Cara Menggambar Kepala & Muka Anime Dengan Style Yang Berbeda-Beda

Tutorialnya membahas cara menggambar berbagai jenis / gaya kepala dan wajah anime dan manga dari gaya yang lebih umum ke gaya yang lebih bergaya (juga dikenal sebagai "Chibi").

Gaya kepala dan wajah anime yang berbeda

Di bawah ini adalah beberapa contoh dasar dari karakter yang sama digambar dalam gaya yang berbeda bersama dengan penjelasan untuk apa yang membuat mereka berbeda satu sama lain.

Kepala & Wajah Anime Standar

Anime menghadapi gaya yang sama

Gaya di atas mirip dengan yang biasa digunakan dalam anime dan manga. Biasanya ini memiliki proporsi tubuh yang cukup dekat dengan orang-orang nyata.

Gaya bukan satu-satunya hal yang mempengaruhi bentuk dan ukuran kepala anime. Usia karakter juga penting. Anak-anak cenderung memiliki wajah yang lebih bulat dan kepala lebih besar dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Kepala & Wajah Anime Bergaya

Wajah anime lebih bergaya

Contoh karakter anime yang lebih bergaya cenderung memiliki mata lebih besar dan dagu bulat. Karakter yang lebih bergaya juga cenderung memiliki kepala yang lebih besar dalam kaitannya dengan bagian tubuh yang lain daripada orang nyata.

Kepala & Wajah Chibi Anime

Wajah anime "Chibi" sangat bergaya

Karakter chibi sangat bergaya. Mereka cenderung memiliki wajah yang sangat lebar, dagu membulat dan mata besar sementara hidungnya sering tidak tertarik sama sekali. Jenis karakter ini juga biasanya memiliki kepala yang raksasa dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Perbandingan Berbagai Gaya Kepala Anime

Berbagai jenis kepala anime

Pada contoh di atas, Anda dapat melihat perbedaan antara berbagai gaya kepala anime.

Seperti yang telah disebutkan, wajah yang lebih bergaya umumnya digambar lebih lebar dan memiliki dagu lebih bulat.

Perbandingan Berbagai Gaya Fitur Wajah Anime

Jenis kepala dan wajah anime

Ilustrasi di atas menunjukkan bagaimana fitur wajah anime cenderung berubah berdasarkan gaya.

Saat menggambar fitur wajah untuk tiga contoh pertama Anda dapat menggunakan pedoman yang disediakan di bawah ini.

Untuk karakter yang sangat bergaya seperti tiga contoh terakhir pedoman ini mungkin tidak selalu berlaku. Saat menggambar karakter "Chibi" Anda dapat menggambar mulut dan hidung lebih rendah dari contoh di bawah ini. Karena jenis karakter ini dapat sangat bergaya, sulit untuk memiliki pedoman yang jelas untuk menggambar mereka.

Menempatkan Fitur Wajah Anime untuk Gaya yang Lebih Realistis

Fitur wajah anime


  1. Gambarlah kepalanya
  2. Gambar garis vertikal melalui bagian tengah kepala untuk membantu Anda menempatkan fitur wajah secara lebih merata di kedua sisi kepala.
  3. Gambarlah garis horizontal melalui bagian tengah kepala dan gambar mata di bawahnya.
  4. Gambarlah hidung di tengah-tengah antara wajah dan dagu.
  5. Gambarlah mulut sedikit di atas titik tengah antara hidung dan dagu.


Menggambar Fitur Wajah Anime untuk Mencocokkan Gaya

Perbandingan mata anime

Untuk gaya mata anime yang lebih serius, Anda dapat mendekatkannya lebih dekat ke bentuk mata asli (meskipun masih jauh lebih besar).

Untuk "Chibi" wajah menggambar mata lebih besar dan "lebih tinggi". Anda juga bisa menghindari menggambar bulu mata bagian bawah.

Anime eyebrow comparison

Untuk karakter anime dan manga yang kurang bergaya, Anda dapat menggambar alis yang ditutupi oleh rambut (jika rambutnya turun sejauh itu). Untuk karakter yang lebih bergaya gambarkan bulu mata tepat di atas rambut.

Dalam wajah chibi yang sangat bergaya Anda dapat menghindari menggambar hidung bersama-sama.

Anda dapat menggambar mulut hampir sama di sebagian besar gaya (satu baris). Meskipun dalam beberapa gaya anime yang sangat realistis atau jika karakter mengenakan lipstik mulut ditarik sedikit berbeda.

Kesimpulan

Tutorial ini membahas beberapa dasar-dasar menggambar berbagai gaya wajah anime tetapi jelas ada lebih banyak gaya dan variasi di luar sana. Anda dapat bereksperimen menggabungkan berbagai aspek dari gaya yang berbeda dan melihat apa yang dapat Anda temukan.

0 Comments

Post a Comment