j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Cara Membuat Bayangan Wajah Anime dalam Berbagai Pencahayaan

Tutorial ini menjelaskan cara menaungi wajah gaya anime atau manga untuk menunjukkan kondisi pencahayaan yang berbeda.

Wajah anime menaungi pencahayaan yang berbeda

Anime dan manga umumnya menggunakan teknik yang dikenal sebagai shading “Cel” yaitu shading tanpa gradien. Bayangan Cel umumnya jauh lebih cepat dan lebih mudah diterapkan pada gambar daripada bayangan realistis yang membuatnya bagus untuk membuat bayangan dengan cepat menaungi banyak bingkai animasi atau banyak panel manga.

Pencahayaan Umum Anime Face Shading

Wajah anime menaungi pencahayaan normal

Opsi bayangan ini biasanya cocok untuk kondisi pencahayaan yang paling umum di mana tidak ada sumber cahaya satu arah yang kuat.

Dalam jenis pencahayaan umum ini bayangan biasanya akan digambar sebagai berikut:

  • Dahi - bayangan yang dihasilkan oleh rambut
  • Kelopak mata - bayangan kecil karena area ini berlekuk di kepala
  • Hidung - bayangan kecil di satu sisi
  • Leher - bayangan besar di kepala

Shading Wajah Anime Sisi / Atas

Anime face shading pencahayaan atas / samping

Saat cahaya datang dari atas dan ke satu sisi karakter, bayangan akan dibuat miring. Satu sisi wajah sebagian besar akan terang dan satu lagi gelap. Di sisi gelap biasanya akan ada titik terang di sekitar tulang pipi karena area tersebut akan menangkap cahaya. Di sisi terang akan ada bayangan kecil di sekitar kelopak mata.

Bayangan di leher akan bersudut berlawanan dengan sumber cahaya.

Shading Wajah Anime Side Lit

Pencahayaan sisi naungan wajah anime

Ketika cahaya datang langsung dari satu sisi, Anda akan memiliki cukup banyak cahaya yang terbagi rata (di tengah) dan sisi wajah yang gelap.

Shading Wajah Anime Menyala Bawah

Pencahayaan bawah naungan wajah anime

Ketika cahaya datang dari bawah hampir seluruh wajah akan diterangi dengan bayangan yang muncul sebagai berikut:

  • Dagu - area kecil yang teduh di bagian atas dagu karena dagu biasanya cenderung sedikit menonjol dan tonjolan itu akan menimbulkan bayangan kecil
  • Bibir Atas - bibir atas akan menghasilkan bayangan yang sangat kecil karena menonjol sedikit sehingga menghalangi sebagian cahaya
  • Hidung - area atas karena hidung akan menghalangi sebagian cahaya ke atas yang menghasilkan bayangan
  • Pipi - karena tulang pipi juga cenderung sedikit menonjol, ini akan menciptakan bayangan
  • Dahi - akan menjadi gelap seluruhnya karena melengkung menjauh dari sumber cahaya bawah

Shading Wajah Anime Top Lit

Pencahayaan atas naungan wajah anime

Pencahayaan atas pada dasarnya merupakan kebalikan dari pencahayaan bawah yang dijelaskan di atas. Sebagian besar wajah akan diarsir dengan area yang lebih terang ditempatkan sebagai berikut:

  • Dahi - akan benar-benar menyala karena melengkung ke arah sumber cahaya di atas
  • Hidung - sisi atas menghadap ke arah cahaya
  • Pipi - bagian atas tulang pipi
  • Bibir Atas - karena menonjol sedikit dan akan menangkap sebagian cahaya
  • Dagu - area atas dagu karena dagu sedikit melengkung ke luar dari wajah

Back Lit Anime Face Shading

Wajah anime menaungi pencahayaan belakang

Pencahayaan belakang akan menciptakan semacam "garis besar" cahaya di sekitar karakter. Sebagian besar cahaya akan berada di pipi dan sisi leher.

Pada wajah asli juga akan ada sedikit cahaya di setiap sisi hidung, tetapi untuk hidung anime Anda cukup membuat satu titik cahaya kecil di ujungnya.

Kesimpulan

Sementara bayangan Cel cukup mudah diterapkan selama Anda memiliki pemahaman umum tentang di mana harus menempatkan bayangan. Semoga tutorial ini membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menaungi wajah gaya anime atau manga dalam pencahayaan yang berbeda.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment