j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Bagaimana Menggambar Gadis Sekolah Anime dalam 6 Langkah

Tutorial langkah demi langkah yang mendetail ini menjelaskan cara menggambar seorang gadis dalam gaya anime yang mengenakan seragam sekolah atau perguruan tinggi dalam tampilan tiga perempat. Ini mencakup segala sesuatu mulai dari struktur dasar tubuh hingga gambar detail yang diwarnai dan berbayang.

Gadis sekolah anime gambar langkah demi langkah

Langkah 1 - Susun Tubuh

Proporsi dan struktur tubuh gadis anime

Langkah terpenting dalam menggambar tubuh adalah terlebih dahulu mendapatkan proporsi yang benar.

Saat menggambar anime, proporsinya bisa sedikit berbeda dari pada tubuh asli tetapi prinsip serupa masih berlaku.

Cara yang baik untuk mengukur tubuh adalah dengan menggunakan kepala. Tubuh normal dengan kepala termasuk bisa setinggi 7-8 kepala. Di anime kepala cenderung digambar lebih besar dari pada kenyataannya jadi untuk tutorial ini kita akan menggunakan 6.5 kepala.

Mulailah sketsa proporsi awal dengan menggambar kepala dan lanjutkan ke seluruh tubuh.

Cara umum untuk menunjukkan sambungan adalah dengan menggambar lingkaran. Anda tidak perlu melakukan ini, tetapi ini dapat membantu.

Jarak dari badan ke kaki bagian bawah kira-kira sama dengan tinggi kepala dan gabungan badan.

Lengannya sedikit lebih panjang dari badan (perlu diingat bahwa lengan dalam contoh ini sedikit diangkat).

Ketahuilah juga bahwa sisi tubuh yang jauh (terutama lengan) akan lebih kecil daripada bagian yang lebih dekat ke pengamat karena perspektif.

Memahami Pedoman

Bagian tubuh gadis anime menggambar

Garis biru pada contoh di atas adalah pedoman yang dimaksudkan untuk membantu Anda menggambar.

Seperti yang telah disebutkan, lingkaran membantu menunjukkan persendian dan juga bertindak sebagai pemisah untuk membantu melegakan berbagai bagian tubuh.

Gambar oval di kepala membantu menggambar bentuk bagian atas kepala. Alasan Anda ingin menggambar keseluruhan oval adalah karena itu jauh lebih mudah untuk melihat apakah Anda telah membuat kesalahan. Jika Anda hanya menggambar setengah, Anda mungkin menemukan bahwa itu tidak terlihat benar saat Anda menggambar paruh kedua.

Garis-garis pada badan membantu menentukan bentuk 3d itu. Garis tengah digunakan untuk membantu perspektif karena pada tampilan tiga perempat sisi yang lebih jauh akan menjadi sedikit lebih sempit daripada sisi yang lebih dekat. Garis yang lain membantu menentukan di mana bagian depan tubuh berakhir dan sisi dimulai. Pada dasarnya Anda ingin menggambar bentuk awal tubuh sebagai semacam balok dengan sudut tajam.

Langkah 2 - Gambarkan Fitur Wajah

Wajah gadis anime memiliki tampilan tiga perempat

Tutorial menggambar fitur wajah di situs sudah banyak sehingga kita tidak akan membahas detail menggambar wajah dalam gaya anime.

Beberapa hal yang harus Anda waspadai adalah karena wajah dalam tutorial ini digambar dalam tampilan 3/4 karena perspektif, fitur-fitur di sisi jauh wajah akan digambar sangat sedikit lebih kecil dan sedikit lebih rendah. Anda dapat mengabaikan variasi ukuran kecil ini kecuali jika Anda menggambar wajah close-up yang sangat besar.

Karena sisi jauh dari wajah melengkung menjauh dari penampil, alis dan mata yang jauh juga akan tampak "mengencangkan" secara horizontal dibandingkan dengan sisi yang lebih dekat ke pengamat.

Langkah 3 - Gambar Rambut

Tampilan rambut gadis anime tiga perempat

Untuk gaya rambut khusus ini, gambarlah rambut mengikuti garis besar bagian atas kepala dan sedikit melengkung ke arah yang berbeda saat menggantung.

Pada umumnya saat menggambar rambut anime Anda ingin menggambarnya dalam bentuk gumpalan. Coba dan variasikan ukuran dan arah yang mereka tunjuk untuk tampilan yang lebih alami.

Akan sangat membantu jika Anda menganggap rambut terbelah menjadi bagian depan, samping, dan belakang, terutama untuk gaya ini atau yang serupa.

Langkah 4 - Gambar Pakaiannya

Menggambar seragam sekolah gadis anime

Menggambar pakaian dengan cara yang sedikit mirip dengan menggambar rambut. Karena mereka akan mengikuti garis bentuk tubuh.

Menggambar Kemeja, Rompi Sweater & Pita

Menggambar pakaian gadis anime di tubuh

Untuk kemeja khusus ini, tarik lengan baju dengan cukup longgar dan tarik kerah yang memeluk leher karena akan ditahan lebih dekat ke leher oleh pita.

Gambarkan rompi sweter yang memeluk tubuh cukup erat di bagian atas dan sedikit lebih jauh ke arah bawah yang akan membuatnya melorot.

Saat menggambar pita sekali lagi perhatikan bahwa sisi jauh akan lebih kecil karena perspektif.

Menggambar Rok

Menggambar rok gadis anime di tubuh

Rok seragam sekolah di anime sering kali memiliki lipatan tajam yang melengkung di sekitar tubuh. Secara keseluruhan roknya berbentuk kerucut dengan bagian atas dipotong.

Menggambar Sepatu Dan Kaus Kaki

Menggambar sepatu gadis anime dan kaus kaki di tubuh

Untuk kaus kaki panjang yang ketat pada dasarnya mereka akan memeluk bentuk kaki. Perlu diingat bahwa bagian atas kaos kaki akan melengkung karena kaki memiliki bentuk seperti silinder yang berada di bawah ketinggian mata (sekali lagi Anda dapat melihat tutorial perspektif yang disebutkan sebelumnya jika Anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut).

Sepatu secara kasar akan mengikuti bentuk kaki.

Langkah 5 - Gambarkan Detail yang Lebih Kecil

Menggambar lipatan seragam sekolah anime dan detail wajah

Gambar detail wajah dan pakaian yang lebih kecil. Ketika langkah ini selesai, Anda harus menggambar garis besar yang sudah selesai dari seorang gadis anime yang mengenakan seragam sekolah.

Menggambar Lipatan Baju

Menggambar lipatan pakaian sekolah gadis anime

Gambar beberapa lipatan di pakaian. Sebagian besar akan lebih dekat ke bagian bawah di mana pakaian mulai melorot dan seperti ketiak di mana ada tekanan yang diterapkan pada kain.

Gambar Tepi Rok Lipat

Menggambar lipatan rok sekolah gadis anime

Gambarkan beberapa garis untuk memberi sedikit tepian pada rok. Ini hanya akan benar-benar terlihat di sisi kiri gambar karena pada akhirnya lipatan akan memutar ke arah kanan sehingga sisi lain dari lipatan tidak akan terlihat.

Gambar Detail Kaus Kaki & Sepatu

Menggambar detail sepatu dan kaus kaki gadis anime

Untuk kaus kaki, gambarkan beberapa garis mengikuti bentuk kaki untuk menunjukkan derai kaus kaki. Gambarkan ini dengan sangat tipis. Ingatlah bahwa kaki berbentuk bulat sehingga jarak antara garis-garis ini harus lebih besar ke arah area tengah kaki yang menghadap penonton dan lebih sedikit dengan setiap garis setelah itu karena semakin melengkung di sepanjang kaki.

Untuk sepatu Anda cukup menambahkan detail desain yang lebih kecil agar terlihat lebih menarik.

Langkah 6 - Warnai & Bayangkan Gambarnya

Gadis anime dalam warna seragam sekolah dan bayangan

Langkah awal mewarnai karakter anime tidaklah rumit, cukup membuat bayangan di setiap area dengan warna yang sesuai.

Gaya shading yang digunakan untuk anime dikenal sebagai "Cel Shading". Bayangan Cel berarti menaungi gambar dengan cara yang tidak memiliki gradien.

Untuk membuat bayangan lebih bisa dipercaya, pertama-tama kita akan mempertimbangkan sumber cahaya kita. Dalam hal ini, ini akan berada di kiri atas gambar. Artinya bayangan akan berada di kanan bawah.

Bayangan utama akan berada di leher, di bawah dada dan di bawah rok serta di sisi kanan setiap bagian tubuh.

Shading & Mewarnai Wajah & Rambut

Wajah gadis sekolah anime

Pada wajah, bayangan utama akan dihasilkan oleh rambut, hidung, dan bibir bawah. Juga akan ada bayangan di kelopak mata. Kepala juga akan membuat bayangan besar di leher.

Untuk rambut, area yang diarsir akan menjadi bagian dalam belakang rambut. Anda juga bisa menambahkan beberapa highlight pada rambut untuk memberikan tampilan yang lebih berkilau.

Shading & Coloring the Torso Area

Mewarnai dan menaungi area tubuh seragam sekolah anime

Untuk area torso seperti yang sudah disebutkan, bayangan utama akan berada di bawah dada. Juga akan ada bayangan yang lebih kecil di sekitar lipatan serta bayangan di kanan bawah rompi karena menghadap menjauhi sumber cahaya.

Shading & Mewarnai Rok

Mewarnai dan menaungi rok sekolah anime

Untuk rok, bayangan berada di dalam area lipatan. Namun begitu lipatannya lebih mengarah ke sisi kanan gambar, bayangan akan menjadi kurang terlihat.

Rok tersebut juga akan memberikan bayangan pada kaki.

Shading & Mewarnai Sepatu & Kaus Kaki

Sepatu dan kaus kaki gadis anime mewarnai dan menaungi

Kaus kaki dan sepatu hanya akan memiliki bayangan di sepanjang sisi kanan yang sama dengan tubuh. Anda akan ingin menambahkan beberapa pantulan pada sepatu untuk membuatnya tampak mengilap. Namun, jangan membuat highlight terlalu terang atau sepatu akan terlihat seperti terbuat dari kaca.

Kesimpulan

Ada banyak hal yang dibahas dalam tutorial ini dan mungkin agak sulit dipahami. Jika tampak berlebihan, jangan khawatir. Anda cukup berlatih menggambar bagian berbeda dari tutorial secara terpisah untuk membuatnya lebih mudah.

Jika Anda menyukai tutorial ini, silakan bagikan dengan teman-teman Anda.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment