Cara Menggambar Kepala Cewek Atau Perempuan Bergaya Anime

menggambar anime cewek bagian kepala

Tutorial ini menjelaskan cara menggambar kepala dan wajah anime atau manga girl dari tampilan depan dan samping.

Cara Menggambar Kepala Cewek Atau Perempuan Bergaya Anime

Sebelum kalian mulai menggambar, ada baiknya kita ketahui dulu garis besar tentang gambar dengan gaya anime.

Sebagian besar karakter anime wanita cenderung memiliki mata besar, mulut kecil, hidung dan dagu dan wajah yang cukup bulat. Bibir biasanya sangat mengkilap. Rambut biasanya dibuat dengan agak runcing di setiap ujungnya.

Jika menggambar menggunakan pensil dan kertas pastikan untuk membuat garis yang sangat tipis untuk bagian awal tutorial karena kamu perlu menghapus beberapa bagian nanti.

Langkah 1 - Menggambar Kepala

menggambar kepala anime.jpg

Mulai menggambar dengan garis besar keseluruhan kepala.

Kamu dapat menggambar garis vertikal di tengah kepala untuk tampilan depan untuk membantu kamu memastikan kedua sisi sudah rata.

Buat lingkaran atau oval ringan untuk tampilan depan dan oval yang lebih panjang untuk tampilan samping untuk membantu kamu mendapatkan bentuk bagian atas kepala.

Untuk tampilan depan, kamu pada dasarnya dapat memproyeksikan dua set garis turun dari oval / lingkaran yang bertemu di dagu.

Untuk tampilan samping akan ada semacam lekukan untuk area hidung / mata. Gambarlah hidung sekitar setengah di antara bagian bawah dagu (dibahas lebih detail pada Langkah 3) dan tengah kepala. Kamu dapat menggambar garis lurus mulai dari ujung hidung ke bawah ke dagu (detail mulut akan ditambahkan pada Langkah 5). Sekali lagi untuk tampilan samping, Kamu dapat menggambar garis ke atas dari dagu dan kemudian melengkung lagi ke arah apa yang nantinya akan menjadi posisi telinga untuk membentuk rahang bawah.

Untuk kedua tampilan gambarlah dagu kecil dan hampir runcing tetapi dengan kurva kecil di bagian bawah.

menggambar bagian kepala cewek anime

Dalam contoh di atas, kamu dapat melihat kurva dasar dan bentuk kepala gaya anime atau manga.

Langkah 2 - Menggambar Telinga

menggambar telingan anime cewek

Untuk menempatkan telinga, pertama-tama tarik garis horizontal langsung ke tengah kepala dan kemudian tarik garis lain antara garis tadi dan dagu. Gambarlah telinga di antara kedua garis ini.

Untuk penempatan sisi samping telinga diposisikan sedikit lebih ke arah belakang kepala daripada bagian depan.

Karena telinga akan ditutupi oleh rambut di langkah selanjutnya kita tidak akan membuat gambar yang terlalu detail untuk bagian telinga ini.

Langkah 3 - Menggambar Mata

menggambar anime mata gadis

Untuk menempatkan mata pada kepala kamu dapat menggunakan garis vertikal yang sama dengan yang digunakan untuk menempatkan bagian atas telinga. Gambarlah mata tepat di bawah garis ini. Ketinggian mata anime dapat bervariasi berdasarkan gaya dan jenis karakter sehingga tidak ada cara pasti untuk menempatkan bagian bawah.

Jika menggambar kedua pandangan sekaligus pastikan bahwa posisi bagian bawah mata di kedua pandangan relatif sama. Kesalahan umum yang cenderung dilakukan oleh seorang pemula ketika menggambar wajah yang sama dari pandangan yang berbeda adalah tidak selaras atau fitur wajah berukuran berbeda.

Perhatikan juga bahwa untuk tahap proses menggambar ini Kamu dapat melakukan bentuk mata yang disederhanakan dan untuk detailnya nanti (dibahas pada Langkah 7).

Langkah 4 - Menggambar Hidung

menggambar anime hidung.jpg

Seperti yang telah disebutkan, Kamu harus memposisikan hidung di antara titik tengah wajah dan bagian bawah dagu.

Di tampilan depan kamu bisa menggambar hidung karena hanya titik di sisi tampilan hidung anime biasanya kecil dan runcing.

Langkah 5 - Menggambar Mulut

menggambar anime mulut

Bagian mulut sedikit lebih sulit untuk digambar dan posisi penempatanya karena. Perlu diingat bahwa ketika menggambar dengan gaya anime dan manga bibir bawah itu sendiri sering tidak digambar di tampilan depan karakter.

Bibir bawah akan diposisikan di antara hidung dan bagian bawah dagu. Gambarlah mulut itu sendiri sedikit di atasnya.

Kamu dapat menggambar mulut dengan menggunakan satu atau dua garis (sebenarnya hanya satu garis di bagian tengah untuk tampilan depan). Jika kamu menginginkan karakter yang terlihat lebih bahagia / ramah, kamu bisa menggambarnya dengan sedikit kurva untuk bagian mulut ini.

menggambar mulut anime

Pada ilustrasi di atas Kamu dapat melihat bagaimana garis lurus awal dari ujung hidung ke dagu dapat digunakan untuk membantu kamu menggambar bibir.

Langkah 6 - Menggambar Rambut

menggambar rambut pada anime

Perlu diingat bahwa rambut akan tumpang tindih dengan beberapa fitur lain dari wajah karakter. Tapi itu masih praktik yang baik untuk membuatnya terlihat seperti ini. Kamu dapat menghapus bagian-bagian yang ditutupi rambut setelah kamu selesai membuatnya.

Langkah 7 - Menggambar Detail Wajah yang Lebih Kecil

menggambar detail wajah anime

Pada tahap ini kamu dapat menghapus bagian-bagian wajah yang ditutupi oleh rambut dan menambahkan detail yang lebih kecil pada mata seperti bulu mata, pupil, dan highlight. Kamu juga bisa memberi warna pada bulu mata dan menambahkan lebih banyak detail pada rambut.

Saat menggambar mata, Kamu dapat dengan halus membuat pantulan cahaya dengan garis yang sangat tipis, tapi jangan sampai kamu secara tidak sengaja memberikan penebalan pada bagian ini.

Setelah selesai, Kamu harus memiliki gambar garis kepala dan wajah seorang gadis anime.

Secara teknis ini adalah gambar yang sudah jadi dan kamu bisa membiarkannya apa adanya, tetapi jika kamu ingin melangkah sedikit lebih jauh, Kamu bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

wajah anime

Kamu dapat melihat gambar garis yang sudah selesai dari fitur wajah tanpa rambut dalam ilustrasi di atas.

Langkah 8 - Menerapkan Shading

shading anime

Kamu dapat menambahkan beberapa shading yang sangat mendasar pada gambar kamu untuk membuatnya lebih menonjol.

Anime menggunakan apa yang dikenal sebagai shading gaya "Cel" (pada dasarnya shading tanpa gradien) yang umumnya membuat shading cukup cepat dan mudah.

Cara shading diterapkan akan ditentukan oleh dua hal. Daerah yang secara alami lebih gelap dan daerah yang memiliki bayangan atau sedikit cerah.

Area yang lebih gelap

Secara umum, Kamu akan menggelapkan rambut dan iris mata (biarkan warna putihnya mencolok). Bayangkan pupil dan bagian atas iris bahkan lebih gelap.

Biarkan area putih di rambut untuk highlight.

Di Area Bayangan

Cara bayangan di buat bisa ditentukan oleh sumber cahaya. Untuk tutorial ini kita akan menggunakan kondisi pencahayaan yang sangat "umum" di mana bayangan biasanya dari atas ke bawah.

Dalam hal ini bayangan (atas ke bawah) adalah:
  • Dahi - dari rambut
  • Kelopak mata - karena lekukan di kepala (jangkauan cahaya lebih sedikit)
  • Bagian Atas Mata - dari bulu mata
  • Hidung - di satu sisi
  • Di Bawah Mulut (opsional) - dari bibir
  • Leher - dari kepala
Itulah cara simpel menggambar bagian wajah perempuan pada anime atau anime style yang bisa kamu pelajari. Harap kunjungi terus Anidraw.net untuk mendapatkan tutorial menggambar anime terupdate, dan jangan lupa juga untuk membagikan blog ini ke sosial media milik kalian seperti Facebook dan Twitter, Terima Kasih.

2 comments :

Reader's Comments

  1. wow... makasih bang tutorial cara menggambar anime...
    mayann membantu buat saya yang masih belajar menggambar anime.. hehehhe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sama-sama, semoga tutorial menggambar anime ini bermanfaat.

      Delete