j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM
Bookmark

14+ Rekomendasi Anime Mirip Death Note Terbaik

Death Note adalah salah satu anime masterpiece garapan studio Madhouse yang mendapatkan penilaian tinggi dari para penggemar di seluruh dunia. Di karenakan, Death Note menampilkan cerita permainan kucing dan tikus yang sangat cerdas dan rapi, tidak seperti pada seri kebanyakan.

Light Yagami adalah siswa yang luar biasa dan jenius. Namun, dia bosan dengan kehidupan karena meningkatnya tindakan kekerasan yang membuat dunia rusak. Suatu hari, dia menemukan sebuah buku catatan, yang bertuliskan Death Note, yang menyatakan bahwa siapapun yang namanya tertulis di buku tersebut, mereka akan mati.

Awalnya, Light mengira itu hanya lelucan, namun ketika mencobanya ternyata benar. Buku tersebut milik dewa kematian Shinigami. Mengetahui bahwa kekuatan untuk mengubah dunia berada di tangannya, dia memutuskan untuk menjadi Dewa baru dengan memulai mengeksekusi semua penjahat yang mengotori dunia.

Baca Juga: Byakugan VS Sharingan Manakah Yang Lebih Kuat

Karena tingkat popularitasnya cukup tinggi, seri ini juga mendapatkan adaptasi live action dan salah satunya digarap oleh Netflix. Meskipun anime dan manganya telah tamat sejak lama, namun pembicaraan penggemar mengenai seri ini masih sangat tinggi. Maka tidak mengherankan mereka mencari anime yang serupa dengan Death Note.

Berikut anidraw beberkan rekomendasi anime mirip Death Note yang wajib untuk kalian saksikan. Penasaran? mari kita mulai!

1. Code Geass: Hangyaku no Lelouch

Code Geass
Code Geass

Tujuh tahun setelah perang, Jepang mengalami kekalahan dari Britannia dan sekarang mereka bergabung ke dalam negara koloni dengan nama Area 11. Kekalahan itu juga membuat warga jepang kehilangan hak, harga diri, kebebasan, bahkan nama mereka. Mereka tidak diijinkan memakai nama jepang dan harus menyebut negara mereka dengan Area 11.

Lelouch Lamperouge adalah pangeran Britannia, namun dirinya dibuang ke Area 11 bersama adiknya bernama Nunnally, karena memberontak tidak menerima ibunya meninggal oleh teroris dan mengapa ayahnya tidak melakukan apapun saat kejadian itu. Suatu ketika, gadis misterius bernama C.C mendatangi Lelouch dan memberikannya kekuatan Geass.

Seperti di Death Note, karakter utama di anime ini memiliki niat yang sama, memperjuangkan apa yang mereka yakini sebagai keadilan sejati. Keduanya sangat pintar dalam menyusun strategi dan memiliki kekuatan yang bisa mengubah dunia.

2. Monster

Monster
Monster

Kenzou Tenma adalah seorang Dokter spesialis saraf terkenal dengan kehidupan yang sempurna, setidaknya sebelum dirinya dihadapkan keputusan sulit. Anak Laki-laki dan walikota yang dibawa dengan luka parah, dan dia hanya bisa menyelamatkan satu. Tenma memilih untuk menyelamatkan anak laki-laki itu, tetapi ketika serangkaian pembunuhan mulai terjadi di sekitarnya, semua bukti mengarah pada anak yang dia selamatkan.

Monster dan Death Note keduanya adalah anime thriller dan psychological yang penuh ketegangan di setiap episodenya. Misteri dan alur cerita yang mengajak kita untuk berpikir, dan keduanya layak mendapatkan skor 10/10.

3. Zankyou no Terror (Terror in Resonance)

Zankyou no Terror
Zankyou no Terror

Setelah serangan teroris di fasilitas nuklir Jepang, Tokyo mengalami kelumpuhan parah. Setelah enam bulan mencari pelaku, publik dikejutkan dengan rekaman video dua anak laki-laki yang dikenal sebagai Sphinx yang mengambil keuntungan dari serangan itu. Mengancam lebih banyak kerusakan, polisi berusaha menangkap mereka namun selalu gagal. 

Plot anime ini memiliki kemiripan dengan Death Note. Protagonis dari kedua seri menjadi musuh dunia dengan melakukan tindakan kejahatan besar. Keduanya memainkan permainan teka-teki dengan polisi agar mereka mengetahui bagaimana kejahatan itu terjadi.

4. Mirai Nikki (The Future Diary)

Mirai Nikki
Mirai Nikki

Siswa SMA, Yukiteru Amano, menghabiskan hari-harinya sendirian, menulis di buku hariannya dan berbicara dengan teman khayalannya Deus Ex Machina, dewa ruang dan waktu. Suatu hari, Deus memberi Amano kekuatan untuk mengetahui masa depan sekitarnya melalui buku hariannya, juga memberikan 11 buku harian yang sama kuatnya kepada orang lain.

Sekarang, Amano dan pemegang buku harian lainnya dipaksa untuk bertarung satu sama lain, pemenangnya akan mengantikan Deus sebagai Dewa.

Kedua anime membawa buku atau diary yang berasal dari dewa sebagai plot cerita. Di satu sisi, kita diperlihatkan sosok pemimpin pria kuat yang menulis masa depan kematian, di sisi lain, kita diperlihatkan pemimpin pria lemah yang hanya melihat prediksi masa depan dan kemungkinan kematiannya.

5. One Outs

One Outs
One Outs

Hiromichi Kojima, seorang batter dari salah satu tim baseball profesional, pergi ke Okinawa untuk berlatih dan keluar dari keterpurukan. Di sana, ia bertemu Toa Takuchi, batter dengan lemparan sejauh 134 km / jam (83 mil per jam) dan raja olahraga baseball dengan julukan "One Out".

Kojima mendesak Takuchi mendaftar ke dalam timnya dengan tawaran kontrak yang tidak biasa; dia mendapatkan 5 Juta yen untuk setiap lemparan, tetapi untuk setiap pukulan, dia kehilangan 50 Juta yen.

Apa jadinya kalau Light Yagami berubah menjadi pemain bisbol? kalian bisa menemukannya di anime yang berjudul One Outs. Kemiripan One Outs dengan Death Note adalah keduanya tidak mengedepankan aksi, tetapi ketegangan yang tercipta dari adu kecerdasan yang tercipta di setiap episodenya.

6. Death Parade

Death Parade
Death Parade

Setelah kematian tidak ada kehidupan surga dan neraga, hanya ada reinkarnasi dan dilenyapkan. Untuk menentukan nasib, mereka akan dikirim ke sebuah bar di mana bartender akan menantang mereka ke permainan yang mempertaruhkan nasib dan jiwa.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Hyuuga Hinata

Kedua anime berurusan dengan kematian, tapi bukan itu poin yang saya maksud. Apa yang membuat keduanya mirip adalah dalam Death Parade, dua orang berhadapan di bar dan bartender perlu memutuskan siapa yang baik dan jahat, keputusan itu mengingatkan pada Death Note.

7. Psycho-Pass

Psycho-Pass
Psycho-Pass

Akane Tsunemori adalah Inspektur muda dengan rasa keadilan yang tinggi. Tugasnya adalah menginvestigasi permasalahan masyarakat dengan Sibyl System, sebuah sistem anti-kejahatan masyarakat yang memantau kondisi mental seseorang untuk memprediksi apakah mereka akan melakukan tindakan kejahatan.

Dalam tugas, Akane ditemani oleh Inspektur veteran Shinya Kaougami, seorang penjahat laten yang diberi kebebasan oleh sistem anti-kejahatan masyarakat untuk melakukan pekerjaan kotor sebagai Inspektur. Bersama-sama mereka akhirnya menemukan bahwa Sibyl System telah keluar dari jalurnya.

Kedua seri memiliki yang pola yang sama yaitu "Hukum Vs Kejahatan" terutama ketika beradu kecerdasan. Meskipun Psycho-Pass lebih maju dalam hal teknologi, keduanya mengikuti seorang tim yang mencoba menangkap penjahat dengan cara apa pun.

8. Umineko no Naku Koro ni (Umineko When They Cry)

Umineko no Naku Koro ni
Umineko no Naku Koro ni

Pulau Rokkenjima adalah pulau milik keluarga Ushiromiya. Setiap tahunnya, seluruh anggota keluarga berkumpul di sana untuk menghadiri pertemuan membahas situasi keuangan setiap masing-masing anggota keluarga. Karena kesehatan kepala keluarga memburuk, tahun ini pertemuan tersebut membahas ahli waris dan pembagiannya.

Namun, keluarga Ushiromiya tidak menyadari bahwa kekayaan keluarga mereka berasal dari penyihir. Salah satu anggota keluarga, Ushiromiya Kinzo menjadi khawatir mengenai pertemuan keluarga tahun ini. Setelah diberitahu bahwa ajalnya sudah dekat, Kinzo menjadi putus asa untuk memenuhi cinta untuk terakhir kalinya dengan Penyihir Emas, Beatrice.

Setelah menenggelamkan diri dalam ilmu hitam, Kinzo mengadakan upacara untuk menghidupkan kembali cinta sejatinya setibanya keluarganya di Rokkenjima. Segera setelah itu, sebuah angin topan menimpa keluarga itu di pulau dan pembunuhan misterius dimulai, memaksa delapan belas orang di pulau untuk memperjuangkan hidup mereka dalam perjuangan mematikan antara fantasi dan kenyataan.

Jika kalian menyukai Death Note, kalian juga pasti akan suka dengan Umineko no Naku Koro ni. Kedunya melibatkan pertarungan logika dan psikologis serta kematian.

9. Jigoku Shoujo (Hell Girl)

Jigoku Shoujo
Jigoku Shoujo

Mereka yang memiliki dendam yang besar dapat mengakses situs web misterius pada tengah malam di mana mereka bisa memasukkan nama siapa pun untuk dibawa ke neraka. Gadis Neraka bernama Ai Enma akan datang dan bukan untuk menghakimi, melainkan pembalasan.

Terdapat garis tipis yang membuat kedua seri ini mirip, balas dendam dan keadilan. Death Note memiliki Light yang berambisi membawa keadilan dan ketertiban ke dunia baru dengan membunuh para penjahat dan memerintah dengan rasa takut. Sementara, Jigoku Shoujo membalas dendam pada musuh dengan jiwa sebagai bayarannya.

Keduanya mengandalkan benda sebagai alat perantara dengan neraka, buku catatan dan situs web.

10. Shiki

shiki anime
shiki anime

Sotoba adalah desa yang damai dan tenang, setidaknya sebelum beberapa penduduk di sana mengalami kematian secara aneh. Di waktu yang sama, keluarga aneh pindah ke rumah besar yang sudah lama tidak dihuni. Suatu ketika seorang gadis bernama Shimizu Megumi menghilang secara misterius setelah mengunjungi rumah tersebut, seluruh warga desa bekerja sama melakukan pencarian.

Baca Juga: 8 Pemilik Mata Rinnegan di Naruto dan Boruto, Mana yang Terkuat!

Kemiripan Death Note dan Shiki adalah keduanya berusaha melawan kejahatan, tetapi garis antara kebaikan dan kejahatan sangat tipis dan sulit untuk dibedakan. Kedua anime melibatkan kematian yang berhubungan peristiwa thriller dengan banyak ketegangan yang mengharuskan otak untuk ikut berpikir.

11. Durarara!!

Durarara!!
Durarara!!

Distrik Ikebukuro di pusat tokyo dipenuhi dengan banyak rumor dan peringatan aneh dari sekelompok geng misterius dan penghuni berbahaya, salah satu legenda urban terkenal adalah keberadaan pengendara hitam tanpa kepala yang dikatakan sering terlihat mengendarai motor di jalanan kota.

Kedua anime sama-sama menampilkan siswa sekolah menengah yang bosan hidup dan memutuskan untuk melakukan hal baru untuk mengubah dunia. Di Durarara, dia bergabung ke sebuah geng, sedangkan di Death Note, dia membasmi banyak penjahat yang mengotori dunia. Durarara memiliki plot yang sangat rumit dan memaksa kita untuk tidak boleh men-skip satu episode pun.

12. Kuroshitsuji (Black Butler)

Kuroshitsuji
Kuroshitsuji

Di titik tergelap, Ciel Phantomhive membuat kontrak dengan iblis untuk menukar jiwanya dengan mereka yang telah menyakitinya. Sekarang iblis tersebut berubah bentuk sebagai kepala pelayannya dan Ciel berusaha keras untuk sukses dan membalaskan dendamnya.

Kalau kalian mencari anime seperti Death Note yang melibatkan misteri, latar gelap, dan detektif, maka kalian pasti suka dengan Kuroshitsuji. Meskipun tidak terlalu serius dan lebih lucu, ada momen di Kuroshitsuji yang menampilkan misteri tinggat tinggi dan membutuhkan pemikiran yang serius.

13. Inuyashiki

Inuyashiki
Inuyashiki

Meskipun telah menginjak usia 58 tahun, Ichiro Inuyashiki masih kuat dalam bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Namun, bukannya mendapat dukungan, malahan dia dianggap lelaki tua yang menyedihkan dan terus-menerus tidak diperhatikan ataupun dihormati oleh keluarganya sendiri. Suatu ketika, dokter mengungkapkan bahwa Inuyashiki mengidap kanker dan umurnya tinggal lagi.

Ketika berada di titik terendah dalam hidup, tiba-tiba sebuah cahaya yang menyilaukan datang dari langit menghantam tempat Inuyashiki berdiri. Ketika terbangun, Inuyashiki menyadari bahwa dirinya tidak mengalami luka, ditambah dia merasakan ada yang berbeda dengan dirinya.

Inuyashiki dan Death Note keduanya menampilkan sosok pahlawan, dan penjahat yang menjadi karakter utamanya. Ada perburuan panjang antara keduanya, di satu sisi dengan niat jahat, di sisi lain dengan niat baik. Kedua anime benar-benar memberikan cerita yang bikin penasaran.

14. Yakusoku no Neverland (The Promised Neverland)

Yakusoku no Neverland
Yakusoku no Neverland

Emma, Norman dan Ray adalah anak-anak paling cerdas di panti asuhan Grace Field House. Dan di bawah asuhan wanita yang mereka panggil "Mama", semua anak panti asuhan menikmati kehidupan dengan penuh kegembiraan. Makanan enak, pakaian bersih, dan lingkungan yang sempurna untuk bermain dan belajar, semua bisa mereka dapatkan. Namun, suatu hari, Emma dan Norman mengetahui kebenaran mengerikan di balik Grace Field House.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Tentang Mitsuha Miyamizu [Kimi no Na Wa]

Yakusoku no Neverland merupakan anime misteri terbaik yang tayang pada Winter 2019. Menariknya adalah Yakusoku no Neverland menyajikan cerita yang penuh dengan plot twist, sama seperti Death Note.

Kedua anime penuh dengan permainan pikiran dan pertarungan psikologis antara protagonis dan antagonis yang berjuang untuk mengakali satu sama lain. Keduanya digambarkan dengan sangat detail dan rapi. So, pastinya enggak bikin bosen lah setiap episodenya!

Itulah daftar anime yang memiliki kemiripan dengan Death Note, mulai dari karakter utama hingga alur cerita. Kalian bisa langsung menonton semuanya atau boleh dimasukkan ke dalam watchlist dulu.8 Pemilik Mata Rinnegan di Naruto dan Boruto, Mana yang Terkuat!

Post a Comment

Post a Comment