Cara Menggambar Anime Girl Body Langkah Demi Langkah

Dalam tutorial ini Kamu akan menemukan ilustrasi langkah demi langkah yang sangat rinci dan instruksi tentang cara menggambar karakter wanita dalam gaya anime dan manga .

Cara Menggambar Anime Girl Body Langkah Demi Langkah

Di bawah ini adalah penjelasan tentang cara menggambar gadis anime dari tampilan depan dan samping.

Langkah 1 - Gambar Bentuk Keseluruhan Tubuh Wanita

Menggambar Anime Girl Body

Salah satu hal yang paling penting untuk diingat ketika menggambar angka penuh adalah proporsi atau hubungan satu bagian tubuh dengan yang lain. Semuanya harus memiliki ukuran yang tepat atau karakter Kamu akan terlihat aneh.

Gaya tertentu mungkin sengaja melebih-lebihkan proporsi tertentu (seperti mata anime besar misalnya) masih ada aturan untuk diikuti saat menggambar.

Untuk tampilan depan gadis itu, Kamu harus mulai dengan menggambar garis vertikal . Ini akan membantu Kamu menjadikan kedua sisi gambar lebih rata. Jika Kamu menggambar dua tampilan sekaligus, Kamu dapat menambahkan garis horizontal untuk memastikan bahwa bagian tubuh yang berbeda cocok di kedua tampilan.

Menggambar kedua pandangan sekaligus adalah latihan yang baik. Jika Kamu pandai menggambar satu bagian tubuh tertentu dalam satu tampilan tetapi tidak begitu banyak di bagian lain, ini dapat membantu Kamu.

Menggambar Kepala

Menggambar Kepala

Mulailah dengan menggambar kepala tanpa detail kecil. Di tampilan depan Kamu dapat menggambar lingkaran untuk membantu Kamu mendapatkan bentuk bagian atas kepala. Dalam tampilan samping itu akan menjadi sedikit oval.

Menggambar Tubuh

Menggambar Tubuh

Jika kita melakukan gaya penampilan yang lebih realistis, tubuh akan selebar dua kepala berdampingan (tidak termasuk rambut). Tapi karena kita menggambar anime, menggambar kepalanya sedikit lebih besar dari itu sehingga tubuh akan lebih kecil dibandingkan.

Bentuk tubuh (saat menggambar tampilan depan) harus mirip dengan jam pasir.

Anda dapat menggambar beberapa lingkaran kecil untuk membantu Kamu mendapatkan bentuk bahu. Nanti kita juga akan menggambar ini untuk menunjukkan sendi.

Menggambar Lengan

Menggambar Lengan

Gambarlah lengan mulai dari bahu dan turunkan ke bawah. Kamu dapat menggambar lingkaran untuk menunjukkan posisi sambungan.

Menggambar Kaki

Menggambar Kaki

Kaki harus sekitar setengah panjang seluruh tubuh.

Kaki (saat menggambar tampilan samping) harus sepanjang jarak dari pergelangan tangan ke siku.

Anda mungkin memperhatikan bahwa pada tampilan depan, kaki sedikit melewati garis perataan vertikal bawah. Ini BUKAN kesalahan. Ini karena jika kita memutar orang di tempat, kakinya akan mencapai lebih dekat ke arah penampil di tampilan depan daripada di tampilan samping.

Langkah 2 - Bersihkan Gambar Kamu

Langkah 2 - Bersihkan Gambar Anda

Bersihkan gambar Kamu setelah Kamu membentuk bentuk dasar tubuh. Kamu juga dapat menambahkan beberapa detail yang lebih kecil seperti tulang kerah leher dan sedikit lutut di tampilan depan.

Langkah 3 - Gambar Detail

Langkah 3 - Gambar Detail

Ditarik menggambar detail seperti rambut dan berbagai fitur wajah.

Kami tidak akan masuk ke detail menggambar orang-orang di tutorial ini karena mereka sudah dibahas dalam tutorial lain di situs web ini.

Langkah 4 - Gambar Pakaian

Langkah 4 - Gambar Pakaian

Untuk pakaian kita akan menggambar beberapa barang dasar. Kami akan menggambar baju, celana pendek, dan kaus kaki.

Karena jenis pakaian ini cukup tipis dan ketat itu akan mengikuti garis keseluruhan dan bentuk tubuh.

Mulailah dengan menggambar beberapa garis yang menunjukkan setiap item pakaian. Gambarlah garis-garis ini dalam kurva halus yang memeluk bentuk tubuh. (Misalnya bagian atas kaus kaki tidak harus hanya berupa garis lurus tetapi kurva untuk menunjukkan bahwa bahan kaus kaki benar-benar membungkus kaki)

Anda juga dapat menambahkan beberapa lipatan kecil yang sangat mendasar untuk membuat pakaian terlihat sedikit lebih alami.

Langkah 5 - Tambahkan Warna & Shading

Langkah 5 - Tambahkan Warna & Shading

Untuk sentuhan akhir tambahkan beberapa warna dasar dan bayangan.

Dalam tutorial ini kita akan menggambar seolah-olah karakter kita berdiri dalam kondisi pencahayaan yang cukup normal baik di luar atau di dalam ruangan dan menghadap ke sumber cahaya yang ada di atasnya.

Setiap bagian tubuh yang kurang terkena cahaya akan menjadi lebih gelap.

Dalam hal ini, Kamu dapat menambahkan beberapa sebagai berikut:

  • Daerah leher / bahu
  • Bagian dalam kaki (tampilan depan)
  • Sisi lengan bagian dalam (tampilan depan)
  • Di bawah lutut
  • Bagian belakang kaki (tampilan samping)

Kesimpulan

Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika menggambar tubuh karakter anime. Kamu harus memastikan memiliki proporsi yang baik dengan tetap mempertahankan gaya. Untungnya sebagian besar badan gaya anime masih agak mirip dengan badan nyata sehingga Kamu dapat melihat foto orang nyata jika Kamu memerlukan beberapa bahan referensi.

6 comments :

Reader's Comments

  1. Terima kasih atas artikelnya.

    Kalau boleh request, nanti-nanti coba dibahas juga soal perbedaan cara gambar proporsi badan tergantung umur karakter yang digambar. Yang jadi contoh di artikel ini sepertinya remaja. Nah, kalau anak-anak atau orang dewasa seharusnya hitungannya beda kan? Mantap dah kalau ada artikel yang membahas perbandingannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hm.... untuk proporsi badan yang cukup kelihatan perbedaanya adalah proporsu karakter pria dewasa, karena karakter pria dewasa biasanya kalau kita lihat di anime2 tubuhnya relative besar dan memiliki wajah yang rada kotak...
      btw untuk requestnya saya tampung dulu...

      Delete
  2. wah.. makasih tutorialnya gan, cukup jelas juga step by stepnya, dan sangat membantu karena disertai gambar yang cukup detail...

    ReplyDelete
  3. Sip, tutorialnya cukup mendetail, terus update tutorial yg lain kalau bisa...

    ReplyDelete
  4. Misi kak kalo bikin digital gini aplikasi di Android Ada gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake ibis paint bisa... untuk menggambar anime digital.

      Delete