j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Cara Menggambar Karakter Anime Chibi Langkah demi Langkah

Tutorial ini menunjukkan cara menggambar karakter anime "Chibi" wanita yang sangat bergaya dengan kepala besar dan tubuh kecil. Ini memberikan saran untuk proporsi tubuh serta penempatan fitur wajah.

Gadis anime Chibi menggambar selangkah demi selangkah

Karakter anime Chibi memiliki kepala yang sangat bergaya dan tubuh yang mungil. Jenis karakter ini sangat bagus untuk membuat papan cerita cepat dan manga atau animasi sederhana karena dapat digambar lebih cepat daripada karakter yang lebih realistis dan detail.

Karena kepala besar mereka, mereka juga bagus untuk menunjukkan berbagai emosi.

Harap dicatat bahwa jika Anda akan mengikuti menggunakan pensil dan kertas, Anda harus membuat garis tipis untuk tahap awal gambar karena Anda perlu melakukan beberapa penghapusan selama langkah-langkah tutorial yang berbeda.

Langkah 1 - Tetapkan Proporsi Tubuh

Gambar proporsi tubuh anime hibi

Harap dicatat bahwa proporsi tubuh pada contoh di atas hanyalah saran karena tidak ada cara yang pasti untuk menggambar badan chibi. Beberapa dapat memiliki kepala yang sangat besar sebesar tubuh dan beberapa dapat lebih mirip dengan karakter anime yang lebih standar.

Untuk mengikuti contoh ini, gambar tubuh karakter setinggi satu setengah kepala mereka. Gambarkan batang tubuh dengan kaki yang sama agar memiliki tinggi yang sama.

Tangan dan kaki karakter chibi seringkali dapat digambar tanpa menunjukkan jari kaki atau jari individu.

Untuk gaya khusus ini, gambar ibu jari tanpa detail jari (seolah-olah karakter tersebut mengenakan sarung tangan).

Langkah 2 - Gambar Wajahnya

Gambar proporsi wajah gadis anime Chibi

Harap dicatat bahwa proporsi ini (seperti tubuh) hanyalah saran.


Untuk menempatkan fitur wajah menggunakan proporsi dalam gambar tutorial ini sebagai berikut:

  1. Gambarkan garis horizontal melalui tengah kepala dan gambar mata dan telinga di bawah garis itu (gambar setinggi 1/4 bagian wajah atau dua bagian dalam contoh di atas)
  2. Gambarkan garis horizontal antara bagian bawah mata dan dagu dan gambar mulut di bawah garis itu.
  3. Gambarkan garis horizontal 1/8 tinggi wajah (satu bagian dalam contoh di atas) dari atas mata dan gambar alis di bawahnya.

Seperti yang sering terjadi pada karakter chibi, Anda dapat menghindari menggambar hidung secara bersamaan.

Perlu diketahui juga bahwa meskipun telinga disediakan sebagai referensi, telinga akan ditutupi oleh rambut pada tahap tutorial selanjutnya.

Langkah 3 - Gambar Rambut

Gambar rambut anime Chibi

Karena kepala chibi biasanya sangat besar, rambut chibi masih bisa digambar dengan sedikit detail.

Untuk rambut seperti pada contoh di atas, gambarlah bagian atas rambut mengikuti bentuk kepala dan kemudian bercabang menjadi rumpun individu yang menyempit ke ujung.

Hapus bagian kepala yang tertutup rambut setelah Anda selesai. Anda dapat membiarkan alis dan fitur wajah lainnya (jika Anda ingin menggambar gaya rambut yang berbeda) tumpang tindih dengan rambut karena ini cukup umum untuk jenis karakter ini.

Langkah 4 - Gambar Pakaiannya

Gambar pakaian anime Chibi

Sama seperti badan chibi, pakaian chibi cenderung disederhanakan (digambar dengan sedikit detail dan lebih sedikit atau tanpa lipatan).

Dalam hal ini karakter tersebut akan mengenakan seragam sekolah dasar. Gambarlah bagian atas pakaian serta sepatu dan kaus kaki yang cukup memeluk bentuk tubuh dengan lengan dan rok terentang ke arah bawah.

Langkah 5 - Gambar Garis Selesai

Gambar garis gadis anime Chibi

Selesaikan gambar garis dengan menambahkan detail yang lebih kecil.

Di wajah tambahkan pupil, pantulan di mata dan bulu mata serta beberapa blush on di pipi. Anda juga dapat menggambar sepasang garis yang sangat terang untuk menunjukkan bagian atas mata (yang akan diarsir lebih gelap). Area ini cenderung lebih gelap karena bayang-bayang bulu mata serta pantulan warna bulu mata yang lebih gelap.

Di pakaian tambahkan saja kancingnya.

Langkah 6 - Menerapkan Warna & Shading

Gambar warna gadis anime Chibi

Mulailah dengan mengisi setiap area dengan warna yang sesuai. Jika Anda mewarnai di atas kertas, pastikan untuk meninggalkan pantulan di mata, rambut, dan kancing putih. Jika mewarnai secara digital tambahkan di akhir.

Anda kemudian ingin membuat bayangan dengan cara berikut:

  • Gelapkan leher
  • Tambahkan beberapa bayangan di wajah (dari rambut)
  • Tambahkan bayangan pada kaki (bentuk rok)
  • Tambahkan beberapa bayangan kecil di tangan dari lengan baju
  • Gelapkan bagian atas iris mata
  • Tambahkan beberapa bayangan yang sangat kecil ke bagian atas area putih mata (dari bulu mata)

Untuk leher Anda bisa menggelapkan seluruh area untuk sisa bayangan membuat menggambar mereka secara kasar mengikuti bentuk apa yang mereka (rambut / rok / lengan / bulu mata). Untuk bagian atas mata yang lebih gelap, Anda dapat menggunakan garis dari langkah sebelumnya untuk memisahkan bagian gelap dan terang.

Kesimpulan

Ada banyak variasi dalam hal bentuk dan ukuran karakter chibi. Tutorial ini memberikan satu contoh cara menggambar karakter seperti itu tetapi Anda selalu dapat mencoba dan mengubah atau bahkan sepenuhnya mengubah proporsinya untuk melihat apa yang Anda dapatkan.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment