j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Tutorial Cara Menggambar Karakter Anime

Tutorial ini menjelaskan cara menggambar karakter gaya anime dan manga wanita menggunakan delapan arketipe karakter anime populer dengan masing-masing tiga contoh.

Contoh menggambar pola dasar karakter anime

Seperti namanya, tutorial ini adalah tentang "karakter". Ini menunjukkan bagaimana Anda dapat mengambil satu wajah gaya anime atau manga dan menyesuaikan fitur dan ekspresinya untuk memberikan tampilan kepribadian yang berbeda. Ini juga menyarankan beberapa gaya rambut yang mungkin cocok untuk setiap jenis karakter.

Pola dasar karakter yang termasuk adalah:

  • Gadis biasa
  • Antagonis / Penjahat
  • Tsundere
  • Yandere
  • Gadis pemalu
  • Gadis tangguh
  • Nakal
  • Kutu buku

Proporsi Wajah untuk Karakter Anime

Proporsi wajah karakter wanita anime

Proporsi gambar karakter dasar yang digunakan dalam tutorial ini ditunjukkan pada ilustrasi di atas. Jika Anda pernah melihat beberapa tutorial lain di sini di Anidraw, Anda mungkin sudah mengetahui ini.

Jika tidak proporsinya adalah sebagai berikut:

  • Mata - gambar garis horizontal langsung melalui tengah kepala dan gambar mata di bawah garis itu (cukup jauh sehingga Anda bisa memasukkan mata lain di antara keduanya)
  • Telinga - buat garis horizontal kedua antara garis tengah dan dagu dan tarik telinga di antara kedua garis tersebut
  • Hidung - di atas garis yang digunakan untuk bagian bawah telinga
  • Mulut - tarik garis antara bagian bawah telinga / garis hidung untuk mendapatkan posisi bibir bawah (tidak benar-benar digambar dalam ilustrasi) dan gambar mulut sedikit di atasnya

Anda bisa menggambar alis dan kelopak mata sedikit di atas mata.

Harap diingat bahwa ukuran dan posisi fitur wajah pada contoh di bawah ini akan berubah berdasarkan jenis karakter dan ekspresi wajah.

Ketahuilah juga bahwa ini hanyalah proporsi yang disarankan untuk membuat karakter terlihat "anime". Gaya anime yang berbeda tetap dapat memiliki proporsi yang berbeda pula.

Bentuk Dasar Wajah Karakter Anime

Bentuk dasar wajah anime

Saat menggambar bentuk luar wajah anime di tampilan depan, mungkin berguna untuk menganggapnya terdiri dari tiga bentuk dasar seperti yang ditunjukkan di atas (lingkaran, segiempat, dan segitiga).

Menggambar Wajah Karakter Anime Langkah demi Langkah

Gambar wajah karakter anime wanita selangkah demi selangkah

Untuk menggambar salah satu karakter dalam tutorial ini, Anda dapat menggunakan langkah-langkah dalam ilustrasi di atas.

  1. Gambarlah bentuk dasar kepala (dan leher bahu dalam hal ini) dimulai dengan garis vertikal untuk membantu Anda memastikan kedua bagiannya rata
  2. Memposisikan fitur wajah seperti yang dijelaskan sebelumnya termasuk bagian yang tersembunyi oleh rambut (Anda dapat mengecualikan telinga untuk gaya rambut yang sepenuhnya tersembunyi jika Anda mau)
  3. Gambarlah rambut (tumpang tindih beberapa fitur wajah jika perlu)
  4. Hapus bagian wajah yang tersembunyi oleh rambut dan jika Anda suka, aplikasikan arsiran atau pewarnaan

Menggambar Karakter Anime "Gadis Biasa"

Anime menggambar wajah gadis biasa

Karakter "gadis biasa" bisa menjadi "teman masa kecil" atau "gadis utama" dalam cerita. Di anime dan manga mereka cenderung ramah dan membumi.

Rambut panjang biasa mungkin cocok untuk "gadis biasa".

Gambar wajah karakter anime wanita

Untuk menggambar karakter "gadis biasa" dengan ekspresi normal mereka, gambarlah mata yang cukup lebar dan iris / pupil yang besar. Ini akan membuat karakter terlihat lebih ramah.

Anda bisa menggambar mulut dengan senyum yang sangat tipis (sedikit melengkung ke atas).

Gambar alis dalam keadaan alami dengan kurva yang halus.

Menggambar Karakter Anime "Gadis Biasa" yang Tersenyum

Anime gadis biasa tersenyum menggambar wajah

Senyuman adalah salah satu ekspresi umum untuk tipe karakter ini.

Karakter wanita anime menggambar wajah tersenyum

Untuk wajah yang tersenyum, gambarlah mata sedikit lebih sempit, balikkan kurva kelopak mata bawah dari keadaan normalnya dan gambar mulut sedikit lebih lebar.

Menggambar Karakter Anime "Gadis Biasa" yang Bahagia

Anime gadis biasa menggambar wajah bahagia

Wajah bahagia adalah ekspresi lain yang cukup umum untuk karakter "gadis biasa".

Karakter wanita anime menggambar wajah bahagia

Untuk wajah bahagia, Anda bisa menggambarnya sama seperti wajah tersenyum, tetapi menggambar mulut sedikit terbuka yang menunjukkan gigi putih dan menambahkan sedikit perona pipi tepat di bawah mata.

Menggambar Karakter Anime Antagonis / Penjahat

Gambar wajah gadis penjahat anime

Antagonis atau penjahat utama biasanya merupakan kebalikan langsung dari protagonis. Karakter negatif dengan sedikit atau tidak ada sifat baik.

Gambar wajah karakter penjahat anime wanita

Untuk menggambar karakter anime yang terlihat tidak ramah seperti contoh ini, gambarlah pupil mata dan iris yang cukup kecil dengan kelopak mata atas menutupi sebagian besar mata.

Jangan menambahkan bayangan apapun ke bagian atas iris (ini akan membuat penjahat terlihat seperti "menatap"). Juga gambar lebih sedikit sorotan di mata dan buat mereka cukup kecil untuk tampilan yang bahkan kurang ramah.

Gambarlah kelopak mata bawah dan mulut dalam kurva terbalik (ke bawah).

Posisikan alis lebih rendah ke bawah dalam "bentuk gelombang" untuk semacam kerutan semi permanen.

Anda dapat menggunakan apa yang sering disebut sebagai "Potongan Hime" untuk rambut. Karena "Hime" berarti putri yang dikombinasikan dengan tampilan seperti di atas, hal itu dapat memperkuat gagasan tentang karakter yang macet atau manja.

Menggambar Karakter Penjahat Anime Terlihat Gila

Gadis penjahat anime menggambar wajah gila

Untuk memberikan karakter anime "penjahat" yang gila atau maniak mereka kadang-kadang menggambar iris dan pupil mata yang sangat kecil sehingga ada sedikit ruang putih di sekitar mereka.

Anime penjahat karakter perempuan menggambar wajah gila

Gambarkan alis agak lebih rendah dalam bentuk gelombang seperti contoh sebelumnya tetapi dengan ujung bagian dalam sedikit terangkat kembali. Sekali lagi, jangan menambahkan bayangan apa pun pada iris dan gambar hanya satu rangkaian pantulan.

Gambarlah mulut dengan gigi menunjukkan senyum lebar.

Akhirnya Anda akan mendapatkan mata yang tampak gila dan mulut yang menyeringai. Ekspresi prefek untuk penjahat (meskipun mungkin agak sulit untuk benar-benar melakukan ini di kehidupan nyata)

Menggambar Karakter Penjahat Anime yang Tampak Marah

Gadis penjahat anime menggambar wajah marah

Ekspresi marah ini adalah ekspresi yang cenderung dibuat oleh karakter penjahat anime ketika mereka dicentang (seringkali karena rencana jahat mereka gagal).

Anime penjahat karakter perempuan menggambar wajah marah

Untuk penjahat yang tampak marah, tarik kelopak mata atas diturunkan dan kelopak mata bawah terangkat (dalam kurva terbalik). Gambarlah pupil dan iris kecil tanpa bayangan dan pantulan kecil seperti contoh sebelumnya.

Posisikan alis lebih rendah dalam bentuk gelombang.

Gambarlah mulut dalam bentuk semacam "kacang" dengan ujung bawah sedikit melengkung ke bawah dan gigi terlihat.

Menggambar Karakter Anime Tsundere

Gambar wajah gadis anime tsundere

Bagi mereka yang tidak tahu tsundere adalah karakter yang mungkin bertingkah agak bermusuhan tetapi sebenarnya baik. Jenis karakter ini biasanya kesulitan menunjukkan perasaan mereka yang sebenarnya dan menjadi malu saat melakukannya.

Gambar wajah karakter wanita anime tsundere

Untuk ekspresi normal tsundere, Anda bisa menggambarnya sama seperti saat Anda menggambar "gadis biasa".

Beberapa perubahan kecil yang bisa Anda lakukan adalah menggambar kelopak mata atas sedikit ke bawah dan menggambar mulut yang sedikit lebih kecil untuk mengurangi senyumnya.

Anda juga bisa menggambar iris dan pupil yang sedikit lebih kecil daripada “gadis biasa. Ini akan memberinya penampilan yang sedikit kurang bersahabat tetapi tetap normal.

Kuncir mungkin merupakan gaya rambut yang bagus untuk tsundere untuk memberikan karakter penampilan yang sedikit lebih kekanak-kanakan / tidak dewasa.

Menggambar Karakter Anime Tsundere yang Marah

Anime gadis tsundere menggambar wajah marah
Anime tsundere karakter perempuan menggambar wajah marah

Untuk tampilan marah (dan sedikit malu) gambarlah mata sedikit menyipit dan alis dengan ujung bagian dalam diturunkan.

Gambarlah mulut melengkung ke bawah.

Terakhir, tunjukkan sedikit perona pipi dengan beberapa garis bergaris kecil.

Menggambar Karakter Anime Tsundere yang Malu

Anime gadis tsundere menggambar wajah malu

Seperti yang sudah disebutkan, karakter “tsundere” cenderung malu saat menunjukkan perasaannya yang sebenarnya, jadi ini bisa menjadi ungkapan yang cukup umum untuk mereka.

Anime tsundere karakter perempuan menggambar wajah malu

Untuk wajah "tsundere" yang malu, gambarlah mata yang menyipit dan melihat ke bawah. Gambarlah mulut lebar horizontal dengan ujung bawah lebih lebar dari atas. Juga perlu diingat bahwa saat mulut terbuka Anda harus menarik rahang sedikit ke bawah.

Gambar alis ke bawah.

Menggambar Karakter Anime Yandere

Gambar wajah gadis anime yandere

Yandere adalah kebalikan dari tsundere. Karakter yang tampak baik dan ramah tetapi sebenarnya bisa sangat bermusuhan. Versi ekstrim dari karakter ini bisa sangat gila.

Anime yandere gambar wajah karakter wanita

Untuk wajah normal yandere, Anda dapat menggambarnya persis sama seperti yang Anda lakukan pada "gadis biasa" dengan mata besar dan ekspresi yang cukup ramah.

Anda juga bisa memberinya rambut panjang tapi sedikit lebih acak-acakan untuk memberi petunjuk bahwa mungkin ada sesuatu yang “aneh” pada dirinya.

Menggambar Karakter Anime Yandere "Cold Stare"

Anime yandere gadis gambar wajah menatap dingin

Wajah "tatapan dingin" adalah salah satu karakter yandere yang cenderung dibuat ketika warna aslinya keluar. Biasanya ini ditujukan kepada saingan wanita tetapi bisa untuk siapa saja yang "membuat dia kesal".

Anime yandere karakter wanita menatap dingin menggambar wajah

Untuk jenis wajah ini, gambarlah mata yang sedikit menyipit dengan kelopak mata bawah sebagai kebalikan dari pengobatan normalnya. Gambarlah pupil mata yang sangat kecil dalam kaitannya dengan iris tanpa bayangan dan sorotan / pantulan kecil.

Gambarkan ujung bagian dalam alis yang terangkat dan gambar mulut yang terbuka sangat tipis dengan bibir atas terangkat dan memperlihatkan beberapa gigi.

Menggambar Karakter Anime Yandere yang Tampak Gila

Anime gadis yandere menggambar wajah gila

Wajah gila ini adalah salah satu yang cenderung tsundere buat seseorang yang dia terobsesi / cintai.

Anime yandere karakter wanita menggambar wajah gila

Untuk ekspresi gila, gambarlah mata sedikit lebih lebar dari biasanya dengan iris / pupil / sorotan kecil dan tanpa bayangan.

Gambarlah alis dalam kurva terbalik (dari keadaan normalnya) dengan sisi dalam alis terangkat.

Gambarlah mulut terbuka dalam keadaan rileks (tidak terlalu lebar). Ingatlah untuk menarik dagu sedikit ke bawah untuk mulut terbuka.

Menggambar Karakter Anime yang Pemalu

Gambar wajah gadis pemalu anime

Jenis karakter ini biasanya baik dan tidak berbahaya, tetapi mungkin penyendiri karena takut berbicara dengan orang lain.


Gaya rambut yang baik untuk tipe karakter ini bisa menjadi "rambut di atas satu mata" untuk memperkuat gagasan "bersembunyi" dan rasa malu. Tetapi jika Anda ingin menggambar gaya rambut yang berbeda, kedua mata ditampilkan pada contoh di bawah ini.

Anime gambar wajah karakter wanita pemalu

Anda dapat menggambar karakter ini dengan cara yang sama seperti "gadis biasa", tetapi dengan iris / pupil yang sedikit lebih kecil untuk memberinya tampilan "takut".

Menggambar Karakter Anime Pemalu yang Melamun

Anime gadis pemalu melamun menggambar wajah

Karena karakter "gadis pemalu" cenderung penyendiri, mereka mungkin sering melamun sendiri.

Anime karakter wanita pemalu melamun menggambar wajah

Untuk ekspresi melamun, tarik mata / mata ke satu sisi wajah dengan kelopak mata atas dan bawah sedikit terangkat. Anda juga bisa menggambar alis yang sedikit terangkat

Gambarlah mulut tersenyum dengan gigi terlihat dan tambahkan beberapa perona pipi di bawah mata.

Menggambar Karakter Anime yang Pemalu dengan Tampilan Canggung

Anime gadis pemalu menggambar wajah canggung

Saat berhadapan dengan karakter lain, karakter pemalu cenderung menghindari kontak mata dan melihat ke bawah. Mereka mungkin juga memiliki sedikit senyum gugup.

Anime karakter wanita pemalu menggambar wajah canggung

Untuk ekspresi canggung gambarlah mata / mata melihat ke bawah seperti yang disebutkan di atas dengan bagian bawah iris sedikit tertutup oleh kelopak mata bagian bawah. Sisakan sedikit ruang antara iris dan kelopak mata atas.

Menggambar Karakter Anime yang Tangguh

Anime menggambar wajah gadis tangguh

Ini sering kali merupakan karakter positif yang dapat membantu melindungi protagonis, tetapi terkadang juga dapat memukulnya. Mereka juga cenderung menyukai semacam seni bela diri atau "kendo" dan mungkin sering berkelahi.

Ekor kuda bisa jadi cukup umum untuk jenis karakter ini karena dapat memberi mereka kesan "sporty" karena atlet sering mengikat rambut ke belakang sehingga tidak menghalangi.

Anime gambar wajah karakter wanita tangguh

Untuk karakter yang tampak tangguh, gambarlah mata dengan kelopak mata atas ke bawah dan kelopak mata bawah sedikit terangkat. Gambar alis dengan ujung bagian dalam diturunkan.

Gambarlah mulut dengan kurva terbalik yang sangat tipis.

Menggambar Karakter Anime Tangguh Marah

Anime gambar wajah marah karakter wanita tangguh

Karakter anime “meskipun perempuan” cenderung cukup emosional dan mudah marah.

Anime gambar wajah marah karakter wanita tangguh

Untuk wajah yang marah, gambarlah mata yang jauh lebih menyipit daripada biasanya dan alis bahkan lebih rendah.

Gambarlah mulutnya terbuka dan cukup lebar (horizontal) dengan bagian bawahnya sedikit lebih lebar dari bagian atasnya.

Anda juga bisa memberinya sedikit selotip medis di pipinya untuk memperkuat gagasan tentang karakter "aktif" (berolahraga atau bertengkar).

Menggambar Karakter Anime Tangguh yang Bahagia

Anime gadis tangguh menggambar wajah bahagia

Seperti yang telah disebutkan, tipe karakter ini bisa sangat emosional dan cenderung mudah bahagia maupun marah.

Anime gambar wajah bahagia karakter wanita tangguh

Untuk wajah bahagia / puas, gambarlah mata gadis "tangguh" yang tertutup sepenuhnya. Pada dasarnya satu set kurva dengan bulu mata. Gambar alis sedikit lebih datar dari biasanya (kurang dari kurva).

Menggambar Karakter Anime Berandalan

Gambar wajah gadis nakal anime

Jenis karakter ini sering kali dapat menjadi pengganggu / permusuhan dan perkelahian. Gaya rambut yang bagus untuk anak nakal bisa jadi pendek dan mungkin rambut sedikit berantakan. Ini akan membantu menciptakan semacam citra "tomboi" untuk karakter tersebut.

Anime gambar wajah karakter perempuan nakal

Anda dapat menggambar wajah "nakal" yang mirip dengan "gadis tangguh" tetapi menggambar kelopak mata bagian bawah hampir lurus dan iris (dengan semua yang ada di dalamnya) jauh lebih kecil. Gambarkan bagian atas iris yang ditutupi oleh kelopak mata atas dan beri jarak antara mereka dan kelopak mata bawah.

Gambarlah mulut dengan kurva terbalik yang ringan.

Menggambar Karakter Anime Berandalan "Satu Alis Mengangkat"

Anime gadis nakal satu alis mengangkat gambar

Ini adalah wajah anime karakter nakal yang cenderung dibuat ketika sombong atau menindas seseorang.

Anime nakal karakter perempuan satu alis mengangkat gambar

Untuk ekspresi ini gambarlah satu mata yang menyipit dengan alis di atas mata itu lebih rendah ke bawah dalam kurva yang terbalik. Gambarlah mata kedua sedikit lebih lebar dan dengan alis terangkat di atas mata itu.

Gambarlah mulut dengan senyum “bengkok” dengan gigi terlihat.

Menggambar Karakter Anime Berandalan "Bullying"

Gambar wajah penindasan gadis nakal anime

Ini adalah satu lagi wajah “penindasan” yang cenderung dilakukan oleh berandalan.

Anime nakal karakter perempuan pengganggu menggambar wajah

Untuk ekspresi ini, tarik alis ke bawah dengan kurva terbalik. Gambarkan mulut sedikit terbuka.

Menggambar Karakter Anime Kutu Buku

Gambar wajah gadis kutu buku anime

Kutu buku sesuai dengan namanya adalah karakter yang biasanya menghabiskan banyak waktu untuk membaca dan belajar. Mereka sering kali dapat berfungsi sebagai semacam karakter tipe "pergi untuk meminta nasihat" untuk protagonis.

Gaya rambut yang disisir lebih rapi mungkin lebih cocok untuk tipe karakter ini karena mereka biasanya cukup rajin dalam segala hal yang mereka lakukan.

Anime kutu buku gambar wajah karakter perempuan

Anda dapat menarik perhatian untuk "kutu buku" hampir sama seperti yang Anda lakukan untuk karakter biasa.

Gambar mulutnya cukup lurus tanpa lengkungan untuk memberinya tampilan yang lebih serius.

Menggambar Karakter Anime Kutu Buku yang Penasaran

Anime gadis kutu buku gambar wajah penasaran

Ekspresi penasaran adalah ekspresi yang cenderung dimiliki oleh "kutu buku" saat membaca atau melihat sesuatu yang mereka minati. Dalam ekspresi ini, mata sering kali tersembunyi di balik pantulan cahaya di kacamata.

Anime kutu buku karakter perempuan gambar wajah penasaran

Meskipun mata tidak diperlihatkan dalam ekspresi ini, Anda masih dapat menggunakan garis tengah vertikal untuk memastikan posisi kacamata dengan benar.

Gambarkan mulut mendekati semacam bentuk "persegi bulat" dengan (sedikit lebih lebar ke arah bawah).

Menggambar Karakter Anime Kutu Buku yang Tampak Pemalu

Anime gadis kutu buku menggambar wajah malu-malu

"Kutu buku" juga terkadang pemalu terutama terhadap seseorang yang mereka sukai.

Anime kutu buku karakter perempuan gambar wajah pemalu

Untuk wajah "kutu buku" yang pemalu, gambarlah mata seperti biasa dengan alis terangkat ke arah tengah wajah.

Gambarlah mulut dengan senyuman ringan dan tambahkan sedikit perona pipi.

Kesimpulan

Ini menyimpulkan tutorial menggambar karakter anime. Masih banyak arketipe dan aspek lain yang digunakan untuk membuat karakter, tetapi sulit untuk membahas sebanyak itu dalam satu tutorial (ini sudah yang terpanjang di Anidraw sejauh ini).

Contoh-contoh ini seharusnya memberi Anda cukup banyak pekerjaan sehingga Anda dapat menggunakannya untuk membuat tipe karakter lain.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment