j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Cara Menggambar Rambut Pria Anime

Gambar Rambut Pria- Tutorial ini menunjukkan cara menggambar rambut anime dan manga pria. Ini mencakup total sembilan gaya rambut dengan contoh gambar langkah demi langkah dan instruksi untuk masing-masing.

Gambar gaya rambut pria anime

Ada banyak variasi gaya rambut anime pria. Tutorial ini berfokus pada gaya yang lebih umum dan umum yang mungkin Anda lihat di banyak acara dan manga.

Baca Juga: Cara Shading & Mewarnai Rambut Anime Cewe

Meskipun menggambar rambut bisa terlihat rumit, cara yang baik untuk mengatur proses menggambar adalah dengan memikirkannya sebagai bagian yang dibagi menjadi beberapa bagian. Ini adalah bagian depan, samping dan belakang / atas.

Untuk membantu menghindari kesalahan, tutorial ini menggunakan pendekatan menggambar "tembus pandang". Ini berarti bahwa jika Anda akan mengikuti menggunakan pensil dan kertas, penting untuk terlebih dahulu membuat garis-garis tipis yang dapat Anda hapus dengan mudah. Anda perlu melakukannya dengan bagian-bagian gambar sebelum Anda selesai. Anda bisa menggelapkan goresan setelah Anda menyelesaikan gambar garis.

Menggambar Rambut Anime Pria "Buzz Cut"

Anime buzz cut gambar rambut pria selangkah demi selangkah

Meskipun "gaya rambut" ini bukanlah rambut apa pun, ini bagus untuk memulai karena ini menunjukkan garis rambut. Ini penting untuk menggambar gaya lainnya.

Sebelum menggambar rambut, gambar kepala seperti yang ditunjukkan pada contoh langkah demi langkah di atas.

Langkah 1 - Gambar Bagian Depan "Buzz Cut"

Gambar depan anime buzz cut pria rambut

Bagian depan "potongan buzz" akan menjadi bagian dari garis rambut. Gambarlah dengan hanya dua kurva besar yang membuat ujung bawah mengarah sedikit di bawah bagian atas kepala.

Harap dicatat bahwa ini hanyalah contoh dasar tentang cara menggambar garis rambut. Ini dapat bervariasi dalam bentuk dan posisi pada orang sungguhan dan karakter anime.

Langkah 2 - Gambar Sisi "Buzz Cut"

Anime buzz cut gambar sisi rambut pria

Tambahkan sisi-sisi garis rambut dengan sepasang kurva lain yang bergabung dengan set pertama cukup jauh di atas telinga.

Langkah 3 - Gambar Bagian Atas / Belakang "Buzz Cut"

Anime gambar atas rambut buzz cut laki-laki

Terakhir, gambarlah bagian atas / belakang rambut “potongan rambut berdengung”. Bergantung pada seberapa pendek Anda menginginkannya, Anda bahkan dapat mengabaikan langkah ini. Jika rambut hampir dicukur seluruhnya, Anda dapat menggunakan garis bentuk kepala untuk menentukan bagian atasnya.

Dalam hal ini rambut akan sedikit lebih panjang sehingga akan digambar dengan sedikit volume. Untuk melakukan ini menggambar rambut cukup banyak memeluk bentuk kepala mulai dari atas telinga secara bertahap menjauh dari itu ke arah atas.

Langkah 4 - Selesaikan Gambar Garis

Anime buzz cut gambar garis rambut pria

Untuk menyelesaikan gambar garis, hapus dulu bagian atas kepala yang harus ditutupi oleh rambut. Setelah itu ulangi gambar Anda dengan guratan yang lebih gelap.

Langkah 5 - Tambahkan Beberapa Shading

Gambar rambut pria anime buzz cut

Anda juga bisa memberi warna dasar / bayangan pada rambut agar sedikit lebih terlihat.

Menggambar Rambut Anime Pria Pendek

Anime gambar rambut pria pendek selangkah demi selangkah

Rambut anime pendek biasanya akan ditarik dalam rumpun yang lebih kecil dibandingkan dengan rambut panjang. Alasannya adalah rambut pendek tidak bisa menjangkau cukup jauh untuk bergabung menjadi rumpun besar.

Sebelum menggambar rambut menggambar kepala dengan garis besar garis rambut (berdasarkan contoh pertama tutorial).

Langkah 1- Gambarlah Bagian Depan Rambut Pendek

Anime gambar depan rambut pria pendek

Gambarlah bagian depan rambut pendek dengan pangkal gumpalannya cukup dekat dengan garis rambut.

Langkah 2 - Gambar Sisi Rambut Pendek

Anime gambar sisi rambut pria pendek

Dengan cara yang mirip dengan "rambut depan", tarik gumpalan samping dekat dengan garis rambut juga.

Langkah 3 - Gambar Bagian Atas / Belakang Rambut Pendek

Anime rambut pria pendek kembali dan gambar atas

Terakhir gambar bagian belakang / atas rambut agak “mengembang” di sekitar kepala. Juga pastikan untuk menggambar gumpalan agak condong ke bawah daripada langsung menjauhi kepala seperti sinar matahari.

Langkah 4 - Selesaikan Gambar Garis

Anime gambar garis rambut pria pendek

Setelah Anda selesai menggambar tiga bagian rambut, hapus garis rambut dan bagian kepala yang ditutupi olehnya. Anda juga bisa mengganti gambar Anda dengan garis yang lebih gelap.

Langkah 5 - Tambahkan Beberapa Shading

Anime gambar rambut pria pendek

Anda dapat melihat seperti apa tampilan rambut pendek dengan beberapa arsiran dasar pada contoh di atas.

Menggambar Rambut Anime Pria Panjang Sedang

Gambar rambut pria anime selangkah demi selangkah

Rambut panjang sedang (atau beberapa variasinya) mungkin adalah salah satu gaya rambut paling umum di anime dan manga. Sangat umum untuk protagonis "pria biasa".

Sebelum menggambar rambut, gambar garis besar kepala bersama dengan garis rambut.

Langkah 1 - Gambar Bagian Depan Rambut Panjang Sedang

Gambar depan rambut pria anime

Gambarlah bagian depan rambut dalam rumpun yang cukup besar yang dimulai dari sekitar bagian atas kepala dan turun melewati garis rambut. Buatlah gumpalan / rumpun di tengahnya sedikit lebih panjang dari pada sisinya.

Langkah 2 - Gambar Sisi Rambut Panjang Sedang

Gambar sisi rambut pria anime

Tambahkan bagian samping dengan hanya beberapa gumpalan panjang masing-masing lagi mulai dari sekitar bagian atas kepala dan turun ke dekat bagian bawah telinga.

Langkah 3 - Gambar Bagian Atas / Belakang Rambut Panjang Sedang

Rambut pria anime kembali dan gambar atas

Terakhir tambahkan bagian atas / belakang rambut dengan sedikit bentuk "seperti atap" di bagian atasnya tempat rambut miring ke bawah dan kemudian bertransisi menjadi rumpun.

Anda juga bisa menambahkan beberapa gumpalan yang mencuat dari bawah telinga.

Langkah 4 - Selesaikan Gambar Garis

Gambar garis rambut pria anime

Hapus bagian-bagian garis rambut dan kepala yang tertutup rambut dan ulangi gambar Anda dengan garis-garis yang lebih gelap.

Langkah 5 - Tambahkan Beberapa Shading

Gambar rambut pria anime

Setelah selesai dengan gambar garis, Anda dapat menambahkan beberapa bayangan dasar seperti yang ditunjukkan pada contoh di atas.

Menggambar Rambut Anime Pria Panjang Sedang

Anime sedang menggambar rambut laki-laki selangkah demi selangkah

Gaya rambut ini cukup mirip dengan contoh sebelumnya tetapi sedikit lebih panjang. Salah satu ciri umum dari rambut ini adalah bahwa bagian yang menutupi mata sering tersapu ke samping dengan satu potongan besar turun di tengah wajah hingga di sekitar ujung hidung.

Mulailah menggambar dengan garis besar kepala dan garis rambut.

Langkah 1 - Gambar Bagian Depan Rambut Panjang Sedang

Anime gambar depan rambut pria panjang menengah

Mulailah menggambar rambut sebenarnya dengan menambahkan bagian yang turun di tengah wajah. Ini bisa dimulai dari sekitar bagian atas kepala dan turun ke sekitar ujung hidung (jika terlihat). Gambarkan bagian ini sebagai dua gumpalan gabungan yang melengkung ke arah berlawanan yang membentuk sedikit bentuk "x" di dekat bagian bawah saat mereka tumpang tindih. Anda juga bisa menarik beberapa belahan kecil ke setiap rumpun untuk membuat rambut terlihat sedikit lebih alami.

Langkah 2 - Gambar Sisi Rambut Panjang Sedang

Anime gambar sisi rambut laki-laki menengah panjang

Tambahkan bagian samping rambut sebagai dua bentuk lengkung besar yang agak “memeluk” kepala dan membelah menjadi gumpalan kecil di ujungnya.

Meskipun sebenarnya “rambut samping” ini juga menjambak bagian depan rambut, masih lebih mudah untuk membaginya seperti yang ditunjukkan dalam contoh.

Langkah 3 - Gambar Bagian Atas / Belakang Rambut Panjang Sedang

Anime rambut laki-laki panjang menengah kembali dan gambar atas

Terakhir gambar bagian belakang / atas rambut. Untuk menunjukkan bahwa itu cukup panjang, sisakan jarak yang cukup antara sebagian besar rumpun di bagian atasnya dengan hanya beberapa rumpun pendek yang menonjol di dekat bagian paling atas.

Langkah 4 - Selesaikan Gambar Garis

Anime gambar garis rambut pria panjang menengah

Setelah selesai dengan gambar garis terang hapus garis rambut / bagian kepala yang ditutupi oleh rambut dan ulangi semuanya dengan goresan yang lebih gelap.

Langkah 5 - Tambahkan Beberapa Shading

Anime gambar rambut laki-laki panjang menengah

Anda juga dapat menambahkan beberapa bayangan dasar seperti yang ditunjukkan di atas.

Menggambar Rambut Anime Pria Disisir

Anime menyisir gambar rambut pria selangkah demi selangkah

Seperti yang tersirat dari judulnya, contoh ini adalah rambut yang terlihat disisir setidaknya sebagian.

Baca Juga: Cara Menggambar Rambut Anime Cewe dalam Tampilan 3/4

Sebelum menggambar rambut, gambar kepala dan garis rambut seperti yang ditunjukkan di atas.

Langkah 1 - Gambar Bagian Depan Rambut Tersisir

Gambar depan rambut pria disisir anime

Bagian depan rambut akan menjadi bagian yang menunjukkan bahwa ia telah “disisir”. Posisikan agak jauh di bawah garis rambut karena rambut akan membutuhkan sedikit panjang untuk disisir seperti ini. Gambarlah "rambut depan" dalam rumpun berukuran sedang yang semuanya "disapu" ke satu sisi. Pada saat yang sama cobalah menggambar setiap gumpalan dengan menunjuk ke arah yang sedikit berbeda sehingga rambut terlihat lebih alami.

Langkah 2 - Gambar Sisi Rambut Tersisir

Anime menyisir gambar sisi rambut pria

Agar rambut tidak terlihat terlalu rapi Anda bisa menggambar sisi-sisinya sedikit berantakan seperti pada contoh di atas. Jika Anda benar-benar ingin tampilan yang lebih rapi, Anda dapat menggambarnya lebih seperti rambut dalam "contoh panjang sedang".

Biasanya semakin sedikit gumpalan yang Anda gambar dan semakin banyak gumpalan yang mengarah ke arah yang sama, semakin rapi rambut atau bagian rambut tersebut. Menggambar lebih banyak gumpalan yang mengarah ke arah yang berbeda biasanya akan membuat tampilan menjadi lebih berantakan.

Langkah 3 - Gambar Bagian Atas / Belakang Rambut Tersisir

Anime menyisir rambut laki-laki ke belakang dan gambar atas

Tambahkan bagian belakang / atas rambut dalam dua lekukan utama dari satu sisi atas kepala. Bentuk keseluruhannya harus agak memeluk kepala / wajah semakin dekat ke bawah. Anda juga bisa menambahkan beberapa gumpalan kecil di bagian paling bawah dan sedikit di atas telinga.

Sekali lagi gumpalan ini akan menghilangkan sedikit dari tampilan "rapi" tetapi akan membuat rambut tampak sedikit lebih alami.

Langkah 4 - Selesaikan Gambar Garis

Anime menyisir gambar garis rambut pria

Hapus garis rambut dan bagian kepala yang tertutup rambut. Setelah itu pergi ke gambar garis terang dengan garis yang lebih gelap.

Langkah 5 - Tambahkan Beberapa Shading

Gambar rambut pria disisir anime

Anda juga dapat menerapkan beberapa bayangan dasar pada rambut agar sedikit lebih menonjol seperti yang ditunjukkan di atas.

Menggambar Rambut Anime Pria Disisir Kebelakang

Anime menyisir kembali gambar rambut pria selangkah demi selangkah

Untuk rambut bagian belakang yang disisir, garis rambut sangat penting karena dapat terlihat sepenuhnya.

Mulailah menggambar dengan terlebih dahulu menguraikan bentuk kepala dan menempatkan garis rambut.

Langkah 1 - Gambar Bagian Depan Rambut Bagian Belakang yang Disisir

Anime menyisir kembali gambar depan rambut pria

Gambarlah bagian depan dari rambut belakang yang disisir sebagai bentuk “seperti gigi” kecil yang membentang di sepanjang garis rambut. Anda mungkin memperhatikan bahwa ini sedikit berbeda dari "potongan rambut" di mana Anda bisa menggunakan garis rambut itu sendiri sebagai "bagian depan rambut". Alasan untuk menggambar "gigi" adalah karena rambut dalam contoh ini lebih panjang dan gigi ini beserta sisanya akan membantu menciptakan tampilan helai rambut yang ditarik ke belakang.

Langkah 2 - Gambar Sisi Rambut Bagian Belakang yang Disisir

Anime menyisir kembali gambar sisi rambut laki-laki

Untuk sisi rambut, Anda dapat menelusuri garis rambut dan menghubungkannya ke "gigi" di bagian depan.

Langkah 3 - Gambar Bagian Atas / Belakang Rambut Bagian Belakang yang Disisir

Anime menyisir rambut laki-laki ke belakang dan gambar atas

Bagian belakang / atas dalam hal ini agak rumit karena rambut yang telah disisir ke belakang seperti ini cenderung akan menimbulkan segala macam tonjolan dan gumpalan kecil.

Saat menggambar tonjolan ini coba posisikan dengan cara di mana bentuk gabungannya masih memiliki aliran yang konsisten. Artinya Anda tidak mendapatkan satu bagian yang sangat dekat dengan kepala dan yang sangat jauh darinya. Harus ada transisi bertahap di mana benjolan dan gumpalan lebih dekat ke kepala di sekitar telinga dan lebih jauh darinya di bagian atas.

Coba dan buat “tonjolan rambut” di sekitar area atas kepala agak acak dengan beberapa bentuk lebih besar dan lainnya jauh lebih kecil tetapi jaga agar tonjolan di atas telinga umumnya kecil.

Gambarkan juga beberapa gumpalan runcing di antara tonjolan. Anda bisa menggambar sebagian besar dengan sedikit "gelombang".

Langkah 4 - Selesaikan Gambar Garis

Anime menyisir kembali gambar garis rambut pria

Untuk langkah ini pertama-tama hapus garis rambut dan bagian kepala yang tertutup rambut. Selanjutnya gambarlah beberapa garis melengkung (atau seperti gelombang) di antara tonjolan / gumpalan rambut di bagian belakang / atas dan "gigi" di bagian depan.

Anda juga bisa menambahkan gumpalan kecil rambut (atau sepasang gumpalan) yang menggantung di sekitar tengah atas garis rambut seperti yang ditunjukkan pada contoh. Cukup hapus sebagian dari garis rambut dan tambahkan.

Setelah Anda menyelesaikan gambar garis, lanjutkan dengan goresan yang lebih gelap.

Langkah 5 - Tambahkan Beberapa Shading

Anime menyisir kembali gambar rambut pria

Akhirnya Anda bisa menambahkan beberapa bayangan dasar pada rambut seperti yang ditunjukkan di atas.

Menggambar Rambut Anime Pria Panjang

Anime menggambar rambut pria panjang selangkah demi selangkah

Beberapa gaya rambut pria panjang bisa digambar hampir sama dengan wanita. Namun rambut panjang yang disisir ke belakang seperti pada contoh ini cenderung umum pada laki-laki.

Gambarlah kepala dan garis rambut sebelum memulai rambut.

Langkah 1 - Gambar Bagian Depan Rambut Panjang

Anime gambar depan rambut pria panjang

Mirip dengan contoh sebelumnya dari "rambut disisir ke belakang", gambarlah bentuk "gigi seperti" kecil di sepanjang garis rambut untuk bagian depannya. Dalam hal ini gigi akan menjadi sedikit lebih kecil dan lebih banyak dari pada contoh sebelumnya.

Langkah 2 - Gambar Sisi Rambut Panjang

Gambar depan dan samping rambut panjang pria anime

Sekali lagi, mirip dengan contoh sebelumnya dari rambut "disisir ke belakang", gambar bagian samping cukup banyak dengan menelusuri garis rambut dan bergabung dengan "gigi".

Langkah 3 - Gambar Bagian Atas / Belakang Rambut Panjang

Anime rambut pria panjang kembali dan gambar atas

Gambarkan bagian belakang / atas rambut cukup banyak dengan mengikuti bentuk bagian atas kepala agak jauh darinya. Ini kemudian akan mulai "menyebar" lebih banyak dari sekitar bagian atas telinga.

Di dalam garis bentuk bagian belakang / atas gambar sepasang garis dari telinga ke bahu untuk membantu menentukan volume bagian rambut itu.

Langkah 4 - Selesaikan Gambar Garis

Anime gambar garis rambut pria panjang

Untuk menyelesaikan gambar garis gaya rambut "panjang" pertama-tama hapus garis rambut dan bagian kepala yang tertutup rambut. Selanjutnya Anda dapat menghapus sebagian dari garis rambut dan menggambar gumpalan besar rambut yang menggantung di sepanjang bagian tengah wajah. Ini opsional tetapi dapat membuat gaya rambut terlihat sedikit lebih menarik.

Setelah itu gambar beberapa garis lengkung di sepanjang bagian atas dan samping rambut dari bentuk luar ke garis rambut. Ini akan membuat sedikit helai rambut.

Anda juga bisa menggambar beberapa garis bergelombang di sekitar bagian bawah rambut untuk menunjukkan lipatan rambut yang biasanya terbentuk di area tersebut.

Langkah 5 - Tambahkan Beberapa Shading

Anime gambar rambut pria panjang

Untuk menyelesaikannya Anda dapat menambahkan beberapa arsiran dasar seperti yang ditunjukkan pada contoh di atas.

Menggambar Rambut Anime Pria "Satu Mata Tertutup"

Rambut pria anime di atas satu gambar mata selangkah demi selangkah

Dalam gaya ini "keseimbangan" rambut bergeser ke satu sisi kepala yang menutupi satu mata.

Sebelum menggambar rambut, buat garis besar kepala dan garis rambut.

Langkah 1 - Gambarkan Bagian Depan Rambut "Di Atas Satu Mata"

Rambut pria anime di atas gambar depan satu mata

Seperti yang diharapkan, bagian depan gaya rambut ini akan sangat besar dan panjang. Anda dapat menganggap semuanya sebagai dibagi menjadi dua kelompok utama gumpalan dengan satu lebih kecil dan satu lebih besar (menutupi mata). Anda dapat menggambar perpecahan ini mulai dari sekitar bagian atas kepala.

Gambarkan gumpalan di "sisi tertutup" yang umumnya lebih besar dan turun sedikit lebih jauh (sedikit di bawah telinga) daripada di sisi wajah yang terbuka.

Langkah 2 - Gambar Sisi Rambut "Di Atas Satu Mata"

Rambut pria anime di atas satu sisi mata menggambar

Sebenarnya tidak banyak gumpalan "rambut samping" dalam gaya rambut khusus ini karena cukup banyak menyatu dengan bagian depan. Gambarkan mereka sebagai semacam ekstensi dari sisi "rambut depan" mereka.

Langkah 3 - Gambarkan Bagian Atas / Belakang Rambut "Di Atas Satu Mata"

Rambut pria anime di atas satu mata kembali dan gambar atas

Gambarlah bagian belakang / atas rambut yang memeluk kepala (agak jauh darinya). Anda dapat menggambar beberapa gumpalan kecil ke dalam bentuk utamanya di sekitar area atas dan samping.

Gambarlah bagian paling bawah rambut (di bawah telinga) dalam gumpalan besar dan cukup panjang. Ini akan membantu memberikan tampilan yang sedikit lebih berantakan / menempel.

Langkah 4 - Selesaikan Gambar Garis

Rambut pria anime lebih dari satu gambar garis mata

Untuk menyelesaikan gambar garis, pertama hapus garis rambut dan bagian kepala yang ditutupi oleh rambut dan kemudian telusuri gambar Anda dengan garis-garis gelap.

Langkah 5 - Tambahkan Beberapa Shading

Rambut pria anime lebih dari satu gambar mata

Anda secara opsional dapat menambahkan beberapa bayangan yang sangat dasar seperti yang ditunjukkan di atas.

Menggambar Rambut Anime Pria "Runcing"

Gambar rambut pria runcing anime selangkah demi selangkah

Gaya rambut "spiky" ini berbentuk sedikit seperti nyala api dan terkadang digunakan untuk menekankan kepribadian karakter "berapi-api".

Mulailah menggambar dengan terlebih dahulu menguraikan kepala dan garis rambut seperti yang ditunjukkan pada langkah pertama di atas.

Langkah 1 - Gambar Bagian Depan Rambut Runcing

Gambar depan rambut pria runcing anime

Gambarlah bagian depan rambut dengan gumpalan yang cukup kecil yang dimulai di sekitar ujung tengah garis rambut dan turun ke samping.

Langkah 2 - Gambar Sisi Rambut Runcing

Gambar sisi rambut pria runcing anime

Gambarlah "rambut samping" hanya dengan beberapa gumpalan kecil.

Langkah 3 - Gambar Bagian Atas / Belakang Rambut Runcing

Anime rambut pria runcing belakang dan gambar atas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bagian belakang / atas model rambut ini akan memiliki bentuk gabungan yang menyerupai nyala api.

Untuk membuat bentuk nyala api, gambarkan gumpalan rambut lebih kecil dan lebih pendek mulai dari atas telinga dan menjadi lebih besar dan lebih panjang secara umum saat naik ke atas kepala.

Gumpalan juga harus berangsur-angsur menjauh dari kepala dan mengarah ke atas semakin jauh Anda menggambarnya. Pada saat yang sama tetap mencoba dan mengacak ukuran dan arah setiap rumpun.

Langkah 4 - Selesaikan Gambar Garis

Anime gambar garis rambut pria runcing

Selesaikan gambar garis dengan terlebih dahulu menghapus garis rambut dan bagian kepala yang tertutup rambut. Setelah itu lanjutkan dengan garis yang lebih gelap.

Langkah 5 - Tambahkan Beberapa Shading

Gambar rambut pria runcing anime

Anda juga dapat menambahkan bayangan yang sangat sederhana seperti yang ditunjukkan pada contoh di atas.

Baca Juga: Cara Menggambar Rambut Anime Dan Manga Untuk Karakter Cewe

Kesimpulan

Tutorial ini menunjukkan cara menggambar beberapa gaya rambut pria yang lebih umum terlihat di anime dan manga. Tentu saja ada lebih banyak lagi tetapi sulit untuk membahas terlalu banyak dalam satu panduan.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment