsis :

Cerita berkisar tentang Sakamoto, Seorang siswa SMA kelas satu yang memiliki kesempurnaan melebihi siswa lain dan mampu mendapatkan perhatian dari para siswa di sekolahnya terutama siswa perempuan. Ramah, cerdas, tampan, dan keren, semua hal tertuju pada Sakamoto sehingga ia dianggap sebagai murid yang sempurna.

Kesempurnaanya membuat iri beberapa siswa laki-laki sehingga mereka ingin membuat reputasi Sakamoto menurun dengan cara menjahilinya.

Namun perbuatan mereka hanyalah sia-sia, kejahilan yang mereka lakukan justru membuat Sakamoto semakin keren di mata murid lain.

Ia selalu mengatasi berbagai masalah dengan cara unik dan keren bahkan ketika dirinya sedang dihukum oleh guru.

Di sisi lain sakamoto memiliki sifat yang pendiam, dan suka menolong orang bahkan makhluk seperti burung yang sedang mengalami masalah.

4. Great Teacher Onizuka

Great Teacher Onizuka
Great Teacher Onizuka

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Great Teacher Onizuka

Jumlah Episode : 43

Rating MAL : 8.47

Genre : Comedy, Drama, School, Shounen, Slice of Life

Sinopsis :

Bercerita tentang seorang ketua geng motor yang tidak meiliki tujuan dalam hidupnya. Ia adalah Onizuka Eikichi, seorang pria yang ingin membuat dirinya lebih berharga dengan memutuskan untuk menjadi seorang guru SMA agar dapat bertemu dengan para gadis remaja muda cantik sekaligus mengubah hidupnya. 

Ketika Onizuka telah menjadi seorang guru secara resmi, Saat Onizuka mengajar para muridnya, ia memperlakukan para murid dengan cara yang berbeda dari biasanya. 

Ia memperlakukan muridnya dengan kasar seperti ia memperlakukan orang-orang saat dirinya masih menjadi geng motor. 

Tanpa mempedulikan sopan santun dan sering mengabaikan aturan yang ditetapkan, hal itu membuat pihak sekolah banyak yang membenci dirinya namun semakin berjalanya cerita mereka mulai menyadari bahwa Onizuka merupakan guru terbaik yang mampu memecahkan berbagai masalah yang dialami oleh para muridnya. 

Metode mengajar yang dilakukan Onizoka, merupakan metode yang tidak akan pernah ditemukan dari semua guru karena beberapa pengalaman hidupnya saat ia menjadi anggota geng motor dapat dimanfaatkan. 

Walaupun ia keras namun sebenarnya ia peduli kepada murid-muridnya dan ia sangat tahu mana hal yang bersigat legal dan mana yang illegal.

3. Nichijou

Nichijou
Nichijou

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Nichijou

Jumlah Episode : 26

Rating MAL : 8.52

Genre : Slice of Life, Comedy, School

Sinopsis :

Menceritakan tentang di SMA kota Tokisadame yang berfokus kepada Tiga teman masa kecil yang terdiri dari: Aioi Yuuko, gadis energik yang suka mengucapkan selamat pagi dalam bahasa indonesia/malaysia kepada dua temanya; Naganohara Mio, gadis berambut biru yang selalu ceria; dan Minakami Mai, gadis berambut hitam yang cerdas dan selalu menunjukkan sikap tenang. 

Mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari yang dipenuhi dengan kejenakaan dan hal-hal aneh yang dilakukan mereka. 

Seiring berjalanya cerita akan dihadiri beberapa karakter yang lebih menonjol seperti hadirnya seorang Gadis bernama Shinonome Nano yang merupakan android ciptaan seorang ilmuan berusia 8 tahun bernama Shinonome Hakase yang ingin menjadi murid sekolahan serta Kucing yang bisa berbicara bernama Sakamoto. 

Dalam kehidupan keenam orang tersebut, terjadi berbagai banyak pengalaman yang tak terlupakan oleh mereka dan mengalami kejadian yang tak masuk akal seperti digigit burung gagak saat menuju ke sekolah, menghabiskan waktu dengan menonton acara suplex rusa, dan rangkaian kegiatan aneh yang lainnya.

2. Sket Dance

Sket Dance
Sket Dance

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Sket Dance

Jumlah Episode : 77

Rating MAL : 8.33

Genre : Comedy, School, Shounen

Sinopsis :

Cerita berkisar di SMA Kaimei dimana sebuah klub istimewa telah terbentuk untuk menerima berbagai tugas untuk menolong orang lain dari pihak sekolah. 

Klub tersebut dinamakan SKET, klub yang dianggap sebagaian besar oleh orang-orang di sekolah sebagai klub yang hanya menangani berbagai pekerjaan sambilan. 

Klub SKET terdiri dari 3 Anggota Murid yang memiliki keistimewaan masing-masing. 

Switch adalah otaku yang menjadi otak dari anggota klub untuk memberikan ide-ide dalam menyelesaikan masalah yang berbicara melalui perangkat dan memiliki kecerdasan yang tinggi. 

Himeko atau dikenal sebagai Onihime merupakan gadis yang menjadi otot dalam tim yang bertugas melakukan hal-hal yang berkaitan dengan fisik. 

Bossun sang pemimpin Klub yang memiliki kemampuan istimewa berupa konsentrasi tingkat tinggi yang dapat diaktifkan ketika dirinya mengenakan kacamata. SKET akan menerima semua pekerjaan dengan sepenuh hati dan akan melakukanya dengan memberikan segala yang mereka punya untuk memberikan kebaikan, motivasi, dorongan dalam memecahkan masalah apapun walaupun terkadang dilakukan secara tidak sengaja.

1. Danshi koukousei no nichijou

Danshi koukousei no nichijou
Danshi koukousei no nichijou

Daftar Anime School Comedy Terbaik dan Terpopuler - Danshi koukousei no nichijou

Jumlah Episode : 12

Rating MAL : 8.34

Genre : Slice of Life, Comedy, School

Sinopsis :

Menceritakan tentang kisah berbagai kehidupan sehari-hari yang dialami oleh Para Siswa SMA Sanada Utara dengan penuh kegilaan. 

Bercerita tentang 3 Murid yang menjadi tokoh utama dalam cerita. Tanaka Yoshitake, laki-laki berambut pirang yang suka berbuat hal-hal aneh. 

Tabata Hidenori, laki-laki yang menggunakan kacamata dan suka berbuat hal bodoh dan gila bersama Yoshitake. Tadakuni, seorang remaja yang satu-satunya memiliki sifat paling normal dari yang lain dan menjadi orang yang membenarkan hal-hal bodoh yang dilakukan kedua temanya namun terkadang ia juga mengikuti alur candaan yang dibuat oleh mereka. 

Baca Juga: Terkocak dan Terlucu! Inilah 25 Anime Parody Terbaik!

Setiap hari mereka melakukan aktivitas sehari-hari di saat sekolah maupun di luar sekolah dengan cara yang unik. Topik pembicaraan yang mereka lakukan selalu dipenuhi dengan imajinasi liar yang bersifat aneh.

Post a Comment

Post a Comment