Cara Menggambar Mata Sekaligus Ekspresinya Pada Anime

Ada banyak cara menggambar mata anime. Tutorial ini menggambarkan cara menggambar mata anime dengan ekspresi berbeda dalam satu gaya dari tampilan depan.

menggambar mata pada anime

Langkah 1 - Gambar Bentuk Mata

gambar bentuk mata

Salah satu fitur yang menentukan apakah ini mata anime atau bukan biasanya dapat dilihat dari ukuran mata yang jauh lebih besar dan lebih luas daripada mata asli, jadi itulah patokan kita dalam menggambar kali ini.

Mata harus terpisah cukup jauh sehingga kamu bisa memasukkan mata ketiga di antaranya.

Untuk ekspresi normal gambar iris yang sedikit tertutup oleh kelopak mata atas sementara hanya menyentuh kelopak mata bawah. Gambarlah alis sedikit di atas mata dalam kurva atau lengkungan yang halus.

Ketika menggambar ekspresi yang berbeda, bentuk dan posisi alis dan posisi pupil dapat berbeda.

Langkah 2 - Gambar Pupil dan Refleksi

menggambar pupil

Gambarlah Pupil di tengah iris.

Posisi refleksi akan tergantung pada posisi Penglihat.

Mungkin ada lebih dari satu refleksi tergantung pada berapa banyak sumber cahaya yang ada. Dalam hal ini kita memiliki dua. Satu untuk sumber cahaya utama dan satu dari sumber cahaya sekunder.

Misalnya jika kamu menggambar karakter yang berdiri di luar pada hari yang cerah, pantulan utama di mata dapat disebabkan oleh matahari, sedangkan yang kedua dapat berasal dari matahari yang memantulkan objek lain.

Langkah 3 - Tambahkan Shading

menambah shading pada mata

Untuk membuat shading pada mata seperti pada contoh di atas, kamu dapat membuat semua shadingnya kecuali pada bagian dalam iris dan bagian pantulan hitam.

Biarkan pantulan/refleksi tetap putih dan buat area iris berwana abu-abu.

Menggambar Ekspresi Mata Anime yang Berbeda

ekspresi mata

Faktor-faktor yang menentukan ekspresi mata adalah:
  • Posisi dan bentuk alis
  • Posisi pupil
  • Posisi kelopak mata
Salah satu perbedaan utama antara menggambar ekspresi mata yang realistis adalah bahwa di anime dan manga ukuran murid dapat diubah untuk membuat ekspresi yang lebih dramatis (misalnya ekspresi mata yang benar-benar takut).

Di bawah ini adalah perincian dari setiap ekspresi.

Menggambar Mata Anime Normal

mata anime normal

Gambarlah seperti dijelaskan di atas pada bagian pertama tutorial.

Menggambar mata Anime Marah

mata anime marah

Untuk penampilan yang marah, tarik alis ke bawah dalam bentuk gelombang ke dalam. Gambarlah kelopak mata atas ke bawah dalam kemiringan ke dalam dan gambar pupil yang sedikit digulung ke atas.

Menggambar Mata Anime Bosan

mata anime bosan

Untuk tampilan yang bosan gambarlah pupil yang digulung dan kelopak matanya sedikit diturunkan.

Menggambar Mata Anime Shy / malu

mata anime malu

Untuk penampilan yang pemalu atau malu, tarik mata melihat ke bawah dan tarik kelopak mata atas sedikit diturunkan.

Menggambar Mata Anime Sedih

mata anime sedih

Untuk tampilan yang sedih, gambar matanya menyipit. Gambarlah kelopak mata bawah dengan lengkungan sedikit terbalik. Gambarlah tepi luar alis ke bawah dengan sedikit lengkungan dari biasanya atau bahkan dalam lengkungan terbalik.

Menggambar Mata Anime Terkejut

mata anime terkejut

Untuk tampilan yang terkejut, gambar mata terbuka lebar dengan alis terangkat. Semakin lebar kamu menggambar mata dan semakin jauh kamu mengangkat alis, semakin terkejut karakter itu akan terlihat.

Menggambar Mata Anime Takut

mata anime takut

Untuk tampilan yang ketakutan, gambarlah mata dengan mata terbuka lebar dan alis terangkat. Kamu juga bisa menggambar murid lebih kecil dari biasanya. Semakin kecil kamu menggambar murid, semakin takut karakter kamu akan terlihat.

Menggambar Happy / Content Anime Eyes

mata anime senang

Untuk mata anime bahagia atau mata ditutup dengan bentuk mata dalam lengkungan terbalik. Ini mungkin contoh paling mudah untuk menggambar mata anime karena hampir tidak ada detail yang perlu dikhawatirkan.

Menempatkan Mata Anime atau Manga Pada Kepala

menggambar mata di anime

Mata sungguhan terletak di tengah kepala. Mata anime sering menarik lebih jauh ke bawah kepala.

Panduan yang bagus untuk menggambar mata anime adalah menggambar garis horizontal melalui bagian tengah kepala seperti yang ditunjukkan pada contoh di atas dan menggambar mata di bawahnya.

Penting untuk dicatat bahwa jika mata tertutup atau disipitkan, bulu mata bagian atas perlu ditarik lebih jauh dari garis horizontal dalam contoh. Jika mata terbuka lebar maka bulu mata perlu ditarik lebih jauh.

Itulah cara menggambar mata bergaya anime yang bisa kamu ikuti tutorialnya, jangan lupa untuk membagikan postingan ini ke teman-teman kalian agar mereka juga bisa mendapatkan skil baru tentang menggambar anime.

Kunjungi terus Anidraw.net untuk mendapatkan tutorial menggambar anime terupdate.

No comments :

Post a Comment

Leave A Comment...