j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Cara Menggambar Berbagai Macam Pose Anime

Pose Pada Anime - Tutorial ini menjelaskan dasar-dasar menggambar berbagai pose. Instruksi yang diberikan dapat diterapkan pada anime dan manga atau gaya seni yang lebih tradisional.

Pose anime menggambar

Menggambar karakter anime atau manga dalam pose tertentu bisa jadi sangat menantang. Untuk mempermudah (terutama untuk pemula) tutorial ini menunjukkan contoh dari sudut menggambar yang cukup mudah. Ini juga menunjukkan bagaimana menggunakan manekin seperti karakter untuk mendapatkan pose tanpa detail seperti fitur wajah, pakaian, rambut, dll…

Baca Juga: 5 Langkah Cara Menggambar Sketsa Anime Laki-Laki

"Pendekatan manekin" yang disebutkan sebelumnya memungkinkan Anda menggambar berbagai pose dengan cepat sehingga lebih mudah menemukan pose yang tepat untuk karakter yang ingin Anda gambar. Ini juga dapat membantu menghindari keharusan melakukan penghapusan berlebihan jika terjadi kesalahan.

Jika misalnya Anda menggambar detail kepala sepenuhnya dan kemudian beralih ke tubuh, Anda mungkin menyadari bahwa itu tidak memiliki sudut yang tepat. Ini berarti sekarang harus menghapus semua fitur wajah ketika Anda bisa menangkap kesalahan lebih cepat jika Anda menggambar garis dasar seluruh tubuh.

Pentingnya Pose yang Tepat

Pentingnya Pose yang Tepat

Bahkan jika Anda adalah seniman yang baik dan masuk akal, sikap yang digambar secara tidak tepat dapat sangat mengurangi gambar Anda dan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada pemirsa.

Misalnya pada gambar dua pukulan di atas yang pertama terlihat seperti orang yang mengulurkan tangan sementara yang kedua terlihat seperti sedang meninju.

Sangat penting untuk menyampaikan dengan tepat tindakan atau sikap yang ingin Anda tunjukkan. Tanpa itu, gambar yang dikerjakan dengan baik sekalipun tidak akan terlihat benar.

Menggambar Spesifik dari Tutorial ini

Untuk gaya anime dan manga yang lebih umum / umum, tubuh cenderung digambar mirip dengan orang sungguhan. Beginilah contoh dalam tutorial ini juga akan digambar. Satu-satunya perbedaan nyata adalah kepala yang sedikit lebih besar dan lebih bulat (seperti yang umum di anime).

Ini berarti menggambar sebagai berikut:

  • Bentuk kepalanya mirip dengan telur (sedikit lebih bulat)
  • Tangan digambar dengan jari digabungkan menjadi satu bentuk (semacam sarung tangan)
  • Kaki ditarik sebagai satu bentuk gabungan (seperti saat memakai kaus kaki)

Meskipun sangat umum untuk memulai menggambar seseorang dari kepala, contoh dalam tutorial ini akan dimulai dengan batang tubuh. Dalam pose yang lebih dinamis, menekuk dan / atau memelintir terlebih dahulu dapat mempermudah penempatan bagian tubuh lainnya.

Baca Juga: Cara Menggambar Gadis Anime Cantik

Hal penting lainnya yang harus Anda lakukan adalah menggambar garis tipis yang dapat Anda hapus dengan mudah (jika menggambar di atas kertas). Ini akan membuat koreksi lebih mudah jika Anda membuat kesalahan dan juga akan membuat Anda lebih mudah menghapus bagian dari "manekin" jika Anda ingin menambahkan semua detail yang disebutkan sebelumnya di atasnya. Garis-garis pada contoh telah dibuat gelap agar lebih mudah dilihat.

Menggambar Pose Lari

Anime menjalankan pose menggambar langkah demi langkah

Ada beberapa variasi umum dari pose lari. Banyak hal dapat bergantung pada jenis karakter / peristiwa yang ingin Anda gambarkan. Pose khusus ini cocok untuk olahraga.

Langkah 1 - Gambarkan Torso

Anime menjalankan pose menggambar tubuh

Dalam pose khusus ini, batang tubuh akan digambar dengan sudut sekitar 3/4. Karena ini adalah karakter wanita, gambarlah dengan bentuk seperti kaca jam.

Untuk menunjukkan bahwa karakter sedang menjalankan posisi batang tubuh agak condong ke depan. Anda juga bisa menggambar sedikit bahu / tulang selangka untuk menegaskan bagian atasnya. Dalam pose ini bahu yang lebih dekat ke penonton akan sedikit lebih tinggi.

Langkah 2 - Gambar Kepala

Anime berjalan berpose menggambar kepala

Gambar kepala condong ke depan pada sudut yang hampir sama dengan batang tubuh.

Langkah 3 - Gambar Kaki

Anime berjalan berpose menggambar kaki

Gambarlah kaki dengan satu ditekuk menjadi semacam panah menghadap ke depan (membantu menekankan gerakan) dan yang lainnya lurus pada sudut yang kira-kira sama dengan tubuh.

Kaki di kaki yang ditekuk dapat ditarik dalam posisi yang cukup alami / santai. Kaki dari kaki yang terentang akan mendorong dari tanah dan harus berada di atas jari-jari kakinya.

Langkah 4 - Gambarkan Lengannya

Anime berjalan berpose menggambar lengan

Gambarlah lengan yang berayun ke arah berlawanan dari kaki yang sesuai. Misalnya jika kaki kiri mengarah ke depan, lengan kanan harus mengayun ke belakang dan sebaliknya.

Setiap lengan harus ditekuk dengan tangan terkepal. Seperti yang telah disebutkan, Anda cukup menggambar tangan seolah-olah ada sarung tangan (tidak ada jari individu).

Langkah 5 - Gambarkan Leher

Anime menjalankan pose menggambar leher

Gambarkan leher pada sudut yang hampir sama dengan kepala / tubuh dengan ketebalan yang kira-kira sama dengan bagian atas lengan.

Langkah 6 - Gambarkan Detail Dada

Anime menjalankan gambar pose

Karena ini adalah karakter wanita, Anda dapat menambahkan beberapa detail dasar payudara untuk menyelesaikan posenya. Perlu diketahui bahwa umumnya karakter akan mengenakan pakaian yang akan menekan area dada sehingga lebih rata.

Menggambar Pose Balet

Anime balet berpose menggambar langkah demi langkah

Pose ini menjadi ciri khas penari balet karena menunjukkan kelenturan dengan belahan kaki serta sedikit gerakan artistik dengan kepala ditarik ke belakang.

Langkah 1 - Gambarkan Torso

Anime balet berpose menggambar tubuh

Gambarkan batang tubuh yang menekuk ke belakang dan buat sedikit lebih sempit di tengah (melengkung ke dalam di bagian belakang) dibandingkan dengan bagian atas dan bawah.

Langkah 2 - Gambar Kepala

Anime balet berpose menggambar kepala

Gambar kepala miring jauh ke belakang (hampir terbalik) dengan dagu mengarah ke atas.

Langkah 3 - Gambar Kaki

Anime balet berpose menggambar kaki

Gambarlah kaki seolah-olah karakter sedang melakukan split tetapi dengan kaki depan ditekuk.

Gambarlah kaki yang menekuk ke belakang seperti saat penari balet berdiri dengan jari kaki.

Langkah 4 - Gambarkan Lengannya

Anime balet berpose menggambar lengan

Gambarkan lengan (atau lengan dalam hal ini) terentang ke belakang dengan telapak tangan diangkat ke atas.

Meskipun Anda juga bisa menarik lengan belakang, itu tidak benar-benar diperlukan dalam kasus ini karena bisa jadi cukup banyak tersembunyi di balik lengan depan.

Langkah 5 - Gambarkan Leher

Anime balet berpose menggambar leher

Gambar leher dengan sudutnya yang hampir sama dengan bagian atas tubuh. Dalam pose ini juga akan tertutupi oleh bahu.

Langkah 6 - Gambarkan Detail Dada

Gambar pose balet anime

Dada akan terentang dan terjepit oleh pakaian (jika ditarik) jadi gambarlah dengan cukup datar.

Menggambar Pose Punching

Anime punching pose menggambar langkah demi langkah

Pose ini sangat cocok untuk tinju. Apalagi saat memukul tas saat berolahraga.

Langkah 1 - Gambarkan Torso

Anime punching berpose menggambar tubuh

Dalam hal ini batang tubuh akan ditampilkan sekitar 3/4 tampilan (mirip dengan pose berlari). Gambarlah dengan sedikit karakteristik bentuk seperti jam pasir dari karakter wanita. Anda juga ingin menggambarnya dengan condong ke depan untuk menunjukkan bahwa karakter tersebut memasukkan bobotnya ke dalam pukulan dan tidak hanya mengangkat lengannya.

Langkah 2 - Gambar Kepala

Anime punching pose gambar kepala

Gambar kepala miring ke depan dan ke bawah (pada dasarnya terselip).

Langkah 3 - Gambar Kaki

Anime punching berpose menggambar kaki

Gambarlah kedua kaki dengan sedikit menekuk (lebih untuk kaki depan) dan dengan jarak yang cukup jauh. Buat kaki depan berdiri rata di tanah dengan kaki belakang berada di atas jari-jari kakinya.

Langkah 4 - Gambarkan Lengannya

Anime punching berpose menggambar lengan

Gambarkan lengan tinju terulur ke depan (tangan dalam kepalan) dengan lengan lainnya mengarah sedikit ke belakang dan pada dasarnya tangan itu mengepal ke satu sisi dada.

Langkah 5 - Gambarkan Leher

Anime punching pose gambar leher

Gambarkan leher sedikit miring ke depan daripada sudut tubuh dengan bagian depannya tersembunyi di dagu.

Langkah 6 - Gambarkan Detail Dada

Anime punching berpose menggambar

Anda dapat menarik payudara agak normal sedikit ke salah satu sisi dada untuk menunjukkan bahwa itu dilihat dari suatu sudut. Sekali lagi ingatlah bahwa mereka akan terjepit oleh pakaian.

Menggambar Pose Dashing

Anime gagah berpose menggambar langkah demi langkah

Dalam pose ini karakter akan berlari ke depan dengan pukulan yang kuat. Anda juga bisa melakukan pose serupa jika menyerang dengan senjata seperti pedang atau pentungan.

Langkah 1 - Gambarkan Torso

Anime gagah berpose menggambar batang tubuh

Seperti beberapa pose lain dalam tutorial ini, seluruh tubuh akan kembali condong ke depan. Saat karakter mengayunkan satu lengan ke belakang, batang tubuh akan terpelintir untuk menghadap sedikit berlawanan dengan arah dasbor. Jenis pose ini mungkin sedikit kurang realistis karena mungkin akan cukup sulit untuk ditiru dalam kehidupan nyata, tetapi terkadang beberapa hal yang berlebihan dapat membantu membuat pose terlihat lebih dramatis.

Langkah 2 - Gambar Kepala

Anime gagah berpose menggambar kepala

Kepala akan dimiringkan ke depan seperti tubuh (juga menghadap penampil) jadi gambarlah seperti yang ditunjukkan pada contoh.

Langkah 3 - Gambar Kaki

Anime gagah berpose menggambar kaki

Mirip dengan pose berlari, kaki depan akan ditekuk mengarah ke depan dengan kaki belakang lurus dan pada sudut yang sama dengan bagian tubuh lainnya.

Gambarlah kaki di kaki depan yang dimiringkan ke belakang agar sejajar dengan kaki.

Gambarlah tangan yang terkepal.

Langkah 4 - Gambarkan Lengannya

Anime gagah berpose menggambar lengan

Gambarlah lengan yang menghadap ke depan ditekuk sehingga sikunya mengarah ke depan (semacam pembengkokan kaki depan ke depan). Lengan menghadap ke belakang dalam hal ini akan sedikit rumit karena ditekuk ke belakang saat karakter mengayun. Untuk menunjukkan tekukan ini, tarik bagian siku ke bahu lengan sedikit lebih pendek dan proyeksikan garisnya untuk "memotong" bagian siku ke pergelangan tangan.

Langkah 5 - Gambarkan Leher

Anime gagah berpose menggambar leher

Gambarkan leher pada sudut yang hampir sama dengan tubuh.

Langkah 6 - Gambarkan Detail Dada

Gambar pose gagah anime

Untuk menunjukkan bahwa tubuh agak bengkok, tarik payudara sedikit lebih ke arah kanan gambar.

Menggambar Pose Menendang

Anime menendang pose menggambar langkah demi langkah

Ini adalah tendangan lurus ke depan seperti karakter mencoba menendang sesuatu ke bawah.

Langkah 1 - Gambarkan Torso

Anime menendang pose menggambar batang tubuh

Gambarkan batang tubuh miring dan sedikit ditekuk ke belakang. Buat lebih sempit ke arah tengah / belakang.

Langkah 2 - Gambar Kepala

Anime menendang pose gambar kepala

Gambarlah kepala yang sedikit miring ke belakang tetapi tidak sebanyak batang tubuh karena karakter biasanya melihat ke depan / ke kaki yang menendang.

Langkah 3 - Gambar Kaki

Anime menendang pose kaki menggambar

Gambarlah kaki penendang terangkat dan sedikit ditekuk dengan kaki lainnya cukup lurus dengan sedikit miring. Anda bisa menarik kaki yang menendang sedikit ke belakang dengan kaki lainnya rata di lantai.

Langkah 4 - Gambarkan Lengannya

Anime menendang pose menggambar lengan

Lengan atau lengan dalam hal ini akan menghadap ke belakang dan sedikit ke arah penonton. Untuk menunjukkan gambar ini, setiap bagiannya lebih pendek daripada jika Anda hanya melihat langsung dari samping. Lakukan yang pertama dari biasanya dengan di pergelangan tangan yang lebih tebal dari biasanya. Ini akan menunjukkan sedikit perspektif di mana objek yang lebih dekat ke pengamat tampak lebih besar.

Langkah 5 - Gambarkan Leher

Anime menendang pose menggambar leher

Gambar leher agak miring ke belakang.

Langkah 6 - Gambarkan Detail Dada

Gambar pose menendang anime

Gambarlah bagian dada yang cukup datar karena akan terentang dan terjepit oleh pakaian.

Menggambar Pose Membidik

Anime bertujuan menggambar pose selangkah demi selangkah

Pose ini adalah karakter yang mengarahkan pistol. Hal ini biasa terjadi untuk pemandangan seperti pasukan khusus menyerbu gedung.

Dalam hal ini pistol adalah senapan yang cukup besar tetapi pose yang serupa juga dapat digunakan untuk pistol tangan. Anda hanya perlu mengubah posisi lengan.

Langkah 1 - Gambarkan Torso

Anime bertujuan untuk menggambar tubuh

Untuk pose ini karakter akan menghadap penonton dengan pandangan 3/4 dari punggungnya.

Gambarkan batang tubuh dengan sedikit kurva untuk menunjukkan bahwa mereka condong ke depan.

Langkah 2 - Gambar Kepala

Anime bertujuan menggambar gambar kepala

Gambar kepala menunduk dan sedikit miring ke depan untuk menunjukkan bahwa karakter sedang membidik.

Langkah 3 - Gambar Kaki

Anime bertujuan berpose menggambar kaki

Gambarlah kaki ditekuk dan jarak yang cukup jauh dengan kaki rata di tanah. Ini akan memberikan pose penampilan yang stabil. Stabilitas ini umumnya diperlukan untuk mengimbangi mundurnya jika mereka harus menembakkan senjata.

Langkah 4 - Gambar Pistol

Anime bertujuan menggambar pistol

Anda bisa menggambar hampir semua desain senapan yang Anda suka untuk pose ini selama bentuknya tidak terlalu aneh. Posisikan agar stoknya menekan area bahu.

Langkah 5 - Gambarkan Lengannya

Anime bertujuan berpose menggambar lengan

Setelah senapan ditarik, Anda dapat menarik lengan ke atasnya dan menghapus bagian yang ditutupi olehnya setelahnya. Penempatan senjata akan ditentukan oleh bentuk senapan.

Dalam hal ini satu lengan ada di pegangan dan satu lengan dekat ke depan.

Sementara untuk sebagian besar pose, tangan digambar sebagai sarung tangan untuk pose khusus ini, Anda sebenarnya bisa menarik jari pelatuk sambil tetap menggabungkan sisanya.

Langkah 6 - Gambarkan Detail Leher / Dada

Anime bertujuan menggambar pose

Terakhir, Anda dapat menambahkan leher (miring ke depan) dan sedikit payudara karena akan sedikit membelok dari penonton.

Menggambar Pose Lempar

Anime melempar pose menggambar langkah demi langkah

Ini adalah jenis pose lemparan ringan / main-main di mana karakternya tidak benar-benar agresif.

Langkah 1 - Gambarkan Torso

Anime melempar pose menggambar batang tubuh

Gambarkan batang tubuh hampir horizontal ke tanah dengan sedikit menekuk ke belakang. Ini juga akan memiliki sedikit twist yang dapat Anda tunjukkan dengan membuatnya lebih lebar di bagian atas dan lebih sempit ke arah tengah melengkung ke dalam di kedua ujungnya tetapi lebih di bagian belakang.

Langkah 2 - Gambar Kepala

Anime melempar gambar kepala berpose

Gambar kepala miring ke belakang (dalam kaitannya dengan batang tubuh) sehingga karakternya cukup melihat ke depan.

Langkah 3 - Gambar Kaki

Anime melempar pose kaki menggambar

Gambarlah kaki depan yang ditekuk sangat ringan dengan kaki belakang ditekuk dan diangkat dari lantai. Buat kaki bagian depan benar-benar menapak ke tanah atau nyaris menginjak jari-jari kakinya. Kaki kaki belakang bisa jadi dalam keadaan rileks.

Langkah 4 - Gambarkan Lengannya

Anime melempar pose lengan menggambar

Gambarkan lengan pelempar menghadap ke depan pada sudut sekitar 45 derajat dan lengan lainnya menghadap ke belakang dengan arah yang berlawanan.

Arahkan jari-jari lengan yang terbuka ke depan dan ibu jari ke bawah. Ini akan menciptakan isyarat "lempar saja". Anda dapat menggambar jari-jari yang lebih detail dalam pose ini karena ini penting untuk menunjukkan lemparan.

Gambarlah tangan lainnya dalam keadaan yang lebih santai dengan jari-jarinya sedikit menekuk.

Langkah 5 - Gambarkan Leher

Anime melempar pose gambar leher

Gambarkan leher cukup banyak sejajar dengan bagian atas tubuh atau miringkan sedikit ke belakang.

Langkah 6 - Gambarkan Detail Dada

Anime melempar gambar berpose

Gambarkan payudara sedikit ke arah lengan pelempar untuk menunjukkan bahwa tubuh dilihat dari sudut tertentu.

Menggambar Pose Lompatan

Anime melompat berpose menggambar langkah demi langkah

Ini adalah pose lompatan yang tampak dramatis yang agak mirip dengan pose balet tetapi dengan sedikit perbedaan.

Langkah 1 - Gambarkan Torso

Anime balet berpose menggambar tubuh

Gambar tubuh miring ke depan tetapi condong ke belakang.

Langkah 2 - Gambar Kepala

Anime melompat berpose menggambar kepala

Gambar kepala agak miring ke belakang.

Langkah 3 - Gambar Kaki

Anime melompat berpose menggambar kaki

Tekuk makanan ke depan dengan lutut mengarah ke depan dan tarik kaki belakang terentang ke belakang. Gambarlah jari-jari kaki kedua kaki mengarah ke bawah seperti penari balet.

Langkah 4 - Gambarkan Lengannya

Anime melompat berpose menggambar lengan

Gambarlah lengan / lengan terentang ke belakang dengan telapak tangan mengarah ke atas. Anda akan melihat bahwa hanya satu lengan yang ditampilkan karena lengan kedua dapat disembunyikan di belakang yang pertama.

Langkah 5 - Gambarkan Leher

Anime melompat berpose menggambar leher

Gambar lehernya agak miring ke belakang.

Langkah 6 - Gambarkan Detail Dada

Anime melompat berpose menggambar

Dada dalam pose ini hanya akan direntangkan sedikit dan menghadap sedikit ke arah penonton, bukan langsung ke depan.

Menggambar Pose Tendangan Terbang

Pose tendangan terbang anime menggambar langkah demi langkah

Pose tendangan terbang jenis ini bisa digunakan dalam seni bela diri / anime manga serta komedi.

Langkah 1 - Gambarkan Torso

Anime pose terbang menggambar tubuh

Gambarkan batang tubuh pada sudut sekitar 45 derajat. Dalam pose ini akan memiliki sedikit tikungan dan putaran. Tunjukkan ini dengan membuatnya lebih sempit di tengah dengan kedua sisi melengkung ke dalam (lebih di belakang).

Langkah 2 - Gambar Kepala

Tendangan terbang anime pose menggambar kepala

Gambarlah kepala agak miring ke depan karena dalam pose ini karakter umumnya akan melihat ke sasaran tendangan.

Langkah 3 - Gambar Kaki

Tendangan terbang anime menimbulkan gambar kaki

Gambarlah kaki penendang yang direntangkan ke depan dengan kaki lainnya menekuk sehingga lutut sedikit mengarah ke arah yang berlawanan dengan tendangan.

Sebaiknya gambar bagian atas kaki (di atas lutut) lebih pendek untuk menunjukkan bahwa bagian tersebut mengarah ke penonton.

Gambarlah kaki dari kaki penendang yang ditarik ke belakang menghadap ke depan dengan tumitnya dan tarik kaki lainnya mengarah ke depan dengan jari-jari kakinya.

Langkah 4 - Gambarkan Lengannya

Tendangan terbang anime menimbulkan gambar lengan

Tarik lengan lebih dekat ke penampil mengarah ke belakang dengan sedikit menekuk. Untuk menunjukkan tikungan, Anda dapat membuat area siku ke pergelangan sedikit lebih pendek dari biasanya dengan siku sedikit lebih lebar.

Langkah 5 - Gambarkan Leher

Anime menggambar leher tendangan terbang

Dalam hal ini leher hampir tidak terlihat karena sebagian besar akan ditutupi oleh bahu / lengan.

Langkah 6 - Gambarkan Detail Dada

Gambar pose tendangan terbang anime

Dengan putaran tubuh khusus ini, dada akan dilihat dari samping. Ini berarti Anda dapat menggambar payudara hanya sebagai satu tonjolan. Sekali lagi perlu diingat bahwa bagian dada juga akan terjepit oleh pakaian sehingga harus cukup rata.

Kesimpulan

Menggambar pose bisa sangat rumit. Untuk membuat proses menggambar lebih sederhana, pertama-tama gambarkan karakter Anda dalam pose yang Anda inginkan dengan detail sesedikit yang diperlukan untuk menyampaikan pose tersebut. Anda dapat menambahkan pakaian, rambut, fitur wajah, dan detail lainnya setelahnya.

Baca Juga: Cara Menggambar Anime Wolf Girl

Saat menggambar pose, coba pikirkan berbagai bagian tubuh dan bagaimana mereka akan bergerak dalam tindakan atau pendirian tersebut. Anda juga bisa menggunakan bahan referensi seperti foto atau karya seniman lain.

Related Posts

Related Posts