j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Cara Menggambar Mawar Langkah demi Langkah

Tutorial langkah demi langkah ini menunjukkan cara menggambar mawar. Fokusnya adalah pada gaya anime dan manga tetapi sebagian besar tip dan contoh gambar juga dapat diterapkan pada seni tradisional.

Gambar mawar selangkah demi selangkah

Mawar adalah bunga yang cukup umum di anime dan manga. Mereka dapat digunakan untuk pemandangan latar belakang, sebagai bagian dari pakaian karakter dan dalam berbagai adegan dan efek romantis. Namun karena kerumitannya seperti bentuk kelopaknya yang tidak beraturan, mawar bisa sangat sulit untuk digambar.

Tutorial ini memberikan pendekatan menggambar yang dimulai dengan bentuk sederhana yang kemudian Anda gunakan untuk membuat bentuk mawar yang lebih kompleks

Harap dicatat bahwa kecuali Anda menggambar secara digital, Anda harus membuat garis pensil yang sangat tipis sampai tahap akhir tutorial.

Langkah 1 - Buat Gambar Konstruksi Bunga Mawar

Gambar konstruksi mawar

Jika dilihat dari bentuk keseluruhan bunga mawar yang tidak terbuka penuh cenderung mirip dengan gelas wine. Anda akan ingin membuat sketsa garis tipis dari bentuk ini tetapi sebelum Anda melakukannya gambarlah sepasang garis bantu. Pertama buat garis vertikal di tengah area gambar Anda untuk membantu memastikan bahwa kedua bagian "kaca" itu rata. Selanjutnya gambar garis horizontal untuk membantu Anda menempatkan oval di atas.

Buatlah bentuk “kaca” dengan bagian bawah yang membulat semakin menyempit ke arah atas lalu melengkung ke luar menjauhi garis tengah. Selanjutnya tambahkan bentuk oval yang pada dasarnya akan menjadi bukaan kaca.

Umumnya "tinggi" oval ini akan ditentukan oleh "ketinggian mata". Jika misalnya Anda ingin menggambar mawar secara langsung pada tingkat mata pengamat, bagian atasnya akan menjadi garis lurus dan jika Anda akan melihat mawar dari sangat tinggi, oval akan menyerupai lingkaran.

Dalam hal ini kita akan menggambar mawar sedikit di bawah permukaan mata.

Langkah 2 - Gambar Batang & Daun

Gambar konstruksi mawar penuh

Setelah Anda membuat gambar konstruksi bunga tambahkan batang dan daun. Karena ini adalah bentuk yang cukup sederhana, Anda dapat menggambar garis luarnya seperti yang akan terlihat pada gambar akhir.

Umumnya batang mawar cenderung membengkok ke arah bagian tempat tumbuh daunnya. Dalam hal ini hanya ada satu set daun jadi hanya ada satu lekukan. Batangnya juga akan tampak lebih tebal di dekat bunga, bagian ini disebut wadah. Pastikan juga untuk menambahkannya dalam gambar Anda.

Setelah Anda menyelesaikan batang, tambahkan daun dalam kelompok tiga (cara daun mawar cenderung tumbuh). Anda dapat menggambar setiap daun hanya dengan dua garis lengkung.

Juga harap dicatat bahwa jika Anda hanya ingin menggambar bagian bunga mawar, Anda dapat meninggalkan sebagian besar batang dan daunnya.

Langkah 3 - Tambahkan Kelopak Depan & Sepal

Kelopak depan mawar menggambar langkah demi langkah

Contoh ini menunjukkan garis-garis gelap pada kelopak bunga agar Anda lebih mudah membedakannya dari garis konstruksi. Namun Anda harus terus membuat garis tipis jika menggunakan pensil dan kertas.

Mulailah menggambar kelopak mawar dengan terlebih dahulu menambahkan "sisi depan" mereka (menghadap ke arah penonton). Gambarlah ini dari kelopak yang lebih besar di bagian bawah menuju yang lebih kecil di bagian atas.

Mungkin juga berguna untuk diingat bahwa kelopak pada dasarnya bertumpuk di dalam satu sama lain dan cenderung bergantian seperti kepang.

Pada tahap ini, tinggalkan lengkungan dan lengkungan kecil yang biasanya dimiliki bunga mawar. Ini akan ditambahkan di langkah selanjutnya.

Gambar kelopak mawar depan

Anda dapat melihat contoh besar gambar kelopak depan di atas.

Gambar sepal mawar depan

Gambarlah kumpulan sepal "depan" (daun kecil di bagian bawah bunga) dengan ujung runcing melengkung sedikit ke bawah. Anda dapat menggambar dua di antaranya mengarah ke samping dengan satu lagi mengarah ke penonton.

Langkah 3 - Gambarkan Back Petals & Sepal

Kelopak mawar kembali menggambar langkah demi langkah

Sekarang tambahkan set kelopak berikutnya. Gambarlah ini dimulai dengan kelopak tengah yang lebih kecil dan ke arah luar. Coba dan gambarlah keseluruhan bentuk kelopak untuk menyortir mengelilingi bentuk "gelas anggur". Gunakan oval untuk membantu Anda.

Gambar sepal mawar

Anda dapat melihat contoh besar gambar dengan semua kelopak di atas.

Gambar sepal mawar kembali

Gambarlah dua lagi sepal di latar belakang dengan masing-masing di antara sepal depan dan samping.

Langkah 5 - Gambar Kelopak Luar

Gambar kelopak luar mawar

Tambahkan kelopak bunga lagi ke sisi mawar. Ini akan membantu membuat mawar terlihat lebih alami daripada menempel pada garis konstruksi. Gambarlah semacam ini mengikuti bentuk luar dari "gelas anggur" tetapi miringkan bentuknya saat mereka bertransisi ke atas.

Langkah 6 - Tambahkan "Frills"

Gambar detail kelopak mawar

Ciri yang sangat khas dari kelopak mawar adalah yang cenderung memiliki lengkungan kecil “bergelombang” di sekitar tepinya. Semacam embel-embel yang bisa ditemukan di tepi beberapa pakaian kuno.

Langkah 7 - Selesaikan Gambar Garis Bunga

Gambar garis bunga mawar

Untuk membuat mawar terlihat lebih alami, tambahkan beberapa lengkungan dan lekukan yang lebih kecil ke tepi kelopak.

Jika Anda hanya ingin menggambar bunga, maka pada titik ini Anda dapat melanjutkan gambar Anda dengan garis yang lebih gelap. Jika menggambar di atas kertas Anda bisa menggunakan pulpen hitam atau spidol tapi hati-hati jangan sampai membuat kesalahan. Jika Anda khawatir cukup gelapkan garis dengan pensil.

Jika Anda ingin menggambar sisa mawar, gelapkan garis tepi setelah Anda menyelesaikan keseluruhan gambar.

Langkah 8 - Gambarkan Detail Daun

Gambar daun mawar daun

Harap dicatat bahwa jika Anda akan mewarnai mawar maka Anda ingin menggambarnya dengan warna segera atau membuat sketsa yang sangat tipis yang pada dasarnya tidak akan terlihat saat Anda mewarnai gambarnya. Anda dapat melihat daun berwarna di langkah terakhir tutorial.

Gambar garis daun mawar

Sama seperti tangkai daun, gambar urat berwarna segera jika Anda ingin mewarnai mawar atau membuatnya sangat terang.

Langkah 9 - Selesaikan Gambar Garis Mawar Penuh

Gambar garis mawar penuh

Seperti yang telah disebutkan, lanjutkan gambar Anda dengan garis yang lebih gelap untuk menyelesaikan tahap menggambar garis dari tutorial. Sekali lagi harap dicatat bahwa jika Anda akan mewarnai mawar maka jangan membuat garis gelap untuk detail bagian dalam daun.

Langkah 10 - Terapkan Warna

Gambar warna bunga mawar

Untuk langkah ini isi bunga mawar dengan warna merah dan batang dengan warna hijau.

Gambar warna mawar penuh

Buatlah bagian tangkai daun dan urat di dalam daun sama hijau dengan batangnya. Warnai sisa daun dengan warna hijau tua.

Gambar daun mawar

Anda dapat melihat gambar warna daun dari dekat sebagai referensi.

Langkah 11 - Terapkan Shading

Gambar mawar

Jika Anda ingin menaungi mawar dalam gaya anime, Anda dapat menggunakan apa yang dikenal sebagai bayangan "Cel". Anda mungkin sudah tidak asing lagi jika Anda telah melihat beberapa tutorial lainnya di Anidraw.

Untuk menaungi mawar sedemikian rupa, cukup aplikasikan warna merah yang lebih gelap untuk area yang diarsir. Terapkan bayangan tanpa gradien, hanya garis keras antara area terang dan gelap.

Meneduhi Bunga

Area di mana bayangan diterapkan akan didasarkan pada jenis pencahayaan tempat mawar berada. Dalam hal ini kita akan membuat bayangan seolah-olah cahaya datang dari area kiri atas gambar.

Ini berarti bayangan umumnya berada di sepanjang sisi bawah dan kanan bunga serta di sisi kiri kelopak dalam.

Meneduhi Sepal

Bayangkan sepal belakang dan sepal di sebelah kanan berwarna hijau tua yang digunakan untuk daun. Bayangkan sebagian sepal tengah / depan dengan bayangan pada kelopak bunga.

Gambar mawar penuh

Meneduhi Batang

Bagian atas batang akan memiliki bayangan besar di atasnya oleh bunga / sepal diikuti oleh bayangan di sisi kanannya (yang menghadap jauh dari cahaya).

Meneduhi Daun

Anda dapat mempertahankan daunnya seperti pada langkah sebelumnya karena daunnya agak menjauh dari cahaya dan harus berwarna hijau tua.

Kesimpulan

Mawar bisa menjadi bunga yang sangat sulit untuk digambar bahkan dalam gaya anime / manga yang disederhanakan. Memulai dengan gambar konstruksi dan kemudian membangun mawar di sekitarnya dalam beberapa langkah benar-benar dapat membantu menertibkan apa yang mungkin tampak seperti kumpulan kelopak yang membingungkan.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment