j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Cara Menggambar Cuaca Anime (Salju, Hujan & Angin)

Cara Menggambar Cuaca  - Tutorial ini menunjukkan cara menggambar salju, hujan, dan angin gaya anime dan manga. Masing-masing dipecah menjadi penjelasan langkah demi langkah.

Menggambar efek cuaca anime

Berbagai efek cuaca sangat umum dan sangat penting untuk anime dan manga. Mereka dapat membantu menciptakan adegan tertentu, mengatur suasana hati tertentu, atau menunjukkan musim apa itu.

Baca Juga: Cara Menggambar Sepatu Anime

Tutorial ini menunjukkan beberapa trik yang dapat Anda gunakan untuk menggambar pemandangan yang tampak lebih baik menggunakan efek cuaca dan menyarankan jenis pemandangan apa yang mungkin Anda inginkan untuk digunakan.

Bagaimana Menggambar Anime Snow Langkah demi Langkah

anime menggambar salju selangkah demi selangkah

Salju mungkin adalah efek termudah dalam tutorial ini. Kepingan salju besar yang jatuh lambat seperti yang ada dalam contoh ini sangat umum dalam pemandangan yang mengatur suasana liburan atau romantis.

Langkah 1 - Gambar Kepingan Salju Terbesar

Gambar kepingan salju latar depan anime

Mulailah dengan pertama menggambar kepingan salju berukuran lebih besar dan sedang yang mendistribusikannya melalui area gambar. Bentuk yang Anda gambar untuk ini bisa cukup acak tetapi cobalah dan jaga agar tetap halus tanpa tepi bergerigi.

Ini akan menjadi kepingan salju "latar depan". Artinya mereka akan lebih besar karena lebih dekat ke penonton. Alasan mengapa ini penting akan dijelaskan nanti di tutorial.

Langkah 2 - Tambahkan Lebih Banyak Kepingan Salju Berukuran Sedang

Gambar kepingan salju anime

Tambahkan beberapa serpihan salju berukuran sedang ke gambar untuk mengisi latar depan. Gambarkan beberapa di antaranya dalam kelompok kecil di sekitar serpihan yang lebih besar dan beberapa di berbagai tempat sendiri. Tujuannya adalah untuk mencoba dan membuat salju yang turun terlihat alami jadi cobalah dan hindari menggambar kepingan salju yang jarak / ukuran / bentuknya terlalu merata.

Langkah 3 - Gambarkan Latar Belakang Kepingan Salju

Menggambar anime salju

Terakhir gambarlah beberapa kepingan salju yang sangat kecil untuk mengisi area kosong di antara yang lebih besar. Ini akan menjadi kepingan salju "latar belakang".

Menggambar Karakter dalam Pemandangan Salju

Gadis anime dalam gambar salju

Sekarang jika Anda ingin menggambar karakter yang sebenarnya dengan pemandangan salju turun (menggambarnya sebelum salju) seperti pada contoh di atas, kepingan salju latar depan / latar belakang menjadi sedikit lebih penting. Anda akan ingin menggambar kepingan salju yang lebih besar dari dua langkah pertama di depan karakter sementara kepingan salju latar belakang kecil harus disembunyikan di belakangnya. Ini akan memberi kedalaman pada gambar Anda.

Baca Juga: Cara Menggambar Topi Anime & Headwear

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah umumnya Anda ingin menggambar salju yang turun pada latar belakang yang lebih gelap dan membuat kepingan salju putih tanpa garis gelap di sekitarnya. Anda dapat membuat garis luar kepingan salju saat pertama kali menggambarnya, tetapi kemudian cukup memadukan garis tepi ke latar belakang saat Anda membuat bayangan atau mewarnai di sekitarnya. Jika Anda menggambar secara digital, gambar saja kepingan salju di atas pemandangan. Anda juga dapat melakukan ini sebagai alternatif pada kertas dengan cat putih tidak transparan atau pena koreksi putih.

Bagaimana Menggambar Anime Rain Langkah demi Langkah

anime menggambar hujan selangkah demi selangkah

Menggambar hujan agak mirip dengan contoh menggambar salju sebelumnya tetapi dengan beberapa perbedaan kecil.

Hujan deras di anime dan manga sering digunakan untuk membuat adegan yang lebih dramatis. Ini bisa menjadi positif dan negatif. Misalnya, karakter berjalan sendirian di tengah hujan setelah sesuatu yang buruk terjadi atau pengakuan yang dramatis.

Langkah 1 - Gambarlah Tetesan Hujan Latar Depan

Gambar hujan latar depan anime

Mulailah dengan menggambar tetesan hujan berukuran lebih besar hingga sedang dan mendistribusikannya secara merata ke seluruh area gambar. Gambarkan sebagian besar tetesan sedikit lebih "berat bagian bawah" dengan atasan yang lebih sempit. Buat beberapa tetes cukup panjang dan yang lainnya lebih pendek. Mirip dengan salju, ini akan menjadi tetesan "latar depan".

Langkah 2 - Tambahkan Lebih Banyak Tetesan Hujan Berukuran Sedang

Hujan anime menggambar

Gambarkan beberapa tetes yang berukuran lebih kecil / lebih pendek. Juga gambarlah beberapa tetes yang dipecah menjadi beberapa bagian untuk memberi mereka lebih banyak variasi.

Langkah 3 - Gambarlah Background Raindrops

Gambar hujan anime

Untuk menyelesaikan gambar hujan, tambahkan tetesan hujan "latar belakang" sebagai garis sederhana dengan panjang yang bervariasi.

Perlu juga dicatat bahwa cukup sering hujan di anime dan manga digambar seluruhnya hanya dengan satu garis untuk setiap tetes. Ini juga merupakan opsi yang dapat Anda gunakan jika Anda mau. Namun demikian dalam pemandangan close up seperti di bawah ini, tetesan hujan yang lebih detail biasanya akan membuat gambar tampak lebih baik.

Menggambar Karakter di Hujan

Gadis anime dalam gambar hujan

Jika Anda ingin menggambar karakter anime / manga di tengah hujan, maka gambarlah sebelum tetesan. Mirip dengan contoh salju, tetesan hujan latar belakang kecil harus disembunyikan di belakangnya. Anda dapat menggambar tetesan yang lebih besar yang benar-benar mengenai karakter dan membuat sedikit percikan seperti yang ditunjukkan di atas.

Seperti kepingan salju, tetesan hujan cenderung terlihat lebih baik digambar dengan warna putih pada latar belakang gelap. Tidak seperti kepingan salju, Anda dapat menggambar tetesan hujan besar hanya dengan garis luar putih tanpa perlu mengisi semuanya.

Jika Anda menggambar menggunakan pensil dan kertas, akan menjadi terlalu banyak pekerjaan untuk membuat bayangan di sekitar garis tepi setiap tetesan jadi gambarlah dengan garis gelap atau dapatkan pena koreksi putih dan tambahkan di atas gambar pensil Anda.

Bagaimana Menggambar Anime Wind Langkah demi Langkah

anime menggambar angin selangkah demi selangkah

Angin mungkin sedikit lebih kompleks untuk "diperlihatkan" dibandingkan dengan hujan dan salju. Karena Anda tidak dapat benar-benar melihatnya, Anda harus menambahkan beberapa jenis objek ke dalam pemandangan yang sedang ditiup untuk menunjukkannya. Ini bisa apa saja kecuali daun, kelopak, kertas atau bulu yang cukup umum.

Angin memiliki banyak aplikasi di anime dan manga. Beberapa adegan bisa menjadi dramatis seperti karakter yang berusaha berjalan melawannya di badai salju lebat. Beberapa bisa menjadi romantis seperti bunga sakura di angin musim semi.

Contoh dalam tutorial ini lebih berlaku untuk yang terakhir.

Langkah 1 - Gambarkan Arus Angin Depan

Garis aliran angin anime latar depan

Untuk membuatnya lebih terlihat seperti angin dan tidak hanya seperti daun atau kelopak bunga yang berguguran, gambarlah benda-benda di sepanjang jalur atau aliran angin. Anda dapat membuat beberapa garis tipis yang mirip dengan contoh untuk membantu memandu dan menggambar daun / kelopak di atasnya atau hanya membayangkannya di kepala Anda.

Anime daun angin latar depan menggambar

Demi tutorial ini kita akan menggambar beberapa objek yang tampak agak abstrak yang bisa berupa kelopak atau daun.

Mulailah dengan menggambar latar depan dan / atau daun latar belakang yang lebih dekat. Pada dasarnya, gambarlah aliran angin yang lebih besar terlebih dahulu.

Langkah 2 - Gambarkan Arus Jauh Kembali Angin

Garis aliran angin anime tengah

Tambahkan lebih banyak garis untuk lebih banyak aliran angin yang akan lebih jauh di latar belakang.

Anime angin daun menggambar

Gambarkan juga daun / kelopak belakang yang jauh di sepanjang itu juga.

Langkah 3- Gambar Aliran Angin Latar Belakang

Garis aliran angin anime

Terakhir, tambahkan aliran angin paling belakang. Anda dapat kembali menggambarnya terlebih dahulu dengan garis-garis seperti pada contoh.

Menggambar angin anime

Semua daun harus memiliki ukuran yang sedikit berbeda tetapi daun di latar belakang rata-rata berukuran paling kecil.

Menggambar Karakter di Angin

Gadis anime menggambar angin

Sama seperti hujan dan salju, jika Anda ingin menggambar karakter di angin, Anda harus menggambarnya di depan objek.

Untuk contoh ini hanya aliran daun / kelopak terbesar di depan karakter, yang terbesar kedua tepat di belakangnya. Sisanya lebih jauh di latar belakang.

Dengan tambahan karakter rambut yang juga melambai tertiup angin, gambar di atas benar-benar menyampaikan gagasan bahwa ini sebenarnya adalah angin yang bertiup dan bukan hanya daun / kelopak yang berjatuhan.

Baca Juga: Cara Menggambar Katana

Kesimpulan

Efek cuaca seperti salju, hujan, dan angin sangat umum terjadi di anime dan manga. Mereka juga tidak terlalu sulit untuk digambar meskipun mungkin memakan waktu sedikit tergantung pada jumlah detail yang ingin Anda masukkan ke dalam menggambar setiap kepingan salju / tetesan hujan / daun / kelopak, dll… Semoga Anda menikmati tutorial ini.

Related Posts

Related Posts