j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Cara Menggambar Wajah Anime Realistis Langkah demi Langkah

Tutorial langkah demi langkah ini menunjukkan cara menggambar wajah anime wanita yang tampak semi-realistis yang berbeda dari gaya anime yang lebih tradisional.

Gambar wajah anime realistis selangkah demi selangkah

Menggambar wajah anime yang tampak realistis sedikit lebih menantang daripada menggambar wajah gaya anime atau manga "standar". Meskipun proses menggambarnya sendiri tidak jauh lebih sulit, tantangannya adalah menyeimbangkan antara fitur wajah semi-realistis dan mempertahankan tampilan anime.

Untuk membantu tantangan itu, tutorial ini memberikan perincian rinci dari proses menggambar. Ini mencakup penjelasan tentang cara menggambar kepala dan masing-masing fitur wajah utama untuk mendapatkan tampilan yang lebih "realistis".

Pastikan untuk membuat garis tipis untuk tahap awal gambar agar Anda dapat dengan mudah menghapus bagian-bagiannya nanti. Garis-garis pada contoh berwarna gelap sehingga Anda dapat melihatnya. Anda bisa mengulang gambar Anda dengan garis yang lebih gelap setelah Anda yakin semuanya berada di tempat yang benar dan setelah Anda menghapus semua garis panduan dan bagian wajah yang akan disembunyikan oleh rambut.

Langkah 1 - Menggambar Kepala Anime Tampak Semi-Realistis

Gambar kepala anime yang realistis

Karakter anime umumnya memiliki wajah yang cukup bulat. Bagian bawah wajah anime biasanya digambar dengan dua set garis utama, satu turun dari atas kepala ke sekitar area mulut dan satu lagi dari sana ke dagu. Dagu itu sendiri cenderung ditarik benar-benar lancip atau dengan lekukan kecil.

Untuk tampilan anime yang terlihat lebih realistis, gambar kepalanya dengan cara yang hampir sama tetapi dengan dagu yang lebih datar dan lebih lebar (lebih dekat ke dagu asli). Anda juga bisa membuat kepala sedikit "lebih tinggi" (lebih panjang secara vertikal).

Mulailah menggambar dengan garis vertikal untuk membantu Anda memastikan kedua bagian wajah rata. Selanjutnya Anda dapat menggambar bentuk bulat untuk bagian atas kepala dan memproyeksikan garis bagian bawah kepala seperti yang telah dijelaskan.

Langkah 2 - Menggambar Mata

Gambar mata anime realistis

Posisikan mata sama seperti yang Anda lakukan untuk karakter anime yang terlihat lebih tradisional (seperti yang disarankan dalam tutorial lain di AnimeOutline). Untuk melakukan ini dengan menggambar garis horizontal melalui tengah wajah dan menggambar mata di bawah garis itu. Beri jarak pada mata sehingga Anda bisa memasukkan mata lain di antara keduanya.

Gambarlah mata secara vertikal lebih sempit dari mata anime umum tetapi lebih besar dari mata asli. Buatlah iris membulat (iris anime dan pupil sering kali direntangkan secara vertikal).

Anda dapat membiarkan detail mata yang lebih kecil seperti pantulan pupil dan bulu mata untuk nanti setelah Anda memastikan bahwa semua fitur wajah lainnya ditempatkan dengan benar.

Langkah 3 - Menggambar Hidung Semi-Realistis

Gambar hidung anime yang realistis

Meskipun hidung anime tradisional sering kali hanya digambar dengan titik (di tampilan depan) untuk tampilan yang lebih realistis, Anda dapat menggambar hidung yang bentuk dan proporsinya lebih dekat dengan yang asli.

Posisikan hidung seperti yang Anda lakukan untuk karakter anime yang terlihat tradisional dengan bagian bawah hidung berada di antara dagu dan titik tengah horizontal melalui wajah. (sekali lagi sama seperti tutorial lain di sini di Anidraw).

Seluruh gambar hidung yang tampak lebih realistis dapat dipecah menjadi berbagai kurva. Gambarkan dua lekukan kecil untuk lubang hidung, dua lekukan lagi untuk memberi petunjuk pada sisi hidung. Pasang ujung hidung dengan satu lekukan kecil dan terakhir tunjukkan pangkal hidung dengan satu garis lengkung yang cukup panjang. Pastikan untuk hanya menggambar garis terakhir di satu sisi hidung. gambar Anda akan terlihat aneh jika Anda menambahkannya di kedua sisi.

Langkah 4 - Menggambar Telinga

Gambar telinga anime yang realistis

Gambarlah telinga seperti yang Anda lakukan pada kebanyakan gaya anime lainnya. Gambarkan bagian atas telinga agar sejajar dengan bagian atas mata dan bagian bawah telinga agar sejajar dengan bagian bawah hidung.

Harap dicatat bahwa telinga dalam tutorial ini pada akhirnya akan sepenuhnya tertutup oleh rambut dan dihapus untuk langkah terakhir jadi menggambarnya adalah opsional.

Langkah 5 - Menggambar Mulut & Bibir

Gambar mulut anime yang realistis

Mulut anime biasanya digambar tanpa bibir tetapi Anda dapat menambahkannya jika Anda ingin mulut yang tampak lebih realistis.

Posisikan mulut dengan bibir bawah di tengah-tengah antara bagian bawah hidung dan bagian bawah dagu.

Gambarkan mulut itu sendiri sebagai kurva dengan jeda di tengah di mana garis-garis itu melengkung sedikit ke bawah. Anda juga bisa menggambarnya lebih lebar dari mulut anime tradisional.

Langkah 6 - Menggambar Rambut Anime Semi-Realistis

Gumpalan rambut anime tradisional vs realistis

Rambut anime umumnya digambar dalam gumpalan runcing. Untuk tampilan rambut yang lebih realistis, Anda masih dapat melihatnya sebagai kumpulan gumpalan tetapi tanpa ujung yang lancip. Alih-alih, biarkan ujung rumpun “terbuka” dan tarik beberapa garis ke dalam bukaan ini untuk memberikan tampilan seperti helai rambut. Ini akan menciptakan rambut yang masih cukup mudah untuk digambar tetapi terlihat lebih realistis.

Rincian gambar rambut anime yang realistis

Untuk lebih memahami cara menggambar rambut, akan sangat membantu jika menganggapnya sebagai rambut yang terbelah menjadi bagian-bagian pohon (seperti yang ditunjukkan pada contoh di atas):

  • Merah - Rambut Depan
  • Hijau - Rambut Samping
  • Biru - Rambut Belakang / Atas

Realistic anime hair basic line drawing

Dengan mengingat hal di atas, mulailah menggambar rambut yang sebenarnya dengan menguraikan bentuk keseluruhannya dan menambahkan rumpun ujung terbuka seperti dijelaskan di atas. Jangan menambahkan pemisahan yang lebih kecil dulu.

Gambar gumpalan rambut anime realistis

Setelah Anda selesai menggambar bentuk utama rambut, Anda kemudian dapat melanjutkan dan menambahkan belahan yang lebih kecil di antara rumpun yang lebih besar untuk memberikan sedikit lebih banyak detail.

Gambar rambut anime realistis

Setelah selesai, Anda harus memiliki gambar yang mirip dengan contoh di atas.

Langkah 7 - Membersihkan Gambar

Gambar garis wajah anime realistis

Untuk langkah singkat ini Anda cukup menghapus bagian kepala dan wajah yang tertutup oleh rambut. Setelah Anda selesai, Anda harus memiliki garis yang bersih dengan semua fitur wajah di tempatnya.

Langkah 8 - Menggambar Detail Kecil Mata

Gambar wajah anime yang realistis

Setelah Anda memiliki gambar garis dasar wajah, Anda dapat melanjutkan dan menambahkan detail kecil pada mata.

Meskipun mata dalam tutorial itu sedikit berbeda dari yang ada di contoh ini, langkah menggambar yang sama masih berlaku. Cukup sesuaikan agar lebih mirip dengan contoh di atas.

Juga disarankan pada awal tutorial ini bahwa Anda harus membuat garis tipis untuk langkah awalnya. Setelah Anda mencapai titik ini, Anda dapat memeriksa gambar Anda dengan garis yang lebih gelap.

Langkah 9 - Menyelesaikan Gambar dengan Menerapkan Shading

Wajah anime realistis menggambar gambar berbayang

Untuk menyelesaikan gambar, Anda dapat menambahkan beberapa bayangan yang sangat mendasar.

Untuk bayangan yang sangat umum tanpa satu sumber cahaya yang jelas menaungi area yang kemungkinan besar memiliki bayangan. Bayangan ini biasanya berupa:

  • Ditarik oleh rambut di daerah dahi
  • Di sekitar kelopak mata
  • Bagian bawah hidung
  • Area atas leher (dicetak oleh kepala)
  • Area bagian dalam / latar belakang rambut

Kesimpulan

Agak sulit untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara anime dan realisme saat mencoba menggambar karakter anime yang tampak semi-realistis. Meskipun tutorial ini menawarkan beberapa garis panduan, tidak ada cara yang pasti untuk menggambar jenis karakter ini. Anda dapat bereksperimen sendiri dengan menambahkan fitur wajah yang lebih realistis atau lebih bergaya dan melihat hasil seperti apa yang Anda dapatkan.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment